5 Keunggulan All New Yamaha R15M, Motor Sport Entry Level Paling Canggih

review Yamaha R15M 2022


Yamaha R15 terbaru meluncur Desember tahun lalu. Ada 2 varian: All New R15 Connected dan Yamaha R15M Connected-ABS. Masing-masing dijual Rp39,2 juta dan Rp43,8 juta OTR DKI Jakarta. Kehadirannya cukup mencuri perhatian penggila kuda besi full fairing. Bahkan buat varian termahal menyandang predikat motor sport entry level paling canggih. Bagi Anda yang tertarik untuk memboyongnya, simak dulu lima keunggulan utamanya.

KEY TAKEAWAYS

  • Untuk motor sport Rp40 jutaan, Yamaha R15M pantas disebut yang paling canggih di kelasnya

    Tak hanya desain yang makin beraura balap, adanya Assist & Slipper Clutch juga menambah sensasi itu
  •  

    Desain Agresif

    review Yamaha R15M 2022

    Untuk menarik perhatian penggemar motor sport Tanah Air, pabrikan Garpu Tala membungkusnya dengan desain agresif dan mendapat banyak pembaruan fitur canggih. Buat R15M yang didapuk sebagai versi tertinggi punya kelengkapan lebih komplet. Generasi anyar ini merupakan perwujudan dari racing DNA dalam bentuk “The True Supersport 155 cc Engine”. Garis desainnya mirip Yamaha YZF-R7, YZF-R1 dan YZR-R1M. Alhasil mampu menciptakan tampilan supersport sejati yang aerodinamis dengan big bike look.

    Bagian depan atau fascia berubah total. Kini mengusung desain M-Shape intake duct yang dilengkapi LED proyektor. Serta dilengkapi dengan twin eyes DRL (Daytime Running Light) yang menyatu dengan cowling sebagai wajah generasi terbaru R Series. Desain agresif ini bukan sekadar kosmetika namun punya fungsi soal aerodinamika juga.

    Desain fairing kini lebih atraktif. Lubang di bodi samping itu juga punya fungsi menekan angin (downforce) yang membuat motor lebih stabil ketika di kecepatan tinggi. Hasil percobaan dengan CDA (Coefficient of Aerodynamic) Analysis yang dilakukan pabrikan, tercatat berkurang dari 0,307 menjadi 0,293. Memberikan keuntungan untuk mencapai top speed dengan lebih cepat.

     

    Rancang Bangun Kokoh

    review Yamaha R15M 2022

    Pabrikan tetap bertahan dengan penggunaan rangka deltabox. Kontruksi ini terbuat dari bahan alumunium yang ringan dan kuat. Ia bersifat kaku dan memiliki fungsi untuk mendukung tingkat stabilitas berkendara. Distribusi bobot dari sasis model ini diklaim 50:50 antara depan dan belakang.

    Dimensi panjang 1.990 mm, lebar 725 mm, dan tinggi 1.135 mm. Untuk set jarak sumbu roda adalah 1.325 mm, ground clearance 170 mm, dan tinggi jok mencapai 815 mm. Angka itu dinilai cukup sesuai dengan postur tubuh rata-rata orang Indonesia. Sehingga mudah dikendarai tanpa perlu jinjit. Sedang berat total untuk varian M adalah 140 kilogram. Sementara kapasitas tangkinya bisa menampung bahan bakar hingga 11 Liter.

     

    Mesin Berperforma Tinggi

    review Yamaha R15M

    Ia menggendong mesin berkapasitas 155 cc satu silinder SOHC, 4-stroke, 4 Valve, liquid-cooled dan berteknologi Variable Valve Actuation (VVA). Berkat teknologi andalannya itu, torsi bisa merata di setiap putaran mesin. Tenaga maksimum hingga 19,3 Hp di 10.000 rpm dan torsi mencapai 14,7 Nm di putaran 8.500 rpm. Daya disalurkan melalui sistem transmisi manual 6 percepatan.

    Bagian jeroan juga tak luput dari teknologi canggih. Disematkan Forged Piston dan Diasil (die aluminium silicon) Cylinder. Inovasi ini diklaim lebih kuat, ringan dan durability yang baik. Karena menggunakan piston yang dibuat dengan sistem tempa, dan diasil dari material aluminium dengan silikon untuk ruang pembakaran.

    Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Yamaha E01, NMax Versi Listrik yang Bisa Dinikmati Gratis!

     

    Ragam Fitur Canggih

    review Yamaha R15M 2022

    Khusus trim termahal mendapat lebih banyak fitur dan komponen layaknya moge (motor gede). Ada Traction Control System. Buat kelas motor sport 150-155 cc di Indonesia, boleh dibilang menjadi pionir yang memakai TCS (Traction Control System). Berfungsi mengurangi kemungkinan terjadi spin roda belakang ketika melintasi jalan yang licin atau berbatu.

    Kemudian Assist & Slipper Clutch. Dengan adanya assist pada kopling, genggaman jadi lebih ringan, sehingga tangan tidak mudah lelah ketika di kemacetan. Keuntungan lainnya bisa dirasakan ketika engine brake. Roda belakang tidak mudah skid atau mengunci. Kemudian dengan adanya slipper clutch, maka efek tadi tereduksi seakan kita menarik kopling. Efeknya tentu saja laju motor lebih mudah dikontrol. Fitur ini juga biasa ditemui di mesin-mesin besar, namun sekarang sudah ada motor sport entry level. Komponen ini juga sudah ada dari model sebelumnya.

    Lalu Quick Shifter Up. Umumnya fitur ini tersedia di motor sport full fairing 250 cc ke atas. Tapi sekarang telah dibenamkan ke YZF-R15M. Teknologi ini tentu saja dapat membantu pengendara memindahkan transmisi tanpa harus menarik tuas kopling. Tetapi, fitur Quick Shifter hanya untuk menaikkan gigi atau up-shift. Untuk menurunkan gigi, pengendara masih harus menekan tuas kopling.

    Buat keamanan diberikan Dual ABS Channel. Teknologi Anti-lock Braking System (ABS) saluran ganda melengkapi fitur yang lazim ditemui di moge. Tentu saja pengereman bersensor ini dapat diandalkan dalam hal keamanan dan kenyamanan.

    Lebih lanjut ada Big Bike Engine Switch Off. Tombol starter menyatu dengan engine cut off. Tinggal tekan bagian paling bawah. Benar-benar memberikan kesan moge look yang kental. Kemudian Triple Clamp & Blue Fork Caps yang terinspirasi dari YZR-M1. Komponen ini untuk memberi keseimbangan antara kekakuan dan kekuatan secara optimal. Bagian atas atau fork caps diberikan warna biru, lengkap dengan logo R15M.

    Mengingat harganya yang sudah menembus Rp40 jutaan, pabrikan memberi komponen layaknya sebuah motor sport full fairing berkapasitas besar. Ya, terdapat special seat atau jok yang dilapisi kulit bermotif carbon look. Ada pula 3D Emblem Logo, buat mempertegas ciri khas dari R series. Terdapat di ujung cover tangki bahan bakar. Wujudnya mirip dengan R1M.

    Dirinya mengusung panel instrumen bergaya racy dan luxury. Lagi-lagi mirip kepunyaan R1M. Sudah full digital dan memberikan informasi lengkap terkait speedometer. Menariknya ia memiliki dua tampilan yang dapat dipilih, yaitu Street mode dan Track mode. Penyetelan bisa dilakukan dengan menekan tombol yang berada di konsol stang kanan. Tepatnya di bawah tombol hazard.

    Yamaha Indonesia lagi-lagi menjadi pionir dalam hal teknologi konektivitas. Seperti yang telah dilakukan pada All New NMax, kini fitur Y-Connect juga dapat dinikmati oleh pengguna motor sport full fairing di kelas 150-155 cc.

    Berkat Fitur Y-Connect, pengendara bisa mengetahui kondisi motor dari smartphone yang sebelumnya sudah tersambung dengan aplikasi via Bluetooth. Informasi yang didapat antara lain; notifikasi telepon dan pesan masuk di dasbor motor, informasi konsumsi bahan bakar, informasi lokasi parkir terakhir, rekomendasi perawatan yang menunjukan kondisi aki dan oli, notifikasi malfungsi sampai dengan Revs Dashboard.

    Selain itu, aplikasi Y-Connect juga memiliki fitur Rank yang menghibur bagi konsumen dalam menikmati aktivitas berkendaranya. Mereka dapat saling berkompetisi dengan sesama pengguna sistem Communication Control Unit/CCU (motor Yamaha yang memiliki fitur Y-Connect) dalam hal jarak tempuh maupun poin eco riding.

     

    Kaki-kaki

    review Yamaha R15M 2022

    Termasuk motor sport 150 cc paling komplet. Selain mesin dan fitur, bagian ini pun lebih unggul dibanding kompetitor. Suspensi depan sudah upside down dan diameternya cukup besar yaitu 37 mm. Penggunaan peranti ini selain menghindari bunyi ‘jedug’ atau bottoming, juga membuat redaman terhadap getaran jadi lebih baik.

    Belakangnya pakai swing arm alumunium model banana. Lengan ayun ini dikombinasikan dengan monoshock sistem link. Efek getaran dari jalan tak rata bisa teredam maksimal. Kedua part ini membuatnya kental aura moge. Selain itu, dampak langsung yang bisa dirasakan yakni manuver lebih presisi terutama di kecepatan tinggi

    Apalagi didukung dengan ban lebar, membuat area kontak dengan aspal makin luas, jadi handling lebih stabil. Depan pakai 100/80-17 dan belakang 140/70-17. Kulit bundar itu dipasang pada pelek dengan tapak 2.50 di depan, dan 4.00 belakang.

    Untuk memberikan kemudahan dalam mengontrol laju, dipasangkan rem cakram depan maupun belakang. Depannya pakai Wide Front Disc Brake berdiameter 282 mm dengan kaliper 2 piston, dan belakang 220 mm yang dijepit 1 kaliper piston. (Bgx/Odi)

     

    Baca Juga: Kelebihan Yamaha NMax yang Patut Dipertimbangkan untuk Bepergian Jarak Jauh

    Jelajahi Yamaha R15 Connected

    • Tampak belakang serong Yamaha R15 Connected
    Yamaha R15 Connected
    Rp 40,33 - 45 Juta Cicilan : Rp 920.187

    Model Motor Yamaha

    Motor Yamaha
    • Yamaha Nmax
      Yamaha Nmax
    • Yamaha XSR 155
      Yamaha XSR 155
    • Yamaha Gear 125
      Yamaha Gear 125
    • Yamaha MX King
      Yamaha MX King
    • Yamaha WR155 R
      Yamaha WR155 R
    • Yamaha Vixion
      Yamaha Vixion

    Don't Miss

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Motor Yamaha Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Bandingkan & Rekomendasi

    Tren Sport

    • Yang Akan Datang

    Artikel Motor Yamaha R15 Connected dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test
    • Yamaha Indonesia Rilis Warna dan Grafis Baru R15 Connected Series
      Yamaha Indonesia Rilis Warna dan Grafis Baru R15 Connected Series
      Zenuar Yoga . 05 Agu, 2024
    • Spesifikasi Yamaha R15 Connected yang Dipakai Balap Ketahanan 2 Jam di Sirkuit Mandalika
      Spesifikasi Yamaha R15 Connected yang Dipakai Balap Ketahanan 2 Jam di Sirkuit Mandalika
      Bangkit Jaya Putra . 23 Okt, 2023
    • Beli All New Yamaha R15 Connected Series Sekarang Bisa Jajal Sirkuit Mandalika!
      Beli All New Yamaha R15 Connected Series Sekarang Bisa Jajal Sirkuit Mandalika!
      Zenuar Yoga . 04 Agu, 2023
    • All New Yamaha R15 Connected Punya Warna dan Harga Baru
      All New Yamaha R15 Connected Punya Warna dan Harga Baru
      Zenuar Yoga . 09 Jan, 2023
    • Semarakkan MotoGP Mandalika, Komunitas Maxi Yamaha Kompak Gelar Touring Bali-Lombok
      Semarakkan MotoGP Mandalika, Komunitas Maxi Yamaha Kompak Gelar Touring Bali-Lombok
      Zenuar Yoga . 19 Mar, 2022
    • Bedah Varian All New Yamaha R15 Connected, Pilih Mana?
      Bedah Varian All New Yamaha R15 Connected, Pilih Mana?
      Zenuar Yoga . 10 Jan, 2023
    • Punya Budget Rp 40 Jutaan, Pilih All New Yamaha R15M atau Yamaha R25 Bekas?
      Punya Budget Rp 40 Jutaan, Pilih All New Yamaha R15M atau Yamaha R25 Bekas?
      Zenuar Yoga . 15 Feb, 2022
    • Sepak Terjang Yamaha R15 di Indonesia, Dari Konvensional Sampai Punya Fitur Canggih
      Sepak Terjang Yamaha R15 di Indonesia, Dari Konvensional Sampai Punya Fitur Canggih
      Zenuar Yoga . 04 Feb, 2022
    • Test Ride Yamaha R15M: Buat Penggunaan Harian, Bikin Lawannya ‘Insecure’
      Test Ride Yamaha R15M: Buat Penggunaan Harian, Bikin Lawannya ‘Insecure’
      Zenuar Yoga . 01 Feb, 2022
    • First Ride Yamaha R15M, Ringkas Tapi Siap Diajak Balapan di Sirkuit
      First Ride Yamaha R15M, Ringkas Tapi Siap Diajak Balapan di Sirkuit
      Setyo Adi Nugroho . 21 Des, 2021