JAKARTA – Pertarungan di lahan medium SUV Tanah Air makin ramai. Morris Garage akhirnya merilis MG HS. Jenama kolaborasi Cina dan Inggris itu resmi ditawarkan dalam dua varian yaitu Rp 369,8 juta tipe Excite dan Rp 429,8 juta OTR Jakarta untuk Ignite. Di Indonesia, lawan yang cukup sepadan adalah Wuling Almaz dan DGSK Glory i-Auto.
Untuk mesin, MG HZ mengandalkan induksi turbo pada mekanikal pacu. Mesin terpasang bervolume 1,5 liter empat silinder segaris DOHC. Dorongan tenaga maksimal mencapai 162 PS di 5.600 rpm. Momen puntir tergolong besar, 250 Nm bisa didapat sejak 1.700 rpm – 4.400 rpm. Buncahan daya lantas didistribusikan ke roda depan lewat transmisi Twin Clutch Sportronic 7-speed plus mode manual.
MG memberikan kelengkapan fitur keamanan komplet. Misalnya Anti-lock Braking System and Electronic Brakeforce Distribution, EBA (Electronic Brake assist), SCS (Stability Control System) plus CBC (Curve Brake Control). Tak ketinggalan ada imbuhan TCS (Traction Control System), HAS (Hill Start Assist System), ESS (Emergency Stop Signal), Follow Me Home Light, Isofix. Lalu Front Seat Belt With Pretensioners and Load Limiters, 3 Point Rear Seat Belts 3 Points. Jumlah kantong udara tersedia enam titik.
Bagaimana dengan lawannya?
Baca juga: MG HS Resmi Mengaspal, Harga Mulai Rp 369,8 Juta
Wuling Almaz
Pabrikan asal Cina ini cukup cepat melejit di pasar SUV Tanah Air. Semua varian Wuling Almaz menggendong mesin bensin turbo 1,5 liter empat silinder DOHC. Unit pacu mampu memproduksi tenaga maksimal 140 Hp atau 152 PS. Lalu torsi optimal 250 Nm. Pada tipe Exclusive perangkat lebih lengkap di antara trim lain. Paling menonjol ialah adanya panoramic sunroof. Membuat tampilan sang SUV tambah elegan. Pada fitur umum sudah memiliki: WIND, LED DRL, dual airbags, seatbelt reminder, isofix, Child-Proof Rear Door Lock, Tire Pressure Monitoring System, Emergency Stop Signal.
Peranti pengereman sudah dilengkapo ABS, EBD, Brake Assist, Hill Hold Control, Electronic Stability Control, Traction Control System. Kian mantap dengan immobilizer, alarm, Electric Parking Brake with Auto Vehicle Holding, sensor parkir di depan dan belakang, kamera parkir belakang. Auto AC, Keyless Entry dan Engine Start/Stop Button, Electric Seat Adjuster di kursi pengendara. Plus Cruise Control dan kaca spion bisa dilipat.
Bagian setir tampil mewah karena sudah berlapis kulit sintesis. Begitu pula balutan jok kursi. Sebagai pembeda, ia diimbuhi sembilan speaker dari Infinity (Harman Kardon). Semburan audio sangat baik untuk mendendangkan musik. Lalu tersedia kamera 360 derajat, menampilkan seluruh sisi kendaraan. Sementara itu, transmisinya mengusung CVT delapan percepatan dengan simulasi manual. Unit ini mampu memuat lima orang dan diniagakan Rp 328,8 juta OTR Jakarta.
Baca juga: Morris Garage HS, Pilih Varian Excite atau Ignite?
Glory i-Auto
Rival lain serumpun ialah Glory i-Auto. Sang SUV juga pendatang baru di Indonesia. Ia mengusung mesin berkode SFG15T yang juga jadi jantung pacu di Glory 560 dan 580. Menggunakan dorongan turbo, mesin berkapasitas 1,5 liter mampu menghasilkan daya dorong maksimal 150 PS pada 5.600 rpm. Torsinya masih kalah dari Almaz dan HS. Tekucur hanya 220 Nm rentang 1.800 hingga 4.000 rpm.
Perangkat yang dimiliki Glory i-Auto lumayan kompetitif. Ia punya kamera 360 derajat, bermanfaat ketika parkir atau melewati jalan sempit. Urusan handling dan stabilitas berkendara disokong Electronic Stability Program (ESP). Rem juga lengkap berupa Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA). Sistem penghela laju kendaraan makin mantap berkat sisipan ESP.
Ketika mendaki jalan terjal, pengemudi tak perlu khawatir. Hill Hold Control (HHC) membantu mobil tetap diam, meski kaki dilepas dari pedal rem. Sistem keselamatan pasif disempurnakan empat airbag (depan dan sisi). Kemudian Crash Auto Unlocking sigap membuka kunci secara otomatis ketika mobil terlibat insiden kecelakaan, misal. Tyre Pressure Monitoring System (TPMS) di empat roda juga jadi barang standar. DFSK hanya menyediakan satu varian saja, berbanderol Rp 329,7 juta.
Baca juga: MG HS, Calon Pesaing Honda CR-V dan Corolla Cross
Kesimpulan
Secara psikologi level harga MG HS, memang jauh lebih mahal dari Almaz. Tapi kalau kelengkapan yang dimiliki SUV Wuling itu cukup, agaknya susah untuk bersaing di angka itu. Belum lagi DFSK yang menawari banderol kompetitif. Ditambah jaringan pemasaran dan servis mereka berdua lebih dulu massif di penjuru nusantara.
Bisa saja MG HS menantang lawan dari pabrikan Jepang. Katakanlah Honda CR-V, Mazda CX-5 dan yang sama-sama pendatang baru, Toyota Corolla Cross 1,8 liter. Segmentasinya memang bersinggungan. Tapi, apakah konsumen benar-benar mau membeli sebuah SUV asal brand anyar blasteran Cina-Inggris ini? Semua kalkulasi kembali lagi pada kebutuhan Anda.
MG sendiri cukup pedea, Arief Syarifun, Marketing dan PR Director MG Motor Indonesia mengatakan, “Peluncuran mobil kedua ini adalah perwujudan keseriusan kami dalam menghadirkan mobil SUV yang berkualitas. Terlepas dari begitu banyak tantangan yang terjadi di sepanjang 2020, kami tetap optimis dan agresif untuk dapat meredefinisikan ekspektasi masyarakat Indonesia. Didukung oleh jaringan purna jual yang mumpuni, MG Motor Indonesia siap menjangkau lebih banyak masyarakat Indonesia.”
Nah, MG HS tersedia mulai pada 13 Agustus 2020 di seluruh outlet resmi MG di Indonesia yang dapat dikunjungi di Lippo Mall Puri, The Breeze BSD, Pondok Indah, Samanhudi, Warung Jati, Cibubur, Soekarno Hatta Bandung, Surabaya, serta Medan. Selain itu, saat ini konsumen juga dapat mengunjungi Mall Exhibition Roadshow yang ada di Pondok Indah Mall 1 sampai 16 Agustus dan akan hadir di Bandung, Surabaya, serta Medan. (Alx/Raju)
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.