Tarung Ulang Yamaha Nmax Terbaru Trim "Turbo", Melawan Honda PCX 160

Nmax turbo vs PCX

Persaingan antara Yamaha Nmax dan Honda PCX160 kini semakin sengit dengan kedatangan Nmax generasi ketiga yang dilengkapi dengan "Turbo". Ini merupakan inovasi terbaru dalam segmen skuter matik premium 150-160 cc. Dari perspektif harga, varian "Turbo" dari Nmax berada di kisaran yang sama dengan Honda PCX160 ABS. Antara kedua model tersebut, manakah yang lebih pantas untuk dipilih?

Desain

Yamaha Nmax Turbo

Setiap orang memiliki penilaian tersendiri terhadap desain motor. Namun, kedua model ini tetap memberikan kesan premium. Nmax generasi baru menampilkan bentuk yang berbeda dari model sebelumnya, dengan tampilan yang lebih agresif dan futuristik.

Fascia Nmax "Turbo" tampak lebih modern dengan pencahayaan depan full LED dan dual projector yang meningkatkan visibilitas saat berkendara. Garis bodi yang lebih tegas dari depan hingga belakang memberikan kesan sporty dan mewah. Windscreen skutik Nmax "Turbo" kini lebih tinggi dan menonjol, diklaim dapat meningkatkan aerodinamika.

Desain bagian belakang juga lebih menarik, dengan struktur yang berubah total dari model sebelumnya. Stoplamp dibuat lebih ramping dengan lampu sein yang ditempatkan secara vertikal di bagian bawah. Teknologi lampu sudah menggunakan LED.

Sektor tengah masih serupa dengan model lama, namun diberi garis tegas pada cover tengah. Posisi kaki yang memungkinkan pengendara selonjor masih dipertahankan. Desain jok baru yang elegan dan pelindung radiator dengan bentuk agresif menambah kesan dinamis, begitu pula dengan cover setang yang dirancang lebih dinamis.

Honda PCX 160 2021

Di sisi lain, kompetitornya menawarkan kesan elegan dari fasadnya. Desainnya lebih lebar dengan dominasi rumah lampu yang terintegrasi, dari lampu sein hingga headlight, berposisi horizontal dan ramping, menyatu dengan desain keseluruhan.

Mengikuti konsep skutik premium, PCX160 juga mengadopsi posisi berkendara yang relaks. Kaki dapat sedikit direntangkan untuk kenyamanan saat perjalanan jauh. PCX160 dilengkapi windscreen besar yang mendukung gaya mewahnya, serta setang fat bar tanpa cover.

Panel bodi belakang menampilkan kesan premium dengan emblem 3D berwarna emas, menciptakan ekspresi skutik kelas atas. Desain stoplamp futuristik berbentuk huruf 'X' dengan efek cahaya tiga dimensi yang menonjol. Tentu saja, semua lampu telah menggunakan teknologi LED.

Kedua model memakai sepatbor menggantung. Perbedaannya terletak pada Yamaha yang dilengkapi dengan 'mata kucing' di kedua sisinya, yang berfungsi untuk memantulkan cahaya dari samping, memungkinkan pengendara yang datang dari arah samping untuk melihat adanya kendaraan di depan mereka.

Fitur

Yamaha Nmax Turbo

Generasi ketiga Nmax memperkenalkan teknologi terbaru, Yamaha Electric Continuously Variable Transmission (YECVT), yang menggantikan sistem CVT konvensional. Dengan teknologi ini, Nmax Turbo dilengkapi dengan fitur Riding Mode yang menawarkan dua mode berkendara: T-Mode untuk perjalanan sehari-hari di kota yang lebih halus dan hemat bahan bakar, dan S-Mode untuk touring yang memberikan akselerasi lebih responsif.

Mode berkendara ini dapat diaktifkan melalui tombol di bagian depan setang kemudi kiri. Selain itu, Nmax Turbo juga dilengkapi dengan fitur Y-Shift yang terletak di bawah setang kemudi kiri, memberikan kemampuan akselerasi instan seperti "Turbo".

Y-Shift memiliki tiga tingkatan: Low, Medium, dan High, yang berguna untuk mendahului atau saat menanjak, serta dapat membantu deselerasi saat menurun atau cornering.

Namun, Nmax Turbo belum memiliki TFT Navigation Display, hanya dilengkapi dengan Multi Infotainment Display with Y-Connect yang masih menggunakan layar negative display berwarna biru. Meskipun demikian, display ini telah diperbarui dengan tambahan indikator Y-Shift dan semua pengaturan mudah dioperasikan melalui tombol di tuas kiri.

Seperti model sebelumnya, ia dapat tersambung dengan aplikasi Y-Connect (Yamaha Motorcycle Connect) melalui bluetooth. Pengendara dapat mengetahui lokasi parkir terakhir, pengingat masa pakai oli mesin dan aki, konsumsi bahan bakar, serta notifikasi jika motor mengalami kerusakan. Semua informasi ini dapat diakses melalui smartphone.

Dengan fitur ini, pengendara juga dapat menerima notifikasi email, SMS, dan panggilan telepon melalui speedometer multifungsi dengan teknologi LCD full digital. Jika terjadi masalah pada motor, notifikasi akan dikirim ke email yang telah didaftarkan.

Selain YECVT dan Y-Connect, motor ini juga dilengkapi dengan soket listrik, sistem kunci pintar, bagasi berkapasitas 25 liter, Stop & Start System, Rear Sub Tank Suspension, dan ban tubeless lebar.

PCX 160

PCX160 menawarkan fitur yang memanjakan pengendara, seperti panel instrumen full digital berukuran besar dengan negative display dan aksen garis hijau. Dilengkapi dengan list krom di setiap sisi, memberikan kesan mewah dibandingkan model sebelumnya.

Fitur-fiturnya meliputi indikator Smart Key, HSTC, penggantian oli, baterai, Idling Stop, Trip Meter, konsumsi bahan bakar, jam digital, dan indikator ABS.

Kunci FOB (remote smart key system) didesain lebih ergonomis dengan dua tombol yang tersedia. Teknologi kunci ini terintegrasi dengan immobilizer dan Answer Back System, serta dilengkapi Anti Theft Alarm.

Setiap unit dilengkapi dengan tombol untuk membuka jok dan tutup tangki bensin, meningkatkan keamanan dan kemudahan pengguna.

PCX160 memiliki kapasitas penyimpanan di bawah jok sebesar 30 liter, tangki bahan bakar berkapasitas 8,1 liter, dan kompartemen depan sebesar 1,7 liter. Terdapat juga power charger USB tipe A dengan daya maksimal 5V 2,1A, memungkinkan pengendara mengisi daya baterai smartphone.

Versi PCX termahal mengandalkan pengereman bersensor satu channel di bagian depan. Dan ia sudah dilengkapi dengan Honda Selectable Torque Control (HSTC). Fitur itu bisa mencegah roda selip akibat jalan licin saat hujan.

Mesin

review Honda PCX 160

Mesin Nmax telah mengalami banyak perubahan, yang paling mencolok adalah penggunaan teknologi YECVT. Dinding silinder dibuat sangat halus (Mirror Bore Cylinder) untuk meminimalkan gesekan dan mengurangi kehilangan oli, crankshaft dibuat lebih panjang, dimensi rotor assy lebih ringkas, pin dowel yang berperan sebagai tempat dudukan sprocket rantai cam dibuat menyatu dengan camshaft, menggunakan Hydraulic Tensioner dan saluran oli yang baru.

Namun, profil mesin tetap sama dengan model sebelumnya, masih menggunakan mesin Blue Core berkapasitas 155 cc dengan pendingin cairan, 4 tak SOHC VVA. Dengan diameter x langkah sebesar 58 mm x 58,7 mm dan rasio kompresi 11,6:1, mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 14,2 Hp pada 6.500 rpm dan torsi 13,9 Nm pada 6.500 rpm.

Lawannya dilengkapi dengan mesin satu silinder 160 cc, SOHC, 4 katup, berpendingin cairan, PGM-FI, dan teknologi Enhanced Smart Power Plus (eSP+). Secara teoretis, mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 16 Hp pada 8.500 rpm dan torsi 14,7 Nm pada 6.500 rpm.

Yamaha menyematkan sistem Start & Stop otomatis pada saat idle untuk model NMax terbaru. Dinamakan Start & Stop System (SSS), sementara Honda menyebutnya Idling Stop System (ISS). Keduanya berfungsi untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar. Fitur-fitur ini juga terintegrasi dengan teknologi yang membuat suara mesin menjadi lebih senyap saat dihidupkan, dengan Yamaha menggunakan Smart Motor Generator (SMG) dan Honda menggunakan Alternating Current Generator (ACG).

Simpulan

Yamaha Nmax Turbo

Yamaha Nmax "Turbo" menampilkan tampilan yang lebih segar dibandingkan generasi sebelumnya dengan penambahan fitur yang lebih banyak. Keunggulannya termasuk teknologi YECVT, pilihan mode berkendara, dan Y-shift, sementara rivalnya memiliki kelebihan pada fitur kontrol traksi yang tidak ada pada varian "Turbo" standar.

Dari segi harga, Nmax "Turbo" ditawarkan dengan harga Rp37,750 juta dan PCX160 ABS seharga Rp36,805 juta OTR DKI Jakarta, dengan selisih sekitar Rp900 ribu. Namun, Nmax generasi terbaru juga memiliki dua varian yang lebih mahal dengan fitur yang lebih lengkap.

review Honda PCX 160

Untuk variasi warna, PCX160 menawarkan lebih banyak pilihan, termasuk Ultimate Matte Brown, Imperial Matte Blue, Wonderful White, Majestic Matte Red, dan Glorious Matte Black. Di sisi lain, model baru hanya tersedia dalam dua pilihan warna: Magma Black dan Elixir Dark Silver, yang keduanya mencerminkan skuter matik modern. Anda tinggal menyesuaikan dengan preferensi Anda.

Dengan semua informasi ini, Anda tentunya dapat membuat penilaian. Jika Anda menginginkan skuter sporty dengan fitur canggih, Nmax "Turbo" bisa menjadi pilihan. Atau, jika Anda mengutamakan tampilan elegan dan praktis, PCX160 bisa menjadi pilihan. Semuanya tergantung pada selera dan anggaran Anda. (Bgx)

Baca Juga: Pilihan Sepeda Motor Yamaha yang Pakai Fitur Y-Connect

Yamaha Nmax Turbo vs Honda PCX160 Comparison

Yamaha Nmax Turbo
  • Rp 32,7 - 45,25 Juta
Honda PCX160
  • Rp 33,4 - 36,9 Juta
Honda PCX160 vs Yamaha Nmax Turbo

Don't Miss

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Yamaha Unggulan

Bandingkan & Rekomendasi

Artikel Motor Yamaha Nmax Turbo dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Nmax Tour Boemi Nusantara Etape Final: Rasakan Pesona Alam Sulawesi Selatan dan Budaya Bulukumba
    Nmax Tour Boemi Nusantara Etape Final: Rasakan Pesona Alam Sulawesi Selatan dan Budaya Bulukumba
    Zenuar Yoga . 22 Okt, 2024
  • Yamaha Kasih Garansi 2 Tahun Buat Komponen YECVT Nmax Turbo
    Yamaha Kasih Garansi 2 Tahun Buat Komponen YECVT Nmax Turbo
    Zenuar Yoga . 07 Okt, 2024
  • Nmax Tour Boemi Nusantara Etape 9: Peserta Diajak Merasakan Keindahan Alam Serta Budaya Kalimantan Barat
    Nmax Tour Boemi Nusantara Etape 9: Peserta Diajak Merasakan Keindahan Alam Serta Budaya Kalimantan Barat
    Zenuar Yoga . 18 Sep, 2024
  • Nmax Tour Boemi Nusantara Etape 8: Jelajah Bengkulu-Palembang Jadi Rangkaian Penutup Seri Sumatra
    Nmax Tour Boemi Nusantara Etape 8: Jelajah Bengkulu-Palembang Jadi Rangkaian Penutup Seri Sumatra
    Zenuar Yoga . 13 Sep, 2024
  • Nmax Tour Boemi Nusantara Etape 7: Lewati Tantangan Dataran Tinggi Kerinci, Jambi
    Nmax Tour Boemi Nusantara Etape 7: Lewati Tantangan Dataran Tinggi Kerinci, Jambi
    Zenuar Yoga . 03 Sep, 2024
  • Ini Bedanya Nmax Turbo dengan Nmax Turbo Tech Max
    Ini Bedanya Nmax Turbo dengan Nmax Turbo Tech Max
    Zenuar Yoga . 02 Sep, 2024
  • Biar Paham, Ini Cara Pakai Y-Shift dan Riding Mode di Yamaha NMax Turbo
    Biar Paham, Ini Cara Pakai Y-Shift dan Riding Mode di Yamaha NMax Turbo
    Bangkit Jaya Putra . 05 Agu, 2024
  • Harga Mirip, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” Tech Max atau Honda CBR150R ABS?
    Harga Mirip, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” Tech Max atau Honda CBR150R ABS?
    Zenuar Yoga . 16 Jul, 2024
  • Buat Penggunaan Harian, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” atau Honda ADV160?
    Buat Penggunaan Harian, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” atau Honda ADV160?
    Zenuar Yoga . 05 Jul, 2024
  • Rivalitas Yamaha Nmax “Turbo” vs Honda PCX160 ABS Memasuki Babak Baru, Mana Layak Dipilih?
    Rivalitas Yamaha Nmax “Turbo” vs Honda PCX160 ABS Memasuki Babak Baru, Mana Layak Dipilih?
    Zenuar Yoga . 24 Jun, 2024
  • Test Ride Yamaha NMax "Turbo": Pembuktian 560 Kilometer Bali-Lombok
    Test Ride Yamaha NMax "Turbo": Pembuktian 560 Kilometer Bali-Lombok
    Bangkit Jaya Putra . 12 Agu, 2024
  • First Ride Yamaha Nmax "Turbo": Pembuktian Performa dan Fitur Terbaru
    First Ride Yamaha Nmax "Turbo": Pembuktian Performa dan Fitur Terbaru
    Setyo Adi Nugroho . 01 Jul, 2024