Mobil Asyik yang Pakai Mesin Bikinan Yamaha

SHO engine

Yamaha bukan hanya membuat motor atau alat musik seperti piano dan gitar. Mereka juga ahli membuat mesin dengan berbagai peruntukan. Motor pasti, ada juga mesin tempel untuk transportasi air, ATV dan yang paling menonjol tapi jarang diketahui, mesin mobil legendaris.

Anda pasti paham, mobil perlu mesin hebat untuk menyandang titel legendaris, fun to drive, kencang atau sebutan antusiasme lainnya. Nah, Yamaha punya andil di beberapa mobil hebat. Di bawah ini adalah yang paling kami suka. Lengkap dengan alasan kenapa mereka menggandengnya.

 

Volvo XC90

Volvo XC90

SUV pertama dari pabrikan Swedia. Kehadiran tahun 2001 diawali oleh Adventure Concept Car yang debut di North American International Auto Show (dikenal juga sebagai Detroit Auto Show). Tahun berikutnya, selubung Volvo XC90 dibuka ke publik dengan mesin lima dan enam silinder 2,5 liter.

Volvo merasa kurang sreg kalau tidak punya yang performanya lebih. Terutama untuk mendobrak pasar Amerika Serikat. “Kita perlu mesin V8,” kurang lebih begitu pernyataan para petinggi. Masalahnya, Volvo belum pernah bikin V8. Mengambil dari yang sudah ada bikinan pabrikan lain, takut tidak cocok dengan karakter Volvo yang mengedepankan keselamatan.

Yamaha pun mengacungkan tangan. Disepakati, karena Volvo punya kebutuhan yang spesifik mereka akan mendesain mesin. Yamaha yang mewujudkan. Lahirlah B8444S, mesin berukuran ringkas dengan konfigurasi V8 yang khusus dibuat untuk posisi melintang di dalam ruang mesin. Tenaga 292 PS disalurkan melalui transmisi Aisin ke sistem gerak AWD buatan Haldex.

Selain XC90, B8444S juga dipakai di S90 generasi sebelum yang ada sekarang. Hadir juga di supercar Noble M600 dengan posisi membujur, ditambahkan turbocharger. Tenaganya terdongkrak jadi 650 PS.

 

Ford Taurus SHO

Ford Taurus

Kalau tidak tahu mobil ini, tidak perlu khawatir. Karena memang hanya dipasarkan di Amerika Serikat dan sekitarnya. Saat muncul pertama kali tahun 1985, orang Amerika terpukau dengan desain yang futuristis pada masanya. Ford yang kala itu nyaris bangkrut, tertolong oleh kehadiran mobil ini.

Lalu muncul versi Taurus Super High Output, disingkat SHO. Di balik moncong yang aerodinamis, terpasang mesin V6 3,0 liter bikinan Yamaha yang mampu mengeluarkan 223 hp. Tipikal Yamaha, mesinnya bisa berputar tinggi. Jantung mekanis ini dikatakan mampu mencapai 8.000 rpm. Meski supaya panjang umur, dibatasi hingga 7.300 rpm. Tetap saja gila. Angka-angka itu bahkan mempermalukan Ford Mustang ‘Vox Body’ bermesin V8.

Belum lagi bentuk mesin dengan lekukan saluran intake yang indah. Terlalu indah untuk bertengger di ruang mesin, cukup pantas dipajang di museum seni.

Taurus SHO generasi kedua yang dikeluarkan tahun 1992 juga menggunakan mesin ini. Namun generasi ketiga yang muncul empat tahun kemudian diganti menggunakan V8 buatan Cosworth. Tapi, silinder head-nya dibikin Yamaha.

Baca Juga: Deretan Nama Mobil yang Paling Pas Sesuai Karakternya

 

Lexus LFA

Lexus LFA

LFA yang hadir akhir 2010 adalah ‘mainan’ yang terbilang baru waktu itu, untuk Lexus. Dan karena mereka punya standar tinggi di berbagai hal, sports car ini juga tidak terkecuali. Semuanya harus dibuat semaksimal dan sedetail mungkin.

Toyota kemudian menggandeng Yamaha, anak perusahaannya. Pabrikan Garpu Tala ini mengeluarkan ide V10. Toyota suka, jalanlah produksi mesin V10 yang unik. Ukurannya lebih kecil dari penggerak V8 konvensional. Klep dibuat dari bahan titanium, rocker arm dilapisi material yang kekuatannya menyamai berlian. Aluminium alloy dan titanium alloy digunakan di bagian lain. Kode mesinnya 1LR-GUE.

Bukan cuma material yang eksentrik, karakternya juga unik. Tenaga 560 PS dan seperti dibilang tadi, karakter jantung mekanis Yamaha adalah high revving. Si GUE mampu berputar hingga 9.000 rpm! Dorongan torsi terasa mulai dari 3.700 rpm, memuncak di 6.800 rpm sebesar 480 Nm dan flat hingga batas putaran akhir. ECU memutus aliran bensin pada 9.500 rpm. Jarang ada mesin jalan raya macam ini.

Tidak hanya performa, suaranya juga luar biasa. Engineer Lexus dan Yamaha mengatakan suaranya bagaikan ‘raungan para malaikat.’ Berlebihan? Coba nilai sendiri dari video di bawah.

Suara itu juga diracik oleh Yamaha. Tapi bukan oleh divisi mesin, melainkan yang spesialis akustik. Mantap kan?

 

Toyota 2000GT

Toyota 2000GT

Inilah mobil yang membuat dunia melihat kedua pabrikan sebagai pemain golongan kakap. Tapi sebelumnya, yang menarik soal 2000GT adalah proses awal kehadirannya. Yamaha yang ingin bikin kendaraan roda empat berperforma mengontak Nissan. Pesaing Toyota ini sedang memikirkan penerus Fairlady yang sukses dimana-mana. Tapi Nissan merasa tidak cocok.

Yamaha terlanjur bikin proposal, menawarkan kepada Toyota yang kebetulan juga kepincut bikin mobil sport. Konon niat Toyota ini disulut oleh kesuksesan Jaguar Type E. Gayung bersambut, lahirlah 2000GT yang melegenda dengan mesin DOHC empat silinder bertenaga 150 hp.

Desainnya yang aduhai digambar oleh desainer Toyota Satoru Nozaki. Tapi proses engineering dan perakitan dilakukan oleh Yamaha. Muncul pertama kali tahun 1965. Mobil inilah yang jadi titik balik Toyota. Dari yang awalnya dicap sebagai tukang jiplak, pembuat mobil murahan, jadi produsen otomotif kelas global. (Ind/Odi)

Baca Juga: Kolaborasi Antik, Pabrikan Uni Soviet Pernah Ajak Porsche Kembangkan Mobil

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • OTO Mall Exhibition Tampilkan GWM Tank 500 di Mall Of Indonesia
    OTO Mall Exhibition Tampilkan GWM Tank 500 di Mall Of Indonesia
    Anindiyo Pradhono . 17 Jan, 2025
  • MG Indonesia Umumkan Pertumbuhan Sepanjang 2024, Target Ekspansi Dealer di 2025
    MG Indonesia Umumkan Pertumbuhan Sepanjang 2024, Target Ekspansi Dealer di 2025
    Alvando Noya . 17 Jan, 2025
  • Hyundai Mulai Produksi New Creta dari Pabrik Cikarang, Termasuk Varian N Line
    Hyundai Mulai Produksi New Creta dari Pabrik Cikarang, Termasuk Varian N Line
    Anjar Leksana . 17 Jan, 2025
  • IIMS 2025 Siap Kembali Bulan Depan, Banyak Merek Pendatang Baru
    IIMS 2025 Siap Kembali Bulan Depan, Banyak Merek Pendatang Baru
    Zenuar Yoga . 17 Jan, 2025
  • Versi Facelift BYD Atto 3 Bocor di Cina, Tampang Jadi Lebih Sporty
    Versi Facelift BYD Atto 3 Bocor di Cina, Tampang Jadi Lebih Sporty
    Muhammad Hafid . 17 Jan, 2025

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Daftar Merek Mobil di IIMS 2025, Ada Pendatang Baru!
    Daftar Merek Mobil di IIMS 2025, Ada Pendatang Baru!
    Zenuar Yoga . 17 Jan, 2025
  • Chery Catat Prestasi Penjualan Sepanjang 2024
    Chery Catat Prestasi Penjualan Sepanjang 2024
    Muhammad Hafid . 17 Jan, 2025
  • Proyeksi Pasar Otomotif Nasional Sepanjang 2025: Banyak Sekali Tantangan!
    Proyeksi Pasar Otomotif Nasional Sepanjang 2025: Banyak Sekali Tantangan!
    Anjar Leksana . 17 Jan, 2025
  • Bertahan di Posisi ke-3 Besar, Separuh Penjualan Honda Disokong Brio Series
    Bertahan di Posisi ke-3 Besar, Separuh Penjualan Honda Disokong Brio Series
    Anjar Leksana . 17 Jan, 2025
  • IIMS 2025 Jadi Pendongkrak Industri Otomotif Nasional Awal Tahun
    IIMS 2025 Jadi Pendongkrak Industri Otomotif Nasional Awal Tahun
    Zenuar Yoga . 17 Jan, 2025
  • Segmen Low SUV Makin Ketat, Mitsubishi New Xpander Cross Punya Tawaran Fitur Lengkap
    Segmen Low SUV Makin Ketat, Mitsubishi New Xpander Cross Punya Tawaran Fitur Lengkap
    Alvando Noya . 31 Des, 2024
  • Lonjakan Minat Terhadap EV, Ini 5 Mobil Listrik Terlaris di Indonesia 2024
    Lonjakan Minat Terhadap EV, Ini 5 Mobil Listrik Terlaris di Indonesia 2024
    Alvando Noya . 30 Des, 2024
  • 5 Merek Mobil Paling Menyita Perhatian Publik Indonesia di 2024
    5 Merek Mobil Paling Menyita Perhatian Publik Indonesia di 2024
    Wahyu Hariantono . 30 Des, 2024
  • Deretan Sportscar Terbaru yang Meramaikan Pasar Otomotif Indonesia 2024
    Deretan Sportscar Terbaru yang Meramaikan Pasar Otomotif Indonesia 2024
    Alvando Noya . 30 Des, 2024
  • 5 Pilihan SUV Off-Roader 4x4 yang Mengaspal Sepanjang 2024
    5 Pilihan SUV Off-Roader 4x4 yang Mengaspal Sepanjang 2024
    Anjar Leksana . 27 Des, 2024
  • Tips Berkendara Saat Hujan di Libur Nataru
    Tips Berkendara Saat Hujan di Libur Nataru
    Setyo Adi Nugroho . 30 Des, 2024
  • Perhatikan Faktor Ini untuk Atasi Mesin Hilang Tenaga dan Ngelitik
    Perhatikan Faktor Ini untuk Atasi Mesin Hilang Tenaga dan Ngelitik
    Setyo Adi Nugroho . 30 Des, 2024
  • Berkendara Liburan Akhir Tahun, Persiapkan Hal Ini Biar Aman dan Nyaman
    Berkendara Liburan Akhir Tahun, Persiapkan Hal Ini Biar Aman dan Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 11 Des, 2024
  • Berkaca dari Kecelakaan Cipularang KM 92, Apa yang Harus Dilakukan Biar Tak Terulang
    Berkaca dari Kecelakaan Cipularang KM 92, Apa yang Harus Dilakukan Biar Tak Terulang
    Setyo Adi Nugroho . 14 Nov, 2024
  • Jangan Disepelekan, Ban Serep Juga Butuh Perhatian
    Jangan Disepelekan, Ban Serep Juga Butuh Perhatian
    Setyo Adi Nugroho . 04 Nov, 2024
  • Test Drive Pikap Toyota Hilux Rangga: Bukan Sekadar Kendaraan Niaga Biasa
    Test Drive Pikap Toyota Hilux Rangga: Bukan Sekadar Kendaraan Niaga Biasa
    Zenuar Yoga . 23 Des, 2024
  • First Drive Jetour X70 Plus: Andalkan Kelapangan Kabin dan Tenaga Perkasa
    First Drive Jetour X70 Plus: Andalkan Kelapangan Kabin dan Tenaga Perkasa
    Anjar Leksana . 19 Des, 2024
  • Test Drive Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Calligraphy: Tetap Memberikan Esensi Kemewahan dan Kenyamanan
    Test Drive Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Calligraphy: Tetap Memberikan Esensi Kemewahan dan Kenyamanan
    Anindiyo Pradhono . 14 Des, 2024
  • Test Drive Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV Calligraphy: Powerful dan Efisien!
    Test Drive Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV Calligraphy: Powerful dan Efisien!
    Anjar Leksana . 11 Des, 2024
  • Test Drive GWM Tank 300 HEV Fury Edition: Siap di Dua Alam
    Test Drive GWM Tank 300 HEV Fury Edition: Siap di Dua Alam
    Zenuar Yoga . 09 Des, 2024