Fitur & Spesifikasi Vario 160
Spesifikasi Vario 160Spesifikasi & fitur unggulan Honda Vario 160. Lihat seperti apa spek mesin, dimensi, teknologi keselamatan dan lainnya di bawah ini
Transmisi
|
Jenis
|
Harga Honda Vario 160 2024 di Jakarta Selatan
Harga Honda Vario 160 mulai dari Rp 27,35 Juta hingga Rp 264 Juta. Lihat daftar harga Rocky di bawah untuk mengetahui harga OTR dan promo yang tersedia
Honda Vario 160 CBS Rp 27,35 Juta | DP Rp 2,7 Juta Cicilan : Rp 1,29 Juta x 35 Bulan | cvt, Bensin | Lihat Promo |
Honda Vario 160 CBS Grande Rp 27,6 Juta | DP Rp 6,9 Juta Cicilan : Rp 629.734 x 36 Bulan | cvt, Bensin | Lihat Promo |
Honda Vario 160 ABS Rp 30,23 Juta | DP Rp 3 Juta Cicilan : Rp 1,46 Juta x 35 Bulan | cvt, Bensin | Lihat Promo |
Harga Honda Vario 160 Di Indonesia
Update Terkini Honda Vario 160
All New Honda Vario 160 melakukan debut globalnya di Indonesia pada 2 Februari 2022. Motor ini mengalami perubahan menyeluruh pada mesin, rangka, desain, dan fitur yang semakin canggih. Diproduksi di Indonesia, motor ini hadir sebagai jawaban bagi pecinta skutik premium sporty berperforma tinggi.
Konsepnya tetap mengusung gaya sportif dengan sistem pencahayaan depan menggunakan Dual Keen LED Headlight. Bagian belakang bodi dilengkapi dengan emblem 3 dimensi (3D) bertuliskan Vario 160, khusus untuk tipe ABS.
Meskipun menggunakan mesin yang identik dengan PCX 160, output tenaganya berbeda. All New Honda Vario 160 menghasilkan tenaga maksimal hingga 15,4 PS pada 8.500 rpm dengan torsi puncak 13,8 Nm pada 7.000 rpm.
Motor ini juga mendapat penyempurnaan pada rangka dengan teknologi eSAF (enhanced smart architecture frame), yang diklaim membuatnya semakin lincah dan mudah dikendarai.
Dengan penggunaan sasis tersebut, bobotnya menjadi 115 kg untuk tipe CBS dan 117 kg untuk tipe ABS. Volume bahan bakar dan ruang bagasi di bawah jok masing-masing tetap 5,5 liter dan 18 liter.
Varian tertinggi dilengkapi dengan Anti-lock Braking System (ABS) dan pengereman belakang dengan cakram. Sementara tipe CBS masih menggunakan model lama. Motor ini juga dilengkapi dengan USB charger type A untuk mengisi ulang ponsel tanpa perlu adapter tambahan.
Fitur lainnya termasuk pencahayaan LED depan-belakang serta sinyal belok, Side Stand Switch, Brake Lock System, double inner rack yang multifungsi, Smart Key System yang terintegrasi dengan Answer Back System dan Anti Theft Alarm. Panel instrumen full digital dengan teknologi negative display.
Diameter roda 14 inci dengan ban berukuran 100/80 di depan dan 120/70 di belakang, keduanya sudah berjenis tubeless.
Kelebihan & Kekurangan Honda Vario 160
Dapatkan informasi lebih lengkap mengenai Honda Vario 160. Baca ulasan para pakar otomotif agar tidak salah pilih
Kelebihan Honda Vario 160
Rangka eSAF diklaim menambah kestabilan
Mesin 160 cc jelas lebih bertenaga dibanding 150 cc
Fitur banyak menunjang pemakaian harian
Posisi duduk nyaman untuk pengemudi dan penumpang
Kekurangan Honda Vario 160
Rangka eSAF justru tidak menghemat bobot
Kapasitas tangki bahan bakar dan bagasi tidak bertambah
Warna dan Gambar Honda Vario 160
Jelajahi Warna dan Gambar Honda Vario 160. Vario 160 tersedia dalam 6 warna berbeda - Grande Matte White, Active Red, Active Blue, Active Black, Grande Matte Black dan Grande Matte Blue
- Semua
- Warna
- Eksterior
Review Honda Vario 160
-
Honda Vario 160 Overview
Honda Vario sangat penting PT Astra Honda Motor (AHM). Karena ia adalah skuter matik pertama yang dipasarkan di Indonesia. Kelahirannya dimulai pada September 2006. Sejak saat itu penjualannya melesat serta menjadi salah satu skutik yang banyak dipilih oleh masyarakat. Hingga saat ini AHM terus melakukan inovasi buat Vario. Sosok makin modern, dan menjadi salah satu pilihan penunjang aktivitas sehari-hari. Ia terus berevolusi dan sudah melahirkan tujuh generasi.
Pertama kali lahir, dibekali mesin 110cc. Beda dari kompetitornya saat itu, ia sudah menggunakan mesin berpendingin cairan, parking brake lock dan side stand switch. Generasi kedua masih mengandalkan enjin sama. Tapi untuk pertama kalinya memperkenalkan sistem pengereman CBS (Combi-Brake System).
Generasi ketiga atau biasa disebut juga Vario PGM-FI diproduksi rentang 2013-2015. Ubahannya mulai signifikan. Ia tak hanya ditawarkan dengan mesin 110 cc, tapi ada juga yang 12 5cc. Sistem pembakaran juga berganti, dari karburator menjadi injeksi, yakni PGM-FI (Programmed Fuel Injection).
Naik ke 125 cc tidak berarti melupakan kelas 110 cc. Pada 2014 AHM merilis Vario 110 FI untuk menemani Honda BeAT di kelas 110 cc. Sayangnya kurang laku di pasaran dan harus disuntik mati awal 2020. Kematiannya sejalan dengan kemunculan Honda Beat terbaru yang punya fitur lebih modern.
Lalu generasi kelima muncul duo Vario bermesin 125 cc dan 150 cc yang meluncur pada 2015. Ubahan signifikan terjadi dari desain, fitur dan teknologi. Melanjutkan kedigdayaan sebagai skutik favorit, versi keenam muncul pada 2018.
Kapasitas mesin Vario 150 adalah 149,3 cc SOHC berpendingin cairan. Sesuai namanya, dibekali teknologi Enhanced Smart Power (eSP). Sanggup memaksimalkan pembakaran secara efisien dan meminimalisir gesekan. Energi jadi bisa termanfaatkan secara maksimal, serta tidak ada yang terbuang percuma. Mesin itu sanggup memuntahkan torsi puncak 12,8 Nm pada 5.000 rpm, dan tenaga maksimal 12,4 hp pada 8.500 rpm.
Mesin eSP juga terintegrasi dengan Alternating Current Generator (ACG starter). Sistem itulah yang membuat suara mesin menjadi lebih halus saat dihidupkan. ACG starter juga menjadi dasar dari pengaplikasian fitur Idling Stop System (ISS) di Vario 150. Berkat teknologi itu, pabrikan mengklaim kalau vario 150 bisa menempuh 48 km/liter (dengan metode pengukuran Euro 3) dan 52,9 km/liter (dengan metode pengukuran Euro 4).
Eksistensi Vario 150 harus berakhir pada 2022. AHM melakukan pembaruan dengan meluncurkan All New Vario 160. Skutik ini mendapatkan penyegaran di desain, mesin dan juga rangka. Utamanya mengusung mesin generasi terbaru berkapasitas 160 cc 4-katup eSP+, berpendingin cairan, yang mampu mengurangi gesekan dan menghasilkan tenaga maksimal hingga 15,3 Hp di 8.500 rpm dengan torsi puncak 13,8 Nm di 7.000 rpm.
-
Honda Vario 160 Features
Buat mendukung kenyamanan, Vario 160 pakai teknologi rangka yang sama seperti Genio dan All New Scoopy. Yaitu frame eSAF (enhanced Smart Architecture Frame). Diklaim semakin lincah dan mudah dikendarai. Tapi tak seperti saudaranya yang lebih kecil, rangka eSAF milik Vario 160 ternyata tidak berdampak positif ke sektor lain. Bobotnya justru meningkat. Sebelumnya 112 kg kini menjadi 115 kg (CBS) dan 117 kg (ABS). Volume bahan bakar dan ruang bagasi di bawah jok juga tidak berubah, masing-masing masih 5,5 liter dan 18 liter.
Buat varian tertinggi sudah dibenamkan Anti-lock Braking System (ABS). Otomatis pengereman belakang dilengkapi cakram. Sedang tipe CBS masih seperti model lama. Untuk fitur lainnya tetap identik. Seperti USB charger type A dengan daya maksimal 5V 2.1A. Letaknya di sisi kiri dek depan dan lengkap dengan penutup. Seluruh sistem pencahayaan sudah berteknologi LED, Side Stand Switch, Brake Lock System, Smart Key System yang terintegrasi dengan Answer Back System dan Anti Theft Alarm serta panel instrumen full digital dengan model negative display.
-
Honda Vario 160 Design
Konsepnya masih sama, tetap mengusung skutik bergaya sportif. Namun sudah tak lagi ramping. Beberapa panel bodi dibuat mengembung padat. Tampak jelas di bagian depan. Dibuat seperti model bertingkat. Sistem pencahayaan masih mengandalkan Dual Keen LED Headlight. Dilengkapi pula dengan lampu sein yang tak lagi menyipit ke bawah. Diberi pembatas dengan tarikan garis cover headlamp. Terlihat agresif dan berkelas.
Menyesuaikan dengan tameng depan, panel tengah terlihat sedikit mengembung. Sementara bagian buntut menerapkan motif modern. Bodi belakang diisi dengan emblem 3 dimensi (3D) bertuliskan Vario 160 (khusus tipe ABS). Kesan elegan jadi makin kuat terlihat dari samping.
Bagian belakang masih didukung tampilan mewah, karena mengaplikasikan desain stop lamp dan sein terpisah. Model lampu stop berubah total namun tetap meruncing ke atas. Istimewanya diberikan cover muffler yang dilapisi dengan alumunium seperti punya PCX 160. Kesan sporty jadi makin terasa.
Dari segala perubahan, dimensinya hanya selisih sedikit dengan model 150. Sebelumnya 1.919 x 679 x 1.062 mm, kini menjadi 1.929 x 679 x 1.088 mm (PxLxT). Tinggi tempat duduk awalnya 769 mm jadi 778mm. Jarak sumbu roda sekarang lebih pendek yaitu 1.277 mm, model lama 1.280 mm. Jarak terendah ke tanah meningkat 8 mm jadi 140 mm.
-
Honda Vario 160 Pengendaraan & Pengendalian
Urusan kaki-kaki masih mempercayakan suspensi depan teleskopik dan belakang swing arm yang dimaksimalkan shockbreaker tunggal. Meski demikian, dipercaya mampu meredam getaran dan tetap terasa nyaman dipakai meski di medan berat sekalipun.
Sementara diameter roda masih identik model lama, 14 inci. Tapi sekarang pakai palang model baru. Kulit bundarnya juga kini berprofil lebar. Kalau sebelumnya pakai 80/90 dan 100/80, saat ini 100/80 (depan) dan 120/70 (belakang). Kedua ban sudah jenis tubeless.
-
Honda Vario 160 Mesin & Konsumsi BBM
All New Honda Vario 160 mendapat mesin generasi terbaru. Sekarang menggendong enjin 160 cc yang dijejali empat klep, SOHC, berpendingin cairan serta teknologi enhanced Smart Power Plus (eSP+). Ia mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 15,3 Hp pada 8.500 rpm dengan torsi puncak 13,8 Nm di kitiran 7.000 rpm. Ukuran bore x stroke kini 60 x 55,5 mm, sebelumnya 57,3 x 57,9 mm. Rasio kompresi juga meningkat, model lama 10,6:1 sekarang 12:1. Bila dibanding model lama, kenaikan tenaga cukup signifikan. Sebelumnya 13 Hp/8.500 dan torsi hanya meningkat sedikit, yakni dari 13,4 Nm/5.000 rpm.
All New Honda Vario 160 diklaim mampu mengkonsumsi bahan bakar mencapai 46,9 km/liter. Pengetesan ini dilakukan melalui pengaktifan fitur ramah lingkungan Idling Stop System dengan metode pengetesan WMTC (World-wide Motorcycle Test Cycle) EURO 3.
Motovaganza Honda Vario 160 Terbaru
- Motovaganza
- Artikel Feature
- Review
Motor Honda
- Populer
Pertanyaan Seputar Honda Vario 160
Jawaban untuk pertanyaan umum (FAQ) yang paling umum pada Honda Vario 160
-
Apa Bulanan Angsuran Terendah untuk Honda Vario 160 di Indonesia?
Angsuran bulanan terendah untuk Honda Vario 160 di Indonesia dimulai dari Rp 624.029 dengan Muka Rp 6,84 Juta untuk 36 Bulan.
-
Apa Mesin Pemindahan dari Honda Vario 160?
Engine Perpindahan Honda Vario 160 adalah 156.9 cc.
-
Apa Ground Clearance dari Honda Vario 160?
Ground Clearance Honda Vario 160 adalah 140 mm.
-
Manakah yang jadi kompetitor utama Vario 160 2024 di Indonesia?
Kompetitor utama Vario 160 2024 di Indonesia adalah Honda Scoopy, Honda Vario 125, Suzuki Satria F150 and Gesits Electric.