Kisah Honda Blasteran Inggris

Triumph Aclaim

Honda dan British Leyland (BL). Yang satu pabrikan kampiun asal Jepang, satunya asal Inggris dan pernah jaya. Masing-masing memiliki keahlian. Honda dengan kendaraan penumpang yang reliable, sementara BL punya Land Rover yang tangguh dan pastinya hebat di medan off road. Kedua kemampuan itu membuat mereka sempat mesra selama beberapa tahun, sebelum yang satu diambil alih oleh pabrikan lain. Produknya bakal bikin Anda bertanya, “Memang ada, ya?”

Triumph Pernah Bikin Honda

Rover 200

Mundur ke 1978, British Leyland, selain memegang merek Rover juga Triumph, Austin, Morris dan sebagainya. Mereka ingin punya produk jalan raya yang disukai oleh mereka yang jarang menyentuh jalanan lumpur. Tentu dengan berbagai merek di bawah naungan, punya mobil yang bisa ditawarkan tapi beberapa kurang bisa diterima pasar. Coba menutup kekurangan, datanglah ke Honda. Pabrikan Jepang itu punya agenda sendiri dan dengan mudah memberikan lisensi untuk memproduksi Ballade, yang masih satu keluarga dengan Civic (bayangkan Civic Excellent tapi bentuknya sedan) untuk menggunakan nama Triumph Acclaim.

Ballade hadir akhir 1980. Acclaim hadir beberapa bulan setelahnya dan dirakit di Inggris. Bagi Honda dan industri mobil Eropa, Acclaim memiliki peran yang cukup signifikan. Inilah mobil Jepang pertama yang dirakit di Kawasan Ekonomi Eropa (sekarang Uni Eropa). Dengan menggunakan nama Triumph dan komponen Honda, regulasi Jepang yang menuntut sebuah merek mobil untuk punya pangsa pasar 11 persen sebelum boleh produksi di Eropa, bisa di-bypass. Honda pun bisa ekspor produk sekaligus meriset pasar Benua Biru itu.

Baca Juga: 5 Mobil Mazda yang Diakui Kehebatannya

Kerjasama ini berlanjut karena tahun 1984 Rover juga kebagian. Honda Ballade diganti nama jadi Rover 200 setelah Triumph tutup buku. Berbasis Civic generasi tiga, jangan heran kalau bentuk Rover 200 mirip dengan Civic Wonder sedan. Bedanya lampu depan berbentuk lebih kotak.

Konsumen diberikan dua pilihan mesin. Yang satu adalah empat silinder 1,3 liter buatan Honda, satunya 1,6 liter bikinan Rover sendiri. Transmisinya otomatis tiga percepatan atau 5-speed manual untuk yang bermesin lebih kecil. Sementara versi 1,6 liter dibekali gearbox manual 5-speed. Beberapa diberikan opsi transmisi matic 4-speed bikinan ZF. Rover 200 dikembangkan untuk menyasar pasar menengah ke atas di Inggris. Dirakit di pabrik yang berlokasi di Longbridge, Inggris yang sekarang jadi fasilitas milik SAIC untuk merakit MG.

Rover 200 selesai masa produksinya pada 1989 kemudian dilanjutkan oleh Rover 200 generasi kedua. Ini juga merupakan produk kolaborasi Rover-Honda, yang berbasis Honda Civic generasi keempat. Versi Honda disebut Concerto dengan bentuk liftback.

Honda Jualan Land Rover

Honda crossroad

Tahun 1993, keadaan berbalik. Pasar SUV yang terus naik membuat Honda berpikir ulang karena tidak punya produknya. Daripada bikin dari nol dan direpotkan dengan riset, kenapa tidak manfaatkan saja kerjasama dengan British Leyland? Ide brilian karena Rover jagonya SUV.

Baca Juga: 5 Mobil Jerman Klasik Jarang Dilirik, Pantas Jadi Garage Queen

Hadirlah Honda Crossroad. Apa itu? Land Rover Discovery yang logonya diganti Honda, dan hanya untuk pasar Jepang. Benar-benar hanya ganti logo. Tapi jadi menarik karena di balik kap mesinnya tersemat V8 dengan kapasitas 3,9 liter. Dan hanya itu pilihan mesin yang tersedia. Tenaganya lumayan, 139 hp. Dilengkapi dengan piranti off road dan kenyamanan sebuah Discovery. Ini mobil yang pas dengan keinginan Honda.

Dengan spesifikasi tersebut, Crossroad dengan percaya diri bersaing dengan Toyota Land Cruiser dan Nissan Patrol. Sukses? Tidak juga. Karena ini adalah Land Rover yang saat itu diterpa masalah daya tahan, tentu blasteran Inggris-Jepang ini juga kena. Tahun 1997, contohnya. Lebih dari 4.500 crossroad terkena recall karena masalah pengunci pintu. Yang kalau dibiarkan, pintu bisa terbuka sendiri.

Pada saat itu, Honda mungkin sudah jenuh dengan kerjasama tersebut. Lagipula, Rover diambil alih oleh BMW. Ditambah lagi, mereka sudah mengembangkan sendiri SUV bernama CR-V. Meski begitu, nama Crossroad masih berjalan hingga generasi kedua yang muncul pada 2007. Umurnya pendek saja. Hanya tiga tahun sebelum Honda memutuskan nama itu tidak akan digunakan lagi. (Ddn/Odi)

Baca Juga: Tahukah Anda, Ada Banyak Jenis Wiper Mobil Unik yang Pernah Dibuat

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • KALEIDOSKOP 2024: 5 Sportscar Paling Mencuri Perhatian di Indonesia
    KALEIDOSKOP 2024: 5 Sportscar Paling Mencuri Perhatian di Indonesia
    Alvando Noya . 25 Des, 2024
  • Daihatsu Sahabat Siaga Liburan: Fasilitas Pos, Bengkel, dan Layanan Mobile di Nataru
    Daihatsu Sahabat Siaga Liburan: Fasilitas Pos, Bengkel, dan Layanan Mobile di Nataru
    Muhammad Hafid . 25 Des, 2024
  • Insentif Sudah Pasti, Mitsubishi Xpander Hybrid Rilis di Indonesia Tahun Depan?
    Insentif Sudah Pasti, Mitsubishi Xpander Hybrid Rilis di Indonesia Tahun Depan?
    Setyo Adi . 25 Des, 2024
  • Pemerintah Indonesia Sambangi Markas Geely, Percepat Investasi Lokalisasi Kendaraan Listrik
    Pemerintah Indonesia Sambangi Markas Geely, Percepat Investasi Lokalisasi Kendaraan Listrik
    Alvando Noya . 25 Des, 2024
  • Nissan, Honda, Mitsubishi Sepakati Kolaborasi Kembangkan Elektrifikasi Masa Depan
    Nissan, Honda, Mitsubishi Sepakati Kolaborasi Kembangkan Elektrifikasi Masa Depan
    Alvando Noya . 24 Des, 2024

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Pilih-pilih Low MPV Terbaru di Akhir Tahun
    Pilih-pilih Low MPV Terbaru di Akhir Tahun
    Setyo Adi Nugroho . 24 Des, 2024
  • Daftar Mobil Murah di Akhir Tahun, Ada Brio Satya, Agya, Ayla, Sigra dan Calya
    Daftar Mobil Murah di Akhir Tahun, Ada Brio Satya, Agya, Ayla, Sigra dan Calya
    Setyo Adi Nugroho . 24 Des, 2024
  • PPN Jadi 12 Persen, Gaikindo: Tidak akan Berdampak Negatif terhadap Penjualan
    PPN Jadi 12 Persen, Gaikindo: Tidak akan Berdampak Negatif terhadap Penjualan
    Anjar Leksana . 24 Des, 2024
  • MG Bakal Ikut Ramaikan Pasar Hybrid Tahun Depan, Siapkan Model Anyar
    MG Bakal Ikut Ramaikan Pasar Hybrid Tahun Depan, Siapkan Model Anyar
    Ardiantomi . 23 Des, 2024
  • SPBU bp Perdana Hadir di Kota Bandung
    SPBU bp Perdana Hadir di Kota Bandung
    Muhammad Hafid . 23 Des, 2024
  • 10 Model EV yang Menarik Perhatian di 2024
    10 Model EV yang Menarik Perhatian di 2024
    Setyo Adi Nugroho . 18 Des, 2024
  • Kenali Deret Regulasi Pemerintah Terkait Kendaraan Listrik di Indonesia
    Kenali Deret Regulasi Pemerintah Terkait Kendaraan Listrik di Indonesia
    Alvando Noya . 17 Des, 2024
  • 10 Daftar Peluncuran Mobil Baru Paling Menarik di 2024
    10 Daftar Peluncuran Mobil Baru Paling Menarik di 2024
    Setyo Adi Nugroho . 17 Des, 2024
  • Pertimbangan Beli Mitsubishi Xforce Ultimate DS, Mending Kontan atau Kredit?
    Pertimbangan Beli Mitsubishi Xforce Ultimate DS, Mending Kontan atau Kredit?
    Anjar Leksana . 16 Des, 2024
  • Ragam Keunggulan Wuling Air ev untuk Senjata Mobilitas Harian
    Ragam Keunggulan Wuling Air ev untuk Senjata Mobilitas Harian
    Ardiantomi . 09 Des, 2024
  • Berkendara Liburan Akhir Tahun, Persiapkan Hal Ini Biar Aman dan Nyaman
    Berkendara Liburan Akhir Tahun, Persiapkan Hal Ini Biar Aman dan Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 11 Des, 2024
  • Berkaca dari Kecelakaan Cipularang KM 92, Apa yang Harus Dilakukan Biar Tak Terulang
    Berkaca dari Kecelakaan Cipularang KM 92, Apa yang Harus Dilakukan Biar Tak Terulang
    Setyo Adi Nugroho . 14 Nov, 2024
  • Jangan Disepelekan, Ban Serep Juga Butuh Perhatian
    Jangan Disepelekan, Ban Serep Juga Butuh Perhatian
    Setyo Adi Nugroho . 04 Nov, 2024
  • Tips Perawatan Ban Mobil Memasuki Musim Hujan
    Tips Perawatan Ban Mobil Memasuki Musim Hujan
    Setyo Adi Nugroho . 18 Okt, 2024
  • Perhatikan Jenis Barang Saat Memanfaatkan Bagasi Depan Mobil Listrik
    Perhatikan Jenis Barang Saat Memanfaatkan Bagasi Depan Mobil Listrik
    Setyo Adi Nugroho . 02 Okt, 2024
  • Test Drive Pikap Toyota Hilux Rangga: Bukan Sekadar Kendaraan Niaga Biasa
    Test Drive Pikap Toyota Hilux Rangga: Bukan Sekadar Kendaraan Niaga Biasa
    Zenuar Yoga . 23 Des, 2024
  • First Drive Jetour X70 Plus: Andalkan Kelapangan Kabin dan Tenaga Perkasa
    First Drive Jetour X70 Plus: Andalkan Kelapangan Kabin dan Tenaga Perkasa
    Anjar Leksana . 19 Des, 2024
  • Test Drive Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Calligraphy: Tetap Memberikan Esensi Kemewahan dan Kenyamanan
    Test Drive Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Calligraphy: Tetap Memberikan Esensi Kemewahan dan Kenyamanan
    Anindiyo Pradhono . 14 Des, 2024
  • Test Drive Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV Calligraphy: Powerful dan Efisien!
    Test Drive Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV Calligraphy: Powerful dan Efisien!
    Anjar Leksana . 11 Des, 2024
  • Test Drive GWM Tank 300 HEV Fury Edition: Siap di Dua Alam
    Test Drive GWM Tank 300 HEV Fury Edition: Siap di Dua Alam
    Zenuar Yoga . 09 Des, 2024