Daihatsu punya lini lengkap untuk pilihan kendaraan keluarga. Mulai dari SUV 7-seater, MPV 7-seater sampai MPV 7-seater murah yang masuk segmen LCGC. Bagi pencari mobil keluarga, dua pilihan ini bisa jadi pertimbangan. Namun bukan sesama unit baru, melainkan antara seken dan gres. Dua pilihan yang disajikan relatif ramah di kantong. Pertama Daihatsu Sigra R bertransmisi otomatis. Pilihan kedua, Xenia bekas tipe R otomatis (AT) keluaran 2019. Keduanya memiliki besaran harga cukup mirip, di kisaran Rp 150 jutaan. Mana yang oke?
Mari kita bandingkan ukuran dulu. Sigra punya panjang 4.070 mm, lebar 1.655 mm dan tinggi 1.600 mm. Jarak sumbu roda 2.525 mm. Termasuk LCGC keluarga paling lapang, selain saudaranya, Toyota Calya. Apalagi unit mengantongi konfigurasi 7-seater (model 5+2) dan bobot kendaraan 990 kg. Jarak tinggi dari tanah 180 mm. Sigra jadi pertimbangan menarik, yang mengakomodasi kebutuhan keluarga muda.
Dibanding Xenia, ia punya dimensi panjang 4.140 mm, lebar 1.660 mm, tinggi 1695 mm dan wheelbase 2.655 mm. Sama-sama berkonfigurasi tujuh penumpang, namun kabin jelas lebih lapang. Bobot mobil 1.425 kg. Lalu ground clearance Xenia mencapai 200 mm. Saat Anda jalan bersama keluarga, baris pertama dan kedua, bisa dipakai penumpang. Sedangkan bangku pada baris ketiga bisa dilipat. Dan Xenia lebih ergonomis.
Baca Juga: Pilih Toyota Avanza 1.5 G atau Daihatsu Xenia 1.5 R Deluxe? Komparasi Varian Mesin Besar
Sigra R AT memakai mesin berkapasitas 1,2 liter 3NR-VE DOHC Dual VVT-i. Unit power punya 4 silinder dan 16 katup. Menghasilkan tenaga 88 PS pada 6.000 rpm. Kemudian dorongan torsi puncak 108 Nm pada 4.200 rpm. Ia menggunakan tipe penyemprotan bahan bakar injeksi (EFI). Mesin diklaim irit, sesuai aturan LCGC. Efisiensi mobil sekitar 20 kpl. Pilihan transmisinya matik 4-speed. Tapi sebaiknya Anda jangan berharap respons tangkas kala berakselerasi.
Kalau Xenia R, pakai mesin bensin 1,3 liter yang sama dengan Toyota Avanza. Unit power berkode 1NR-VE ini pakai 4 silinder Dual VVT-I. Mampu menghasilkan tenaga sebesar 97 PS pada 6.000 rpm. Lalu torsi maksimum 120 Nm pada 4.200 rpm. Tenaga disalurkan pada roda belakang pakai transmisi otomatis 4-speed. Melihat angka ini, maka besaran tenaganya jauh lebih unggul dibanding Sigra baru. Tipe penggeraknya pun berbeda. Sigra front wheel drive (FWD) sedangkan Xenia rear wheel drive (RWD).
Walau harganya murah, fitur keselamatan Sigra terbilang cukup. Terpasang dual SRS air bag (mulai dari tipe X), front seat with pretensioner & force limiter dan sistem pengereman ABS (pada AT). Sudah dilengkapi immobilizer dengan integrated remote key. Dan terdapat sensor parkir. Bahkan tipe R Deluxe ditambahkan lagi sensor parkir sudut depan, semakin memudahkan kala parkir di tempat sempit. Lampu utama sudah LED sama seperti Xenia. Sementara pada Xenia 1.3, belum terpasang pengereman ABS lantaran demi keterjangkauan harga. Sistem itu hanya tersedia di varian teratas bermesin 1.500 cc. Untungnya sudah dibekali fitur antimaling dan immobilizer. Keduanya nyaris berimbang.
Mobil LGCG Sigra punya head unit 2DIN layar sentuh dan memiliki fitur lumayan untuk kebutuhan standar. Selain itu, ia memiliki Multi Information Display (MID) dengan beragam fungsi. Misal konsumsi BBM rata-rata, range meter, trip meter, indikator bensin dan jam. Adanya Eco Indicator sangat membantu pengemudi untuk menjaga putaran mesin di titik efisiensi paling optimal.
Xenia memakai headunit audio 2-DIN dengan kemampuan memutar DVD/CD/MP3 dengan tambahan fungsi navigasi GPS (Global Positioning System) dan konektivitas USB. Sistem audio layar sentuh ini, pun dapat menampilkan visual yang ditangkap oleh kamera parkir. Meter clusternya pun lengkap, termasuk ECO indicator. Anda bisa membandingkan sendiri, mana yang lebih unggul.
Baca Juga: Pilih Toyota Fortuner VNT Bekas atau Rush TRD Baru?
Itu semua hanya sekadar pembanding poin besarnya. Dari data itu, bisa ditarik simpulan, Xenia bekas tetap menjadi pilihan pertama. Toh tahun pembuatannya tergolong muda, sudah model terbaru pula. Usia dua tahun, seharusnya semua masih sangat sehat. Sedangkan Sigra menjadi pilihan kedua. Dari segi kapabilitas dan daya angkut, Sigra memang diposisikan di bawah Xenia.
Namun ia tetap logis menjadi pilihan keluarga muda, untuk akomodasi harian. Bahkan diajak jalan jauh. Rasa anyar alias gres pastilah ada kepuasan batin tersendiri, kala Anda membeli Sigra. Namun di segmen ini, baiknya tak usah membicarakan gengsi atau prestige sebuah mobil.
Yang terpenting, Daihatsu memiliki ratusan diler di penjuru Tanah Air. Kehadiran jaringan pemasaran dan layanan seharusnya memudahkan konsumen. Baik saat membeli maupun melakukan servis mobil. Ini berkaitan pula dengan kemudahan Anda mendapatkan jaminan dan ketersediaaan suku cadang. (Alx/Odi)
Baca Juga: Pilihan Diler Mobil Bekas Resmi di Bawah Naungan APM
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.