Pilih Tipe Murah yang Mana, Suzuki XL7 Zeta atau Daihatsu Terios X Deluxe

XL7 vs Terios

Memilih varian murah adalah solusi dana terbatas. Tak masalah, toh sekarang tipe bawah tidak lagi terlalu pelit menggelontorkan fitur pemanja. Ambil contoh Suzuki XL7 tipe Zeta dan Daihatsu Terios X Deluxe. Harganya menggiurkan untuk ukuran SUV 7-seater, tanpa mendapat pengurangan fitur yang esensial. 

Kenapa kami rekomendasikan Terios X Deluxe bukan X biasa? Karena tipe sedikit lebih mewah punya opsi transmisi otomatis. Harganya termurah di antara LSUV lain. Varian manual Rp 221,8 juta dan matik Rp 231,8 juta. Kubu Suzuki menawarkan XL7 Zeta lebih mahal. Banderol Rp 232 juta (MT) dan Rp 242,5 juta (AT). Mari kita bahas kelebihan masing-masing

Suzuki XL7 Zeta type

Eksterior

Hebatnya Suzuki, tidak ada diferensiasi terlalu banyak antar ketiga varian XL7. Melihat desain dan kelengkapan eksterior, mirip tipe tengah Beta. Headlamp LED lengkap dengan Daytime Running Light (DRL). Kecuali lampu belakang yang dikurangi light guide.

Aksesori penunjang kesan gagah ala SUV persis sama seperti tipe Beta dan Alpha. Desain dan ukuran pelek pun serupa. Agar ada penyederhanaan, gagang pintu dikelir sewarna bodi, bukan kromium. Kesan tipe rendah di Terios X Deluxe lebih kentara. Dominan plastik hitam tanpa aksen krom pengilap. Bahkan tidak diberikan roof rail dan lampu kabut meski lampu utama sudah LED. Trim Deluxe hanya menambah sedikit aksesori agar tidak terlalu polos dengan X standar.

Pelek turut dibedakan dari Terios tipe R. Pakai ukuran 16-inci dengan ban gemuk SUV 215/60. Dilabur warna Gun Metal gelap yang memberi kesan gagah. Terios X Deluxe sangat mencirikan SUV sejati ketimbang XL7 Zeta yang berbasis MPV yang ditinggikan. Dari sasis unibody dan penggerak roda belakang (RWD), sudah menggambarkan itu.

Baca Juga: Adu Kuat Pikap Modern dan Ikonik, Isuzu Traga vs Mitsubishi L300

Interior

Sewajarnya trim termurah, tanpa memberi banyak gimmick atau penghias kemewahan. Paling jelas tidak dilengkapi tombol audio di setir dan keyless entry. XL7 berbasis Ertiga GL punya kesan lebih luks. Seluruh jok dibalut material kombinasi kulit sintetis dan fabric, sama seperti di semua varian. Busa joknya juga tebal, lebih nyaman diduduki ketimbang Terios. Kursi pengemudi bisa jadi fokus perhatian. Avanza-Xenia hingga turunannya Rush-Terios, tidak pernah senyaman Ertiga.

Mengenai kelegaan kabin, hampir sama. XL7 tertolong platform baru Ertiga yang bikin kabin tambah lapang. Tapi untuk baris ketiga, Terios sedikit unggul. Model pelipatan kursi keduanya juga lain. XL7 mampu terlipat rata lantai untuk baris kedua dan ketiga. Terios tidak bisa begitu

Interior Terios X Deluxe terlihat sederhana tapi tidak seinferior itu. Meski akan sangat terasa material plastik tipis murahan di beberapa panel, tak sebaik XL7. Beruntung pengaturan AC sudah model tombol dengan layar digital. Itu pun juga diterapkan oleh XL7 Zeta. Power Outlet di Terios cuma ada di depan. XL7 Zeta tersedia di baris pertama dan kedua.

daihatsu terios x deluxe

Fitur

Baik Suzuki dan Daihatsu, tetap bijak melengkapi fitur untuk varian murah. Kenyamanan seluruh penumpang tetap terjaga lewat AC double blower. Sarana hiburan pun masih diperhatikan dengan memberi head unit layar sentuh. Punya XL7 ukurannya sebesar 8-inci dengan fungsi koneksi Bluetooth. Terios juga punya, tapi ukurannya lebih kecil. Semua sudah tersambung dengan kamera belakang. Tapi untuk di XL7 cuma ada di tipe transmisi matik.

Fitur keselamatan dan keamanan sangat memadai. Dua airbag melindungi pengemudi dan penumpang, seatbelt di semua kursi, child safety lock, ABS + EBD, immobilizer dan alarm. Terios lebih perhatian soal keselamatan. Ada peringatan lampu dan suara jika pengemudi tidak memakai sabuk pengaman. Fitur aktif Vehicle Stability Control dan Hill Start Assist tentunya tidak dipunyai kedua mobil. Tak masalah, apa yang ada sudah sangat cukup.

Baca Juga: Mengenal Daihatsu Ayla, Sirion dan Sirion Versi Negeri Jiran yang Lebih Komplet

Performa dan Pengendaraan

Suzuki andalkan mesin K15B 1,5-liter VVT berdaya 104,7 PS dan torsi 138 Nm. Terios memakai 2NR-VE 1,5-liter dengan output 104 PS dan torsi 136 Nm. Terbaca berimbang, namun di atas aspal bisa saja berbeda.

Hasil pengujian menunjukkan mesin K15B milik Ertiga punya keunggulan torsi di putaran rendah. Sedangkan mesin milik Daihatsu sebaliknya. Tenaga padat di putaran atas. Perbedaan rasio gear sangat mempengaruhi itu. Toyota-Daihatsu kebiasaan menyetel rasio cukup kasar. Suzuki pun bertolakbelakang. Settingannya halus untuk mengejar efisiensi bahan bakar. Lalu kedua LSUV ini dipadankan transmisi sejenis. Manual 5-percepatan dan otomatis konvensional 4-percepatan. 

Rasa berkendara juga terasa bedanya. Diferensiasi sasis dan sistem penggerak sangat mendukung itu. Suzuki XL7 dengan monokok dan penggerak roda depan (FWD), mencerminkan karakter nyaman khas Ertiga. Terios pun tak lepas dari bayang-bayang duo Avanza-Xenia. Ditopang kaki-kaki bandel, tapi harus mengorbankan bantingan nyaman. Walau telah mengalami peningkatan signifikan dibanding Terios generasi awal, tetap saja tak bisa mengungguli kenyamanan XL7.

Simpulan

Dari penjabaran di atas, nampak jelas keunggulan dan kekurangan masing-masing. Memilih Suzuki XL7 Zeta punya alasan kuat. Mobil ini punya desain lebih segar, eksterior-interior sama mewahnya dengan varian termahal, fitur lengkap, lalu rasa berkendara yang nyaman. Kalau mencari kualitas berkendara tinggi, XL7 jawabannya.

Terios X Deluxe sebenarnya tak kalah menarik. Kalau Anda lebih sering berjibaku di kontur jalan bervariatif, kekuatan kaki Terios tak perlu diragukan lagi. Jiwanya SUV sejati, karena berkonstruksi FR (front-rear) dan sasis semi-monokok yang cocok menghadapi medan cukup berat. Lagipula harganya amatlah menggiurkan tanpa mengurangi fitur-fitur penting. (Odi)

Baca Juga: Pilihan Dilematis, Toyota Kijang Innova V Baru atau Toyota Voxy Bekas?

Suzuki XL7 vs Daihatsu Terios Comparison

Suzuki XL7
  • Rp 260,2 - 309 Juta
Daihatsu Terios
  • Rp 241,55 - 307,75 Juta
Daihatsu Terios vs Suzuki XL7
Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Suzuki Unggulan

  • Yang Akan Datang

Bandingkan & Rekomendasi

Artikel Mobil Suzuki XL7 dari Carvaganza

  • Diler Suzuki Arista di Medan Jual Puluhan Mobil, XL7 Hybrid Jadi Primadona
    Diler Suzuki Arista di Medan Jual Puluhan Mobil, XL7 Hybrid Jadi Primadona
    Bangkit Jaya . 14 Nov, 2024
  • Beli Mobil Jelang Lebaran, Cek Beragam Promo Menarik Dari Suzuki
    Beli Mobil Jelang Lebaran, Cek Beragam Promo Menarik Dari Suzuki
    Anjar Leksana . 20 Mar, 2024
  • Best Functionality Award untuk Suzuki XL7 Hybrid oleh Carvaganza Editors' Choice Awards 2023
    Best Functionality Award untuk Suzuki XL7 Hybrid oleh Carvaganza Editors' Choice Awards 2023
    Setyo Adi . 14 Okt, 2023
  • Suzuki Sediakan Hadiah Jimny Untuk Pengunjung GIIAS 2023
    Suzuki Sediakan Hadiah Jimny Untuk Pengunjung GIIAS 2023
    Eka Zulkarnain H . 09 Agu, 2023
  • Suzuki XL7 Hybrid Dites Adu Irit, Segini Hasilnya
    Suzuki XL7 Hybrid Dites Adu Irit, Segini Hasilnya
    Tomi Tomi . 18 Jul, 2023

Artikel Mobil Suzuki XL7 dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Pameran GJAW 2024 Sumbang Angka Pemesanan 1.562 Unit Suzuki
    Pameran GJAW 2024 Sumbang Angka Pemesanan 1.562 Unit Suzuki
    Anjar Leksana . 09 Des, 2024
  • Daftar Model dan Harga Low SUV Incaran Bulan Ini
    Daftar Model dan Harga Low SUV Incaran Bulan Ini
    Setyo Adi Nugroho . 18 Nov, 2024
  • Diskon Suzuki XL7 Hybrid Tembus Rp30 Jutaan, Seberapa Menarik?
    Diskon Suzuki XL7 Hybrid Tembus Rp30 Jutaan, Seberapa Menarik?
    Bangkit Jaya Putra . 14 Nov, 2024
  • Produk Hybrid Suzuki Dominasi Jualan di GIIAS Bandung 2023
    Produk Hybrid Suzuki Dominasi Jualan di GIIAS Bandung 2023
    Setyo Adi Nugroho . 01 Des, 2023
  • Suzuki XL7 dan Honda BR-V Keluaran 2020, LSUV Bekas Mana yang Layak Dipertimbangkan?
    Suzuki XL7 dan Honda BR-V Keluaran 2020, LSUV Bekas Mana yang Layak Dipertimbangkan?
    Anindiyo Pradhono . 10 Nov, 2023
  • Beda Harga Cukup Jauh, Lebih Menarik New Suzuki XL7 atau Honda BR-V?
    Beda Harga Cukup Jauh, Lebih Menarik New Suzuki XL7 atau Honda BR-V?
    Setyo Adi Nugroho . 22 Jun, 2023
  • Komparasi New Low SUV Terpanas Bulan Ini, Suzuki XL7 Hybrid VS Daihatsu Terios
    Komparasi New Low SUV Terpanas Bulan Ini, Suzuki XL7 Hybrid VS Daihatsu Terios
    Setyo Adi Nugroho . 19 Jun, 2023
  • Komparasi Fitur Trim Tertinggi Suzuki XL7 dan Mitsubishi Xpander Cross
    Komparasi Fitur Trim Tertinggi Suzuki XL7 dan Mitsubishi Xpander Cross
    Ahmad Karim . 09 Sep, 2021
  • Mau Beli LSUV, Periksa Dulu Perbandingan Mitsubishi Xpander Cross dengan Suzuki XL7
    Mau Beli LSUV, Periksa Dulu Perbandingan Mitsubishi Xpander Cross dengan Suzuki XL7
    Anjar Leksana . 12 Agu, 2021
  • Mobil Keluarga Bergaya SUV Petualang, Ambil Mitsubishi Xpander Cross atau Suzuki XL7?
    Mobil Keluarga Bergaya SUV Petualang, Ambil Mitsubishi Xpander Cross atau Suzuki XL7?
    Anjar Leksana . 14 Jan, 2021
  • First Drive New Suzuki XL7 Hybrid: Si Paling Masuk Akal di Kelasnya!
    First Drive New Suzuki XL7 Hybrid: Si Paling Masuk Akal di Kelasnya!
    Ardiantomi . 28 Jul, 2023
  • Road Test Suzuki XL7 Alpha AT: Kenikmatan Ertiga dengan Poin Ekstra (Part-2)
    Road Test Suzuki XL7 Alpha AT: Kenikmatan Ertiga dengan Poin Ekstra (Part-2)
    Anindiyo Pradhono . 13 Jul, 2020
  • Road Test Suzuki XL7 Alpha AT: Amunisi Pemain Baru (Part-1)
    Road Test Suzuki XL7 Alpha AT: Amunisi Pemain Baru (Part-1)
    Anindiyo Pradhono . 13 Jul, 2020
  • First Drive Suzuki XL7: Menyingkap Misteri SUV Berbasis Ertiga
    First Drive Suzuki XL7: Menyingkap Misteri SUV Berbasis Ertiga
    Wahyu Hariantono . 18 Feb, 2020