Pertimbangan memilih Wuling Cortez CT mungkin simpel saja. Bila Anda mencari MPV keluarga murah tapi punya fitur dan powertrain canggih, ia pasti masuk pilihan. Tipe yang tertinggi saja masih bisa dikatakan terjangkau. Ialah Cortez CT tipe L CVT berbanderol Rp288,3 juta (harga subsidi PPnBM Juni 2021). Apa yang dimiliki mampu membuat kompetitor di level harga sama tertunduk malu. Karena banyak kelebihan di mobil ini, yang tak ada di MPV dengan rentang harga segitu.
Sekarang hanya menyisakan mesin 1,5L turbo tanpa lagi ada Cortez 1.8 NA. Unit yang dipakai berasal dari Almaz dengan data spesifikasi mirip. Ditopang induksi turbocharger, mesin kapasitas sekecil 1,5-liter mampu menghasilkan tenaga 140 PS dan torsi 250 Nm. Torehan dicapai bahkan melampaui tenaga mesin 1,8-liter maupun torsi mesin 2,0-liter. Sekaligus juga, MPV paling bertenaga di rentang Rp200 jutaan.
Mesin turbo pun dipadukan transmisi CVT. Kombinasi sama seperti beberapa model dengan mesin 1.5T juga. Di MPV level ini, Honda Mobilio dan Toyota Sienta juga memakai CVT. Tapi dengan daya mesin besar, tentu tarikan Cortez CT dijamin lebih kencang. Transmisinya punya mode manual di bagian tuas. Pengemudi bisa mengeksplor torsi terbaik di rentang putaran mesin dengan leluasa.
Varian tertinggi Cortez CT tipe L menjadi bukti sebagai MPV paling berlimpah fitur. Mulai dari lampu utama LED, captain seat, pengaturan jok elektrik, sunroof, electronic parking brake (EPB), berbagai fitur safety aktif sampai suspensi independen. Toyota Sienta tipe V dengan harga lebih mahal pun sulit mendekatinya. Semua fitur dimiliki Cortez CT malah setara MPV Rp400 jutaan.
Baca Juga: Wuling Cortez Bekas Makin Terjangkau, Seberapa Menarik?
Harga Wuling Cortez berada di kelas low MPV dan small MPV. Sedangkan dimensi Cortez, masuk dalam medium MPV sekelas Toyota Kijang Innova. Praktis, menawarkan kabin selapang medium MPV juga. Tentu tidak ada LMPV yang mampu seluas itu. Format kursi Cortez CT untuk 7 penumpang. Kursi tengah jenis captain seat adalah bagian paling nyaman untuk diduduki. Baris ketiga jauh dari kata sempit. Penumpang dewasa saja mampu duduk dengan nyaman, apalagi untuk anak-anak. Sisa ruang untuk bagasi juga berlimpah. Akomodasinya melebihi harga yang ditawarkan.
Cortez CT tipeS, C dan L dibedakan oleh jenis suspensi belakang. Tipe S dan C masih model semi-independen torsion beam, yang umum digunakan oleh LMPV. Bahkan sampai medium MPV sekalipun masih pakai model itu. Sementara Cortez tipe tertinggi pakai suspensi independen double wishbone. Jenis ini pastinya lebih stabil saat bermanuver dibanding torsion beam. Apa yang ditawarkan Cortez CT pun berbeda dengan MPV lain. Kenyamanan suspensi Cortez CT juga setaraf medium MPV. Bantingan empuk namun stabil di kecepatan tinggi, bisa dinilai bila merasakannya langsung. (Odi)
Baca Juga: Update Harga Terbaru Wuling Almaz, Almaz RS dan Cortez CT per Juni 2021, Masih Ada Subsidi PPnBM
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.