6 Opsi Crossover Layak Pilih di Tanah Air

SUV Crossover

JAKARTA -- Banyak cerita yang bisa tersaji dari segmen SUV aka crossover Tanah Air. Ya, segmen ini memang tengah naik daun, tak hanya di sini tapi juga di luar negeri sana. Dalam beberapa tahun terakhir para pabrikan berlomba-lomba memberikan pilihan mengikuti tren. Demikian juga di segmen berukuran kompas. Pertarungan terus memanas meski kontestan datang dan pergi. Namun hanya satu atau dua nama berhasil bertahan cukup lama.

Bodi berukuran kompak, dengan wajah yang gagah, kabin nyaman, dan praktis, menjadi beberapa alasan orang suka memilih crossover. Banyak yang mencoba peruntungan meski tak semua mampu bertahan. Dulu ada nama-nama Nissan Juke dan Chevrolet Trax namun keduanya tak lagi beredar di pasaran.

Selain mereka yang bertahan ada juga datang pemain-pemain baru. Siapa saja yang masih hadir dan apa aja pilihan barunya? Berikut daftarnya:

Honda HR-V

Honda HR-V

Terhitung sudah sekitar lima tahun sudah ia mengaspal di Tanah Air. Untuk saat ini tersedia tiga tingkatan trim berisi dua pilihan mesin. Tipe S dan E menggendong enjin 1.500 cc dengan seleksi opsi transmisi manual atau CVT. Output tercatat sampai 120 PS/145 Nm. Sementara itu, Prestige mengusung unit 1.800 cc dikawin transmisi CVT. Melontarkan ekstraksi 139 PS/169 Nm ke roda depan.

HR-V cukup moderat dalam urusan harga. Ia berada di spektrum tengah antara banyaknya pemain lain. Sebagai gambaran, Tipe S dibanderol Rp 297 atau 307,2 juta tergantung transmisi. Naik setingkat, E CVT diberi label Rp 331,2 juta, dan E Special Edition Rp 348,3 juta. Prestige 1.8 CVT menutup pintu line up dengan harga Rp 415,7 juta. Di rentang Rp 300-400 jutaan ia menjadi jembatan antara crossover Jepang dan keluaran non Jepang.

Baca juga: REVIEW: Nissan Kicks e-Power, Begini Penjelasan Fitur Inovatifnya

Nissan Kicks e-Power

Nissan Kicks e-Power

Indonesia mulai membuka diri kehadiran mobil elektrifikasi. Nissan menjadi salah satu pelopor. Era elektrifikasi ditandai dengan kedatangan bermacam kendaraan berjantung hybrid hingga full EV. Di segmen crossover sendiri ada satu model hybrid paling terjangkau. Ialah Nissan Kicks e-Power, sebuah alternatif jika berjiwa eksploratif. Banderol Rp 449 juta agak lebih tinggi ketimbang varian termahal HR-V, namun pasti terbayarkan oleh fitur bawaan.

Sorotan utama Kicks e-Power jelas di sektor pemacu. Bukan hybrid biasa, Kicks justru menawarkan sensasi berkendara EV hanya saja tidak perlu pusing soal pengisian ulang daya. Pasalnya, gerakan roda berasal dari putaran motor listrik, sementara mesin konvensional memerankan tugas generator listrik. Ekstraksi tenaga dicatatkan sampai 129 PS. Lebih menarik lagi tendangan torsi, diklaim puntiran 260 Nm keluar instan sejak putaran rendah sesuai karakteristik mobil listrik.

Fitur juga jangan diragukan. Contoh untuk hiburan kabin, konektivitas smartphone seperti Android Auto dan Apple Carplay bisa Anda nikmati. Belum lagi urusan safety. Komplet terisi kemampuan aktif. Di antaranya meliputi Intelligent Forward Collision Warning (IFCW) berikut Emergency Braking (IMB). Tersemat pula cruise control adaptif. Masih diisi lagi regu perlindungan seperti Blind Spot Warning, Rear Cross Traffic Alert, dan lainnya.

Baca juga: KOMPARASI: Ini Perbandingan Toyota Corolla Cross dan C-HR

Toyota Corolla Cross

Toyota Corolla Cross

Satu pemain baru juga hadir. Dengan mesin 1.800 cc. Resmi mengaspal di Indonesia Agustus lalu. Yep, Corolla Cross, sama-sama merupakan pemain crossover lima penumpang bermesin 1.800 cc. Harga lebih tinggi dari HR-V Prestige – Rp 457,8 juta – namun Anda diberi ganjaran ruang kabin jauh lebih lapang. Cocok bila membutuhkan pengangkutan ekstra.

Dari catatan dimensi eksterior dapat dipastikan Corolla Cross unggul dalam hal kelapangan kabin. Ia memiliki panjang 4.460 mm, lebar 1.825 mm, tinggi 1.620 mm. HR-V terpaut jauh dengan hasil pengukuran 4.294 x 1.772 x 1.580 mm (PxLxT). Apalagi dari segi wheelbase, jenjang kaki Corolla Cross sampai 2.640 mm sementara HR-V 2.610 mm. Dengan demikian, selisih luas interior tak perlu diragukan lagi.

Mesin 1.800 cc Toyota juga ternyata mengekstrak tenaga sedikit lebih besar. Kendati begitu, boleh jadi tidak signifikan membedakan performa lantaran menyesuaikan ukuran tubuh. Ia memuntahkan tenaga maksimum 140 PS, diawali torsi puncak 171,6 Nm. Putaran mesin kemudian diterjemahkan ke roda depan melalui transmisi CVT.

Baca juga: Makin Banyak Rival, Begini Posisi Mazda CX-5 dan CX-3 Kini

Mazda CX-3

Mazda CX-3

Nama Mazda memang tak bisa dilepaskan dari SUV. Mereka punya keluarga CX. Crossover kompak Mazda jadi musuh bebuyutan bagi Honda HR-V. Sebuah lawan sepadan trim Prestige. Dua varian dijajakan, dan trim Sport sangat pas bila harus berpapasan dalam satu ring tinju. Sebab secara harga, CX-3 Sport berada setitik di bawah HR-V Prestige. Tepatnya Rp 399,9 juta, berisi keunggulan mesin kapasitas besar.

Yep, Mazda CX-3 dibekali pemacu empat silinder Naturally Aspirated Skyactiv-G 2.000 cc. Kubikasi besar berimplikasi pada diferensiasi output mesin. Torehkan tenaga 149 PS bersama puntiran sekuat 195 Nm ke roda depan melalui transmisi otomatis enam percepatan. Angka tadi seakan menunjukkan signifikansi performa ketimbang output 139 PS/169 Nm lewat CVT Honda.

Fitur dan kelengkapan tidak dapat dipandang sebelah mata. Kenikmatan handling disokong G-Vectoring Control (GVC). Pun keselamatan pengendalian dilindungi Dynamic Stability Control (DSC), Traction Control System (TCS), dan Emergency Stop Signal (ESS). Selain itu, Airbag 6 titik merupakan bagian kelengkapan standar. Tentu tidak unggul di segala sisi, kelemahan fatal CX-3 adalah kabin yang sempit ketimbang HR-V.

Kia Seltos

Kia Seltos

Dari Korea ada nama Kia yang sudah eksis cukup lama serta kini menawarkan ragam produk menarik. Ring tinju crossover turut mereka sambangi, menyodorkan Seltos untuk ikut bertarung. Tepat bila melirik Seltos sebagai opsi alternatif HR-V. Tiga varian dijajakan, mulai dari E seharga Rp 295 juta, EX Rp 320 juta, dan EXP Rp 355 juta.

Harga cukup setara dengan perbandingan HR-V bermesin 1.500 cc. Namun, urusan potensi memacu bukan tandingan. Seltos siapkan mesin gahar Kappa 1.400 cc turbo. Empat selongsong piston dan amunisi pemadat udara buncahkan tenaga berlimpah sampai 140 PS berikut jab kuat torsi 242 Nm. Bahkan melebihi kekuatan 1.800 cc N/A Honda. Menariknya lagi, distribusi memanfaatkan transmisi DCT 7 percepatan.

Di titik harga termahal crossover Kia, suguhan fitur bisa disetarakan trim termahal Prestige. Mungkin lebih komplet. Misal keberadaan lubang di atap untuk memandang langit alias sunroof. Lalu, Seltos memiliki selektor mode traksi demi menyesuaikan lontaran daya sesuai permukaan jalan. Agar mencipta rasa aman, garda perlindungan diisi Electronic Stability Control hingga airbag 6 titik.

Suzuki SX4 S-Cross

Suzuki SX4 S-Cross

Nama satu ini tak boleh dilupakan. Boleh dibilang awal mula eksistensi crossover diinisiasi oleh Suzuki SX4. Sebuah nama lama yang pertama kita kenal sebagai saudara versi tangguh Baleno. Nameplate itu tidak berhenti di satu generasi saja, bertahan hingga evolusi terkini sebagai SX4 S-Cross. Sang pionir menduduki posisi crossover paling terjangkau. Dibanderol Rp 295 juta untuk transmisi manual atau otomatis Rp 310 juta.

Tidak banyak fitur canggih atau unik tersaji dalam SX4 S-Cross, terkesan begitu moderat. Tanpa kontrol stabilitas elektronik, jangan harap juga airbag 7 titik. Namun setidaknya masih ada satu atau dua komponen kekinian mengikuti perkembangan zaman. Sebut saja headlamp LED, Keyless Entry dengan start/stop button, automatic climate control, paddle shift, sampai cruise control. Cukup menyesuaikan harga.

Sektor dapur pacu diisi unit empat silinder 1.500 cc M15A. Bukan pelari ulung, bahkan terlihat loyo kalau lawannya adalah Honda. Ekstraksi total sampai 109 PS saja, keluar bersama kekuatan memuntir 138 Nm. Semua tersalur ke roda depan melalui seleksi manual lima percepatan atau otomatis 6 speed. (Krm)

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • Besok, Aletra Debut di Indonesia Luncurkan MPV Listrik Lawan BYD M6
    Besok, Aletra Debut di Indonesia Luncurkan MPV Listrik Lawan BYD M6
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • TEST DRIVE: Mercedes-AMG A 35 Sedan, Oase Bagi Petrolhead di Tengah Badai EV
    TEST DRIVE: Mercedes-AMG A 35 Sedan, Oase Bagi Petrolhead di Tengah Badai EV
    Wahyu Hariantono . Hari ini
  • Presdir Inchcape: Tahun Depan GWM Rakit Lokal EV di Indonesia
    Presdir Inchcape: Tahun Depan GWM Rakit Lokal EV di Indonesia
    Alvando Noya . Hari ini
  • All New Hyundai Tucson Meluncur Bermesin Hybrid, Harga Mulai Rp632 Juta
    All New Hyundai Tucson Meluncur Bermesin Hybrid, Harga Mulai Rp632 Juta
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • Tahun Depan CATL Rilis Baterai Natrium-Ion Terbaru, Punya Daya Tahan Lebih Andal
    Tahun Depan CATL Rilis Baterai Natrium-Ion Terbaru, Punya Daya Tahan Lebih Andal
    Muhammad Hafid . Hari ini

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Aletra Siap Luncurkan Mobil Listrik Pesaing BYD M6 di GJAW 2024
    Aletra Siap Luncurkan Mobil Listrik Pesaing BYD M6 di GJAW 2024
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • GWM Pastikan Mobil Listrik Ora Siap Beredar Tahun Depan
    GWM Pastikan Mobil Listrik Ora Siap Beredar Tahun Depan
    Alvando Noya . Hari ini
  • New Hyundai Tucson Resmi Mengaspal, Ada Varian Hybrid
    New Hyundai Tucson Resmi Mengaspal, Ada Varian Hybrid
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • Daftar Mobil Murah di Akhir Tahun, Ada Brio Satya, Agya, Ayla, Calya dan Sigra
    Daftar Mobil Murah di Akhir Tahun, Ada Brio Satya, Agya, Ayla, Calya dan Sigra
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini
  • CATL Luncurkan Baterai Natrium-ion Gen 2 Pada 2025, Tahan Suhu  Minus 40 Derajat Celsius
    CATL Luncurkan Baterai Natrium-ion Gen 2 Pada 2025, Tahan Suhu  Minus 40 Derajat Celsius
    Muhammad Hafid . 20 Nov, 2024
  • Sama-sama SUV Hybrid, Komparasi Hyundai Santa Fe Vs Honda CR-V
    Sama-sama SUV Hybrid, Komparasi Hyundai Santa Fe Vs Honda CR-V
    Setyo Adi Nugroho . 30 Okt, 2024
  • Alasan All New Mitsubishi Triton Tangguh Buat Kerja, Tapi Juga Asyik Buat Gaya
    Alasan All New Mitsubishi Triton Tangguh Buat Kerja, Tapi Juga Asyik Buat Gaya
    Ardiantomi . 29 Okt, 2024
  • Menilik Kembali Ragam Keunggulan Mitsubishi Xforce
    Menilik Kembali Ragam Keunggulan Mitsubishi Xforce
    Ardiantomi . 29 Okt, 2024
  • Fakta Menarik dari Supercar Terbaru Ferrari F80 yang Sarat Kecanggihan
    Fakta Menarik dari Supercar Terbaru Ferrari F80 yang Sarat Kecanggihan
    Alvando Noya . 22 Okt, 2024
  • Perangkat Nissan Serena e-Power yang Mendukung Perjalanan Luar Kota
    Perangkat Nissan Serena e-Power yang Mendukung Perjalanan Luar Kota
    Anjar Leksana . 21 Okt, 2024
  • Berkaca dari Kecelakaan Cipularang KM 92, Apa yang Harus Dilakukan Biar Tak Terulang
    Berkaca dari Kecelakaan Cipularang KM 92, Apa yang Harus Dilakukan Biar Tak Terulang
    Setyo Adi Nugroho . 14 Nov, 2024
  • Jangan Disepelekan, Ban Serep Juga Butuh Perhatian
    Jangan Disepelekan, Ban Serep Juga Butuh Perhatian
    Setyo Adi Nugroho . 04 Nov, 2024
  • Tips Perawatan Ban Mobil Memasuki Musim Hujan
    Tips Perawatan Ban Mobil Memasuki Musim Hujan
    Setyo Adi Nugroho . 18 Okt, 2024
  • Perhatikan Jenis Barang Saat Memanfaatkan Bagasi Depan Mobil Listrik
    Perhatikan Jenis Barang Saat Memanfaatkan Bagasi Depan Mobil Listrik
    Setyo Adi Nugroho . 02 Okt, 2024
  • Tips Menghadapi Kemacetan Horor seperti di Puncak
    Tips Menghadapi Kemacetan Horor seperti di Puncak
    Setyo Adi Nugroho . 18 Sep, 2024
  • Test Drive Hyundai Ioniq 5 N di Mandalika: Solusi Listrik Mobil Sport Buat "Petrolhead"
    Test Drive Hyundai Ioniq 5 N di Mandalika: Solusi Listrik Mobil Sport Buat "Petrolhead"
    Wahyu Hariantono . 18 Nov, 2024
  • Road Test BYD M6: MPV Listrik Pertama Buat Boyong Keluarga
    Road Test BYD M6: MPV Listrik Pertama Buat Boyong Keluarga
    Muhammad Hafid . 21 Okt, 2024
  • Road Test Honda Accord RS e:HEV: Lebih Irit dari LCGC!
    Road Test Honda Accord RS e:HEV: Lebih Irit dari LCGC!
    Wahyu Hariantono . 16 Okt, 2024
  • First Drive Rolls-Royce Spectre: Puncak Strata Kemewahan
    First Drive Rolls-Royce Spectre: Puncak Strata Kemewahan
    Wahyu Hariantono . 08 Okt, 2024
  • Test Drive Seres E1: Paket EV Menarik Buat Dipakai Aktivitas Harian
    Test Drive Seres E1: Paket EV Menarik Buat Dipakai Aktivitas Harian
    Ardiantomi . 01 Okt, 2024