6 Faktor Hyundai Ioniq Electric Layak Dijadikan Mobilitas Harian

Hyundai Ioniq Electric

Mobil listrik murni memang belum populer di Indonesia. Namun Hyundai Motors Indonesia (HMDI) berani membuka peluang market di segmen kendaraan elektrik. Salah satu model yang ditawarkan buat Anda ialah Ioniq EV. Dengan berbagai kelebihan, unit dijual Rp 624,8 juta untuk beli Ioniq varian Prime. Lalu siapkan kocek Rp 664,8 juta bila ingin mengongkosi trim Signature. Angka ini relatif murah bagi sebuah mobil ramah lingkungan. Di samping itu, banyak poin yang bikin ia pantas dimiliki sebagai mobilitas harian.

Insentif & Fasilitas Pengisian

Yang bikin menarik, mobil listrik murni macam Ioniq mendapat sejumlah fasilitas dari pemerintah. Yaitu pajak pemilikan kendaraan lebih rendah pada pembelian awal. Bebas uang muka (DP 0 persen) untuk pembelian unit. Kemudian tarif pajak kendaraan atau perpanjangan STNK relatif rendah sekitar Rp 3 juta. Bahkan konsumen menikmati gratis BBN (Bea Balik Nama). Tatkala Anda melenggang di jalanan Jakarta pun tak perlu was-was. Ada insentif nonfiskal seperti bebas dari pembatasan area lalu lintas ganjil genap.

Hyundai turut aktif menyediakan stasiun pengisian kendaraan listrik. Fasilitas ini tersebar di semua diler resmi Hyundai. Juga kerja bareng mitra-mitra bisnis lain di beberapa titik. Misal di area Alam Sutera, Bintaro, Sunter, Radio Dalam, Tendean, Cilandak, Bandung, Cirebon, Semarang, Solo, Jogjakarta, Surabaya, Denpasar, Palembang dan Padang. Mereka juga kerja sama dengan PT Jasa Marga Related Business, untuk menyediakan infrastruktur DC Fast Charging di Rest Area KM 519A (Sragen). Lokasi berada di jalur tol Jakarta menuju Surabaya. Termasuk di Rest Area KM 519B (Sragen) tol Surabaya menuju Jakarta. Atau bisa pula mengundah aplikasi Charge.In untuk mengetahui lokasi pengecesan terdekat.

Baca Juga: Hyundai Kona Electric atau Nissan Kicks e-Power, Pilihan Crossover Berpenggerak Motor Listrik

Hyundai ioniq electric

Baterai Aman

Tiap pembelian Ioniq, Anda berhak mendapat portable charger. Jadi bisa mengisi baterai di rumah dengan minimum daya 3.500 watt. Kelebihan lain, mobil ini dilengkapi berbagai pilihan untuk pengisian. Pertama, dapat menggunakan in-cable control box (ICCB) atau portable charger yang didesain khusus. Bahkan dapat terhubung stop kontak standar (steker) di mana saja. Teknologi baterai pada Hyundai Ioniq sangatlah aman karena mempunyai empat langkah pengamanan.

Di bagian luar lithium ion menggunakan desain khusus. Bentuknya rigid cell architecture dengan bagian pemisah berlapis keramik. Ini yang mampu menahan benturan di bagian inti. Kemudian dilengkapi dengan vehicle cooperative control yang langsung terhubung pada bagian motor listrik. Sehingga sangat responsif apabila terjadi korsleting akibat tegangan tinggi. Terakhir, fitur active protection pada sistem manajemen baterai. Ia berfungsi mendeteksi bila ada yang tak beres pada baterai. Sistem ini langsung memutus aliran listrik.

Ioniq EV mempunyai kapasitas penyimpanan listrik sebesar 38,3 kWh. Nah, sedangkan untuk mengecas menggunakan charger on-board standar 7,2 kW butuh waktu 6 jam. Namun, bila pakai fast-charging 50 kW cuma perlu tempo 57 menit dari nol ke 80 persen. Tak usah khawatir soal durabilitas. Baterai yang terdiri dari enam modul sangat kuat. Kalaupun ada kerusakan, tak perlu di ganti semua. Hanya bagian terkendala saja. Nilai jual lain, Hyundai memberi garansi high voltage battery delapan tahun atau 160.000 km (bergantung mana tercapai lebih dulu).

Hyundai ioniq

Servis Empat Kali Lebih Murah

Untuk servis berkala Hyundai Ioniq dapat dilakukan setelah kendaraan menempuh jarak 15.000 km atau satu tahun. Penggantian komponen fast moving pun tak sebanyak dibanding mobil konvensional. Bagian yang wajib diperiksa berupa: ban, cakram plus kampas rem, kemudian semua lampu. Maka tak ayal kalau perawatan empat kali lebih hemat dari mobil diesel atau bensin. Sebab mobil tak butuh ongkos ganti oli mesin, transmisi dan lainnya.

Motor Listrik Kuat

E-Motor atau Permanent-magnet Synchronous Motor tertanam dalam Hyundai Ioniq. Lontaran tenaga sekuat 136 PS dan torsi 295 Nm didapat seketika. Apalagi kalau jalanan macet. Anda tak perlu buang energi, seperti pada mobil konvensional. Untuk pendistribusian daya, menggunakan single speed reduction gear ke roda depan. Anda dapat memilih mode berkendara seperti Eco, Comfort dan Sport. Jadi konsumen bisa menggunakan sesuai kebutuhan: cepat, normal atau efisien. Nah, ia mampu melaju sampai 373 km dari kondisi penuh. Konsumsi listriknya terbilang efisien 0,138 kWh/Km. Kalau misal dengan instalasi daya PLN 3.500 watt Rp 1.112 kWh. Maka dikali konsumsi listrik, menjadi Rp 153,4 per kilometer.

Kendaraan ini juga mengadopsi pengereman regenerative. Peranti menangkap energi yang biasanya terbuang sia-sia untuk digunakan kembali menambah cadangan daya baterai. Paddle shifters terpasang, ada tuas yang berfungsi bukan untuk pemindah gigi, melainkan memungkinkan pengemudi beralih dari sistem eco-drive. Lalu berganti ke penggunaan daya penuh demi meningkatkan performa sesuai situasi.

Otak dibalik Ioniq EV ialah sebuah unit kontrol daya listrik (EPCU) yang membuat semuanya bergerak. EPCU bekerja di belakang layar melakukan tugas-tugas kompleks untuk mengatur berbagai sistem listrik dan elektronik. Arus, daya setrum, tinggi rendah tegangan, semua bekerja secara harmonis di bawah arahannya. Lalu perangkat keamanan standar komplet. Tersedia Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD) dan Hill-start Assist Control (HAC). Begitu pula bantal udara tujuh titik. Sehingga perlindungan terhadap seluruh penumpang tetap optimal.

Baca Juga: Setelah Hyundai Ioniq dan Kona Electric, Deretan Mobil Listrik Ini Juga Bakal Dijual di Indonesia

Hyundai ioniq

Dimensi Kompak

Rancang bangun bagian luar kendaraan terlihat sangat futuristik dan kompak. Sangat menunjang perjalanan perkotaan. Panjang kendaraan 4.480 mm, lebar 1.800 mm, tinggi 1.470 mm, sumbu roda 2.700 mm. Kemudian jarak pijak tanah 140 mm plus profil roda 205 /60, berpelek alloy 16 inci dual tone. Mobil berkonfigurasi tempat duduk lima orang ini, cocok sebagai mobilitas kaum urban. Semua pencahayaan luar mengandalkan teknologi LED. Baik sorot utama maupun fog lamp dua garis vertikal.

Purnajual

Lalu menyoal layanan purnajual. Hyundai Motors Indonesia telah menyiapkan itu semua. Pertama, ada Roadside Assistance selama masa garansi (tidak berlaku untuk force majeure atau kecelakaan). Selanjutnya suguhan Mobile Charging gratis selama masa garansi di area tertentu. Ada gratis perawatan berkala selama lima tahun atau mobil menempuh jarak 75.000 km. Lanjut garansi dasar tiga tahun atau 100.000 km. Semua keuntungan ini dapat Anda nikmati apabila melakukan servis di diler resmi Hyundai. Harus sesuai waktu interval service dan mengikuti tabel perawatan berkala. Itulah sederet alasan kenapa Hyundai Ioniq sangat layak untuk dimiliki. (Alx/Odi)

Baca Juga: 10 Fakta Menarik SUV Listrik Lexus UX 300e

Jelajahi Hyundai Ioniq

  • Tampak Depan Bawah Hyundai Ioniq
  • Tampak samping Ioniq
  • Tampak belakang serong Ioniq
  • Tampak Depan Hyundai Ioniq
  • Tampak Grille Ioniq
  • Fog lamp depan Ioniq
  • Lampu depan Ioniq
  • lampu belakang Ioniq
  • Tampak belakang tengah Ioniq
Hyundai Ioniq
Rp 682 Juta Cicilan : Rp 15,56 Juta

Model Mobil Hyundai

Mobil Hyundai
  • Hyundai Palisade
    Hyundai Palisade
  • Hyundai Creta
    Hyundai Creta
  • Hyundai Ioniq 5
    Hyundai Ioniq 5
  • Hyundai Ioniq 5 N
    Hyundai Ioniq 5 N
  • Hyundai Ioniq 6
    Hyundai Ioniq 6
Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Hyundai Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil Hyundai Ioniq dari Carvaganza

  • Meski Sudah Diskontinyu, Korlantas Pilih Hyudai Ioniq Jadi Armada G20
    Meski Sudah Diskontinyu, Korlantas Pilih Hyudai Ioniq Jadi Armada G20
    Setyo Adi . 21 Sep, 2022
  • Hyundai Stop Produksi IONIQ, Begini Nanti Kelanjutannya
    Hyundai Stop Produksi IONIQ, Begini Nanti Kelanjutannya
    Wahyu Hariantono . 10 Jun, 2022
  • Hyundai Resmi Umumkan Harga Mobil Listrik IONIQ 5
    Hyundai Resmi Umumkan Harga Mobil Listrik IONIQ 5
    Eka Zulkarnain H . 22 Apr, 2022
  • IIMS 2022: Persamaan dan Perbedaan Mobil Listrik dan Mobil Konvensional
    IIMS 2022: Persamaan dan Perbedaan Mobil Listrik dan Mobil Konvensional
    Eka Zulkarnain H . 06 Apr, 2022
  • Ragam Keuntungan Memiliki Mobil Listrik Hyundai IONIQ 5 Dalam Segala Hal
    Ragam Keuntungan Memiliki Mobil Listrik Hyundai IONIQ 5 Dalam Segala Hal
    Eka Zulkarnain H . 05 Apr, 2022

Artikel Mobil Hyundai Ioniq dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Korlantas Polri Pilih Hyundai Ioniq EV untuk Pengamanan KTT G20 di Bali
    Korlantas Polri Pilih Hyundai Ioniq EV untuk Pengamanan KTT G20 di Bali
    Setyo Adi Nugroho . 21 Sep, 2022
  • Hyundai Stop Produksi Mobil Listrik Ioniq!
    Hyundai Stop Produksi Mobil Listrik Ioniq!
    Setyo Adi Nugroho . 07 Jun, 2022
  • Gencar Tawarkan Mobil Listrik, HMID Sebut Penerimaan Produk EV Hyundai Makin Baik
    Gencar Tawarkan Mobil Listrik, HMID Sebut Penerimaan Produk EV Hyundai Makin Baik
    Setyo Adi Nugroho . 05 Des, 2021
  • Hyundai Targetkan Produksi 1.000 Unit EV per Tahun di Indonesia
    Hyundai Targetkan Produksi 1.000 Unit EV per Tahun di Indonesia
    Setyo Adi Nugroho . 26 Okt, 2021
  • Simak Fitur-fitur Unggulan Hyundai IONIQ Electric di Sektor Kenyamanan dan Keselamatan
    Simak Fitur-fitur Unggulan Hyundai IONIQ Electric di Sektor Kenyamanan dan Keselamatan
    OTO . 14 Sep, 2021
  • Nissan Leaf Datang Menantang Hyundai Ioniq, Simak Perbandingannya
    Nissan Leaf Datang Menantang Hyundai Ioniq, Simak Perbandingannya
    Setyo Adi Nugroho . 18 Agu, 2021
  • Road Test Hyundai Ioniq Electric (Part 2): Menyenangkan dan Hemat
    Road Test Hyundai Ioniq Electric (Part 2): Menyenangkan dan Hemat
    Wahyu Hariantono . 09 Okt, 2020
  • Road Test Hyundai Ioniq Electric (Part 1): Tak Seaneh Perkiraan
    Road Test Hyundai Ioniq Electric (Part 1): Tak Seaneh Perkiraan
    Wahyu Hariantono . 09 Okt, 2020