MG HS Dijual Mulai Rp 369,8 Juta, Apa Bedanya dengan Almaz dan Glory i-Auto

MG HS

JAKARTA – Pertarungan di lahan medium SUV Tanah Air makin ramai. Morris Garage akhirnya merilis MG HS. Jenama kolaborasi Cina dan Inggris itu resmi ditawarkan dalam dua varian yaitu Rp 369,8 juta tipe Excite dan Rp 429,8 juta OTR Jakarta untuk Ignite. Di Indonesia, lawan yang cukup sepadan adalah Wuling Almaz dan DGSK Glory i-Auto.

Untuk mesin, MG HZ mengandalkan induksi turbo pada mekanikal pacu. Mesin terpasang bervolume 1,5 liter empat silinder segaris DOHC. Dorongan tenaga maksimal mencapai 162 PS di 5.600 rpm. Momen puntir tergolong besar, 250 Nm bisa didapat sejak 1.700 rpm – 4.400 rpm. Buncahan daya lantas didistribusikan ke roda depan lewat transmisi Twin Clutch Sportronic 7-speed plus mode manual.

MG memberikan kelengkapan fitur keamanan komplet. Misalnya Anti-lock Braking System and Electronic Brakeforce Distribution, EBA (Electronic Brake assist), SCS (Stability Control System) plus CBC (Curve Brake Control). Tak ketinggalan ada imbuhan TCS (Traction Control System), HAS (Hill Start Assist System), ESS (Emergency Stop Signal), Follow Me Home Light, Isofix. Lalu Front Seat Belt With Pretensioners and Load Limiters, 3 Point Rear Seat Belts 3 Points. Jumlah kantong udara tersedia enam titik.

Bagaimana dengan lawannya?

Baca juga: MG HS Resmi Mengaspal, Harga Mulai Rp 369,8 Juta

Wuling Almaz

Wuling Almaz

Pabrikan asal Cina ini cukup cepat melejit di pasar SUV Tanah Air. Semua varian Wuling Almaz menggendong mesin bensin turbo 1,5 liter empat silinder DOHC. Unit pacu mampu memproduksi tenaga maksimal 140 Hp atau 152 PS. Lalu torsi optimal 250 Nm. Pada tipe Exclusive perangkat lebih lengkap di antara trim lain. Paling menonjol ialah adanya panoramic sunroof. Membuat tampilan sang SUV tambah elegan. Pada fitur umum sudah memiliki: WIND, LED DRL, dual airbags, seatbelt reminder, isofix, Child-Proof Rear Door Lock, Tire Pressure Monitoring System, Emergency Stop Signal.

Peranti pengereman sudah dilengkapo ABS, EBD, Brake Assist, Hill Hold Control, Electronic Stability Control, Traction Control System. Kian mantap dengan immobilizer, alarm, Electric Parking Brake with Auto Vehicle Holding, sensor parkir di depan dan belakang, kamera parkir belakang. Auto AC, Keyless Entry dan Engine Start/Stop Button, Electric Seat Adjuster di kursi pengendara. Plus Cruise Control dan kaca spion bisa dilipat.

Bagian setir tampil mewah karena sudah berlapis kulit sintesis. Begitu pula balutan jok kursi. Sebagai pembeda, ia diimbuhi sembilan speaker dari Infinity (Harman Kardon). Semburan audio sangat baik untuk mendendangkan musik. Lalu tersedia kamera 360 derajat, menampilkan seluruh sisi kendaraan. Sementara itu, transmisinya mengusung CVT delapan percepatan dengan simulasi manual. Unit ini mampu memuat lima orang dan diniagakan Rp 328,8 juta OTR Jakarta.

Baca juga: Morris Garage HS, Pilih Varian Excite atau Ignite?

DFSK Glory i-Auto

Glory i-Auto

Rival lain serumpun ialah Glory i-Auto. Sang SUV juga pendatang baru di Indonesia. Ia mengusung mesin berkode SFG15T yang juga jadi jantung pacu di Glory 560 dan 580. Menggunakan dorongan turbo, mesin berkapasitas 1,5 liter mampu menghasilkan daya dorong maksimal 150 PS pada 5.600 rpm. Torsinya masih kalah dari Almaz dan HS. Tekucur hanya 220 Nm rentang 1.800 hingga 4.000 rpm.

Perangkat yang dimiliki Glory i-Auto lumayan kompetitif. Ia punya kamera 360 derajat, bermanfaat ketika parkir atau melewati jalan sempit. Urusan handling dan stabilitas berkendara disokong Electronic Stability Program (ESP). Rem juga lengkap berupa Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA). Sistem penghela laju kendaraan makin mantap berkat sisipan ESP.

Ketika mendaki jalan terjal, pengemudi tak perlu khawatir. Hill Hold Control (HHC) membantu mobil tetap diam, meski kaki dilepas dari pedal rem. Sistem keselamatan pasif disempurnakan empat airbag (depan dan sisi). Kemudian Crash Auto Unlocking sigap membuka kunci secara otomatis ketika mobil terlibat insiden kecelakaan, misal. Tyre Pressure Monitoring System (TPMS) di empat roda juga jadi barang standar. DFSK hanya menyediakan satu varian saja, berbanderol Rp 329,7 juta.

Baca juga: MG HS, Calon Pesaing Honda CR-V dan Corolla Cross

MG HS interior

Kesimpulan

Secara psikologi level harga MG HS, memang jauh lebih mahal dari Almaz. Tapi kalau kelengkapan yang dimiliki SUV Wuling itu cukup, agaknya susah untuk bersaing di angka itu. Belum lagi DFSK yang menawari banderol kompetitif. Ditambah jaringan pemasaran dan servis mereka berdua lebih dulu massif di penjuru nusantara.

Bisa saja MG HS menantang lawan dari pabrikan Jepang. Katakanlah Honda CR-V, Mazda CX-5 dan yang sama-sama pendatang baru, Toyota Corolla Cross 1,8 liter. Segmentasinya memang bersinggungan. Tapi, apakah konsumen benar-benar mau membeli sebuah SUV asal brand anyar blasteran Cina-Inggris ini? Semua kalkulasi kembali lagi pada kebutuhan Anda.

MG sendiri cukup pedea, Arief Syarifun, Marketing dan PR Director MG Motor Indonesia mengatakan, “Peluncuran mobil kedua ini adalah perwujudan keseriusan kami dalam menghadirkan mobil SUV yang berkualitas. Terlepas dari begitu banyak tantangan yang terjadi di sepanjang 2020, kami tetap optimis dan agresif untuk dapat meredefinisikan ekspektasi masyarakat Indonesia. Didukung oleh jaringan purna jual yang mumpuni, MG Motor Indonesia siap menjangkau lebih banyak masyarakat Indonesia.”

Nah, MG HS tersedia mulai pada 13 Agustus 2020 di seluruh outlet resmi MG di Indonesia yang dapat dikunjungi di Lippo Mall Puri, The Breeze BSD, Pondok Indah, Samanhudi, Warung Jati, Cibubur, Soekarno Hatta Bandung, Surabaya, serta Medan. Selain itu, saat ini konsumen juga dapat mengunjungi Mall Exhibition Roadshow yang ada di Pondok Indah Mall 1 sampai 16 Agustus dan akan hadir di Bandung, Surabaya, serta Medan. (Alx/Raju)

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Wuling Unggulan

Artikel Mobil Wuling Almaz dari Carvaganza

  • GIIAS 2023: Wuling Almaz Hadir Versi Facelift, Berubah Signifikan
    GIIAS 2023: Wuling Almaz Hadir Versi Facelift, Berubah Signifikan
    Anindiyo Pradhono . 10 Agu, 2023
  • Wuling Almaz Hybrid Resmi Meluncur di Indonesia, Harga Rp 470 Juta
    Wuling Almaz Hybrid Resmi Meluncur di Indonesia, Harga Rp 470 Juta
    Alvando Noya . 03 Nov, 2022
  • Berteknologi Mirip, Wuling Almaz Hybrid Meluncur Duluan Salip Innova Zenix
    Berteknologi Mirip, Wuling Almaz Hybrid Meluncur Duluan Salip Innova Zenix
    Anjar Leksana . 31 Okt, 2022
  • Diawali Dengan Konsep, Wuling Almaz Hybrid Debut di IEMS 2022
    Diawali Dengan Konsep, Wuling Almaz Hybrid Debut di IEMS 2022
    Anjar Leksana . 28 Sep, 2022
  • Komunitas Mobil WALI Gelar Touring Menjelajah Sulawesi
    Komunitas Mobil WALI Gelar Touring Menjelajah Sulawesi
    Setyo Adi . 13 Jan, 2022

Artikel Mobil Wuling Almaz dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Bawa Pulang Wuling Almaz Hybrid Cuma Modal Rp100 Juta!
    Bawa Pulang Wuling Almaz Hybrid Cuma Modal Rp100 Juta!
    Setyo Adi Nugroho . 08 Feb, 2023
  • Wuling Almaz EX Harga Rp300 Jutaan Tak Kalah Canggih Fiturnya, Apa Saja?
    Wuling Almaz EX Harga Rp300 Jutaan Tak Kalah Canggih Fiturnya, Apa Saja?
    Ardiantomi . 21 Sep, 2022
  • Wuling Siapkan Almaz Hybrid untuk Pasar Indonesia, Simak Bocorannya
    Wuling Siapkan Almaz Hybrid untuk Pasar Indonesia, Simak Bocorannya
    Anjar Leksana . 29 Agu, 2022
  • GIIAS 2022: Ada Diskon Almaz Sampai Rp40 Juta di Lantai Pameran Wuling
    GIIAS 2022: Ada Diskon Almaz Sampai Rp40 Juta di Lantai Pameran Wuling
    Setyo Adi Nugroho . 19 Agu, 2022
  • Komunitas Wuling Almaz Buktikan Ketangguhan, Jelajah Sampai ke Mandalika
    Komunitas Wuling Almaz Buktikan Ketangguhan, Jelajah Sampai ke Mandalika
    Setyo Adi Nugroho . 05 Jul, 2022
  • Adu Canggih DFSK Glory i-Auto vs Wuling Almaz
    Adu Canggih DFSK Glory i-Auto vs Wuling Almaz
    Muhammad Hafid . 24 Jul, 2020
  • Komparasi Suzuki XL7 Alpha Versus Wuling Almaz Smart Enjoy, Pilih Mana?
    Komparasi Suzuki XL7 Alpha Versus Wuling Almaz Smart Enjoy, Pilih Mana?
    Ahmad Karim . 26 Feb, 2020
  • Bagus Mana, Mitsubishi Xpander Cross AT atau Wuling Almaz Smart Enjoy CVT?
    Bagus Mana, Mitsubishi Xpander Cross AT atau Wuling Almaz Smart Enjoy CVT?
    Anjar Leksana . 14 Nov, 2019
  • Harga Mirip, Mending Wuling Almaz Termurah atau Honda BR-V Termahal?
    Harga Mirip, Mending Wuling Almaz Termurah atau Honda BR-V Termahal?
    Ardiantomi . 14 Agu, 2019
  • Pilih Wuling Almaz Smart Enjoy CVT atau Toyota Rush?
    Pilih Wuling Almaz Smart Enjoy CVT atau Toyota Rush?
    Ardiantomi . 13 Agu, 2019
  • First Drive Wuling Almaz Smart Enjoy 6MT: Kombinasi Menyenangkan Turbo dan Transmisi Manual
    First Drive Wuling Almaz Smart Enjoy 6MT: Kombinasi Menyenangkan Turbo dan Transmisi Manual
    Helmi Alfriandi . 17 Mar, 2021
  • Road Test Wuling Almaz: Wuling Termahal, Pantas Dimiliki? (Part-2)
    Road Test Wuling Almaz: Wuling Termahal, Pantas Dimiliki? (Part-2)
    Rizki Satria . 02 Agu, 2019
  • Road Test Wuling Almaz: Produk Termahal Pabrikan, Pantaskah Dimiliki? (Part-1)
    Road Test Wuling Almaz: Produk Termahal Pabrikan, Pantaskah Dimiliki? (Part-1)
    Rizki Satria . 16 Jul, 2019
  • First Drive Wuling Almaz: Calon Juara!
    First Drive Wuling Almaz: Calon Juara!
    Indra Alfarisy . 15 Mar, 2019
  • First Drive Wuling Almaz: Bikin Tersenyum
    First Drive Wuling Almaz: Bikin Tersenyum
    Ardiantomi . 29 Jan, 2019