4 Alasan Memilih Renault Triber Ketimbang Low MPV dan LCGC
JAKARTA -- Kehadiran Renault Triber cukup menyita perhatian publik Tanah Air. Punya tampilan yang apik, fitur lengkap, mesin yang bisa diandalkan, dan harga yang menarik.
Renault Triber besinggungan dengan lahan LMPV dan LCGC. Ia memiliki segmentasi itu berbekal konfigurasi tujuh penumpang (5+2) dengan ukuran kurang dari 4 meter. Kompetitor tentunya punya keunggulan masing-masing.
Namun ada nilai lain yang membuat Triber pantas menghuni garasi rumah Anda. Mulai dari gengsi, rancang bangun kendaraan hingga kepraktisan yang terkandung. Ini penjelasannya:
Brand
Nama Renault sebenarnya tak asing untuk publik Tanah Air. Hanya saja jenama asal Prancis itu sempat hilang sebelum kini kembali. Triber berlabel harga yang relatif terjangkau, namun ia merupakan produk Renault yang dibuat di India. Brand Renault terdengar lebih premium sekaligus dapat meningkatkan gengsi pemiliknya. Ia tetap bisa diajak bergaya jalan keliling kota atau bertualang kecil. Belum lagi value yang ditawarkan sebanding dengan segala kemampuan yang dimiliki.
Baca juga: 10 Data dan Fakta Renault Triber
Rancangan Keren
Triber berdimensi kompak untuk menyelinap di jalan perkotaan. Bukan itu saja, rancangan tubuhnya keren. Lihatlah, ia dibekali lampu utama projector dengan DRL LED. Grille depan berdesain triple edge berlapis krom. Ada aksen sarang tawon di bagian depan demi meningkatkan gaya berkendara sporty. Mobil juga dilengkapi roof rail yang bisa menampung beban maksimal 50 kilogram. Lalu ground clearance 182 mm cukup untuk melindas jalanan kota. Berkat imbuhan skid plate ala SUV, yang berfungsi melindungi di jalan semi off-road.
Begitu Anda masuki kabin, dua nada dibalutkan pada kabin. Perpaduan hitam pekat dengan krem di bagian bawah dan trim pintu. Jelas sangat menambah daya tarik visual. Saat memasukinya, niscaya tak terlihat seperti mobil murahan. Bahkan jauh beda dari mobil LCGC. Kenapa? Layar sentuh multimedia 8 inci membuatnya berkesan modern. Kemudian sistem multimedia terhubung dengan MediaNav Evolution. Ia kompatibel dengan Android Auto, Apple CarPlay dan berbagai aplikasi juga hiburan. Anda juga bisa memutar musik atau video via USB.
Aura canggih juga muncul dari garis horizontal di dasbor. Bikin terlihat lebih luas dan klaster instrumen LED sepenuhnya digital (yang pertama di segmen ini). Ukurannya 3,5 inci dan memberi tiga informasi virtual: takometer, jumlah bahan bakar dan suhu engine. Ini yang bikin Triber beda dari MPV LCGC.
Baca juga: Tiga Varian Renault Triber, Mana yang Paling Oke?
Fleksibilitas
Kabin Triber menampilkan komposisi 60:40 pada baris kedua dan 50:50 baris ketiga. Baris ketiga juga dapat dilepas, sehingga pemiliki dapat menampung lebih banyak barang. Baik baris kedua dan ketiga memiliki sandaran kepala yang dapat disesuaikan untuk dua penumpang. Anda yang duduk di baris kedua dan ketiga mendapatkan ventilasi udara terpisah.
Lalu saat konfigurasi lima tempat duduk, Triber menawarkan ruang penyimpanan 625 liter. Kapasitas tersisa 320 liter dalam konfigurasi enam kursi. Kemudian 84 liter dalam konfigurasi tujuh kursi. Tak lupa, power socket 12 volts tertanam pada semua baris. Ini yang bisa jadi pertimbangan dan nilai tambah.
Baca juga: Menimbang Seberapa Cocok Renault Triber untuk Pasar Indonesia
Fitur Melimpah
Unit memiliki fitur keamanan standar. Berupa dua airbag bagi penumpang depan, sistem pengereman ABS, sensor parkir dan sistem peringatan batas kecepatan. Sedangkan di varian lebih tinggi, ada tambahan fitur berupa kamera mundur dan dua airbag lagi (total 4 buah). Hebatnya lagi, mobil mengusung smart technology. Pabrikan menawarkan akses masuk yang mudah dengan keyless entry dan tombol push start/stop. Tujuannya tak lain, memperkaya pengalamanan berkendara Anda.
Jantung pacu Renault Triber mengandalkan enjin 1,0 liter sama dari Kwid. Mesin berkonfigurasi tiga silinder terbukti punya durabilitas tinggi. Unit pacu menyuplai daya 72 PS serta torsi 96 Nm. Jantung mekanis ini pula yang dipakai pada model internasional seperti Renault Clio serta Dacia Sandero. Penyaluran tenaga melalui girboks manual lima percepatan. Paduan enjin dengan transmisi menawarkan keseimbangan apik. Antara kinerja dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik. (Alx)
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Mobil Renault Unggulan
- Populer
Artikel Mobil Renault dari Carvaganza
Artikel Mobil Renault dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Road Test