5 Model Sepeda Motor Buatan AHM yang Sangat Diminati di Luar Negeri

Honda Supra GTR

Beragam kendaraan roda dua yang dibuat oleh PT Astra Honda Motor (AHM). Kebanyakan mengisi pasar domestik, namun mereka juga menjajakan buat pasar luar negeri atau ekspor. Hal ini sekaligus menjadi bukti kalau produk sesuai standar kualitas global dan diminati mancanegara. Dari tahun ke tahun, segmen skutik menjadi kontributor terbesar dari keseluruhan ekspor AHM. Diikuti jenis sport dan bebek alias underbone. Berikut spesifikasi tiap modelnya.

Honda Vario 125

honda vario 125

Vario 125 cc dari dulu terkenal sangat irit. Menurut catatan AHM, konsumsi bensin bisa tembus 51,7 km/liter. Ini mengacu dari metode perhitungan WMTC (Euro 3 dan fitur ISS menyala). Soal mesin, ia memberi tenaga 8,2 kW (11,1 PS) dan torsi maksimal 10,8 Nm. Sistem penyaluran pakai CVT. Ia digemari karena bodi ringkas, mudah untuk menyelinap di kemacetan jalanan.

Motor punya dimensi 1.918 mm x 679 mm x 1.066 mm. Tinggi tempat duduk 769 mm. Jarak sumbu roda 1.280 mm, ground clearance 131 mm dan bobot total 112 kg. Kapasitas bagasi Vario 125 memiliki volume 18 liter. Ubahan utama berupa Honda Smart Key System untuk tipe ISS. Lalu sudah full digital panel meter dengan informasi lengkap. Antara lain pengukur kecepatan, jarak tempuh, bahan bakar, jam digital, level tegangan baterai, penggantian oli, trip meter, serta indikator ISS. USB charger di console box pun tersedia.

Honda PCX160

New Honda PCX160

Bicara soal teknis, generasi terbaru mengusung mesin 160 cc 4 katup eSP+, berpendingin cairan. Formulasi anyar diklaim sanggup mengurangi gesekan dan menghasilkan tenaga maksimal hingga 16 PS di 8.500 rpm dengan torsi puncak 14,7 Nm sejak 6.500 rpm. Sensasi bertenaga skutik premium ini diberikan guna memberi kesenangan berkendara.

Ia memiliki fitur Honda Selectable Torque Control (HSTC). Fungsinya memberikan rasa aman saat melintasi kondisi jalan licin. Sedangkan untuk catatan konsumsi bahan bakar. AHM mengklaim mencapai 45 km/iter. Pengetesan dilakukan melalui pengaktifan fitur Idling Stop System (ISS) dengan metode pengetesan WMTC-EURO 3.

Lantas kelengkapan lain berupa alarm dan answer back system di semua tipe. Dari sisi fitur fungsionalitas, Honda PCX160 punya luggage box terbesar di kelasnya berkapasitas 30 liter. Pengguna bisa menyimpan berbagai perlengkapan, sehingga praktis digunakan dalam berkendara. Tampilan digital panel meter mudah dilihat serta All LED Lighting System turut memberi kesan canggih, mewah dan modern.

Honda CRF150L

Honda CRF250L

Jantung pacu CRF150L berpendingin udara, dipadu transmisi 5-percepatan. Mesin sanggup menghasilkan tenaga maksimum 9,51 kW (12,91 PS) di 8.000 rpm dan torsi puncak 12,43 Nm (1,27 kgf.m) pada 6.500 rpm. Angka ini merepresentasikan momen puntir menjanjikan sejak putaran bawah. Kendati demikian, konsumsi bahan bakar tetap sangat irit, mencapai 39,3 km/liter dengan standar Euro 3, menggunakan metode pengetesan ECE R40.

CRF150L dilengkapi suspensi Showa model terbalik inverted front suspension. Diameter pipa berukuran 37 mm dan panjang stroke 225 mm. Tampilan semakin gagah dan berkelas dengan penyematan warna emas di tabung suspensi. Sedangkan peredam belakang dilengkapi sistem Pro-link dengan jarak main (travel axle) 207mm demi pengendalian terbaik dan stabilitas di berbagai kondisi.

Untuk sektor ban, model ini dilengkapi pelek aluminium ukuran 21 inci (depan) dan 18 inci (belakang) yang ringan dengan kekuatan optimal. Lalu dibalut dengan ban dual purpose. Penyematan wavy disc brake membuat CRF150L memiliki pengereman optimal dengan diameter 240 mm (depan) dan 220 mm (belakang), paling besar di kelasnya.

Honda CBR150R

Honda CBR150R new color

Performa pacuan Honda CBR150R ditopang oleh enjin berkubikasi 150 cc DOHC berpendingin cairan. Jantung mekanis sanggup berdenyut hingga membuncahkan tenaga maksimal 12,6 kW (17,1 PS) di 9.000 rpm. Lalu torsi puncak didapat 14,4 Nm sejak 7.000 rpm. Distribusi energi kinetik dipadu transmisi 6-percepatan. Untuk mengilat dari 0-200 meter hanya dengan 10,6 detik. Lantas kecepatan maksimal mencapai 127 km/jam.

Honda CBR150R merupakan sepeda motor sport fairing berbobot teringan di kelasnya. Melalui gaya berkendara yang “racy” ditunjang oleh penyematan Inverted Front Suspension Separated Function Fork - Big Piston (SFF-Big Piston). Komponen ini diklaim sanggup memberikan rasa nyaman. Serta bikin sepeda motor kian stabil saat ditunggangi sebagai motor harian. Terutama saat melaju berkecepatan tinggi. Penyematan sistem redaman ini konon membuat handling semakin lincah. Cocok dengan kebutuhan kaum urban.

Fitur Assist/ Slipper Clutch kini menjadi bagian dari CBR150R. Alhasil, turut mendongkrak sensasi berkendara menyenangkan. Perangkat berfungsi mencegah ban belakang selip akibat oleh engine brake saat melakukan penurunan gigi secara ekstrem. Melalui pengaplikasian peranti ini, pengendara juga dapat merasakan pengoperasian kopling jauh lebih ringan.

Honda Supra GTR 150

Honda Supra GTR150

 

Jenis sepeda motor bebek juga mengisi pasar ekspor AHM, seperti Supra GTR. Ia mengusung jantung mekanis 149,16 cc DOHC 4-valve, bertransmisi 6 percepatan. Motor mampu memproduksi tenaga sebesar 16,2 PS di 9.000 rpm dan torsi puncak 14,2 Nm pada 6.500 rpm. Dengan metode pengetesan EURO 3 berdasarkan metode ECE R40. Kendaraan mampu menjelajah dengan efisiensi mencapai 42,2 km/liter (EURO 2 : 47,41 km/l).

Nah, selain mengekspor sepeda motor dalam bentuk utuh (CBU), AHM juga mengirimkan sepeda motor secara terurai atau Completely Knock Down(CKD). Beberapa tahun lalu (2021) performa ekspor CKD Honda juga tumbuh signifikan dengan raihan total ekspor sebanyak 489.140 set atau meningkat sebesar 26 persen dibandingkan 2020 yang berjumlah 387.660 set. Adapun negara tujuan ekspor Astra Honda Motor baik secara CBU maupun CKD meliputi Filipina, Bangladesh, Thailand, Malaysia, Vietnam, Jepang, Kamboja, hingga Brazil. (ADV)

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Honda Unggulan

Artikel Motor Honda dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Penjualan Honda Scoopy di Bali Lebih Moncer Ketimbang BeAT, Ini Alasannya
    Penjualan Honda Scoopy di Bali Lebih Moncer Ketimbang BeAT, Ini Alasannya
    Bangkit Jaya Putra . Hari ini
  • Peminatnya Tinggi, AHM Gelar Media Test Ride New Honda Scoopy di Bali
    Peminatnya Tinggi, AHM Gelar Media Test Ride New Honda Scoopy di Bali
    Bangkit Jaya Putra . Hari ini
  • Skema Kredit All New Honda Scoopy
    Skema Kredit All New Honda Scoopy
    Bangkit Jaya Putra . 07 Nov, 2024
  • 14 Perbedaan All New Honda Scoopy dengan Model Lama
    14 Perbedaan All New Honda Scoopy dengan Model Lama
    Bangkit Jaya Putra . 05 Nov, 2024
  • Honda Memperbarui Scoopy, Ubahan Desain dan Fitur Signifikan
    Honda Memperbarui Scoopy, Ubahan Desain dan Fitur Signifikan
    Muhammad Hafid . 05 Nov, 2024
  • Opsi Moge Adventure Kelas Menengah yang Cocok Buat Touring
    Opsi Moge Adventure Kelas Menengah yang Cocok Buat Touring
    Zenuar Yoga . 21 Nov, 2024
  • Harga Mirip, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” Tech Max atau Honda CBR150R ABS?
    Harga Mirip, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” Tech Max atau Honda CBR150R ABS?
    Zenuar Yoga . 16 Jul, 2024
  • Buat Penggunaan Harian, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” atau Honda ADV160?
    Buat Penggunaan Harian, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” atau Honda ADV160?
    Zenuar Yoga . 05 Jul, 2024
  • Rivalitas Yamaha Nmax “Turbo” vs Honda PCX160 ABS Memasuki Babak Baru, Mana Layak Dipilih?
    Rivalitas Yamaha Nmax “Turbo” vs Honda PCX160 ABS Memasuki Babak Baru, Mana Layak Dipilih?
    Zenuar Yoga . 24 Jun, 2024
  • Pertarungan All New Honda Beat Street vs Suzuki Nex Crossover vs Yamaha X-Ride, Siapa Terbaik?
    Pertarungan All New Honda Beat Street vs Suzuki Nex Crossover vs Yamaha X-Ride, Siapa Terbaik?
    Zenuar Yoga . 07 Jun, 2024
  • First Ride All New Honda Beat Street: Ubahan Bikin Pengendalian Lebih Asyik!
    First Ride All New Honda Beat Street: Ubahan Bikin Pengendalian Lebih Asyik!
    Zenuar Yoga . 06 Jun, 2024
  • First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    Setyo Adi Nugroho . 04 Feb, 2024
  • First Ride New Honda CBR250RR SP QS: Pembuktian Total Control yang Bikin Nagih!
    First Ride New Honda CBR250RR SP QS: Pembuktian Total Control yang Bikin Nagih!
    Zenuar Yoga . 07 Okt, 2022
  • Test Ride Honda ADV 160 ABS: Pembuktian di Jalan Menantang Sejauh 125 Km
    Test Ride Honda ADV 160 ABS: Pembuktian di Jalan Menantang Sejauh 125 Km
    Bangkit Jaya Putra . 21 Jul, 2022
  • First Ride Honda ADV 160: Penyempurnaan Bikin Happy!
    First Ride Honda ADV 160: Penyempurnaan Bikin Happy!
    Setyo Adi Nugroho . 07 Jul, 2022