JAKARTA – Mitsubishi layak berbangga dengan produknya satu ini; Triton. Model pick-up double cabin andalan Mitsubishi Motors itu memiliki sejarah panjang dan telah membuktikan ketangguhannya di pasar otomotif Indonesia. Saat ini, kendaraan double cabin ini mampu mendominasi segmennya hingga 63,8% secara wholesales sejak Januari hingga Juni 2020. Ketangguhan dan performa Triton mendapatkan kepercayaan yang baik dari konsumen double cabin di Indonesia.
Sejarahnya sendiri lebih panjang dari itu. Ia lahir pertama kali pada 1978. Di Jepang dikenal dengan nama Mitsubishi Forte sebelum menjadi Strada sejak 1991. Tapi model ini paling dikenal dengan nama L200, selain nama lain seperti Rodeo, Colt, Storm, Magnum, L200 Strakar.
Untuk pasar Indonesia, Triton mulai masuk pada 2002. Pada Juli 2019 lalu, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales (MMKSI) menghadirkan Mitsubishi New Triton ke pasar otomotif Indonesia dengan peningkatan pada durabilitas, keandalan dan kenyamanan atas pengalaman dan teknologi pengembangan lebih dari 40 tahun sejak pertama kali diluncurkan.
“Mitsubishi Triton memiliki peran penting bagi beragam industri di Indonesia, utamanya adalah di sektor Pertambangan, Minyak dan Gas serta Perkebunan. Ketangguhan dan keandalannya terbukti telah dipercaya oleh penggelut bisnis hingga segmen hobi dengan populasi lebih dari 117.000 unit sejak pertama kali dihadirkan di Indonesia sejak tahun 2002 hingga saat ini. Dengan performa dan teknologi yang telah semakin disempurnakan hingga kehadiran New Triton pada tahun 2019, diharapkan Mitsubishi Triton dapat terus menjadi andalan untuk melibas berbagai medan,” kata Ryoichi Inaba Director of Product Strategy Division PT MMKSI.
Seperti apa perjalanannya di Indonesia?
Mitsubishi L200 STRADA (2002)
Inilah adalah generasi pertama dari Mitsubishi Triton yang hadir di Indonesia. Ia masuk pada tahun 2002. Wujud Mitsubishi Strada L200 ini hadir dengan bentuk double cabin. Memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia untuk kendaraan pikap yang tangguh, Mitsubishi Strada L200 ini dibekali mesin 4D56 2.5L dengan teknologi Turbo Intercooler.
Tenaga Strada L200 ini mampu menghasilkan hingga 100 hp dengan torsi 245 Nm, didukung transmisi 5 speed manual dan 4 speed otomatis. Ternyata dengan bekal ground clearance tinggi dan fitur turbo intercooler membuatnya juga digemari oleh kalangan off-roader.
Mitsubishi Strada Triton (2008)
Slang 6 tahun, tepatnya pada 2008, Mitsubishi Motors menghadirkan generasi kedua dengan mengusung nama Strada Triton dengan perubahan total. Peningkatan signifikan terdapat pada sektor mesin untuk varian GLS dan Exceed menggunakan mesin 4D56 2.500.cc berteknologi DOHC Turbodiesel Intercooler dan DI-D Commonrail. Sedangkan untuk varian GLX menggunakan mesin 4M40 berkapasitas 2.800 cc.
Di awal tahun 2010, Strada Triton mendapatkan minor facelift serta menambahkan tipe baru yaitu GLS AB Double Cabin dengan tambahan Airbag dan Rem ABS, sekaligus memperkenalkan fitur modern Easy Select 4WD.
Mitsubishi Strada Triton Hi Power (2014)
Generasi terbaru Mitsubishi Strada Triton Hi-Power hadir enam tahun kemudian pada 2014 di Indonesia. Model ini mengusung mesin diesel dengan Variable Geometry Turbo (VGT). Hadirnya generasi terbaru ini juga lengkap dengan tampilan eksterior dan interior mewah layaknya kendaraan penumpang kelas atas.
Mitsubishi Strada Triton VGT Hi-Power dilengkapi dengan transmisi INVECS II 5-speed AT with Sport Mode yang memberikan perpindahan kecepatan yang halus serta dapat menciptakan profil kendaraan yang sesuai dengan karakteristik pengemudi. Kendaraan Double Cabin ini juga dilengkapi dengan Easy Select 4WD Shift-on-fly yang memungkinkan pengemudi memindahkan sistem penggerak 2WD ke 4WD saat kendaraan sedang berjalan (selama kecepatan masih di bawah 100 km/jam).
Mitsubishi Triton (2015)
Generasi berganti. Diluncurkan pada tahun 2015, generasi baru dengan nama Mitsubishi Triton diluncurkan dengan mengusung tagline “Sport Utility Double Cabin” dengan 4 konsep: Modern, Fungsional, Handal dan Nyaman. Triton juga mengunggulkan desain bak cargo yang lebih besar dibandingkan pendahulunya.
Untuk area mesin, Triton ini masih menggunakan mesin 4D56 2.5L 4-silinder DI-D Commonrail dengan Turbocharger VGT. Tenaganya mampu menghasilkan 178 hp pada 4000 rpm dan torsi 40.8 kgm di 2000 rpm. Triton ini mengalami peningkatan pada torsi dibandingkan pendahulunya yang berada di angka 35.7 kgm pada 1800 – 3500 rpm. Mitsubishi Triton ini juga sudah dibekali dengan fitur keamanan canggih, seperti SRS Airbag, immobilizer, collapsible steering column, ABS – EBD dan sasis dilengkapi Reinforced Impact Safety Evolution untuk menyerap energi benturan demi melindungi penumpang.
Varian Baru: Mitsubishi Triton Athlete (2018)
Tingginya permintaan membuat Mitsubishi menghadirkan varian Triton Athlete. Varian ini diluncurkan untuk pehobi off-road. Tepat di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, Triton Athlete hadir dengan penyegaran utama dari segi tampilan eksterior dan interior yang lebih sporty dan stylish serta tangguh untuk berpetualang. Kenyamanan disuguhkan melalui keyless operation system, push start button dan leather seat material + power seat dengan paduan aksen hitam dan oranye pada interior.
Pada sisi eksterior Triton Athlete menawarkan penyegaran pada desain, seperti Sporty Black Grille; Stylish Sporty Bar; Aggressive 17-inch Alloy Wheel, Sporty Front Bumper Garnish, Stylish Body Stripping, Stylish Gate Spoiler, Sporty Black Side Step, Sporty Rear Bumper, Sporty Black Door Handle, Sporty Black Electric Folding Door Mirror, dan Stylish HID Headlamp with DRL.
Spesifikasi mesin yang ditawarkan masih serupa dengan varian sebelumnya, yaitu Berkode 4D56, mesin 2.5L dengan VGT mampu menghasilkan tenaga sebesar 178 HP dan 400 Nm. Mesin dipadukan dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan atau otomatis 5-percepatan.
Mitsubishi New Triton (2019)
Setahun kemudian, MMKSI menghadirkan penyegaran terbaru untuk Triton dengan memasarkan New Triton di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Kendaraan ini sudah memiliki tampilan yang lebih segar berkat desain khas Dynamic Shield dari Mitsubishi Motors.
Selain punya tampilan muka yang jauh lebih segar dan keren, generasi baru dari Mitsubishi New Triton ini juga punya mesin baru. Mesin yang ditanamkan menggunakan mesin berkode 4N15 yang sama dengan milik Pajero Sport. Mesin ini berkapasitas 2.400 cc, 4 silinder, MIVEC, turbo (VGT) +intercooler. Tenaga yang dapat dihasilkan dari mesin ini mencapai 181 hp. Mesin tersebut dipadukan dengan dua pilihan transmisi yakni 5 dan 6 percepatan manual, serta 6 percepatan otomatis.
New Triton hadir dengan enam varian, mulai dari varian tertinggi yakni Ultimate AT Double Cabin 4WD dan dibawahnya ada varian Exceed MT Double Cabin 4WD. Untuk dua varian double cabin lainnya yaitu GLS MT Double Cabin 4WD dan varian HDX MT Double Cabin 4WD. Sementara untuk dua varian yang mempunyai single cabin adalah HDX MT Single Cabin 4WD dan GLX HR MT Single Cabin 2WD. Seluruh varian Mitsubishi Triton diproduksi di pabrik Mitsubishi Motors di Laem Chabang, Thailand.
Mitsubishi Triton di Indonesia sendiri berhasil meraih penjualan terbesar ketiga di dunia, setelah Thailand dan Australia. Di Indonesia, Mitsubishi Triton dengan penggerak empat roda menyumbangkan market share sebesar 65 persen. Hal ini pula membuat Triton diklaim sebagai rajanya pikap 4x4. (Raju)
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.