Kalau ada mobil baru paling susah dipesan, Suzuki Jimny pasti ada di urutan teratas. Tidak hanya antrean inden lebih dari 12 bulan, harganya juga terus naik. Pada beberapa kasus, banderol Jimny bekas bisa lebih mahal dari barunya. Penyebabnya apa lagi kalau bukan permintaan tinggi yang tidak bisa diakomodir oleh Suzuki.
Kini, situs MOTA di Jepang mengungkap Suzuki Jimny lima pintu, yang lama dinanti akan hadir tahun 2022. Harusnya, Jimny sasis panjang ini muncul Oktober 2021 di Tokyo Motor Show. Tapi karena pandemi, ajang itu harus batal dan Jimny pun dijadwal ulang kemunculannya.
Disebutkan, Jimny 5-doors akan dirakit di Jepang atau memanfaatkan fasilitas Maruti Suzuki di India. Tidak seperti saudaranya yang pendek, mukanya akan sedikit berbeda karena penggunaan grille baru. Slot vertikal berganti batang horizontal, seperti yang dibayangkan melalui gambar render buatan MOTA.
Baca Juga: 5 Fakta Suzuki Ertiga Sport 2021 yang Membuatnya Pantas Dilirik
Jimny 5-seater akan memiliki wheelbase 300 mm lebih panjang. Ini yang akan membuatnya terasa lebih berguna, terutama untuk penggunaan harian. Keuntungan lainnya, Suzuki bisa bikin varian lebih banyak. Perpanjangan jarak sumbu roda bakal memberikan banyak ruang di kabin termasuk (mungkin) tambahan baris ketiga, sesuatu yang bakal disukai orang Indonesia. Orang Australia akan suka karena Suzuki setempat merencanakan membuat versi pikap dan double cabin.
Gerak empat roda dipastikan hadir dengan transfercase berkemampuan 2H, 4H dan 4L untuk medan berat. Tidak menutup kemungkinan juga bakal ada versi ‘banci’ 4x2 untuk beberapa pasar yang membutuhkan. Di balik grille baru, selain jantung mekanis petahana, ada tambahan mesin 4-silinder turbo.
Baca Juga: Suzuki XL7 dan Karimun Wagon R Makin Laku di Pasar Mancanegara
Meski belum ada informasi dari keluarga mesin mana, tapi kami yakin yang diambil adalah 1.4 Boosterjet. Dikatakan ini adalah jawaban atas tingginya permintaan Jimny dengan performa lebih. Boosterjet mampu menghasilkan daya hingga 140 PS. Karena itu, transmisi juga akan disesuaikan. Langkah yang wajar. Selain memenuhi permintaan, bobot Jimny panjang ini juga pasti lebih berat. Peranti turbo tersebut akan menemani sistem mild hybrid untuk memangkas konsumsi BBM.
Untuk informasi, Jimny yang ada sekarang tenaganya 101 PS, dengan torsi 130 Nm. Dibekali pilihan gearbox 4-speed otomatis atau 5-speed manual. Mesin K15B empat silindernya berkapasitas 1,5 liter, sama dengan yang dipakai oleh Suzuki Ertiga di negara kita.
Harga? MOTA menyebutkan mobil ini akan Rp40 jutaan lebih mahal dari versi pendek. Tapi itu harga di Jepang yang menjual dengan harga sekitar Rp234 jutaan. Masuk sini pasti beda lagi hitungannya. Apalagi kalau permintaannya tinggi begitu. (Ddn/Odi)
Sumber: MoTA
Baca Juga: Spesifikasi Suzuki Jimny 5-Pintu Bocor, Sebentar Lagi Meluncur?
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.