JAKARTA -- Tampil beda dari kebanyakan alias anti-mainstream jadi keinginan sebagian orang. Begitu juga dalam memilih mobil. PT Honda Prospect Motor (HPM) punya satu model di jajaran line-upnya yang tidak biasa. Honda Civic Hatchback RS Turbo.
Model ini memang memiliki keistimewaan di keluarga New Honda Civic yang dirilis di Indonesia. Versi facelift dari Civic tanpa buntut ini diluncurkan PT HPM awal tahun 2020. Kehadirannya sekaligus melengkapi line-up RS di Indonesia, menyusul Brio RS, Jazz RS dan Mobilio RS.
Honda menjadikan varian baru ini sebagai penyegaran untuk Civic Hatchback dan diklaim semakin seksi. Bahkan, HPM mengubah tagline Civic Hatchback dari “Drive Sexiness” menjadi “Sexiness Intensified” atau jika diartikan berbunyi "Keseksian yang diintentifkan". Penyegaran ini dilakukan setelah Honda lebih dulu melakukan pada varian terkencang, Civic Type R.
Desain Eksterior
Civic sebenarnya punya dua model, Hatchback RS dan Civic Turbo. Secara tampilan varian RS terlihat lebih sporty dibandingkan Civic Turbo karena pemakaian side skirt. Mengadopsi elemen dua warna alias two-tone kelihatan seperti menyambung dengan lip spoiler depan dan belakang. Tampilannya memang mirip dengan Civic Type R, yang berada di tahta tertinggi keluarga Civic. Apalagi jika dilihat dari pemindahan posisi dua buah knalpot ke tengah spoiler belakang, yang diapit oleh diffuser. Terdapat pula side under spoiler.
Sebagai tanda pengenal, emblem RS disematkan pada bagian depan dan bagian belakang Honda Civic Hatchback. Penambahan aero kit pada bumper depan, bumper belakang dan Side Sill Garnish pada bagian samping. Velg 17 inci dua warna lima palang membuat mobil terlihat tambah sporty.
Kabin
Aura sporty eksterior juga dibawa ke kabin. Jok, setir, tuas transmisi, konsol tengah dan door lining yang terbungkus material kulit berkualitas mendapat jahitan warna merah. Pedal gas dan rem dibikin bernuansa krom berdesain Sport Pedal sehingga makin macho.
Honda melakukan beberapa ubahan di bagian kabin. Nuansa sporty ditampilkan lewat desain baru yang memadukan kulit dengan aksen jahitan merah khas mobil sport pada jok, roda kemudi, tuas transmisi, konsol tengah dan Door Lining. Pola jok dibikin lebih sporty sedikit semi bucket. Desain Sport Pedal bernuansa chrome pada tuas gas dan rem.
Jok berlayout semi bucket dibikin nyaman dan enak untuk menghempaskan badan. Posisi duduk pengemudi yang bisa diatur oleh 8 pengaturan elektrik sangat menunjang nilai ergonomis. Pandangan ke depan pun luas.
Sistem Infotainment
Anda akan mendapatkan infotainment system yang modern dan canggih. Sentral hiburan itu terpusat pada Capacitive Touch Screen 7 inci. Terkoneksi dengan Smartphone untuk Android dan iOS. Pengaturan audio selain dapat melalui layar sentuh di dashboard, juga bisa memakai tombol pengaturan (Steering Switch Control) pada setir.
Fitur Audio & Hands-Free Telephone Switch memungkinkan pengemudi untuk mengatur atau mengubah channel audio sesuai dengan keinginan serta menerima panggilan telepon tanpa harus melepaskan tangan dari kemudi.
Legroom Belakang Lapang
New Honda Civic Hatchback RS Turbo memiliki dimensi yang kompak. Tercatat PxLxT mobil ini adalah 4.501mm x 2.075mm x 1.421mm. Panjang wheelbase adalah 2700 mm dan jarak pijak depan 1.547 mm dan belakang 1.563 mm. Sebagai mobil kompak, kendaraan yang tergolong seksi ini memiliki ruang yang lapang di jok belakang.
Anda tak merasa kesempitan seperti koper kelebihan barang di dalam kompartemen pesawat terbang. Hal ini sangat baik untuk perjalanan jarak jauh. Penumpang akan tetap merasa nyaman dan tenang.
Bagasi Lapang
Selain legroom belakang dan depan lega, bagian bagasi juga lapang. Padahal kalau dilihat dari luar, bodinya terkesan kecil. Saya menganalogikan, kendaraan ini seperti masuk ke ruang bioskop. Dari luar terlihat kecil, pas masuk ke dalam lapang.
Kabin Senyap
Dari hasil pengetesan yang kami lakukan, kabin Honda Civic Hatchback RS Turbo senyap. Sehingga sepanjang perjalanan terasa menenangkan. Nyaris tidak terdengar suara angin dari luar. Bahkan redaman suspensinya berhasil menjaga kabin tidak banyak bergoyang, tidak ada gejala limbung.
Performa
Honda mengaplikasi mesin empat silinder segaris 1.5 liter VTEV Turbo. Sama dengan varian Civic Turbo sedan. Melontarkan tenaga 170 hp dan torsi 220 Nm. Mesin andalan ini sudah memenuhi standar Euro4, berkat Earth Dreams Technology (EDT) yang ramah lingkungan.
Dikombinasikan dengan transmisi otomatis CVT dengan EDT. Torsi terasa padat sehingga mobil menjadi lebih lincah di traffic yang tersendat. Apalagi ketika dipacu di highway dan membutuhkan bermanuver.
Dengan paket di atas berapa harus Anda tebus? Honda memasang banderol Rp 499 juta OTR Jakarta. Angka ini sangat memikat, dengan serangkaian tampilan dan fitur yang dimilikinya. Ia juga berada dibawah Civic Turbo yang dijual Rp 533 juta. (Eka/Raju)
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.