Yamaha Nmax terbaru tersedia mulai dari Rp37 juta hingga Rp45 juta. Harga ini nyaris sebanding dengan beberapa motor sport 150 cc. Jika Anda tidak tertarik dengan Nmax terbaru ini, ada beberapa alternatif lain yang harganya tidak jauh berbeda.
Dalam kisaran harga Nmax "Turbo", opsi pertama adalah All New Honda CBR150R yang tersedia dalam dua varian: Non-ABS dan ABS. Varian Non-ABS termurah ditawarkan dengan harga Rp38 juta, sementara varian Tricolor dan Racing Red dihargai Rp38,7 juta. Untuk varian ABS, harganya mulai dari Rp42 juta, dengan MotoGP Edition seharga Rp42,1 juta dan Tricolor Rp42,8 juta OTR DKI Jakarta.
CBR150R menampilkan karakter balap yang lebih kuat dengan desain yang memberikan aura motor besar dan kesan agresif. Fiturnya juga lengkap untuk motor sport full fairing 150 cc.
Dari segi performa, motor ini dilengkapi dengan mesin 150cc DOHC, 6 percepatan, 4-klep, berpendingin cair, dan teknologi injeksi (PGM-Fi). Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 17,1 hp pada 9.000 rpm dan torsi maksimal 14,4 Nm pada 7.000 rpm. Pabrikan mengklaim bahwa motor ini dapat berakselerasi dari 0 hingga 200 meter hanya dalam waktu 10,6 detik, dengan kecepatan maksimum 127 km/jam.
Untuk menjamin kenyamanan berkendara, motor ini dilengkapi dengan suspensi depan inverted atau upside down berdiameter 37 mm. Suspensi belakang menggunakan Adjustable Mono Suspension with Pro-Link System yang dapat disesuaikan menggunakan kunci khusus sokbreker, mirip dengan pengaturan preload pada suspensi belakang pada umumnya.
Fitur lainnya termasuk Assist/Slipper Clutch. Fungsi Assist membantu mengurangi beban operasional tuas kopling hingga 15 persen dibandingkan dengan kopling konvensional, membuat kopling menjadi lebih ringan dan sangat membantu untuk penggunaan sehari-hari atau di sirkuit. Sementara itu, Slipper Clutch dapat meminimalkan risiko selip gigi saat pengendara melakukan downshift pada putaran tinggi, sehingga mencegah ban belakang dari terkunci.
Untuk meningkatkan keamanan, varian tertinggi dilengkapi dengan sistem Anti-lock Braking System (ABS) dan Emergency Stop Signal (ESS). Sistem pengereman depan menggunakan kaliper dual piston, sedangkan bagian belakang menggunakan single piston. Kedua sistem tersebut mengapit cakram dengan tipe wave yang bergelombang. Hal ini tidak hanya menambah kesan sporty, tetapi juga memungkinkan piringan untuk melepaskan panas lebih cepat dibandingkan dengan model standar.
Berikutnya, MT-15 yang saat ini dijual seharga Rp38,825 juta OTR DKI Jakarta, dapat menjadi pilihan menarik bagi Anda yang tidak tertarik dengan varian Nmax "Turbo". Motor ini hadir dengan konsep naked bike bergaya street fighter, menampilkan desain tegas dengan detail sudut yang tajam.
Fascianya dilengkapi dengan cover yang menyerupai robot, tempat dimana Projector LED untuk lampu utama terletak. Spidometernya digital penuh dengan tampilan warna negatif, menampilkan angka dengan kombinasi tachometer grafis yang mudah dibaca dan dilengkapi dengan shift timing light untuk memberitahu pengemudi waktu yang tepat untuk mengganti gigi.
Motor ini ditenagai oleh mesin 155 cc 4-katup yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 19 Hp pada 10.000 rpm dan torsi 14,7 Nm pada 8.500 rpm. Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi enam kecepatan. Fitur Variable Valve Actuation (VVA) memastikan torsi yang merata di setiap putaran mesin.
Fitur-fiturnya termasuk lampu LED di depan dan belakang, suspensi depan model upside down, saklar big bike, rangka tipe deltabox, serta lengan ayun model banana yang terbuat dari aluminium. Pelek depan berukuran lebar 2,75 inci dengan diameter 17 inci yang dibalut ban ukuran 110/70, dan pelek belakang 3 inci dengan diameter yang sama, dibalut ban 140/70.
Model lain yang tersedia adalah XSR155. Meskipun harganya sedikit lebih tinggi dari Nmax "Turbo", motor ini menawarkan nilai estetika yang tinggi dengan nuansa klasik yang dipadukan dengan teknologi modern. Saat ini, motor ini dijual dengan harga Rp38 juta OTR DKI Jakarta.
Desainnya mengambil inspirasi dari seri Sport Heritage XSR. Lampu depannya berbentuk bulat, dilengkapi dengan multi-reflektor dan lampu Daytime Running Light (DRL) dengan teknologi LED.
Tangki bahan bakarnya berbentuk teardrop dan dilengkapi dengan jok tandem bergaya Heritage. Di sisi tangki terdapat bracket dengan aksen lingkaran, yang merupakan salah satu ciri khas dari seri XSR. Bagian belakangnya didesain minimalis dengan stop lamp yang terletak di ujung jok, menyatu dengan bodi belakang. Knalpotnya berukuran besar, seimbang dengan desain bodinya, dan menggunakan stang model fatbar.
Meski berdesain retro, XSR 155 memiliki performa dan akselerasi yang kompetitif. Motor ini dilengkapi dengan mesin berkapasitas 155 cc 4-katup SOHC dengan pendingin cairan (Liquid Cooled) dan teknologi VVA. Motor ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 19 hp pada 10.000 rpm dan torsi 14,7 Nm pada 8.500 rpm, dengan transmisi manual 6 kecepatan.
Seperti model Yamaha klasik lainnya, XSR 155 menggunakan sasis deltabox. Motor ini juga dilengkapi dengan pelek dan ban berprofil lebar yang mirip dengan MT15. Bagian depan menggunakan pelek 17 inci dengan lebar 2,75 inci dan ban 110/70, sedangkan bagian belakang menggunakan pelek dengan lebar 3 inci dan ban 140/70. Ban tersebut adalah tipe dual purpose tubeless yang sesuai dengan gaya motor ini. Sistem pengeremannya sudah menggunakan cakram di kedua roda.
Fiturnya termasuk speedometer digital LCD lengkap yang dikelilingi oleh cover bundar bergaya motor klasik. Tampilan speedometer mencakup spidometer, takometer model bar graph, odometer, trip meter, fuel meter, dan indikator posisi gigi.
Ini adalah motor sport full fairing yang mengadopsi konsep "The True Supersport 155cc Engine" dengan desain agresif dan berbagai fitur canggih. Versi tertingginya bahkan lebih lengkap, dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan Nmax "Turbo" Tech Max Ultimate. Saat ini, R15M Connected/ABS dijual seharga Rp44,8 juta dan R15M WGP 60th seharga Rp44,9 juta, sementara varian terendahnya ditawarkan dengan harga Rp40,1 juta OTR DKI Jakarta.
Bagian depannya menampilkan desain M-Shape intake duct dengan proyektor LED dan twin eyes DRL (Daytime Running Light). Fairingnya dirancang secara atraktif dengan konstruksi rangka deltabox yang kaku untuk mendukung stabilitas berkendara.
Motor ini dilengkapi dengan mesin 155 cc satu silinder SOHC, 4-stroke, 4 Valve, berpendingin cairan, dan teknologi Variable Valve Actuation (VVA). Teknologi ini memungkinkan torsi yang merata di setiap putaran mesin, dengan tenaga maksimum 19,3 Hp pada 10.000 rpm dan torsi 14,7 Nm pada 8.500 rpm. Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi manual 6 percepatan.
Bagian internal juga tidak terlepas dari teknologi mutakhir. Terpasanglah Forged Piston dan Diasil Cylinder (silinder aluminium silikon). Untuk varian termahal, tersedia lebih banyak fitur dan komponen premium sekelas motor besar. Fitur-fiturnya meliputi Traction Control System, Assist & Slipper Clutch, Quick Shifter Up, Dual ABS Channel, Engine Switch Off untuk motor besar, Triple Clamp & Blue Fork Caps yang terinspirasi dari YZR-M1, serta jok yang dilapisi kulit dengan motif carbon look dan fork caps berwarna biru yang dihiasi logo R15M.
Panel instrumen yang sepenuhnya digital menyajikan informasi detil tentang speedometer. Yang menarik, terdapat dua mode tampilan yang bisa dipilih: Street mode dan Track mode. Motor ini juga dilengkapi dengan fitur Y-Connect.
Tidak hanya mesin dan fiturnya yang canggih, sektor kaki-kaki pun cukup handal. Suspensi depan telah menggunakan upside down dengan diameter yang besar, yaitu 37 mm. Bagian belakang menggunakan swing arm aluminium model banana yang dikombinasikan dengan monoshock sistem link.
Ditunjang dengan ban yang lebar, bagian depan menggunakan ukuran 100/80-17 dan belakang 140/70-17. Ban tersebut terpasang pada velg yang memiliki lebar tapak 2.50 di depan dan 4.00 di belakang.
Untuk kemudahan dalam mengendalikan kecepatan, motor ini dilengkapi dengan rem cakram di bagian depan dan belakang. Rem depan menggunakan Wide Front Disc Brake dengan diameter 282 mm dan kaliper dua piston, sementara rem belakang berdiameter 220 mm dengan satu kaliper piston.
Unit ini dapat menjadi alternatif selain membeli varian Nmax "Turbo". Motor 'penggaruk tanah' dari Yamaha ini kini ditawarkan dengan harga Rp38,9 juta OTR DKI Jakarta. WR 155R menawarkan berbagai keunggulan dalam desain, fitur, dan performa yang mendukung kegiatan petualangan pengendara.
Mesin SOHC berkapasitas 155 cc yang dilengkapi dengan liquid cooled dan VVA, serupa dengan yang digunakan pada motor Yamaha kelas 150 cc lainnya seperti R15 atau MT-15, mampu menghasilkan tenaga hingga 16,7 hp pada 10.000 rpm dan torsi 14,3 Nm pada 6.500 rpm. Dengan mesin yang kuat dan bertenaga, WR 155R sangat cocok untuk menjelajahi berbagai jenis medan, baik on road maupun off road.
Desainnya yang mirip dengan WR250, memiliki bodi yang ramping, sederhana, dan ringan, membuat motor ini gesit dalam melewati berbagai medan. Kapasitas tangki yang dapat menampung bahan bakar hingga 8,1 liter mendukung kemampuan jelajahnya. Desain jok ala YZ series memudahkan pengendara untuk mengatur posisi duduk, yang mendukung agilitas saat bermanuver.
Suspensi depan menggunakan tipe telescopic yang panjang, dengan diameter 41 mm dan panjang 899,1 mm, memberikan redaman yang baik serta kenyamanan dan stabilitas dalam setiap aktivitas petualangan. Suspensi belakang didukung dengan Link Type Monocross with gas, yang dilengkapi oli dan kekerasannya dapat diatur sesuai keinginan pengguna.
Untuk meningkatkan mobilitas di berbagai kondisi jalan, motor ini dilengkapi dengan ban dual purpose yang terpasang pada pelek aluminium. Rangka semi double cradle yang digunakan juga membantu meningkatkan stabilitas berkendara.
Model ini juga dilengkapi dengan speedometer LCD multifungsi yang informatif, hazard lamp sebagai penanda saat pengendara dalam kondisi darurat, dan rem cakram ganda bergelombang yang meningkatkan keamanan saat berkendara.
Kawasaki menawarkan KLX150 series dengan harga hampir sama dengan varian Nmax "Turbo", terdapat dua pilihan: KLX150 standar yang dibanderol Rp37,3 juta dan KLX150 SE yang dijual Rp40,3 juta OTR DKI Jakarta.
Perbedaan antara keduanya terletak pada aspek visual dan aksesori tambahan. KLX150 SE telah dilengkapi dengan aksesori seperti hand guard, engine guard, dan aksen warna hitam pada bodi serta pelek, sementara sisanya identik dengan model standar.
Motor ini dilengkapi dengan roda berukuran 2.75 – 21 inci di depan dan 4.10 – 18 inci di belakang. Suspensi depannya memiliki diameter 35 mm dengan model teleskopik, sedangkan suspensi belakang menggunakan model unitrack dengan lima tingkat setelan preload.
Mesinnya berkapasitas 144 cc SOHC, satu silinder, dengan karburator dan sistem pengapian DC-CDI, mampu menghasilkan tenaga sebesar 11,8 hp pada 8.000 rpm dan torsi 11,3 Nm pada 6.500 rpm. Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi manual 5-percepatan.
Desain bodinya mengikuti konsep MX Styling yang padat dan agresif, dilengkapi dengan headlamp LED terbaru. Panel instrumen sudah full LCD, menampilkan informasi dari speedometer, fuel meter, tripmeter A & B, serta jam digital. Model tutup tangki terbaru juga telah dilengkapi dengan penutup lubang kunci untuk ketahanan terhadap debu dan kotoran.
Dana yang cukup untuk Nmax "Turbo" dapat dialokasikan untuk membeli seri Kawasaki KLX150SM. Motor ini adalah jenis supermoto. Tipe Standard dihargai Rp37,7 juta dan tipe SE (Special Edition) dijual seharga Rp40,3 juta OTR DKI Jakarta. Kelebihannya termasuk desain bodi yang mirip motor trail namun dilengkapi roda yang cocok untuk aspal.
Motor ini dilengkapi dengan lampu depan LED. Namun, untuk lampu belakang dan lampu sein, masih menggunakan lampu halogen konvensional. Panel meter digital lengkap dengan desain minimalis juga tersedia. Terdapat penutup kunci pada tangki bahan bakar untuk melindungi dari kotoran dan debu saat berkendara di berbagai medan.
Untuk suspensi, model depan menggunakan upside down 35 mm dengan warna pipa emas untuk varian SE dan hitam untuk tipe Standard. Di belakang, menggunakan sistem Uni Trak dengan shock tunggal yang dapat disesuaikan. Rodanya berukuran 17 inci dengan model jari-jari, dibalut ban on road ukuran 100/80 di depan dan 120/70 di belakang.
Mesinnya memiliki konfigurasi yang sama dengan seri KLX150. Dengan kapasitas 144 cc, SOHC, pendingin udara, dan karburator. Secara teoritis, mesin ini dapat menghasilkan tenaga maksimum 11,8 Hp pada 8.000 rpm dan torsi puncak 11,3 Nm pada 6.500 rpm. Semua tenaga disalurkan melalui transmisi manual 5-percepatan.
Sistem pengereman juga mengandalkan cakram tunggal semi floating 300 mm di depan dengan kaliper dua piston dan cakram 220 mm di belakang dengan piston tunggal.
Varian SE dibedakan dengan fitur eksterior seperti pelek hitam, skid plate, frame cover, dan handguard. Sementara versi Standard lebih sederhana dengan pelek berwarna silver dan tanpa komponen pelindung mesin dan tangan. (Bgx)
Baca Juga: Tarung Ulang Yamaha Nmax Terbaru Trim "Turbo", Melawan Honda PCX 160
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.