Tampilan ala Motor Balap MotoGP, Berikut Pilihannya di Kelas Motor Sport 150 cc
Terjun ke ajang macam MotoGP, jelas membanggakan bagi pabrikan. Desain livery yang menghias bodi motor balap selalu jadi ciri tersendiri. Menurunkannya ke produk massal bisa jadi daya pikat tersendiri. Mengajak konsumen sedikit merasakan aura balap motor paling bergengsi itu. Beberapa model bisa Anda miliki di pasar lokal. Khusus bagi para pencinta tim pabrikan Honda, Yamaha dan Suzuki.
Yamaha YZF-R15
Jubah Monster Energy MotoGP menempel di tunggangan YZR-M1 milik Valentino Rossi dan Maverick Vinales. Yamaha pun merilis YZF-R15 dengan corak persis sponsor resmi Yamaha yang menggantikan Movistar. Tampilannya diberikan dengan dasar hitam dan mendapat aksen biru di beberapa titik. Tak lupa logo dari minuman berenergi asal Amerika yang menempel di beberapa sektor. Ada di sepatbor depan, bodi samping juga bodi belakang. Meski liverynya sudah berubah saat masuk musim balap 2020, produk ini masih tetap dijual. All New R15 Monster Energy Yamaha MotoGP Edition saat ini dijual Rp 37,685 juta OTR Jakarta.
Sporty dan elegan sudah menjadi ciri khasnya. Hal itu karena dirinya mengadopsi DNA R-Series. Spesialnya terlihat pada bodi yang meruncing, sehingga aura balap sangat terasa. Kemewahan diwujudkan penggunaan lampu LED di depan dan belakang. Kesan kokoh dan keren juga tersirat dari pengaplikasian rangka Deltabox serta suspensi depan up side down. Ukurannya cukup besar, 37 mm. Apalagi dengan warna gold, jadi terlihat atraktif. Motor ini juga tampak gagah dengan ketinggian jok mencapai 815 mm dengan jarak terendah ke tanah 155 mm. Detail dimensinya 1.990 mm x 725 mm x 1.135 mm (PxLxT), dan berat 137 kg. Untuk kapasitas tangki bensin bisa menampung bahan bakar hingga 11 Liter.
Begitu pula dengan fiturnya, kini sudah menggunakan panel LCD utuh dan terdapat spidometer digital multifungsi. Tak kurang dari 20 informasi tersaji di panel seperti putaran mesin (RPM), kecepatan (KPJ), odometer (KM), tripmeter (KM) kecepatan rata-rata (KPH), konsumsi bahan bakar rata-rata (KPL), dan konsumsi bahan bakar instan (KPL). Teknologi paling utama yang ada di dasbor yakni shift timing light, memberikan panduan kapan perpindahan gigi agar pengendara memperoleh performa optimal. Selain itu, pengguna bisa menyesuaikan di putaran berapa nyala lampu ini muncul, supaya sesuai dengan gaya berkendaranya.
Untuk urusan mesin, All New R15 ditopang dengan dapur pacu berkapasitas 155 cc, 4-Stroke, SOHC, 4 Valve. Jantung mekanis yang dimilikinya mampu menyemburkan tenaga maksimum hingga 19 Hp pada 10.000 rpm, dan torsi mencapai 14,7 Nm di 8.500 rpm. Dilengkapi juga dengan Liquid Cooled yang akan membuat suhu mesin stabil, plus teknologi VVA atau Variable Valve Actuation.
Baca Juga: Telisik Skutik Berteknologi ABS, Sudah Benarkah Pilihan Anda?
Yamaha Vixion
Walau bukan sebuah motor sport fairing, Vixion juga cocok dihias livery Monster Energy Yamaha MotoGP Edition. Untuk edisi spesial ini pada dasarnya diambil dari Vixion varian standar, bukan tipe R dengan teknologi VVA. Meski begitu, fitur yang ada cukup beragam. Saat ini dijual Rp 28,650 juta OTR Jakarta atau terpaut Rp 705 ribu dibanding versi reguler.
Karena ia jenis naked bike, maka striping yang tersemat mengikuti kontur tubuh. Dominasi warna hitam menghiasi seluruh bodinya, ditambah dengan corak biru di tangki dan beberapa tarikan garis di shroud dan bodi belakang. Sementara logo Monster berkelir hijau menempel di tiap sisi penampung bahan bakar dan sepatbor depan. tampang masih sama, punya bodi ramping dan desain agresif dengan garis-garis tegas di setiap sisi. tampak pada seluruh bagian tubuh, mulai dari lampu depan hingga belakang. Under crowl pada bagian bawah motor juga menambah kesan sporty.
Sama seperti saudaranya yang lain di kelas motor sport, ia juga mengadopsi rangka Deltabox. Itu juga menjadi salah satu komponen yang paling tersohor sejak pertama kali Vixon hadir pada 2007. Untuk meredam guncangan, dilengkapi suspensi teleskopik untuk bagian depan dan swing arm pada bagian belakang.
Buat urusan fitur, All New Vixion ini menggunakan lampu LED dan disertai hazard lamp. Untuk menambah kesan mewah, diberikan pula panel meter full digital yang dilengkapi dengan sapaan humanis "HI BUDDY”. Bentuknya mirip dengan yang ada di All New R15, tapi dia tidak ada shift timing light. Fitur yang memudahkan pengendara memperoleh performa optimal hanya ada di tipe Vixion tertinggi. Meski begitu, ia sudah dibekali dengan assist & slipper clutch. Fitur yang menjadikan kinerja kopling lebih ringan serta mencegah roda selip saat menurunkan gigi terlalu cepat.
Jantung pacunya menggendong mesin berkapasitas 150 cc, satu silinder berteknologi SOHC dan memiliki pendingin cairan. Di atas kertas, ia sanggup memuntahkan torsi puncak 14,5 Nm pada 7.500 rpm dan tenaga maksimal 16,3 hp pada 8.500 rpm. Sistem transmisi yang dijadikan padanan 5-percepatan manual.
All New Honda CBR150R
All New Honda CBR150R MotoGP Edition merupakan varian paling ekspresif sekaligus ikonik di antara yang lain. Selain livery khas oranye-putih-merah, terpampang jelas tulisan Repsol di fairing. Sementara logo CBR justru minimalis. Ditambah lagi, peleknya ikut dilabur jingga, menyesuaikan tema motor. Bagi yang senang bergaya bak pembalap, rasanya ini model ini begitu pantas untuk Anda. Harga jualnya saat ini Rp 40,2 juta OTR Jakarta.
Desain bodi CBR150R memiliki tampilan visor tinggi sehingga memberikan kenyamanan bagi pengendara. Tujuannya untuk mendapatkan visibilitas lebih luas, serta menambah tampilan layaknya motor balap sejati. Kesan canggih dan modern pada model ini terlihat pada penyematan full digital panelmeter, serta hadirnya fitur All LED Lighting System.
Karena ia didapuk menjadi varian tertinggi, pengereman Anti-lock Breaking System (ABS) menjadi peranti standar. Begitu pula dengan cakram yang dianut, pakai model wavy disc yang terkenal cepat melepas panas. Selain itu, diberikan pula Emergency Stop Signal (ESS), yang secara otomatis mengaktifkan lampu hazard jika terjadi pengereman mendadak. Punya juga pengaturan lima level pada masing-masing suspensi depan dan belakang, memberikan pilihan kenyamanan dan handling optimal untuk pengendara.
Ia dibekali mesin 150 cc, DOHC ,4-valve, berpendingin cairan (liquid-cooled) dengan 6-percepatan. Jantung mekanisnya itu bisa menghasilkan tenaga 16,8 Hp pada 9.000 rpm dan torsi 14,4 Nm di 7.000 rpm. Meski berperforma tinggi, motor ini diklaim memiliki efisiensi bahan bakar 39,72 km/liter (EURO 3) melalui metode ECE R40 dalam pengetesan internal.
Baca Juga: Sport Fairing Rp 60 Jutaan, Mana yang Layak Dibeli?
Suzuki All New Satria F150
Dari lima warna yang disediakan, Blue GP yang didapuk memiliki grafis spesial. Perbedaan paling mencolok ada di seputar bodi. Warnanya menggunakan biru khas Suzuki dan grafis di tubuhnya menggunakan tema tim Ecstar Suzuki yang berlaga di MotoGP 2019. Meski musim balap MotoGP 2019 telah usai dan liverynya sudah berubah, All New Satria F150 FI dengan jubah spesial masih dijual hingga saat ini. Dia dibanderol Rp 25,360 juta OTR Jakarta.
Sejak dulu Satria F150 dikenal sebagai motor sport ayam jago (ayago) dengan mesin galak. Performa dari sistem injeksi diklaim jauh lebih baik ketimbang versi karburator. Dibekali mesin berkapasitas 150 cc Double Over Head Camshaft (DOHC), 4-Valve satu silinder yang memang sudah menjadi identitas Satria F150 sejak generasi pertama.
Ia diklaim sebagai motor paling bertenaga di kelasnya. Sanggup menyemburkan tenaga 18,3 hp di 10.000 rpm dan torsi 13,8 Nm pada putaran 8.500 rpm. Keseluruhan output disalurkan melalui sistem transmisi manual 6-percepatan. Untuk menjaga suhu ruang pembakaran tetap adem, pendinginan mengandalkan radiator.
Tidak hanya mesin berperforma tinggi, berbagai fitur modern juga disematkan kepadanya. Sebut saja one push electric starter terbaru. Diadopsi dari GSX-1000 dan menjadi inovasi di kelas underbone 150 cc, sehingga proses menyalakan mesin lebih mudah dan cepat. Keamanan dibekali kunci dengan sistem alarm melalui remote khusus. Lebih lanjut, ada USB chrager tersimpan di dalam kompartemen depan. Jadi pengendara tidak perlu bingung saat kehabisan daya ponsel.
Suzuki GSX-R150
Khusus varian GSX-R150 Key-less System, Suzuki melabur dengan warna met triton blue. Grafis yang tersemat bisa dikatakan spesial, karena liverynya mengadopsi dari Suzuki Ecstar MotoGP. Sesuai tema seluruh bodinya berwarna biru khas Suzuki. Tak lupa tulisan ‘Suzuki’ besar yang tertempel di tiap sisi fairing. Pabrikan menyediakan 3 varian berbeda, GSX-R150 Shuttered Key System (SKS)Rp 30,6 juta, Keyless Ignition System Rp 31,6 juta, dan tertinggi yang dilengkapi ABS Rp 34,6 juta.
Suzuki GSX-R150 berbekal mesin DOHC satu silinder dengan kapasitas 150 cc. Performa yang dikeluarkan meliputi daya sebesar 18,9 Hp pada 10.500 rpm dan torsi maksimal 14 Nm di 9.000 rpm. Dia pula satu-satunya motor yang punya karakter sport tulen. Terlihat dari racikan mesin overbore (bore stroke: 62 x 48,8 mm).
Fitur menarik ada Keyless Ignition System with Lamp Ring. Rumah kunci keyless-nya dapat menyala, memudahkan rider mengetahui sistem keylessnya aktif atau tidak. Ada pula penambahan saklar lampu hazzard, yang banyak dipakai motor-motor kekinian. (Bgx/Odi)
Baca Juga: Tidak Banyak yang Pakai, Ini Daftar Motor dengan Fitur Assist and Slipper Clutch
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Motor Unggulan
- Terbaru
- Yang Akan Datang
- Populer
Artikel Motor dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Advisory Stories
- Road Test