Kisah Honda Blasteran Inggris

Triumph Aclaim

Honda dan British Leyland (BL). Yang satu pabrikan kampiun asal Jepang, satunya asal Inggris dan pernah jaya. Masing-masing memiliki keahlian. Honda dengan kendaraan penumpang yang reliable, sementara BL punya Land Rover yang tangguh dan pastinya hebat di medan off road. Kedua kemampuan itu membuat mereka sempat mesra selama beberapa tahun, sebelum yang satu diambil alih oleh pabrikan lain. Produknya bakal bikin Anda bertanya, “Memang ada, ya?”

Triumph Pernah Bikin Honda

Rover 200

Mundur ke 1978, British Leyland, selain memegang merek Rover juga Triumph, Austin, Morris dan sebagainya. Mereka ingin punya produk jalan raya yang disukai oleh mereka yang jarang menyentuh jalanan lumpur. Tentu dengan berbagai merek di bawah naungan, punya mobil yang bisa ditawarkan tapi beberapa kurang bisa diterima pasar. Coba menutup kekurangan, datanglah ke Honda. Pabrikan Jepang itu punya agenda sendiri dan dengan mudah memberikan lisensi untuk memproduksi Ballade, yang masih satu keluarga dengan Civic (bayangkan Civic Excellent tapi bentuknya sedan) untuk menggunakan nama Triumph Acclaim.

Ballade hadir akhir 1980. Acclaim hadir beberapa bulan setelahnya dan dirakit di Inggris. Bagi Honda dan industri mobil Eropa, Acclaim memiliki peran yang cukup signifikan. Inilah mobil Jepang pertama yang dirakit di Kawasan Ekonomi Eropa (sekarang Uni Eropa). Dengan menggunakan nama Triumph dan komponen Honda, regulasi Jepang yang menuntut sebuah merek mobil untuk punya pangsa pasar 11 persen sebelum boleh produksi di Eropa, bisa di-bypass. Honda pun bisa ekspor produk sekaligus meriset pasar Benua Biru itu.

Baca Juga: 5 Mobil Mazda yang Diakui Kehebatannya

Kerjasama ini berlanjut karena tahun 1984 Rover juga kebagian. Honda Ballade diganti nama jadi Rover 200 setelah Triumph tutup buku. Berbasis Civic generasi tiga, jangan heran kalau bentuk Rover 200 mirip dengan Civic Wonder sedan. Bedanya lampu depan berbentuk lebih kotak.

Konsumen diberikan dua pilihan mesin. Yang satu adalah empat silinder 1,3 liter buatan Honda, satunya 1,6 liter bikinan Rover sendiri. Transmisinya otomatis tiga percepatan atau 5-speed manual untuk yang bermesin lebih kecil. Sementara versi 1,6 liter dibekali gearbox manual 5-speed. Beberapa diberikan opsi transmisi matic 4-speed bikinan ZF. Rover 200 dikembangkan untuk menyasar pasar menengah ke atas di Inggris. Dirakit di pabrik yang berlokasi di Longbridge, Inggris yang sekarang jadi fasilitas milik SAIC untuk merakit MG.

Rover 200 selesai masa produksinya pada 1989 kemudian dilanjutkan oleh Rover 200 generasi kedua. Ini juga merupakan produk kolaborasi Rover-Honda, yang berbasis Honda Civic generasi keempat. Versi Honda disebut Concerto dengan bentuk liftback.

Honda Jualan Land Rover

Honda crossroad

Tahun 1993, keadaan berbalik. Pasar SUV yang terus naik membuat Honda berpikir ulang karena tidak punya produknya. Daripada bikin dari nol dan direpotkan dengan riset, kenapa tidak manfaatkan saja kerjasama dengan British Leyland? Ide brilian karena Rover jagonya SUV.

Baca Juga: 5 Mobil Jerman Klasik Jarang Dilirik, Pantas Jadi Garage Queen

Hadirlah Honda Crossroad. Apa itu? Land Rover Discovery yang logonya diganti Honda, dan hanya untuk pasar Jepang. Benar-benar hanya ganti logo. Tapi jadi menarik karena di balik kap mesinnya tersemat V8 dengan kapasitas 3,9 liter. Dan hanya itu pilihan mesin yang tersedia. Tenaganya lumayan, 139 hp. Dilengkapi dengan piranti off road dan kenyamanan sebuah Discovery. Ini mobil yang pas dengan keinginan Honda.

Dengan spesifikasi tersebut, Crossroad dengan percaya diri bersaing dengan Toyota Land Cruiser dan Nissan Patrol. Sukses? Tidak juga. Karena ini adalah Land Rover yang saat itu diterpa masalah daya tahan, tentu blasteran Inggris-Jepang ini juga kena. Tahun 1997, contohnya. Lebih dari 4.500 crossroad terkena recall karena masalah pengunci pintu. Yang kalau dibiarkan, pintu bisa terbuka sendiri.

Pada saat itu, Honda mungkin sudah jenuh dengan kerjasama tersebut. Lagipula, Rover diambil alih oleh BMW. Ditambah lagi, mereka sudah mengembangkan sendiri SUV bernama CR-V. Meski begitu, nama Crossroad masih berjalan hingga generasi kedua yang muncul pada 2007. Umurnya pendek saja. Hanya tiga tahun sebelum Honda memutuskan nama itu tidak akan digunakan lagi. (Ddn/Odi)

Baca Juga: Tahukah Anda, Ada Banyak Jenis Wiper Mobil Unik yang Pernah Dibuat

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • Lexus Cup Indonesia Dibuka di Jakarta, Turnamen Golf Eksklusif Bernuansa Omotenashi
    Lexus Cup Indonesia Dibuka di Jakarta, Turnamen Golf Eksklusif Bernuansa Omotenashi
    Alvando Noya . Hari ini
  • Simak Spek Lengkap Suzuki Grand Vitara Hybrid Varian GL, Pilihan di Harga Menarik
    Simak Spek Lengkap Suzuki Grand Vitara Hybrid Varian GL, Pilihan di Harga Menarik
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Tips Perawatan Mobil Setelah Liburan Panjang dari Daihatsu
    Tips Perawatan Mobil Setelah Liburan Panjang dari Daihatsu
    Setyo Adi . Hari ini
  • Mengenal Teknologi Vehicle To Load Pada Mobil Listrik, Bisa Suplai Daya Listrik Rumahan
    Mengenal Teknologi Vehicle To Load Pada Mobil Listrik, Bisa Suplai Daya Listrik Rumahan
    Alvando Noya . 29 Jan, 2025
  • Tahun Ini, Geely Langsung CKD EX5 di Indonesia
    Tahun Ini, Geely Langsung CKD EX5 di Indonesia
    Setyo Adi . 28 Jan, 2025

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Lexus Cup Kembali Digelar, Turnamen Golf Eksklusif dengan Peluang Tanding di Singapura
    Lexus Cup Kembali Digelar, Turnamen Golf Eksklusif dengan Peluang Tanding di Singapura
    Alvando Noya . Hari ini
  • Peserta Toyota Eco Youth Ke-13, SMAN Asal Makassar Bikin Biofuel dari Limbah Buah
    Peserta Toyota Eco Youth Ke-13, SMAN Asal Makassar Bikin Biofuel dari Limbah Buah
    Ardiantomi . 25 Jan, 2025
  • Maxus Sudah Kirimkan 45 Unit Mifa Buat Konsumen di Indonesia
    Maxus Sudah Kirimkan 45 Unit Mifa Buat Konsumen di Indonesia
    Ardiantomi . 25 Jan, 2025
  • Kenali Kehebatan Tank 500 HEV dan Haval Jolion HEV di Pameran Puri Indah Mall
    Kenali Kehebatan Tank 500 HEV dan Haval Jolion HEV di Pameran Puri Indah Mall
    OTO . 24 Jan, 2025
  • Baru Masuk Indonesia, Geely Mau Buka 40 Diler hingga Akhir 2025
    Baru Masuk Indonesia, Geely Mau Buka 40 Diler hingga Akhir 2025
    Anjar Leksana . 24 Jan, 2025
  • 5 LMPV yang Laris Tahun Lalu, Bakal Tetap Jadi Favorit di 2025?
    5 LMPV yang Laris Tahun Lalu, Bakal Tetap Jadi Favorit di 2025?
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • Simak 7 Fitur Penunjang Kenyamanan Penumpang MPV Listrik Maxus Mifa 7
    Simak 7 Fitur Penunjang Kenyamanan Penumpang MPV Listrik Maxus Mifa 7
    Ardiantomi . Hari ini
  • 5 SUV Baru yang Siap Rilis di Indonesia sepanjang 2025
    5 SUV Baru yang Siap Rilis di Indonesia sepanjang 2025
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Teknologi Vehicle To Load (V2L), Suplai Daya Listrik ala Rumahan
    Teknologi Vehicle To Load (V2L), Suplai Daya Listrik ala Rumahan
    Alvando Noya . Hari ini
  • Sepak Terjang Zeekr, Merek Baru yang Langsung Mendunia
    Sepak Terjang Zeekr, Merek Baru yang Langsung Mendunia
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • Pascaliburan Jangan Lupa Cek Bagian Kendaraan Ini!
    Pascaliburan Jangan Lupa Cek Bagian Kendaraan Ini!
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini
  • Potensi Masalah Kendaraan di Perjalanan Sepanjang Waktu Liburan
    Potensi Masalah Kendaraan di Perjalanan Sepanjang Waktu Liburan
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini
  • Tips Berkendara Saat Hujan di Libur Nataru
    Tips Berkendara Saat Hujan di Libur Nataru
    Setyo Adi Nugroho . 30 Des, 2024
  • Perhatikan Faktor Ini untuk Atasi Mesin Hilang Tenaga dan Ngelitik
    Perhatikan Faktor Ini untuk Atasi Mesin Hilang Tenaga dan Ngelitik
    Setyo Adi Nugroho . 30 Des, 2024
  • Berkendara Liburan Akhir Tahun, Persiapkan Hal Ini Biar Aman dan Nyaman
    Berkendara Liburan Akhir Tahun, Persiapkan Hal Ini Biar Aman dan Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 11 Des, 2024
  • First Drive Mazda CX-80 PHEV: Performa dan Konsumsi BBM Impresif!
    First Drive Mazda CX-80 PHEV: Performa dan Konsumsi BBM Impresif!
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini
  • Test Drive Mazda CX-30: Karakter Sporty Mendominasi Plus Kenyamanan Ekstra
    Test Drive Mazda CX-30: Karakter Sporty Mendominasi Plus Kenyamanan Ekstra
    Setyo Adi Nugroho . 21 Jan, 2025
  • Test Drive Pikap Toyota Hilux Rangga: Bukan Sekadar Kendaraan Niaga Biasa
    Test Drive Pikap Toyota Hilux Rangga: Bukan Sekadar Kendaraan Niaga Biasa
    Zenuar Yoga . 23 Des, 2024
  • First Drive Jetour X70 Plus: Andalkan Kelapangan Kabin dan Tenaga Perkasa
    First Drive Jetour X70 Plus: Andalkan Kelapangan Kabin dan Tenaga Perkasa
    Anjar Leksana . 19 Des, 2024
  • Test Drive Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Calligraphy: Tetap Memberikan Esensi Kemewahan dan Kenyamanan
    Test Drive Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Calligraphy: Tetap Memberikan Esensi Kemewahan dan Kenyamanan
    Anindiyo Pradhono . 14 Des, 2024