Beda Hampir Rp20 Juta, Pilih Mitsubishi Xpander Cross atau Xpander Ultimate?

Mitsubishi Xpander Cross

Mitsubishi Xpander Cross lahir dengan segenap kelebihan. Bisa dibilang produk yang menarik, lantaran seperti SUV tapi tetap dianggap MPV. Bukan mengisi model baru dari lini manufaktur, melainkan varian teratas dari Xpander. Artinya, posisi yang sebelumnya diisi oleh Ultimate, diambil alih oleh Cross. Tentu karena ada perbedaan signifikan antara kedua varian itu. Mari kita lihat perbedaannya.

Banderol jadi nilai yang menarik. Harga Xpander Cross MT Rp259,54 juta dan Rp268,82 juta untuk transmisi otomatis. Diferensiasinya cuma Rp7,6 juta dari Ultimate senilai Rp262,2 juta. Selisih bertambah jauh bila membandingkan dengan Xpander Cross Premium Package AT sebesar Rp281,36 juta (harga sesuai PPnBM 0 persen hingga Mei 2021). Bedanya hampir Rp20 juta. Kalau membandingkan fitur tambahan dan ubahan dari Xpander standar atau Ultimate tentu terasa. Namun bisa dibilang tidak mahal kalau melihat tambahan yang diberikan untuk menjadikan Xpander Ultimate menjadi Cross.

Perbedaan Desain

Mitsubishi Xpander Cross Interior

Pertama dari eksterior. Lampu depan dan kabut sudah LED. Kemudian grille dan bumper sedikit direvisi, diberi ornamen skid plate di depan. Belum moulding di sisi samping bodi, mulai dari overfender depan sampai ke belakang. Tambahkan juga pelek alloy 17 inci dan roof rail sebagai pelengkap tampilan bak SUV. Semua itu tidak bisa didapatkan pada Xpander Ultimate. Sila dihitung kalau memodifikasi sendiri dari basis Ultimate, pasti lebih dari Rp20 juta.

Sementara interior memang tidak banyak perbedaan. Susunan Xpander Cross sama dengan varian Ultimate. Yang berbeda, skema warna. Ultimate memakai warna krem beige saja. Sedang Cross, dual tone coklat dan hitam. Bayangkan mirip seperti varian Sport, namun dikombinasikan dengan warna coklat. Layar infotainment, AC, power outlet dan ruang penyimpanan kabin masih sama dengan Ultimate. Satu lagi yang berbeda, Xpander Cross punya pilihan Premium Package khusus transmisi otomatis dengan balutan kursi kulit.

Ketika Xpander Ultimate punya cruise control memang bikin heboh. Lebih menarik, fitur itu juga dibawa oleh varian baru Xpander Cross. Cruise control bisa dianggap fitur mewah untuk segmen LMPV dan LSUV. Dengan cruise control mendukung kenyamanan, khususnya saat berkendara di jalan bebas hambatan atau menuju keluar kota. Selain itu, memanfaatkan cruise control bisa menekan angka konsumsi bahan bakar.

Baca Juga: Harga Baru Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross, Turun Belasan Juta

Ground Clearance

Xpander Cross

Klaim dari Mitsubishi, Xpander Cross punya ground clearance terbaik di kelasnya. Jarak bodi paling rendah dengan permukaan tanah, 225 mm atau meningkat 20 mm dari Xpander Ultimate. Kesannya kecil, cuma 2 cm. Tapi angka itu signifikan kalau berbicara kolong mobil. Di segmen LSUV, Xpander Cross jadi yang paling tinggi jarak kolongnya. Bahkan melebihi sang kakak SUV Pajero Sport, yang punya jarak 218 mm dari permukaan tanah. Apa keuntungannya? Lebih bisa diandalkan untuk kondisi jalan yang kurang ramah. Nampaknya, poin ini jadi salah satu pertimbangan yang diserap dari survei saran dan permintaan konsumen Indonesia.

Suspensi

Mitsubishi Xpander

Dibanding Ultimate, Cross punya kolong 225 mm. Angka itu malah lebih tinggi ketimbang Pajero Sport. Naiknya jarak kolong pada Xpander Cross disumbang oleh sektor kaki-kaki. Salah satunya karena memakai suspensi anyar yang diracik khusus dengan rebound spring. Ini modifikasi paling signifikan untuk sekadar varian lain Xpander. Bayangkan, kalau cuma asal membuat lebih tinggi kolongnya, tanpa mengoprek suspensi, bakal hilang kenyamanan berkendara. Sewajarnya, mobil bakal lebih limbung ketika posturnya lebih tinggi. Apalagi, Xpander Cross juga memakai pelek besar, 17 inci. Kalau suspensi tidak disesuaikan dengan baik, malah tidak nyaman dikendarai. Xpander sendiri punya rasa berkendara yang baik, dengan bantingan yang nyaman tanpa mengorbankan ketajaman. Sedang Xpander Cross diklaim tetap punya rasa itu.

Baca Juga: Mitsubishi Xpander AP4 Juara Ajang Reli, Bukti Keunggulan Basis Standar Pabrikan

Mesin Sama

mesin Mitsubishi

Soal dapur pacu, tetap memakai mesin 1,5 liter MIVEC. Tenaga yang dihasilkan 105 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 141 Nm pada 4.000 rpm. Yang berubah, diklaim mesin lebih senyap 80 persen. Mungkin karena sudah diberi cover. Sisanya, tak ada yang berbeda antara Ultimate dan Cross. Jadi kalau berpikir Xpander Cross lebih mahal, intip kembali perbedaannya. Pihak MMKSI juga berani menyebut Xpander Cross punya value for money yang baik. Tapi kalau tidak butuh ground clearance tinggi dan tampilan macho, Xpander Ultimate sangat cukup dan bisa menghemat pengeluaran lebih besar.(Tom/Odi)

Baca Juga: Mitsubishi Xpander AP4 Juara Ajang Reli, Bukti Keunggulan Basis Standar Pabrikan

Jelajahi Mitsubishi Xpander Cross

Model Mobil Mitsubishi

Mobil Mitsubishi
  • Mitsubishi Xpander
    Mitsubishi Xpander
  • Mitsubishi L300
    Mitsubishi L300
  • Mitsubishi L100 EV
    Mitsubishi L100 EV
  • Mitsubishi Pajero Sport
    Mitsubishi Pajero Sport
  • Mitsubishi Pajero Sport Elite
    Mitsubishi Pajero Sport Elite
  • Mitsubishi Triton
    Mitsubishi Triton

Don't Miss

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Mitsubishi Unggulan

  • Yang Akan Datang

Bandingkan & Rekomendasi

Tren MPV

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil Mitsubishi Xpander Cross dari Carvaganza

  • Mitsubishi Xpander Cross Elite Limited Edition Meluncur, Lebih Sporty Hanya 800 Unit
    Mitsubishi Xpander Cross Elite Limited Edition Meluncur, Lebih Sporty Hanya 800 Unit
    Anjar Leksana . 09 Mei, 2024
  • Sedang Lirik New Mitsubishi Xpander Cross? Perhatikan Poin Penting Ini
    Sedang Lirik New Mitsubishi Xpander Cross? Perhatikan Poin Penting Ini
    Zenuar Yoga . 21 Des, 2023
  • LEBARAN DRIVE 2023: Praktisnya Mudik Bareng Keluarga Pakai Mitsubishi Xpander Cross
    LEBARAN DRIVE 2023: Praktisnya Mudik Bareng Keluarga Pakai Mitsubishi Xpander Cross
    Anjar Leksana . 28 Apr, 2023
  • LEBARAN DRIVE 2023: 7 Tips Mudik Hemat BBM Pakai Mitsubishi Xpander Cross
    LEBARAN DRIVE 2023: 7 Tips Mudik Hemat BBM Pakai Mitsubishi Xpander Cross
    Anjar Leksana . 26 Apr, 2023
  • LEBARAN DRIVE 2023: 7 Kelengkapan Mitsubishi Xpander Cross yang Bermanfaat Saat Mudik dan Arus Balik
    LEBARAN DRIVE 2023: 7 Kelengkapan Mitsubishi Xpander Cross yang Bermanfaat Saat Mudik dan Arus Balik
    Anjar Leksana . 24 Apr, 2023

Artikel Mobil Mitsubishi Xpander Cross dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Mitsubishi Rayakan Produksi 1 Juta Unit dari Pabrik di Indonesia
    Mitsubishi Rayakan Produksi 1 Juta Unit dari Pabrik di Indonesia
    Setyo Adi Nugroho . 20 Des, 2024
  • Mitsubishi Kantongi 1.626 SPK di GJAW 2024, Xpander Paling Banyak Dipesan
    Mitsubishi Kantongi 1.626 SPK di GJAW 2024, Xpander Paling Banyak Dipesan
    Anjar Leksana . 06 Des, 2024
  • Saatnya Berburu Promo Mitsubishi di GJAW 2024 dari Xpander, Xforce dan Pajero Sport
    Saatnya Berburu Promo Mitsubishi di GJAW 2024 dari Xpander, Xforce dan Pajero Sport
    Ardiantomi . 29 Nov, 2024
  • Daftar Model dan Harga Low SUV Incaran Bulan Ini
    Daftar Model dan Harga Low SUV Incaran Bulan Ini
    Setyo Adi Nugroho . 18 Nov, 2024
  • Mitsubishi Indonesia Jual Xpander Cross Elite Limited Edition
    Mitsubishi Indonesia Jual Xpander Cross Elite Limited Edition
    Anjar Leksana . 09 Mei, 2024
  • Hyundai Stargazer X Vs Mitsubishi Xpander Cross, Pilih Mana?
    Hyundai Stargazer X Vs Mitsubishi Xpander Cross, Pilih Mana?
    Setyo Adi Nugroho . 16 Agu, 2023
  • Komparasi Fitur Trim Tertinggi Suzuki XL7 dan Mitsubishi Xpander Cross
    Komparasi Fitur Trim Tertinggi Suzuki XL7 dan Mitsubishi Xpander Cross
    Ahmad Karim . 09 Sep, 2021
  • Mau Beli LSUV, Periksa Dulu Perbandingan Mitsubishi Xpander Cross dengan Suzuki XL7
    Mau Beli LSUV, Periksa Dulu Perbandingan Mitsubishi Xpander Cross dengan Suzuki XL7
    Anjar Leksana . 12 Agu, 2021
  • Mobil Keluarga Bergaya SUV Petualang, Ambil Mitsubishi Xpander Cross atau Suzuki XL7?
    Mobil Keluarga Bergaya SUV Petualang, Ambil Mitsubishi Xpander Cross atau Suzuki XL7?
    Anjar Leksana . 14 Jan, 2021
  • Antara Rasa dan Logika, Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition vs Suzuki XL7 Alpha
    Antara Rasa dan Logika, Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition vs Suzuki XL7 Alpha
    Ahmad Karim . 21 Okt, 2020
  • Road Test Mitsubishi Xpander Cross CVT (Part-2): Pendukung Bertualang
    Road Test Mitsubishi Xpander Cross CVT (Part-2): Pendukung Bertualang
    Anjar Leksana . 10 Jan, 2023
  • Road Test Mitsubishi Xpander Cross Premium CVT (Part-1): Cekatan dan Irit!
    Road Test Mitsubishi Xpander Cross Premium CVT (Part-1): Cekatan dan Irit!
    Anjar Leksana . 09 Jan, 2023
  • First Drive Mitsubishi New Xpander Cross Premium Package: Peningkatan Karakter SUV
    First Drive Mitsubishi New Xpander Cross Premium Package: Peningkatan Karakter SUV
    Setyo Adi Nugroho . 25 Agu, 2022
  • Road Test Mitsubishi Xpander Cross, Aman dengan Fitur Tambahan Dashcam
    Road Test Mitsubishi Xpander Cross, Aman dengan Fitur Tambahan Dashcam
    Wahyu Hariantono . 03 Mei, 2021
  • Road Test Mitsubishi Xpander Cross: Stabilitas Oke, Bukan Barang Picisan (Part-2)
    Road Test Mitsubishi Xpander Cross: Stabilitas Oke, Bukan Barang Picisan (Part-2)
    Anjar Leksana . 28 Feb, 2020