DNA Hyundai N berasal dari dunia motorsport. Fondasi ini dibangun melalui pengembangan mobil WRC (World Rally Championship) antara tahun 2012 hingga 2014, yang kemudian melahirkan Hyundai i30 N sebagai anggota pertama dari line-up N pada tahun 2015, sekaligus menjadi perkenalan merek N. Berikutnya, semakin banyak model Hyundai yang menawarkan varian N sebagai versi performa tinggi. Pertanyaannya adalah, apakah DNA balap tersebut dapat diintegrasikan ke dalam mobil listrik? Ternyata, jawabannya adalah ya. Hyundai Ioniq 5 N menjadi bukti nyata dari hal itu.
Hyundai Ioniq 5 N tidak hanya merupakan varian standar dari Ioniq 5 yang dilengkapi dengan motor listrik yang lebih kuat. Lebih dari itu, mobil ini dikembangkan dengan serius dan penelitian yang mendalam. Hyundai bertujuan untuk meningkatkan standar kinerja kendaraan listrik (EV) dan bahkan memulai era baru dalam motorsport EV.
Kata Joon Park, Head of N Brand, ia ingin mewujudkan mobil listrik yang menyenangkan dikendarai dan tidak lagi membosankan. “Ioniq 5 N mewakili semangat kami. Fokus kami adalah untuk memuaskan hasrat para antusias untuk mencapai limit teknologi EV, untuk menciptakan EV yang tak hanya sesuai DNA kami, namun yang terpenting penggemar kami dapat merasakan pengalaman itu. Ioniq 5 N meningkatkan level itu. Lewatnya kami berusaha lebih jauh mewujudkan misi kami. Mobil listrik ini juga dapat digunakan di sirkuit dengan pengisian daya super-fast charging,” katanya.
Divisi N seolah memberi sentuhan magis pada Ioniq 5. Bahkan sebelum debutnya, berbagai teaser telah menampilkan pengembangan dan fitur terbarunya, seperti adegan drifting di jalan bersalju yang mengingatkan pada kemampuan mobil reli. Ioniq 5 N memulai debutnya di Goodwood Festival of Speed pada 14 Juli 2023, sebuah acara prestisius yang mengumpulkan kendaraan performa tinggi dan eksotis.
Model ini tampil lebih sporty dengan postur yang lebih rendah dan lebar; trek rodanya diperlebar 50 mm dan diturunkan 20 mm dibandingkan. Aerodinamika tetap dipikirkan walau tak terlihat. Seperti intake udara yang lebih besar dan bilah pengalir udara tambahan untuk peningkatan pendinginan. Di bagian belakang, spoiler tampak standar seperti pada Ioniq 5, namun sekarang dilengkapi dengan wiper yang terintegrasi dengan kaca belakang, serta diffuser yang memperlancar aliran udara. Struktur bodi juga diperkuat dengan 42 titik pengelasan tambahan yang tidak terlihat.
Dua motor elektrik terletak di sumbu roda depan dan belakang, menciptakan sistem penggerak semua roda (AWD). Motor ini menghasilkan tenaga sebesar 609 PS dan torsi 740 Nm, yang meningkat menjadi 640 PS dan 770 Nm saat N Grin Boost (NGB) diaktifkan. Dengan NGB, mobil ini mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 3,5 detik (atau 3,4 detik dengan NGB) dan mencapai kecepatan maksimum 260 km/jam. Namun, dalam uji coba di HMG Driving Experience Center, kecepatan maksimum yang tercatat adalah 266 km/jam. Kapasitas baterai sebesar 84 kWh memberikan jangkauan 448 km sesuai dengan standar WLTP.
Hyundai N mengungkapkan bahwa Ioniq 5 N, seperti model N lainnya, dibangun atas tiga filosofi utama. Pertama, mobil harus mampu menikung dengan cepat. Kedua, memiliki kemampuan balap yang memungkinkan penggunaan langsung di lintasan sirkuit tanpa perlu modifikasi. Ketiga, sebagai mobil sport harian yang praktis namun tidak membosankan. Fitur-fitur canggih Ioniq 5 N yang membentuk filosofi ini dapat diatur melalui tombol pada setir atau melalui monitor layar sentuh yang terletak di tengah. Inilah detailnya:
Menurut Joon Park, performa terbaik mobil sport adalah ketika menikung. Melaju kencang di lintasan lurus bisa dilakukan semua mobil, asal memiliki tenaga besar. Namun menikung cepat, perkara berbeda. Ada beberapa fitur yang mengoptimalkan kemampuan menikung Hyundai Ioniq 5 N. Bahkan bisa diajak drifting layaknya mobil berpenggerak roda belakang (RWD).
Dalam kondisi standar pabrik, mobil sudah mampu diajak berlari kencang di sirkuit. Tanpa perlu ada modifikasi lagi yang belum tentu berhasil atau justru malah gagal. Hyundai Ioniq 5 N siap untuk itu. Tinggal mengatur beberapa sistem aja sesuai kebutuhan dan agar semua mekanikal serta elektrik bekerja optimal.
Meskipun memiliki data spesifikasi bak mobil sport, Hyundai Ioniq 5 N tetap praktis dipakai harian. Namun siap sewaktu-waktu dipacu kencang. Jadinya tidak ada kata membosankan tiap kali berkendara bersamanya.
Baca Juga: Eksplorasi Kehebatan Hyundai Ioniq 5 N dan Elantra N dalam Pan-ASEAN N Day
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.