Daihatsu Xenia menjadi pilihan mobil keluarga tujuh penumpang multifungsi. Pas kalau dipakai mudik lebaran. Di kelas LMPV harganya relatif terjangkau. Mulai tersedia Rp218,15 juta hingga tipe tertinggi R ASA CVT Rp275,35 juta on the road Jakarta. Pabrikan menawarkan dua varian mesin 1,3 liter dan 1,5 liter buat masyarakat. Enjin itu juga dipakai juga oleh Toyota Avanza. Lantas, baiknya ambil varian mana?
All New Xenia tetap diberi pilihan jantung mekanis 1,3 liter NA. Masih sama seperti unit lawas berkode 1NR-VE 4-silinder DOHC Dual VVT-i. Resultan pembakaran memberi daya 97,9 PS di 6.000 rpm dan torsi 122 Nm di 4.200 rpm. Terkenal kuat dan irit, tapi kini berubah posisi menjadi penggerak roda depan (FWD). Pastinya karakter berbeda. Daihatsu menjanjikan tarikan kian responsif, bisa tambah efisien dan hilangnya dengung gardan khas model lawas.
Opsi kedua, jantung pacu Xenia 1,5 liter berkode 2NR-VE dengan kapasitas 1.496 cc (1,5 liter) empat silinder. Enjin ini dipakai Veloz pula. Ia menyuplai tenaga 106 PS pada 6.000 rpm dan torsi 137 Nm di 4.200 rpm. Pastilah lebih kuat karena ruang bakar besar. Dan semua tipe penyaluran tenaga ditopang sistem matik baru jenis CVT, dianggap salah satu terbaik di kelasnya. Astra Daihatsu Motor tidak pakai transmisi biasa. Melainkan Dual Mode CVT (D-CVT) seperti dipakai Rocky-Raize.
Jadi, di dalam komponen girboks tidak hanya diisi dua pulley dan belt. Tapi juga ada tambahan planetary gear. Begitu kecepatan tinggi di atas 60 km/jam atau tergantung bukaan throttle. Transmisi beralih dari belt ke gigi. Berdasar klaim Daihatsu, ini menutup kelemahan energy-loss CVT di kecepatan tinggi yang bikin mesin kurang hemat. Efisiensi naik 5 persen.
Baca Juga: Bukan Transmisi Biasa, Begini Cara Merawat D-CVT Mobil Daihatsu
Kalau Anda ambil varian tertinggi, Xenia 1.5L R CVT ASA (Rp275,35 juta). Mobil dibekali Advanced Safety Assist mirip Toyota Safety Sense. Sistem bekerja dengan menggunakan sensor camera yang dapat mendeteksi objek di depan mobil. Lalu memberikan peringatan jika mobil dalam potensi bahaya. Adapun fitur ini memiliki enam fungsi masing-masing meliputi: Pre-Collision Warning, Pre-Collision Braking, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert, Lane Departure Warning dan Lane Departure Prevention.
Sebagai standar fitur keamanan. Daihatsu Xenia memiliki ABS (Antilock Brake System) & EBD (Electronic Brakeforce Distribution), ESS (Emergency Stop Signal), Dual Airbag, Auto Door Lock. Itu semua terpasang di semua varian. Sedangkan HSA (Hill Start Assist), VSC (Vehicle Stability Control) mulai tersedia di grade X dengan transmisi CVT. Termasuk immobilizer, window jam protection, serta rear parking camera & 360° around view monitor. Tentu sangat membantu visibilitas pengendara saat bermanuver mundur.
Xenia andal dikendarai di berbagai kondisi jalan. Sebab didukung dengan ground clearance setinggi 205 mm, radius putar 4,9 meter. Serta sistem kemudi bertipe EPS (Electric Power Steering). Nah, dalam sudut pandang pribadi, tampilan muka malah lebih sporty ketimbang Toyota Avanza. Pakai grille berjaring, ada sentuhan garis merah di ujung bonet dan tatanan lampu LED sebagai sorot utama. Visual dipermanis oleh pelek polished alloy wheel 16 inci. Kalau Anda suka mobil ekonomis dan kelengkapan cukup buat mobilitas keluarga. Tipe 1.3L X CVT (Rp238,75 juta) atau 1.3L R CVT (Rp251,35 juta) layak dimiliki. Pilih yang mana? Sesuaikan saja dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. (Alx/Odi)
Baca Juga: Selisik Kelengkapan Daihatsu Xenia Tipe Termahal 1.5 R ASA CVT
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.