Perjalanan Panjang Kendaraan Penumpang Mitsubishi di Indonesia 

Mitsubishi

JAKARTA – Mitsubishi punya sejarah panjang di Indonesia. Pabrikan asal Jepang itu menyediakan banyak pilihan kendaraan. Salah satunya adalah Multi Purpose Vehicle (MPV). Kendaraan serba guna ini dikenal dengan atap tinggi, dengan kapasitas angkut minimal 7 penumpang. Ini kerap jadi kriteria dan klasifikasi kendaraan keluarga ini. Padahal, tak melulu demikian.

Mobil berjenis hatchback, sedan, atau bahkan wagon sebenarnya juga layak disebut sebagai kendaraan pengangkut keluarga. Mitsubishi membuktikannya. Kalau Anda mengenalnya karena baru saja punya Xpander, maaf itu salah. Sejak puluhan tahun lalu, brand berlambang tiga berlian sudah punya model yang bisa diandalkan keluarga Indonesia untuk melengkapi perjalanan mereka.

Apa saja yang hadir?

Mitsubishi Colt

Colt (1971)

Sejarah mobil keluarga Mitsubishi dimulai dari Colt. Aslinya model ini adalah pickup yang kemudian dikembangkan menjadi wagon. Memang sejak awal dirancang sebagai kendaraan angkut barang. Ada bak terbuka di bagian buritan untuk mendukung kegiatan niaga ringan.

Dari catatan resmi Mitsubishi Indonesia, model Colt pertama yang masuk ke Indonesia adalah T100. Ia resmi dirilis pada 1971, beberapa catatan lain ada yang menyebut 1969. Karena hadir dalam format bak terbuka, tentu jadi peluang bagi perusahaan karoseri saat itu untuk mewujudkan beragam kebutuhan konsumen. Misalnya saja membuatnya jadi station wagon. Dari sini Colt terkenal sebagai salah satu opsi mobil keluarga. Catatan sejarahnya sebagai mobil angkut penumpang - juga keluarga - cukup panjang, meliputi T120, bahkan hingga L300.

Sedikit menarik, ternyata pemilihan nama Colt berasal dari bahasa Jepang, Koruto. Aksara yang jika diartikan dalam Indonesia berarti kuda muda, atau anak kuda. Entah apa hubungannya, namun nyatanya nama 'Kuda' kemudian dijadikan sebagai model mobil keluarga Mitsubishi Indonesia, puluhan tahun kemudian.

Mitsubishi Lancer SL

Lancer SL (1975)

Selain Colt, Mitsubishi juga menyajikan mobil-mobil berjenis sedan yang memang menjadi model popular pada saat itu. Kendaraan berformat inilah yang faktanya lebih banyak diserap oleh keluarga. Keunggulannya dibanding model transformasi pickup tentunya pada kenyamanan. Kaki-kaki yang dinamis, kabin lapang hingga sekadar jok reclining adalah fitur mumpuni saat itu. Tampilan lebih modis juga jadi motif utama kenapa jenis ini cukup laris pada masanya.

Mesin cuma 1.400 cc. Meski terdengar kecil, nyatanya kubikasi segini membuatnya unggul dibanding kompetitor yang hanya 1.300 cc. Ia bahkan punya keunggulan fitur silent shaft, kopel dan gardan penyalur tenaga ke roda belakang dan tak berisik.

Bertahun-tahun kemudian, nama Lancer selanjutnya terkenal sebagai sedan legendaris. Tak lain tak bukan karena aksi Mitsubishi di ajang reli. Versi kencangnya adalah Lancer Evolution, yang juga dijual untuk umum.

Mitsubishi Kuda

Kuda (1999)

Entah kenapa di tahun-tahun 1990-an, banyak pabrikan yang memilih menggunakan nama binatang untuk produknya. Demikian juga dengan Mitsubishi yang menggunakan nama Kuda. Ia datang pada akhir periode 90an untuk meramaikan segmen mobil keluarga yang lagi hype oleh Toyota Kijang dan Isuzu Panther. Sosoknya begitu tambun juga gagah. Ada tiga pilihan mesin ditawarkan saat itu, 1.600 cc, 2.000 cc bensin dan 2.500 cc diesel.

Sulit menemukan literasi antara penamaan mobil ini sebagai Kuda, dengan Colt yang notabene Anak Kuda. Pasalnya, nama ini cuma digunakan di Indonesia. Negara pertama menjualnya pada 1997, Filipina, punya branding Freeca. Bahkan di Taiwan ada jenama Adventure.

Meski Kuda di Indonesia cuma bertahan sampai 2005, nyatanya di pasar Asia lain, ia bisa menyintas hingga 2017. Uniknya, seiring Adventure dimatikan, prototipe XM Concept malah muncul di Indonesia. Bisa dibilang, Kuda adalah cikal bakal mobil keluarga sebelum diteruskan oleh Xpander.

Mitsubishi Grandis

Grandis (2005)

Inilah salah satu model yang pernah menjadi ikon. Grandis adalah salah satu model mobil keluarga Mitsubishi yang tak bisa dilupakan sejak meluncur pada 2005. Ia mungkin bukan model dengan penjualan terlaris, namun fakta bahwa kendaraan ini jadi salah satu opsi MPV keren dan mewah di masanya, tak bisa dipungkiri.

Bahkan, bisa dibilang sebelum ada Xpander, Grandis-lah MPV ternyaman yang pernah disajikan Mitsubishi. DNA-nya memang berasal dari Station Wagon, kendaraan versi panjang dari sedan dengan daya angkut maksimal. Urusan kenyamanan berkendara dan kelapangan kabin, ia bisa diandalkan.

Mesinnya juga besar, 2.400 cc dengan teknologi MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve Timing and Lift Electronic Control). Tenaga 165 dk dengan torsi 217 Nm dengan pilihan transmisi otomatis 4-percepatan. Menemani perjalanan ke berbagai daerah, tentu bukan soal bermodal ini.

Mitsubishi Mirage

Mirage (2012)

Rasanya aneh menyebut Mirage sebagai mobil keluarga. Tapi nyatanya Mitsubishi sempat menyatakan pada awal peluncurannya bahwa pembeli model city car adalah keluarga muda. Ya, harga yang terjangkau, konsep desain atraktif dan ukuran ringkas, membuatnya cukup populer. Tahun pertama (2012) ia sempat terjual lebih dari 3 ribu unit. Pada tahun kedua, jumlahnya berlipat ganda.

Mesin ringkas 1,2 liter dengan konfigurasi 3-silinder menyajikan karakter unik. Meski irit bahan bakar, ia tetap cekatan diajak berkomuter di perkotaan. Bahkan pembalap Nasional, Subhan Aksa pernah membuat versi balap dari Mirage dengan prestasi membanggakan. Kerennya, modifikasi ini tidak melibatkan mesin, artinya standar!

Mitsubishi Pajero Sport

Pajero Sport (2009)

Ketika menyebut nama Pajero Sport maka yang terbayang langsung adalah Sport Utility Vehicle (SUV). Yap, lantaran itulah trah dari Pajero Sport. Ya, ia dirancang sebagai kendaraan berdaya jelajah tinggi seperti kakaknya, Pajero. Jangan heran kalau sampai sekarang, model Pajero Sport punya versi 4x4 yang siap diajak off-road ringan.

Namun apa hubungan SUV ini sebagai mobil keluarga? Penggunanya. Ketimbang dijadikan mobil penggaruk tanah, Pajero Sport malah sering dijadikan para keluarga mapan untuk menandai keberhasilan finansial mereka.

Tongkrongan Pajero Sport yang gagah, mesin yang bisa diandalkan untuk bertualang kemanapun, dan tentunya ruang nyaman bagi seluruh penumpang membuat mobil ini jadi incaran. Hingga saat ini Pajero Sport masih terus menjalani kiprahnya di Indonesia. Ada ragam pilihan yang bisa dibeli konsumen dengan harga mulai Rp 491 jutaan; Exceed, GLX, Dakar, melalui aneka pilihan transmisi dan skema penggerak.

Mitsubishi Xpander

Xpander (2017)

Di sinilah manifestasi Mitsubishi dalam merancang mobil untuk keluarga disajikan. Diawali keinginan mengawinkan genetik SUV dan MPV, sebuah prototipe crossover bernama XM Concept dihadirkan pada 2016, di Indonesia. Adalah fakta bahwa pengembangan dan kelahirannya didasari pada pasar Indonesia.

Setahun lamanya XM Concept rutin mejeng di depan publik berbagai daerah Tanah Air, hingga akhirnya versi produksi, Xpander, dijual di GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) 2017. Peluncurannya pun cukup menggemparkan karena versi yang bisa dibeli konsumen, punya tampilan tak berbeda jauh dengan prototipe. Desain seolah keluar dari Status Quo MPV pada umumnya dan jadi daya tarik utama.

Ruang kabin pun tersaji lapang. Tak cuma itu, Xpander punya fitur baru yang kala itu pertama di kelasnya, cruise control. Faktor lain yang membuatnya unggul adalah ground clearance jenjang (205 mm). Ini tertinggi di kelasnya (LMPV FWD). Sektor lain berbeda dari LMPV kebanyakan adalah handling yang apik. Jargon Mitsubishi bahwa adaptasi sistem suspensi dari Mitsubishi Lancer Evo X memang sukses menyajikan karakter MPV nyaman dan asyik dikendarai.

Mitsubishi Xpander Cross

Seluruh karakter ini dikemas dalam harga menarik, mulai Rp 217 jutaan. Jumlah varian dan trim pun cukup banyak. Total ada 8 opsi bisa dipilih konsumen, sehingga jangkauan pembelinya pun luas. Nilai ini tak dimiliki kebanyakan pabrikan Low MPV. Hasilnya, Xpander tercatat sebagai satu-satunya LMPV yang mampu menyaingi Toyota Avanza sebagai mobil terlaris di Indonesia. Catatan kami, figur ini tercapai pada September 2018 sebanyak 6.276 unit Xpander terdistribusikan. Saat itu, Avanza sampai 6.151 unit.

Belakangan Mitsubishi juga memecahnya dengan menghadirkan Xpander Cross (2019). Meski punya tampilan yang sedikit berbeda, kental dengan aura SUV, Mitsubishi masih mengkategorikan mobil ini sebagai MPV.

Dari Colt si Anak Kuda hingga Xpander, Mitsubishi membuktikan bahwa kendaraan racikannya, layak diandalkan untuk transportasi keluarga. (Van/Raju)

Jelajahi Mitsubishi Xpander

  • Tampak Depan Bawah Mitsubishi Xpander
  • Tampak samping Xpander
  • Tampak Grille Xpander
  • Lampu depan Xpander
  • lampu belakang Xpander
  • Mitsubishi Xpander Drivers Side Mirror Front Angle
  • Pelek Xpander
  • Antena atap Xpander
  • Mitsubishi
  • Tampak depan medum angle Xpander
Mitsubishi Xpander
Rp 263,2 - 324,5 Juta Cicilan : Rp 6,01 Juta

Model Mobil Mitsubishi

Mobil Mitsubishi
  • Mitsubishi Xpander
    Mitsubishi Xpander
  • Mitsubishi L300
    Mitsubishi L300
  • Mitsubishi Triton
    Mitsubishi Triton
  • Mitsubishi L100 EV
    Mitsubishi L100 EV
  • Mitsubishi Pajero Sport
    Mitsubishi Pajero Sport
Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Mitsubishi Unggulan

  • Yang Akan Datang

Bandingkan & Rekomendasi

Artikel Mobil Mitsubishi dari Carvaganza

  • Mitsubishi Training Center Terbesar di ASEAN Kini Ada di Cibitung
    Mitsubishi Training Center Terbesar di ASEAN Kini Ada di Cibitung
    Anjar Leksana . 31 Okt, 2024
  • Mitsubishi DST Concept Debut di Filipina, Calon SUV 7-Seater Baru
    Mitsubishi DST Concept Debut di Filipina, Calon SUV 7-Seater Baru
    Setyo Adi . 29 Okt, 2024
  • Mitsubishi Perbarui Fasilitas Car Design Center di KidZania, Jadi Semakin Canggih
    Mitsubishi Perbarui Fasilitas Car Design Center di KidZania, Jadi Semakin Canggih
    Alvando Noya . 28 Okt, 2024
  • Mitsubisih Tawarkan Diskon XForce Sampai Rp50 Juta di GIIAS Semarang 2024
    Mitsubisih Tawarkan Diskon XForce Sampai Rp50 Juta di GIIAS Semarang 2024
    Tomi Tomi . 25 Okt, 2024
  • Tergoda Bikin Pajero Sport Tampil Ala Street Racer, Ada Paket Body Kit dari Coga
    Tergoda Bikin Pajero Sport Tampil Ala Street Racer, Ada Paket Body Kit dari Coga
    Setyo Adi . 09 Okt, 2024

Artikel Mobil Mitsubishi dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Mitsubishi Resmikan Training Center Terbesar di ASEAN
    Mitsubishi Resmikan Training Center Terbesar di ASEAN
    Anjar Leksana . 30 Okt, 2024
  • Mitsubishi Triton 2024 Varian HDX Double Cabin Termurah, Dapat Apa Saja?
    Mitsubishi Triton 2024 Varian HDX Double Cabin Termurah, Dapat Apa Saja?
    Anjar Leksana . 09 Sep, 2024
  • Pembaruan Pajero Sport untuk Tingkatkan Kenyamanan Penumpang
    Pembaruan Pajero Sport untuk Tingkatkan Kenyamanan Penumpang
    Alvando Noya . 29 Agu, 2024
  • Mesin Diesel Mitsubishi 12-Silinder 49 Liter Seharga Miliaran Ini Fungsinya untuk Apa?
    Mesin Diesel Mitsubishi 12-Silinder 49 Liter Seharga Miliaran Ini Fungsinya untuk Apa?
    Anjar Leksana . 29 Agu, 2024
  • Detail Penyegaran New Mitsubishi Pajero Sport 2024
    Detail Penyegaran New Mitsubishi Pajero Sport 2024
    Setyo Adi Nugroho . 31 Jul, 2024
  • Alasan All New Mitsubishi Triton Tangguh Buat Kerja, Tapi Juga Asyik Buat Gaya
    Alasan All New Mitsubishi Triton Tangguh Buat Kerja, Tapi Juga Asyik Buat Gaya
    Ardiantomi . 29 Okt, 2024
  • Pertarungan Berlanjut, Pilih New Toyota Fortuner atau New Mitsubishi Pajero Sport?
    Pertarungan Berlanjut, Pilih New Toyota Fortuner atau New Mitsubishi Pajero Sport?
    Setyo Adi Nugroho . 09 Sep, 2024
  • Hyundai Stargazer X Vs Mitsubishi Xpander Cross, Pilih Mana?
    Hyundai Stargazer X Vs Mitsubishi Xpander Cross, Pilih Mana?
    Setyo Adi Nugroho . 16 Agu, 2023
  • Ulik Tawaran Mitsubishi Xpander Exceed untuk Calon Konsumen LMPV
    Ulik Tawaran Mitsubishi Xpander Exceed untuk Calon Konsumen LMPV
    Setyo Adi Nugroho . 01 Nov, 2022
  • Isuzu Traga Vs Mitsubishi Colt L300, Opsi Pekerja Keras yang Sudah Euro 4
    Isuzu Traga Vs Mitsubishi Colt L300, Opsi Pekerja Keras yang Sudah Euro 4
    Anjar Leksana . 01 Jul, 2022
  • First Drive Mitsubishi Triton GLS M/T: Si Pekerja Keras di Medan Off-Road
    First Drive Mitsubishi Triton GLS M/T: Si Pekerja Keras di Medan Off-Road
    Anjar Leksana . 10 Sep, 2024
  • Road Test Mitsubishi XForce: Performa Mesin Cukup dan Konsumsi BBM Irit!
    Road Test Mitsubishi XForce: Performa Mesin Cukup dan Konsumsi BBM Irit!
    Bangkit Jaya Putra . 25 Feb, 2024
  • Test Drive Mitsubishi XForce Ultimate: Handling dan Respons Superior!
    Test Drive Mitsubishi XForce Ultimate: Handling dan Respons Superior!
    Anjar Leksana . 11 Des, 2023
  • First Drive Mitsubishi XForce: Memenuhi Ekspektasi di Kelas Crossover
    First Drive Mitsubishi XForce: Memenuhi Ekspektasi di Kelas Crossover
    Setyo Adi Nugroho . 21 Agu, 2023
  • Road Test Mitsubishi Xpander Cross CVT (Part-2): Pendukung Bertualang
    Road Test Mitsubishi Xpander Cross CVT (Part-2): Pendukung Bertualang
    Anjar Leksana . 10 Jan, 2023