Warna dan Gambar Yamaha YZF R15
Jelajahi Warna dan Gambar Yamaha YZF R15. YZF R15 tersedia dalam 3 warna berbeda - Metallic Blue, Matte Black dan Matte Silver
- Semua
- Warna
- Eksterior
Review Yamaha YZF R15
-
Yamaha R15 Overview
Kemunculan All New Yamaha R15 bakal merepotkan bagi para kompetitornya. Mau bagaimana lagi, berbagai fitur dan teknologi yang belum bisa disajikan oleh Honda maupun Suzuki, kini ada di motor produksi Yamaha.
Setelah 4 tahun hanya mendapat penyegaran berupa striping dan warna, kini Yamaha Indonesia merilis generasi ketiga Yamaha YZF-R15. Model baru datang dengan banyak pembaruan, dari sisi tampilan maupun teknologi canggih.
Ada dua varian ditawarkan, R15 V4 dan R15M sebagai versi tertinggi dengan kelengkapan lebih komplet. Visual generasi ketiga R15 (keempat di India) merupakan perwujudan dari racing DNA dalam bentuk “The True Supersport 155cc Engine”. Dikembangkan dengan konsep Jin-Ki Kanno, dimaknai dengan kegembiraan luar biasa yang dapat dirasakan oleh pengendara ketika menjadi satu dengan sepeda motornya.
Yamaha YZF-R15 terbaru punya 2 varian berbeda. Versi reguler dan R15M sebagai trim paling tinggi. Model standar tersedia pilihan warna Tech Black dan Icon Blue. Sedang R15 M ada Icon Performance dan The Racing Blood Yamaha. Buat All New R15M Connected-ABS edisi terbatas World Grand Prix 60th Anniversary livery. Diferensiasi umum lainnya ada di fitur, dan juga komponen yang terpasang.
-
Yamaha R15 Features
Ada fitur-fitur yang cukup mengejutkan di motor ini. Membuat motor sport di kelasnya makin ketinggalan. Ia telah mengaplikasikan ragam fitur canggih layaknya motor berkubikasi mesin besar. Khusus buat varian tertinggi sudah disematkan teknologi Traction Control System (TCS). Buat kelas motor sport 150-155 cc di Indonesia, boleh dibilang ia menjadi pionir yang memakai TCS. Fungsinya mengurangi kemungkinan terjadi spin roda belakang ketika melintasi jalan yang licin atau berbatu.
Lalu ada Quickshifter up. Umumnya fitur ini tersedia di motor sport full fairing 250 cc ke atas. Tapi sekarang telah dibenamkan ke YZF-R15M. Tentu saja dapat membantu pengendara memindahkan transmisi tanpa harus menarik tuas kopling. Tetapi, di R15 hanya untuk menaikkan gigi saja. Untuk menurunkan gigi pengendara masih harus menekan tuas kopling.
Kemudian Dual ABS Channel. Teknologi Anti-lock Braking System (ABS) saluran ganda melengkapi fitur yang lazim ditemui di moge. Tentu saja dapat diandalkan dalam hal keamanan dan kenyamanan.
Di trim tertinggi mengusung triple clamp yang terisnpirasi YZR-M1. Komponen ini untuk memberi keseimbangan antara kekakuan dan kekuatan secara optimal. Bagian atas atau fork caps diberikan warna biru, lengkap dengan logo R15M.
Mengingat harganya yang sudah menembus Rp40 jutaan, pabrikan memberi komponen layaknya sebuah motor sport full fairing berkapasitas besar. Ada emblem 3D, jok yang dilapisi dengan kulit bermotif carbon look, sampai bordir khusus bertuliskan R15M di bangku belakang.
Sementara fitur canggih yang ada di semua varian meliputi, LED proyektor sebagai lampu utama. Serta twin eyes DRL (Daytime Running Light). Mengusung panel instrumen bergaya racy dan luxury. Lagi-lagi mirip kepunyaan R1M. Sudah full digital dan memberikan informasi lengkap terkait speedometer. Buat varian tertinggi terdapat dua tampilan yang dapat dipilih, yaitu Street mode dan Track mode. Penyetelan bisa dilakukan dengan menekan tombol yang berada di konsol stang kanan. Tepatnya di bawah tombol hazard.
Di situ juga bersemayam teknologi konektivitas. Seperti All New NMax, kini fitur Y-Connect juga dapat bisa dinikmati oleh pengguna motor sport full fairing dikelas 150-155 cc. Pengendara bisa mengetahui kondisi motor dari smartphone yang sebelumnya sudah tersambung dengan aplikasi via Bluetooth. Informasi yang didapat antara lain; notifikasi telepon dan pesan masuk di dasbor, informasi konsumsi bahan bakar, informasi lokasi parkir terakhir, rekomendasi perawatan yang menunjukan kondisi aki dan oli, notifikasi malfungsi sampai Revs Dashboard.
Selain itu, aplikasi Y-Connect juga memiliki fitur yang menghibur bagi konsumen dalam menikmati aktivitas berkendaranya. Mereka dapat saling berkompetisi dengan sesama pengguna sistem Communication Control Unit/CCU (motor Yamaha yang memiliki fitur Y-Connect) dalam hal jarak tempuh maupun poin eco riding.
Kemudian Assist & Slipper Clutch. Bikin kinerja kopling jadi lebih ringan. Dan Big Bike Engine Switch Off, tombol starter menyatu dengan engine cut off. Berikan kesan moge look yang kental.
-
Yamaha R15 Design
Tampilannya bergaya R Series terbaru seperti Yamaha YZF-R7, YZF-R1 dan YZR-R1M. Menciptakan tampilan supersport sejati yang aerodinamis dengan big bike look.
Bagian depan atau fascia mengusung desain M-Shape intake duct yang dilengkapi LED proyektor. Serta dilengkapi dengan twin eyes DRL (Daytime Running Light) yang menyatu dengan cowling sebagai wajah generasi terbaru R Series. Desain agresif bukan sekadar kosmetika namun punya fungsi aerodinamika juga.
Sementara desain fairing turut berubah terlihat lebih atraktif dan memiliki semacam kisi-kisi. Lubang di bodi samping juga punya fungsi menekan angin (downforce) yang membuat motor lebih stabil ketika di kecepatan tinggi. Hasil percobaan dengan CDA (Coefficient of Aerodynamic) Analysis yang dilakukan pabrikan, tercatat berkurang dari 0.307 menjadi 0.293. Memberikan keuntungan untuk mencapai top speed dengan lebih cepat.
-
Yamaha R15 Pengendaraan & Pengendalian
Handling adalah salah satu faktor yang sangat diperhatikan Yamaha Indonesia. Suspensi depan R15 lama maupun yang baru sudah diberikan model up side down. Mampu menyajikan pengendalian lebih rigid dan stabil saat bermanuver di kecepatan tinggi. Tapi, ada konsekuensi dari penggunaan supensi jenis ini. Redaman yang lebih keras, umumnya memberikan performa tak maksimal saat bertemu jalan rusak.
Rangka deltabox, alumunium swing arm dan monoshock model link tetap bertahan. Pelek sporty juga masih serupa dengan model sebelumnya. Perihal stabilitas juga terbantu ban tubeless ukuran 100/80 di depan dan 140/70 belakang.
Kaliper rem depan trim tertinggi dibuat beda dengan varian standar. R15M mendapat kaliper besutan By Bre berkelir emas yang identik pasar India. Suspensi belakang juga dibedakan soal pemilihan warna ulir, R15M menggunakan kelir kuning, sementara R15 standar pakai warna titanium.
-
Yamaha R15 Mesin & Konsumsi BBM
Adapun dari segi performa, dibekali mesin 155 cc, SOHC, 4 katup, 1-silinder, pendingin cairan, dan berpengabut injeksi. Dari data yang dilampirkan website resmi Yamaha, motor ini memiliki tenaga maksimal 13,5 kW atau setara 18,1 daya kuda di putaran 10.000 rpm dan torsi puncak 14,2 Nm di 7.500 rpm.
Salah satu kelebihan mesin R15 sejak generasi kedua adalah teknologi VVA atau Variable Valve Actuation. Fitur yang memberikan dua level asupan udara berbeda, bekerja berdasarkan tingkat putaran mesin. Sehingga pasokan bahan bakar tetap optimal di putaran tinggi dan tetap hemat di putaran rendah.
Ketika kami mencobanya, fitur ini membuat motor menjadi sangat fungsional. Saat berjalan dengan putaran mesin rendah, grafik peningkatan tenaga pun terasa cukup lambat. Hal ini bermanfaat untuk menjaga efisiensi saat Anda melaju di perkotaan dengan kondisi stop and go.
Namun begitu membutuhkan tenaga maksimal, maka tinggal pelintir saja tuas gas ke putaran 7.000 rpm. Katup langsung menyesuaikan dan ditunjukkan dengan munculnya aksara VVA di bawah tachometer. Tenaga pun keluar lebih besar dan akselerasi terasa cepat.
Motovaganza Yamaha R15 Terbaru
- Motovaganza
- Review
Motor Yamaha
- Populer
- mendatang
Pertanyaan Seputar Yamaha YZF R15
Jawaban untuk pertanyaan umum (FAQ) yang paling umum pada Yamaha YZF R15
-
Apa Bulanan Angsuran Terendah untuk Yamaha YZF R15 di Indonesia?
Angsuran bulanan terendah untuk Yamaha YZF R15 di Indonesia dimulai dari Rp 852.650 dengan Muka Rp 9,34 Juta untuk 36 Bulan.