Mobil Sport Bekas di Bawah Rp500 Juta, untuk Bersenang-senang saat Akhir Pekan

Mazda RX-8 seken

Banyak pilihan sebetulnya andai sedang mengincar sebuah mobil kencang idaman hati. Tapi kencang dan menyenangkan berbanding lurus dengan harga. Setidaknya itu berlaku untuk mobil baru. Contoh saja opsi termurah Toyota 86 sekarang dibanderol Rp830 juta. Kalau mau lebih edan, tentu siapkan dana lebih untuk meminang sportscar sekelas Supra dan bermacam seleksi merek kenamaan asal Eropa.

Tapi kondisinya tidak demikian di pasar mobkas. Setidaknya masih banyak seleksi mobil menyenangkan di bawah Rp500 juta dan belum terlalu berumur. Bukan mobil sport atau eksotis bertenaga gila, memang. Kendati begitu, pilihan berikut ini bisa dipastikan menyenangkan sekaligus bergaya kece.

Toyota 86

Toyota 86 bekas

Dari baru, Toyota 86 merupakan salah satu opsi kupe nan sporty paling terjangkau. Boleh dibilang pula cukup digandrungi para kawula muda. Saat ini pun masih bisa dibeli baru dan bukan merupakan sebuah barang yang sangat eksklusif atau beredar dalam jumlah terbatas. Dengan demikian, tidak sulit untuk menemukan unit seken. Siapkan bujet Rp400 jutaan untuk membawa pulang Toyota 86 keluaran awal sekitar 2012-2014.

Yang akan Anda nikmati adalah keseruan berkendara dari sebuah coupe 2+2 dengan pusat gravitasi rendah. Selain akibat postur tubuh, mesin empat silinder tiduran dari Subaru ikut berperan menurunkan pusat pergerakan bobot tubuh. Untuk sebuah mobil sport mungkin tenaganya tidak seberapa. Hanya sanggup gelontorkan output 200 PS dan torsi puncak 205 Nm ke roda belakang.

Bukan sebatas kupe untuk dipakai bergaya di akhir pekan, 86 juga boleh jadi masih praktis untuk dibawa harian. Ya, jangan harap sepraktis hatchback perkotaan apalagi SUV. Tapi setidaknya kalau mau bawa barang, bangku belakang dapat dilipat hingga tembus ke area bagasi. Kenikmatannya sendiri terdapat di posisi berkendara rendah dan bucket seat yang suportif.

Baca Juga: MPV Nissan 7-Seater Bekas Bujet Rp150 Juta, Ada Apa Saja?

VW Scirocco

VW scirocco bekas

Tak kalah menarik dan keren adalah VW Scirocco. Pun bisa jadi tebusannya tidak lebih tinggi dari 86. Untuk model 1.4 TSI keluaran 2011-2014 dapat ditebus serendah Rp300 jutaan. Bukan varian paling bergairah tapi standarnya Scirocco sudah terbilang menyenangkan sebagai hatchback. Dari postur rendah, berpintu dua dan frameless, serta masih memiliki keleluasaan ruang untuk penumpang.

Ekstraksi unit pacu empat silinder 1.400 cc TSI siap gelontorkan tenaga sampai 162 PS di 5.800 rpm. Torsi lumayan besar sampai 240 Nm dari 1.500-4.500 rpm. Ketimbang Hachiroku mungkin tidak seberapa. Tapi ia tak kalah nikmat untuk dikendarai sebab mengusung transmisi DCT 7 percepatan nan cekatan.

Well, kalau punya bujet lebih, anggaran kurang dari Rp500 juta masih bisa dipakai untuk meminang Scirocco R. Dapat ditemukan beberapa calon di rentang Rp450 – Rp495 jutaan untuk model lansiran 2011-2012.

Ia menjanjikan potensi memacu jauh lebih hebat dari 1.4 TSI. Sebab di balik bonnet Scirocco R tertanam enjin empat silinder 2.000 cc turbo. Total ekstraksinya dapat dipastikan bikin kegirangan, sampai 256 PS di 6.000 rpm dan momen puntir 330 Nm sejak 2.500 rpm. Dengan tenaga sebesar itu, sang hatchback berpintu dua VW sanggup menuntaskan akselerasi ke 100 kpj dalam tempo 5,8 detik. Dibejek habis, komputer akan menahan nafsunya di 250 kpj.

Baca Juga: Opsi Sedan Seken Toyota dan Honda Seharga LCGC Baru

Mazda RX-8

Mazda RX-8

Opsi terakhir – dan mungkin seharusnya menjadi pertimbangan paling terakhir di benak Anda – adalah meminang Mazda RX-8. Ialah kelanjutan dari legenda mesin rotari Mazda RX-7. Sebuah model yang cukup unik. Bergaya kupe dua pintu hanya saja ternyata menyembunyikan sebuah suicide door demi kepraktisan.

Potensi memacunya boleh dibilang mumpuni untuk menciptakan senyum. Putaran rotor dengan kubikasi pembakaran 1.300 cc saja siap gelontorkan daya sebesar 215 PS di 7.500 rpm. Torsi 211 Nm keluar di 5.500 rpm, tersalur ke roda belakang. Mesin rotari yang kompak dan ringan dengan komposisi sebuah sports car, dijamin akan terasa menyenangkan.

Lebih menarik lagi harga di pasaran. Banyak model facelift keluaran 2011-2012 dilego di angka Rp300 jutaan. Tapi mungkin keseruannya akan berhenti sampai di situ sebab enjin ini membutuhkan belaian khusus. Bukan sekadar perawatan berkala, konon dalam pengoperasiannya pun perlu kedisiplinan. Selain itu, tidak banyak yang benar-benar bisa menangani teknologi ini. Belum lagi ia juga terkenal payah soal reliabilitas. Jadi, disarankan berpikir dua kali sebelum meminang RX-8. (Krm/Odi)

Baca Juga: 4 Pilihan SUV Diesel Ladder-Frame Bekas Paling Populer

Baca Semua

Artikel Unggulan

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • OTO Mall Exhibition Tampilkan GWM Tank 500 di Mall Of Indonesia
    OTO Mall Exhibition Tampilkan GWM Tank 500 di Mall Of Indonesia
    Anindiyo Pradhono . 17 Jan, 2025
  • MG Indonesia Umumkan Pertumbuhan Sepanjang 2024, Target Ekspansi Dealer di 2025
    MG Indonesia Umumkan Pertumbuhan Sepanjang 2024, Target Ekspansi Dealer di 2025
    Alvando Noya . 17 Jan, 2025
  • Hyundai Mulai Produksi New Creta dari Pabrik Cikarang, Termasuk Varian N Line
    Hyundai Mulai Produksi New Creta dari Pabrik Cikarang, Termasuk Varian N Line
    Anjar Leksana . 17 Jan, 2025
  • IIMS 2025 Siap Kembali Bulan Depan, Banyak Merek Pendatang Baru
    IIMS 2025 Siap Kembali Bulan Depan, Banyak Merek Pendatang Baru
    Zenuar Yoga . 17 Jan, 2025
  • Versi Facelift BYD Atto 3 Bocor di Cina, Tampang Jadi Lebih Sporty
    Versi Facelift BYD Atto 3 Bocor di Cina, Tampang Jadi Lebih Sporty
    Muhammad Hafid . 17 Jan, 2025

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Daftar Merek Mobil di IIMS 2025, Ada Pendatang Baru!
    Daftar Merek Mobil di IIMS 2025, Ada Pendatang Baru!
    Zenuar Yoga . 17 Jan, 2025
  • Chery Catat Prestasi Penjualan Sepanjang 2024
    Chery Catat Prestasi Penjualan Sepanjang 2024
    Muhammad Hafid . 17 Jan, 2025
  • Proyeksi Pasar Otomotif Nasional Sepanjang 2025: Banyak Sekali Tantangan!
    Proyeksi Pasar Otomotif Nasional Sepanjang 2025: Banyak Sekali Tantangan!
    Anjar Leksana . 17 Jan, 2025
  • Bertahan di Posisi ke-3 Besar, Separuh Penjualan Honda Disokong Brio Series
    Bertahan di Posisi ke-3 Besar, Separuh Penjualan Honda Disokong Brio Series
    Anjar Leksana . 17 Jan, 2025
  • IIMS 2025 Jadi Pendongkrak Industri Otomotif Nasional Awal Tahun
    IIMS 2025 Jadi Pendongkrak Industri Otomotif Nasional Awal Tahun
    Zenuar Yoga . 17 Jan, 2025
  • Segmen Low SUV Makin Ketat, Mitsubishi New Xpander Cross Punya Tawaran Fitur Lengkap
    Segmen Low SUV Makin Ketat, Mitsubishi New Xpander Cross Punya Tawaran Fitur Lengkap
    Alvando Noya . 31 Des, 2024
  • Lonjakan Minat Terhadap EV, Ini 5 Mobil Listrik Terlaris di Indonesia 2024
    Lonjakan Minat Terhadap EV, Ini 5 Mobil Listrik Terlaris di Indonesia 2024
    Alvando Noya . 30 Des, 2024
  • 5 Merek Mobil Paling Menyita Perhatian Publik Indonesia di 2024
    5 Merek Mobil Paling Menyita Perhatian Publik Indonesia di 2024
    Wahyu Hariantono . 30 Des, 2024
  • Deretan Sportscar Terbaru yang Meramaikan Pasar Otomotif Indonesia 2024
    Deretan Sportscar Terbaru yang Meramaikan Pasar Otomotif Indonesia 2024
    Alvando Noya . 30 Des, 2024
  • 5 Pilihan SUV Off-Roader 4x4 yang Mengaspal Sepanjang 2024
    5 Pilihan SUV Off-Roader 4x4 yang Mengaspal Sepanjang 2024
    Anjar Leksana . 27 Des, 2024
  • Tips Berkendara Saat Hujan di Libur Nataru
    Tips Berkendara Saat Hujan di Libur Nataru
    Setyo Adi Nugroho . 30 Des, 2024
  • Perhatikan Faktor Ini untuk Atasi Mesin Hilang Tenaga dan Ngelitik
    Perhatikan Faktor Ini untuk Atasi Mesin Hilang Tenaga dan Ngelitik
    Setyo Adi Nugroho . 30 Des, 2024
  • Berkendara Liburan Akhir Tahun, Persiapkan Hal Ini Biar Aman dan Nyaman
    Berkendara Liburan Akhir Tahun, Persiapkan Hal Ini Biar Aman dan Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 11 Des, 2024
  • Berkaca dari Kecelakaan Cipularang KM 92, Apa yang Harus Dilakukan Biar Tak Terulang
    Berkaca dari Kecelakaan Cipularang KM 92, Apa yang Harus Dilakukan Biar Tak Terulang
    Setyo Adi Nugroho . 14 Nov, 2024
  • Jangan Disepelekan, Ban Serep Juga Butuh Perhatian
    Jangan Disepelekan, Ban Serep Juga Butuh Perhatian
    Setyo Adi Nugroho . 04 Nov, 2024
  • Test Drive Pikap Toyota Hilux Rangga: Bukan Sekadar Kendaraan Niaga Biasa
    Test Drive Pikap Toyota Hilux Rangga: Bukan Sekadar Kendaraan Niaga Biasa
    Zenuar Yoga . 23 Des, 2024
  • First Drive Jetour X70 Plus: Andalkan Kelapangan Kabin dan Tenaga Perkasa
    First Drive Jetour X70 Plus: Andalkan Kelapangan Kabin dan Tenaga Perkasa
    Anjar Leksana . 19 Des, 2024
  • Test Drive Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Calligraphy: Tetap Memberikan Esensi Kemewahan dan Kenyamanan
    Test Drive Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Calligraphy: Tetap Memberikan Esensi Kemewahan dan Kenyamanan
    Anindiyo Pradhono . 14 Des, 2024
  • Test Drive Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV Calligraphy: Powerful dan Efisien!
    Test Drive Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV Calligraphy: Powerful dan Efisien!
    Anjar Leksana . 11 Des, 2024
  • Test Drive GWM Tank 300 HEV Fury Edition: Siap di Dua Alam
    Test Drive GWM Tank 300 HEV Fury Edition: Siap di Dua Alam
    Zenuar Yoga . 09 Des, 2024