Ada Embel-embel "Turbo", Seberapa Signifikan Peningkatan Performa Yamaha Nmax?

Yamaha Nmax Turbo

Sedang ramai pembahasan Nmax "Turbo" di jagad dunia maya. Meskipun banyak yang berharap akan adanya sistem induksi paksa yang meningkatkan tenaga mesin dengan memanfaatkan gas buang, ternyata "Turbo" di Nmax hanyalah sebuah nama, bukan komponen turbo sebenarnya.

Dalam peluncurannya, pabrikan mengklaim bahwa daya tarik Nmax "Turbo" terletak pada penggunaan mesin Blue Core 155 cc VVA generasi terbaru yang dianggap lebih andal untuk mendukung kebutuhan mobilitas yang beragam.

Lalu, bagaimana dengan performanya? Apakah penambahan kata "Turbo" berarti peningkatan tenaga yang signifikan dibandingkan model Nmax sebelumnya?

Berdasarkan data spesifikasi di situs resmi, model Nmax sebelumnya memiliki tenaga 11,3 kW (15,1 Hp) di 8.000 rpm dan torsi maksimal 13,9 Nm di 6.500 rpm.

Sedangkan Nmax "Turbo" mencapai tenaga maksimum yang sama di 8.000 rpm dengan torsi maksimal 14,2 Nm di putaran mesin serupa. Ini berarti perbedaan output tidak terlalu besar, dengan peningkatan torsi sekitar 0,3 Nm, sementara tenaga tetap.

Profil mesin tidak mengalami perubahan signifikan. Masih mempertahankan mesin 4 Tak SOHC VVA berpendingin cairan. Dengan diameter x langkah (58 mm x 58,7 mm) dan volume ruang silinder sebesar 155,09 cc, serta rasio kompresi yang sama pada 11,6:1.

spek yamaha nmax

Penggunaan istilah "Turbo" tampaknya merujuk pada respons mesin yang lebih responsif di putaran rendah, berkat sistem transmisi otomatis YECVT yang menggantikan CVT konvensional.

Sistem YECVT bekerja dengan kontrol elektronik. Menggantikan mekanisme gaya sentrifugal, sehingga tidak lagi menggunakan roller. Kata Yamaha, kontrol elektronik ini memungkinkan sinkronisasi yang lebih presisi antara kinerja transmisi, tarikan gas, dan putaran mesin.

Nmax "Turbo" juga menawarkan dua pilihan Riding Mode. Yaitu T-Mode untuk berkendara di kota dan S-Mode untuk touring sportif. Kedua mode ini dapat diaktifkan melalui tombol 'Mode' di bagian kiri stang kemudi.

Selain itu, Nmax "Turbo" dilengkapi dengan teknologi Y-Shift yang berfungsi untuk meningkatkan akselerasi secara instan. Mungkin merupakan fitur yang dimaksud dengan "Turbo" pada model Nmax terbaru ini.

Fitur Y-Shift menawarkan tiga level: Low (1), Medium (2), dan High (3). Mode berkendara ini ideal untuk saat mendahului kendaraan lain atau saat menanjak. Fitur ini juga berguna untuk deselerasi saat menuruni bukit atau memasuki tikungan.

Dalam pengujian internal, jarak 100 meter dari keadaan diam dapat ditempuh hanya dalam 7,2 detik, sedangkan mesin non-"turbo" memerlukan waktu 7,43 detik.

Untuk akselerasi sejauh 200 meter, waktu yang dibutuhkan adalah 11,56 detik dengan kecepatan puncak 90 km/jam, berbanding dengan Nmax model sebelumnya yang memerlukan waktu 11,93 detik untuk mencapai kecepatan 86 km/jam.

Namun, hasil ini dapat berbeda tergantung dari berbagai faktor. Kami memerlukan verifikasi lebih lanjut dan tidak ingin berspekulasi tanpa pengujian yang lebih mendalam. Meskipun demikian, berdasarkan perbandingan performa mesin kedua model, perbedaannya tampak tidak terlalu signifikan. (Bgx)

Baca Juga: Ini yang Dimaksud "Turbo" di Yamaha Nmax Terbaru

Jelajahi Yamaha Nmax Turbo

  • Tampak depan serong Yamaha Nmax Turbo
  • Samping kanan Yamaha Nmax Turbo
  • Tampak belakang serong Yamaha Nmax Turbo
  • Tampak depan Yamaha Nmax Turbo
  • Tampak belakang Yamaha Nmax Turbo
  • Samping Kiri Yamaha Nmax Turbo
  • Tampak belakang Yamaha Nmax Turbo
  • Tampak belakang kanan serong Yamaha Nmax Turbo
Yamaha Nmax Turbo
Rp 32,7 - 45,25 Juta Cicilan : Rp 746.098

Model Motor Yamaha

Motor Yamaha
  • Yamaha Nmax
    Yamaha Nmax
  • Yamaha XSR 155
    Yamaha XSR 155
  • Yamaha Gear 125
    Yamaha Gear 125
  • Yamaha MX King
    Yamaha MX King
  • Yamaha WR155 R
    Yamaha WR155 R
Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Yamaha Unggulan

  • Yang Akan Datang

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Scooter

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor Yamaha Nmax Turbo dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Cara Menggunakan Mode Berkendara dan Turbo Y-Shift di Yamaha Nmax Terbaru
    Cara Menggunakan Mode Berkendara dan Turbo Y-Shift di Yamaha Nmax Terbaru
    Setyo Adi Nugroho . 28 Jun, 2024
  • Yamaha Nmax Varian Turbo Paling Laku, Dikirim Mulai Juli
    Yamaha Nmax Varian Turbo Paling Laku, Dikirim Mulai Juli
    Setyo Adi Nugroho . 27 Jun, 2024
  • Ini Alasan Yamaha Pakai “Turbo” di Nmax Generasi Terbaru
    Ini Alasan Yamaha Pakai “Turbo” di Nmax Generasi Terbaru
    Zenuar Yoga . 22 Jun, 2024
  • Meski Tenaga Sama, Mesin Yamaha Nmax Terbaru Banyak Berubah
    Meski Tenaga Sama, Mesin Yamaha Nmax Terbaru Banyak Berubah
    Zenuar Yoga . 21 Jun, 2024
  • Angka Performa Mesin Nmax Turbo Tak Beda Jauh dari Nmax Model Lama
    Angka Performa Mesin Nmax Turbo Tak Beda Jauh dari Nmax Model Lama
    Zenuar Yoga . 19 Jun, 2024
  • Rivalitas Yamaha Nmax “Turbo” vs Honda PCX160 ABS Memasuki Babak Baru, Mana Layak Dipilih?
    Rivalitas Yamaha Nmax “Turbo” vs Honda PCX160 ABS Memasuki Babak Baru, Mana Layak Dipilih?
    Zenuar Yoga . 24 Jun, 2024
  • Cek 5 Fakta Penting Yamaha Nmax “Turbo”, Nomor 3 Enggak Nyangka!
    Cek 5 Fakta Penting Yamaha Nmax “Turbo”, Nomor 3 Enggak Nyangka!
    Zenuar Yoga . 24 Jun, 2024
  • First Ride Yamaha Nmax "Turbo": Pembuktian Performa dan Fitur Terbaru
    First Ride Yamaha Nmax "Turbo": Pembuktian Performa dan Fitur Terbaru
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini