Yamaha Nmax “Turbo” Vs Honda ADV160, Mana yang Enak buat Harian?

Yamaha nmax vs Honda ADV160

Kehadiran Yamaha Nmax "Turbo" telah membawa pasar skuter matik ke era baru teknologi. Yamaha Indonesia telah memperkenalkan sistem elektronik untuk mengelola kinerja CVT, memungkinkan motor untuk berakselerasi dengan responsif dan deselerasi yang lebih baik. Dengan fitur ini, Nmax "Turbo" ditawarkan dengan harga Rp37,750 juta. Sebagai perbandingan, Honda ADV160 tipe ABS dijual dengan harga Rp39,610 OTR DKI Jakarta. Jika kedua motor tersebut dibandingkan, manakah yang lebih cocok untuk penggunaan sehari-hari?

Desain

Yamaha Nmax Turbo Techmax Ultimate

Setiap model menampilkan desain yang menarik. Nmax "Turbo" tampil dengan gaya modern dan futuristik, sedangkan ADV160 menawarkan skuter bergaya petualang.

Nmax terbaru memberikan kesan modern melalui fascianya. Lampu depan dirancang secara agresif dengan pencahayaan LED penuh dan proyektor ganda. Garis bodi yang tegas dari depan hingga belakang memberikan kesan sporty dan mewah. Desain bagian belakang yang menawan dengan stoplamp yang lebih ramping dan lampu sein yang ditempatkan secara vertikal di bawah.

Jok baru yang elegan dan pelindung radiator dengan bentuk agresif menambah kesan dinamis, begitu pula dengan cover setang yang dirancang untuk menyelaraskan dengan bentuk tubuhnya.

Honda ADV160

Honda ADV160 hadir dengan desain urban explorer yang tangguh, menjadikannya unik di segmen skutik petualang. Dengan bentuk depan, sayap, dan buritan yang dirancang tegas, serta windscreen yang efektif melindungi dari angin, motor ini menawarkan tampilan adventure yang autentik. Stoplampnya menggunakan lampu LED dengan desain siluet X yang menarik.

Dalam konteks perkotaan, pijakan kaki yang luas dan bobot kendaraan yang optimal sangat penting untuk kenyamanan dan ketangkasan dalam manuver atau berputar balik. Nmax “Turbo” menawarkan posisi kaki yang nyaman untuk bersantai, mirip dengan model sebelumnya, sementara ADV160 juga dilengkapi dengan pijakan kaki yang luas untuk kenyamanan dan kemudahan saat melintasi jalur kota yang padat.

Nmax “Turbo” berdimensi 1.935 mm x 740 mm x 1.200 mm (P x L x T), dengan jarak sumbu roda 1.340 mm, ground clearance 125 mm, dan tinggi tempat duduk 770 mm. Bobotnya 133 Kg dengan kapasitas tangki bensin 7,1 liter.

Sementara itu, ADV160 memiliki dimensi 1.950 mm x 763 mm x 1.196 mm, ground clearance 165 mm, dan tinggi tempat duduk 780 mm. Berat kosongnya 133 kg dengan kapasitas tangki bahan bakar sebesar 8,1 liter.

 

Fitur

Yamaha Nmax Turbo

Teknologi yang menonjol pada Nmax "Turbo" adalah Yamaha Electric Continuously Variable Transmission (YECVT), yang menggantikan sistem CVT tradisional. Dengan teknologi ini, Nmax Turbo dilengkapi dengan fitur Riding Mode yang menawarkan dua mode berkendara: T-Mode untuk berkendara di kota yang lebih halus dan hemat bahan bakar, dan S-Mode untuk touring dengan akselerasi yang lebih responsif.

Mode ini diaktifkan melalui tombol di bagian depan setang kiri. Nmax Turbo juga dilengkapi dengan fitur Y-Shift, yang dioperasikan dengan tombol di bawah setang kiri, memberikan kemampuan akselerasi instan kepada pengendara.

Y-Shift memiliki tiga level: Low (1), Medium (2), dan High (3), yang berguna untuk mendahului atau menanjak. Fitur ini juga membantu deselerasi saat menuruni bukit.

Meskipun bukan model tertinggi, Nmax "Turbo" hanya dilengkapi dengan Multi Infotainment Display with Y-Connect, bukan TFT Navigation Display. Layarnya adalah negative display berwarna biru, dengan tampilan baru dan indikator Y-Shift, yang semua pengaturannya mudah dioperasikan melalui tombol di tuas kiri.

Seperti model sebelumnya, model ini juga dapat terhubung dengan aplikasi Y-Connect (Yamaha Motorcycle Connect) yang berbasis Bluetooth. Pengendara dapat mengetahui lokasi parkir terakhir, mendapatkan pengingat untuk penggantian oli mesin dan aki, memantau konsumsi bahan bakar, serta menerima notifikasi jika terjadi kerusakan pada motor, semuanya melalui smartphone.

Fitur canggih ini memungkinkan pengendara untuk melihat notifikasi email, SMS, dan panggilan telepon melalui speedometer multifungsi dengan teknologi LCD full digital. Jika motor mengalami masalah, notifikasi akan dikirim ke email pribadi yang telah didaftarkan.

Selain itu juga dilengkapi dengan fitur YECVT dan Y-Connect, serta pencahayaan Full LED dengan dual projector, soket listrik, sistem kunci pintar, bagasi berkapasitas 25 liter, Stop & Start System, Rear Sub Tank Suspension, dan ban tubeless lebar.

Honda ADV160

ADV160 dilengkapi dengan Honda Selectable Torque Control (HSTC) untuk kontrol traksi. Windscreen yang dapat diatur meningkatkan aerodinamika dan memaksimalkan perlindungan dari angin. Fungsinya tidak hanya sebagai pelindung dari angin, tetapi juga meningkatkan tampilan motor. Windscreen ini memiliki dua pengaturan tinggi yang mudah diatur tanpa perlu membongkar pasang.

Panel meter digital menyajikan informasi lengkap dengan tampilan modern, termasuk indikator Smart Key, HSTC, penggantian oli, baterai, Idling Stop, Trip Meter, konsumsi bahan bakar, RPM, durasi perjalanan, jam digital, dan indikator ABS.

Motor ini juga dilengkapi dengan port pengisian USB tipe A, sistem pengereman ABS, pencahayaan full LED, Daytime Running Lights (DRL), lampu hazard, Emergency Stop Signal (ESS), berbagai jenis setang handlebar, cakram bergelombang, bagasi berkapasitas 30 liter, saklar standar samping, sistem Keyless dengan alarm keamanan. Terdapat pula laci pada area dashboard yang cukup dalam untuk menyimpan perangkat elektronik dan dapat ditutup, sehingga tampilannya lebih rapi dan estetis.

 

Kaki-kaki dan Pengereman

Nmax turbo damper

Skutik Yamaha memiliki suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang sub-tank dengan pengaturan ayunan sekitar 5 mm. Suspensi ini lebih rendah 23,1 mm dibandingkan model sebelumnya, yang diklaim memudahkan pengendalian saat berbelok.

Sistem pengereman menggunakan cakram tunggal di kedua roda depan dan belakang, dengan pelek berdiameter 13 inci yang dilengkapi ban ukuran 110/70 di depan dan 130/70 di belakang.

Rivalnya dilengkapi dengan suspensi teleskopik di depan dan twin subtank rear suspension, memberikan kenyamanan dan stabilitas optimal saat menikung, melewati jalan bergelombang, dan saat berboncengan. Ban semi dual-purpose yang lebih besar, 110/80 – 14 di depan dan 130/70 – 13 di belakang, menambah keunggulannya.

ADV160 menggunakan cakram tunggal untuk deselerasi di kedua roda. Uniknya, ia menggunakan wavy disc brake yang tidak hanya meningkatkan kemampuan pengereman tetapi juga memberikan tampilan yang lebih agresif.

Performa

Yamaha Nmax Turbo

Spesifikasi Nmax "Turbo" mencakup mesin 155,09 cc satu silinder, berpendingin cairan, 4 Tak SOHC VVA dengan diameter x langkah 58 mm x 58,7 mm dan rasio kompresi 11,6:1. Mampu menghasilkan tenaga 11,3 kW (15,1 Hp) pada 8.000 rpm dan torsi maksimal 14,2 Nm pada 6.500 rpm.

Meskipun profilnya serupa dengan model sebelumnya, Nmax "Turbo" menggunakan mesin generasi baru dengan berbagai perubahan signifikan, termasuk teknologi YECVT. Cylinder dibuat sangat halus (Mirror Bore Cylinder) untuk mengurangi gesekan dan "oil loss", Crankshaft yang lebih panjang, rotor assy yang lebih kompak, pin dowel terintegrasi dengan camshaft, Hydraulic Tensioner, dan jalur oli yang telah diperbarui.

Honda ADV160 review

Sumber tenaga ADV160 berasal dari mesin 156,9cc (dibulatkan menjadi 160 cc), empat katup, dengan pendingin cairan, dan teknologi injeksi eSP+ (enhanced Smart Power plus). Mesin ini diklaim dapat menghasilkan tenaga maksimum sebesar 11,8 kW atau 15,8 Hp pada 8.500 rpm dan torsi puncak 14,7 Nm pada 6.500 rpm. Rasio kompresi mesin adalah 12:1 dengan ukuran bore x stroke 60 x 55,5 mm. Mesin baru ini dikatakan dapat memberikan akselerasi yang responsif.

Dari data tersebut, ADV160 tampaknya memiliki keunggulan dalam hal tenaga dan akselerasi. Namun, Nmax "Turbo" menawarkan fitur yang lebih canggih dan diklaim dapat memberikan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan, dengan kemampuan untuk melakukan akselerasi dan deselerasi secara instan.

Inferensi

Yamaha Nmax Turbo

Meskipun terdapat perbedaan harga sekitar Rp1,8 juta, kedua model memiliki keunggulan tersendiri. Nmax "Turbo" yang lebih terjangkau menyediakan fitur yang lebih lengkap untuk penggunaan sehari-hari, termasuk teknologi YECVT, berbagai mode berkendara, Y-shift, dan Y-connect. Di sisi lain, rivalnya memiliki kelebihan pada fitur kontrol traksi yang tidak ada pada varian "Turbo" standar. Dalam hal performa, model ini juga lebih unggul dan dapat diandalkan untuk penggunaan sehari-hari atau touring.

Mengenai pilihan warna, ADV160 menawarkan variasi yang lebih luas dengan pilihan Tough Matte Brown, Tough Matte Red, Tough Matte Black, dan Tough Matte White. Sementara itu, Nmax terbaru hanya tersedia dalam dua warna: Magma Black dan Elixir Dark Silver. Anda hanya perlu menyesuaikan dengan preferensi dan anggaran Anda. (Bgx)

Baca Juga: Tarung Ulang Yamaha Nmax Terbaru Trim "Turbo", Melawan Honda PCX 160

Yamaha Nmax Turbo vs Honda ADV 160 Comparison

Yamaha Nmax Turbo
  • Rp 32,7 - 45,25 Juta
Honda ADV 160
  • Rp 36,56 - 39,61 Juta
Honda ADV 160 vs Yamaha Nmax Turbo

Don't Miss

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Yamaha Unggulan

  • Yang Akan Datang

Bandingkan & Rekomendasi

Artikel Motor Yamaha Nmax Turbo dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Nmax Tour Boemi Nusantara Etape Final: Rasakan Pesona Alam Sulawesi Selatan dan Budaya Bulukumba
    Nmax Tour Boemi Nusantara Etape Final: Rasakan Pesona Alam Sulawesi Selatan dan Budaya Bulukumba
    Zenuar Yoga . 22 Okt, 2024
  • Yamaha Kasih Garansi 2 Tahun Buat Komponen YECVT Nmax Turbo
    Yamaha Kasih Garansi 2 Tahun Buat Komponen YECVT Nmax Turbo
    Zenuar Yoga . 07 Okt, 2024
  • Nmax Tour Boemi Nusantara Etape 9: Peserta Diajak Merasakan Keindahan Alam Serta Budaya Kalimantan Barat
    Nmax Tour Boemi Nusantara Etape 9: Peserta Diajak Merasakan Keindahan Alam Serta Budaya Kalimantan Barat
    Zenuar Yoga . 18 Sep, 2024
  • Nmax Tour Boemi Nusantara Etape 8: Jelajah Bengkulu-Palembang Jadi Rangkaian Penutup Seri Sumatra
    Nmax Tour Boemi Nusantara Etape 8: Jelajah Bengkulu-Palembang Jadi Rangkaian Penutup Seri Sumatra
    Zenuar Yoga . 13 Sep, 2024
  • Nmax Tour Boemi Nusantara Etape 7: Lewati Tantangan Dataran Tinggi Kerinci, Jambi
    Nmax Tour Boemi Nusantara Etape 7: Lewati Tantangan Dataran Tinggi Kerinci, Jambi
    Zenuar Yoga . 03 Sep, 2024
  • Ini Bedanya Nmax Turbo dengan Nmax Turbo Tech Max
    Ini Bedanya Nmax Turbo dengan Nmax Turbo Tech Max
    Zenuar Yoga . 02 Sep, 2024
  • Biar Paham, Ini Cara Pakai Y-Shift dan Riding Mode di Yamaha NMax Turbo
    Biar Paham, Ini Cara Pakai Y-Shift dan Riding Mode di Yamaha NMax Turbo
    Bangkit Jaya Putra . 05 Agu, 2024
  • Harga Mirip, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” Tech Max atau Honda CBR150R ABS?
    Harga Mirip, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” Tech Max atau Honda CBR150R ABS?
    Zenuar Yoga . 16 Jul, 2024
  • Buat Penggunaan Harian, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” atau Honda ADV160?
    Buat Penggunaan Harian, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” atau Honda ADV160?
    Zenuar Yoga . 05 Jul, 2024
  • Rivalitas Yamaha Nmax “Turbo” vs Honda PCX160 ABS Memasuki Babak Baru, Mana Layak Dipilih?
    Rivalitas Yamaha Nmax “Turbo” vs Honda PCX160 ABS Memasuki Babak Baru, Mana Layak Dipilih?
    Zenuar Yoga . 24 Jun, 2024
  • Test Ride Yamaha NMax "Turbo": Pembuktian 560 Kilometer Bali-Lombok
    Test Ride Yamaha NMax "Turbo": Pembuktian 560 Kilometer Bali-Lombok
    Bangkit Jaya Putra . 12 Agu, 2024
  • First Ride Yamaha Nmax "Turbo": Pembuktian Performa dan Fitur Terbaru
    First Ride Yamaha Nmax "Turbo": Pembuktian Performa dan Fitur Terbaru
    Setyo Adi Nugroho . 01 Jul, 2024