Perbandingan Dua Jagoan Blind Van, Daihatsu Granmax vs Wuling Formo

Wuling Formo mengisi segmen mobil niaga atau komersial. Targetnya, pasar bisnis dan pengusaha. Di segmen itu, sudah ada Daihatsu Granmax yang juga menawarkan konsep serupa. Keduanya punya varian blind van dan juga minibus. 

Formo merupakan penegasan Wuling untuk memasuki segmen komersial. Sekaligus menjadi perwujudan rencana jangka panjang Wuling, sebagai merek baru yang serius menggarap pasar otomotif Tanah Air. Sementara Granmax sudah cukup malang melintang di segmen komersial sampai penumpang. Jumlah variannya lebih banyak, sampai menyasar kelas pikap pula.

Kali ini kami hanya membahas pertarungan tipe blind van terlebih. Karena tak banyak pabrikan yang menawarkan mobil komersial jenis semacam ini. Seperti apa perbandingan blind van Wuling Formo melawan Daihatsu Granmax? Apakah Wuling mampu memikat hati para pebisnis? 

Dimensi

wuling formo

Wuling Formo dibangun dari basis Confero. Lebih tepatnya Confero paling standar yang dapat dilihat kemiripan desainnya. Dimensinya 4.493 x 1.691 x 1.715 mm (PxLxT) dan jarak antar-poros roda 2.720 mm. Secara desain, memang Formo berbentuk MPV keluarga.  Lain halnya Granmax yang sangat mengotak ibarat mobil serbabisa. Ukurannya 4.045 x 1.665 x 1.900 mm dan jarak sumbu rodanya 2.650 mm.

Dari angka itu, ternyata Formo lebih panjang dan sedikit lebih lebar. Sedang Granmax jelas menang tinggi. Sewajarnya, Formo punya kabin lebih lapang untuk memuat barang, karena jarak sumbu roda juga lebih panjang. Diklaim, Formo bisa memuat sampai 3.200 liter dan 595 kg bobot yang bisa digendong. Tapi karena atap Formo lebih rendah, Granmax dengan desain mengotaknya mampu memaksimalkan segala sudut ruang kabin yang tersedia. Sementara kapasitas tangki keduanya setara, Formo 42 liter dan Granmax 43 liter.

Baca Juga: Adu Kuat Pikap Modern dan Ikonik, Isuzu Traga vs Mitsubishi L300

Mesin dan Sasis

formo vs granmax

Formo disokong mesin kecil baru dari Wuling. Dapur Pacu Confero 1,5-liter ditanggalkan, berganti mesin 4-silinder 1,2 liter berdaya 77,5 PS pada 5.600 rpm dan torsi 110 Nm pada rentang 3.600 - 4.000 rpm. Pemilihan mesin kecil ini diklaim Wuling cukup untuk kebutuhan sebagai kendaraan niaga. Sedangkan Daihatsu Granmax menggendong mesin K3-DE 4-silinder 1.3 liter bertenaga 88 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 114 Nm pada 4.400 rpm. Keduanya sama-sama memakai transmisi manual 5-speed yang mengirimkan output ke penggerak roda belakang (RWD). Dari kapasitas dan tenaga, Granmax lebih unggul dari Formo. Tapi mesin Formo didukung teknologi katup variabel. Sedang Granmax 1.3 belum VVT-i, namun daya tahannya sudah teruji.

Kenyamanan Formo dijamin suspensi McPherson Strut Coil Spring di depan dan Coil Spring Semi-independent di belakang. Peleknya standar baja dengan ukuran 15 inci. Granmax kurang lebih mirip, dengan suspensi belakang 5-link rigid-axle coil spring. Hanya saja, pelek Granmax lebih kecil, 13 inci. Kalau soal rasa nyaman berkendara, Formo lebih enak dibandingkan Granmax. Satu lagi yang jadi unggulan Formo, sudah pakai electric power steering (EPS). Granmax Blind Van 1.3 tidak diberikan power steering. Dari situ saja makin dapat dipastikan mengendarai Formo lebih mudah dan ringan berkat EPS.

Baca Juga: Transformasi 40 Tahun Mitsubishi L300, Wujud Ketangguhan Mobil Komersial Tulen

Fitur dan Aksesibilitas

wuling formo

Soal fitur, Wuling membekali Formo dengan penyejuk kabin, head unit audio standar dan power window. Lumayan lengkap di segmennya. Sedang Granmax BV paling murah tidak dilengkapi AC, harus tambah sekitar Rp4 jutaan untuk tipe varian yang sudah ada penyejuk kabin.

Kepraktisan kedua mobil ini sangat berbeda. Akses masuk barang pada Granmax harus diakui keunggulannya. Lantaran menggunakan pintu geser di samping dan tailgate dengan engsel atas. Bentuk kotak yang memang dirancang khusus sebagai mobil niaga inilah yang sangat memungkinkan bagi Granmax. Formo ibarat mobil penumpang biasa dengan pintu terbuka samping seperti pada umumnya. Akan menyulitkan jika berada di area sempit dan ingin memasukkan barang.

Harga dan Kesimpulan

wuling formo

Harga jadi poin yang sangat penting di segmen ini. Wuling Formo blind van dibanderol Rp143,8 juta. Sementara harga Granmax blind van termurah tanpa AC Rp156,75 juta, dengan AC Rp160,85 juta. Untuk menikmati fitur yang lebih banyak pada Granmax harus memilih varian tipe lebih mahal. Tapi harus merogoh kocek lebih dalam.

Wuling Formo hadir menawarkan alternatif menarik yang tidak pasaran di segmen mobil komersial, khususnya blind van. Poin unggulan yang ditawarkan, harga kompetitif, kabin lapang, fitur lebih dan jaminan purnajual dari Wuling yang semakin banyak. (Tom/Odi)

Baca Juga: Suzuki New Carry Lawan Daihatsu Gran Max PU, Mana yang Paling Menguntungkan?

Daihatsu Gran Max MB vs Wuling Formo Comparison

Daihatsu Gran Max MB
  • Rp 174,9 - 225,85 Juta
Wuling Formo
  • Rp 152,7 - 169,6 Juta
Daihatsu Gran Max MB vs Wuling Formo
Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Daihatsu Unggulan

Bandingkan & Rekomendasi

Artikel Mobil Daihatsu Gran Max MB dari Carvaganza

Artikel Mobil Daihatsu Gran Max MB dari Oto

  • Berita
  • Daihatsu Sajikan Banyak Hiburan dan Aktivitas Selama GJAW 2024
    Daihatsu Sajikan Banyak Hiburan dan Aktivitas Selama GJAW 2024
    Wahyu Hariantono . 23 Nov, 2024
  • Imbas Skandal Daihatsu, Pemerintah Jepang Cabut Sertifikasi Gran Max
    Imbas Skandal Daihatsu, Pemerintah Jepang Cabut Sertifikasi Gran Max
    Setyo Adi Nugroho . 18 Jan, 2024
  • Gran Max dan Mazda Bongo Bikinan Daihatsu Indonesia, Sempat Ditolak Diler Jepang
    Gran Max dan Mazda Bongo Bikinan Daihatsu Indonesia, Sempat Ditolak Diler Jepang
    Anjar Leksana . 11 Sep, 2020
  • Daihatsu Klaim Recall Gran Max dan Luxio Berjalan Sampai 24 Persen
    Daihatsu Klaim Recall Gran Max dan Luxio Berjalan Sampai 24 Persen
    Anjar Leksana . 20 Jul, 2020
  • Mesin 3SZ-VE Bermasalah, Daihatsu Recall Gran Max 1.5 dan Luxio
    Mesin 3SZ-VE Bermasalah, Daihatsu Recall Gran Max 1.5 dan Luxio
    Muhammad Hafid . 02 Nov, 2019