Komparasi Low MPV Bekas Terlaris, Mana yang Paling Realistis?

Suzuki Ertiga

Selain mobil baru, opsi kendaraan keluarga di segmen Low MPV bekas juga banyak. Salah satu merek yang paling digemari sejak belasan tahun ialah Toyota Avanza. Maklum, ia jadi pionir di segmen ini. Tapi kalau Anda cari mobkas, masih banyak pilihan lain seperti Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga. Harganya juga bersaing. Sebagai bahan kontemplasi sebelum membeli, simak perbandingan dari tiga brand ini.

Harga Bekas

Kala membeli kendaraan bekas disarankan tidak terlalu tua, agar lebih mudah perawatan. Penyakitnya pun belum terlalu banyak bila mengacu pada jarak penggunaan. Setidaknya lima tahun ke belakang supaya juga masih bisa diasuransikan. Jadi lebih muda makin baik, asalkan sesuai bujet. Misalnya Avanza 1,5-liter matik lansiran 2018 rata-rata dilego Rp 130 juta hingga Rp 145 juta. Versi facelift 2019 dijual Rp 155 juta sampai Rp 175 jutaan.

Honda Mobilio transmisi CVT 2018 dijajakan sekitar Rp 145 juta sampai Rp 155 jutaan. Sedangkan garapan 2019 sekitar Rp 160 juta hingga Rp 180 juta berdasar varian. Opsi lain datang dari Suzuki yang harga bekasnya bersaing. Ertiga AT (Gen 2) tahun produksi 2018 ditawarkan sekira Rp 160 juta sampai Rp 170 jutaan. Terakhir, lansiran 2019 dijual Rp 175 juta - Rp 190 jutaan.

toyota avanza 2018

Baca Juga: Pilih Tipe Murah yang Mana, Suzuki XL7 Zeta atau Daihatsu Terios X Deluxe

Mesin

Di bawah bonet Avanza, tertancap jantung pacu lama. Tersedia dua pilihan. Pertama tipe 1,3-liter berdaya 96,5 PS pada 6.000 rpm serta torsi puncak 120 Nm pada 4.400 rpm. Kedua, mesin 1,5-liter yang bertenaga 104 PS pada 6.000 rpm. Lalu torsi puncaknya sampai 136 Nm pada 4.200 rpm. Kemudian transmisi tak berubah. Mereka punya dua pilihan: manual 5-speed dan otomatis konvensional 4-speed.

Suzuki Ertiga pakai mesin bensin empat silinder 1,5-liter dengan kode K15B, sama dengan milik Jimny dan XL7. Resultan pembakaran internal memberi daya 104,7 PS dengan torsi puncak 138 Nm. Distribusi power ke roda depan menggunakan girboks manual lima percepatan. Opsi transmisi otomatis empat speed konvensional.

Tapi Mobilio punya power paling hebat dari beberapa lawan. Ia mengandalkan enjin peminum bensin 1,5-liter i-VTEC yang medorong tenaga 118 PS pada 6.600 rpm. Sementara daya puntir maksimal sebesar 145 Nm di 4.600 rpm. Daya itu disalurkan ke roda depan, melalui transmisi CVT Earth Dreams Technology. Selain diklaim penyaluran lebih halus, efisiensi bahan bakar juga dibilang lebih baik. Opsi lainnya, transmisi manual lima percepatan.

Jika kemampuan mesin mau disetarakan, maka jantung pacu Avanza 1.3 harus dicoret dari daftar pertarungan. Soalnya yang lain hanya pakai 1.5 saja. Dari sini Anda bisa melihat sendiri, mana mobil yang memberi daya lebih dan sistem transmisi paling lembut. Mobilio tetap masuk skala prioritas daftar perburuan.

Suzuki Ertiga 2018

Gerak Depan atau Belakang?

Untuk jenis penyaluran tenaga, Toyota mengklaim penggerak belakang lebih unggul. Desain pada as roda, dibilang sangat kokoh dan kuat. Walaupun sering digunakan di jalanan rusak, ia lebih tahan banting. Apalagi saat mobil diajak melahap beragam tanjakan. Penggerak roda belakang terkenal sebagai kuda beban, jadi bisa angkut beban lebih banyak. Tapi bikin lantai kabin tidak rata. Ada tonjolan di tengah yang mengurangi estetika ruang.

Sementara gerak roda depan seperti Ertiga dan Mobilio sebetulnya juga tak terlalu bermasalah. Toh sama-sama mobil keluarga. Penyaluran daya dari mesin ke roda depan pun lebih efisien, plus tak ada tenaga tereduksi akibat tongkat penyaluran gerak belakang. Sehingga bukan menjadi problem di kontur jalanan normal di Indonesia. Baiknya pahami medan yang sering Anda lintasi, baru pilih mobil paling cocok.

Fitur

Avanza G AT menyediakan dual SRS airbag, rem ABS, headrest dan seat belt 3-titik di semua jok serta ISOFIX. Avanza punya side impact beam pada rangkanya, untuk meredam benturan samping lebih baik. Untuk varian Veloz diimbuhi pengereman EBD agar kian mantap. Kelengkapannya mirip dengan Ertiga. Dibenami berbagai fitur serta fasilitas penunjang keselamatan bagi Anda. Seperti Antilock Braking System (ABS) untuk pengereman mendadak, dual SRS airbag untuk perlindungan frontal. Model ini juga sudah dilengkapi fitur Isofix, membantu menjaga keamanan.

Pada tipe terendahnya sekalipun, Mobilio S transmisi manual sudah dilindungi dual front SRS airbags plus rem dengan teknologi ABS + EBD. Ia mengusung struktur rangka G-CON + ACE, dilengkapi side impact beam dan sabuk keselamatan pretensioner serta kursi Isofix & Tether. Untuk tipe tertinggi (RS), Honda melengkapi Mobilio dengan kamera parkir dan Hill Start Assist (HSA) serta Vehicle Stability Assist (VSA). Untuk keamanan, produk berlogo H tegak masih unggul.

mobilio 2017

Baca Juga: Pilihan Dilematis, Toyota Kijang Innova V Baru atau Toyota Voxy Bekas?

Layanan Purnajual

Memang tak bisa dipungkiri, Avanza memiliki onderdil amat melimpah. Baik di bengkel resmi maupun di pasar aftermarket. Pasalnya, ia salah satu produk yang penjualannya masif juga paling banyak dalam ekosistem LMPV. Bahkan, selain suku cadang resmi (OEM) Anda bisa menemukan peranti serupa alias imitasi. Suzuki dan Mobilio pun sebetulnya banyak. Tapi kalau segi jumlah, lebih banyak suku cadang T brand. Wajar saja, selama satu dekade ia terus merajai pasaran Low MPV.

Pilih Mana?

Cara memandang mobil bekas agak berbeda dari mobil baru. Selain besaran uang dimiliki, lamanya penggunaan juga amat berpengaruh pada opsi. Contoh bila Anda ingin sekadar punya mobil keluarga yang mudah dipakai dan gampang dijual. Kalau begini, Avanza tak bisa tergoyahkan. Lantaran jumlah peminatnya banyak, depresiasi bila dijual kembali tak terlalu menyusut.

Jika Anda ingin mobil enak, halus, kemudian relatif irit BBM, Honda Mobilio patut diperhitungkan. Selain tenaga paling unggul, fitur keamanan juga tak bisa diremehkan. Tapi, namanya CVT harus siap dengan segala kompleksitasnya. Bila ada problem, jangan kaget besaran biaya perbaikan. Dan terakhir, sebagai alternatif Suzuki Ertiga juga punya mesin halus, handling alias pengendaliannya tak kalah enak dari duo rivalnya. Ini mobil nyaman dan stabil saat meluncur kencang.

Hanya saja, kalau di pasar mobkas harganya acap kali lebih rendah atau memiliki penyusutan agak tinggi. Tapi kalau Anda benar-benar membeli Ertiga, mending dirawat dan dinikmati saja. Tak usah memusingkan untuk dijual kembali suatu saat nanti. Nah, dari segala aspek yang dijabarkan, semoga membantu Anda membuat keputusan tepat. (Alx/Odi)

Baca Juga: Toyota Voxy Enak Diajak Berpelesiran Bersama Keluarga, Ini Alasannya

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • Geely Comeback di Indonesia Tawarkan EX5, Pre-Booking Cuma Rp10 Ribu
    Geely Comeback di Indonesia Tawarkan EX5, Pre-Booking Cuma Rp10 Ribu
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Penting! Ketahui Ini Sebelum Memiliki Mazda CX-80 PHEV
    Penting! Ketahui Ini Sebelum Memiliki Mazda CX-80 PHEV
    Muhammad Hafid . 22 Jan, 2025
  • Honda BR-V N7X Dapat Upgrade Fitur, Harga Tidak Berubah
    Honda BR-V N7X Dapat Upgrade Fitur, Harga Tidak Berubah
    Anjar Leksana . 22 Jan, 2025
  • Teknologi Beda Jauh, Harga Mazda CX-80 Cuma Beda Rp11 Jutaan dari CX-60
    Teknologi Beda Jauh, Harga Mazda CX-80 Cuma Beda Rp11 Jutaan dari CX-60
    Muhammad Hafid . 22 Jan, 2025
  • BYD Ungkap Harga Denza D9, MPV Listrik Mewah Rp950 Juta
    BYD Ungkap Harga Denza D9, MPV Listrik Mewah Rp950 Juta
    Setyo Adi . 22 Jan, 2025

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Bridgestone Rilis Turanza 6 dengan Teknologi ENLITEN
    Bridgestone Rilis Turanza 6 dengan Teknologi ENLITEN
    Anindiyo Pradhono . 22 Jan, 2025
  • Geely Indonesia Kenalkan EX5, Tambah Lagi Pilihan SUV Listrik
    Geely Indonesia Kenalkan EX5, Tambah Lagi Pilihan SUV Listrik
    Anjar Leksana . 22 Jan, 2025
  • Rentokil Initial Indonesia Gunakan 11 Mitsubishi L100 EV Sebagai Armada
    Rentokil Initial Indonesia Gunakan 11 Mitsubishi L100 EV Sebagai Armada
    Anjar Leksana . 22 Jan, 2025
  • Chery Realisasikan Program Go Green Fund Omoda E5 Senilai Rp30 Miliar
    Chery Realisasikan Program Go Green Fund Omoda E5 Senilai Rp30 Miliar
    Anjar Leksana . 22 Jan, 2025
  • Mazda CX-80 PHEV Meluncur dengan Harga Rp1,199 Miliar
    Mazda CX-80 PHEV Meluncur dengan Harga Rp1,199 Miliar
    Wahyu Hariantono . 22 Jan, 2025
  • Mazda CX-80 Meluncur, Ketahui Ini Dulu Sebelum Meminangnya
    Mazda CX-80 Meluncur, Ketahui Ini Dulu Sebelum Meminangnya
    Muhammad Hafid . 22 Jan, 2025
  • Menjelajah Keindahan Australia Barat bersama Mazda CX-60 Diesel
    Menjelajah Keindahan Australia Barat bersama Mazda CX-60 Diesel
    Eka Zulkarnain . 22 Jan, 2025
  • Segmen Low SUV Makin Ketat, Mitsubishi New Xpander Cross Punya Tawaran Fitur Lengkap
    Segmen Low SUV Makin Ketat, Mitsubishi New Xpander Cross Punya Tawaran Fitur Lengkap
    Alvando Noya . 31 Des, 2024
  • Lonjakan Minat Terhadap EV, Ini 5 Mobil Listrik Terlaris di Indonesia 2024
    Lonjakan Minat Terhadap EV, Ini 5 Mobil Listrik Terlaris di Indonesia 2024
    Alvando Noya . 30 Des, 2024
  • 5 Merek Mobil Paling Menyita Perhatian Publik Indonesia di 2024
    5 Merek Mobil Paling Menyita Perhatian Publik Indonesia di 2024
    Wahyu Hariantono . 30 Des, 2024
  • Tips Berkendara Saat Hujan di Libur Nataru
    Tips Berkendara Saat Hujan di Libur Nataru
    Setyo Adi Nugroho . 30 Des, 2024
  • Perhatikan Faktor Ini untuk Atasi Mesin Hilang Tenaga dan Ngelitik
    Perhatikan Faktor Ini untuk Atasi Mesin Hilang Tenaga dan Ngelitik
    Setyo Adi Nugroho . 30 Des, 2024
  • Berkendara Liburan Akhir Tahun, Persiapkan Hal Ini Biar Aman dan Nyaman
    Berkendara Liburan Akhir Tahun, Persiapkan Hal Ini Biar Aman dan Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 11 Des, 2024
  • Berkaca dari Kecelakaan Cipularang KM 92, Apa yang Harus Dilakukan Biar Tak Terulang
    Berkaca dari Kecelakaan Cipularang KM 92, Apa yang Harus Dilakukan Biar Tak Terulang
    Setyo Adi Nugroho . 14 Nov, 2024
  • Jangan Disepelekan, Ban Serep Juga Butuh Perhatian
    Jangan Disepelekan, Ban Serep Juga Butuh Perhatian
    Setyo Adi Nugroho . 04 Nov, 2024
  • Test Drive Mazda CX-30: Karakter Sporty Mendominasi Plus Kenyamanan Ekstra
    Test Drive Mazda CX-30: Karakter Sporty Mendominasi Plus Kenyamanan Ekstra
    Setyo Adi Nugroho . 21 Jan, 2025
  • Test Drive Pikap Toyota Hilux Rangga: Bukan Sekadar Kendaraan Niaga Biasa
    Test Drive Pikap Toyota Hilux Rangga: Bukan Sekadar Kendaraan Niaga Biasa
    Zenuar Yoga . 23 Des, 2024
  • First Drive Jetour X70 Plus: Andalkan Kelapangan Kabin dan Tenaga Perkasa
    First Drive Jetour X70 Plus: Andalkan Kelapangan Kabin dan Tenaga Perkasa
    Anjar Leksana . 19 Des, 2024
  • Test Drive Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Calligraphy: Tetap Memberikan Esensi Kemewahan dan Kenyamanan
    Test Drive Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Calligraphy: Tetap Memberikan Esensi Kemewahan dan Kenyamanan
    Anindiyo Pradhono . 14 Des, 2024
  • Test Drive Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV Calligraphy: Powerful dan Efisien!
    Test Drive Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV Calligraphy: Powerful dan Efisien!
    Anjar Leksana . 11 Des, 2024