Adu Kemampuan Mobil Listrik Esemka Bima EV vs DFSK Gelora E

Bima vs Gelora

 

KEY TAKEAWAYS

  • Keduanya sama-sama menyadur dari mobil asal Tiongkok

    Namun karena Bima EV masih status CBU, harganya jauh lebih mahal dari Gelora E
  • Booth Esemka di IIMS 2023 kerap didatangi pengunjung yang penasaran dengan Bima EV. Kehadirannya di industri otomotif Tanah Air sekaligus menjadi penantang DFSK Gelora E. Keduanya merupakan barang serumpun, asal Negeri Tiongkok. Brand lokal ini mengakui hasil rebagde dari Shineray X30LEV. Menukil spesifikasi dan kelengkapan agak mirip. Mari simak kelengkapan masing-masing unit.

     

    Harga

    DFSK Gelora E BV sekarang dilepas Rp350 juta dan tipe MB Rp399 juta. Sedangkan Esemka Bima EV Cargo Van dilego Rp530 juta dan Passenger Van Rp540 juta. Selisihnya bisa ratusan juga sendiri karena produk Dongfeng sudah dirakit lokal. Kalau betul punya komitmen di sini, seharusnya Esemka bisa melakukan hal serupa agar banderol kompetitif.

    esemka bima EV

    Dimensi

    Esemka Bima EV punya panjang 4.495 mm, tinggi 1.680 mm, lebar 1.990 mm dan jarak sumbu roda 2.925 mm. Berat maksimal 2.350 kg. Sedangkan ukuran DFSK Gelora E 4.500 mm x 1.680 mm x 2.000 mm (PxLxT), serta wheelbase sedikit lebih panjang, 3.050 mm. Berat tota; tipe BV 2.600 kg. Dilihat dari dimensi, keduanya agak mirip. Gelora E sedikit lebih besar.

    Baca Juga: Alasan Esemka Bermitra dengan Produsen Cina untuk Bima EV

     

    Posisi Motor dan Baterai

    Ini yang jadi perhatian lebih. Kalau dilihat, posisi baterai dan permanent magnet synchronous motor kedua mobil Cina ini mirip. Letak dinamo penggerak menempel di gardan belakang. Kabel-kabel juga terbuka. Demi keamanan, seharusnya Esemka bisa merapikan bagian ini agar tak menonjol di bagian bawah. Demikian pula produk DFSK. Namun, Gelora E agak naik. Pelek kaleng keduanya sama berukuran 14 inci.

    Tapi profil ban Gelora E lebih tebal yakni 185/80 mm, punya ground clearance 200 mm. Sedangkan Esemka Bima EV memiliki ban lebih tipis 175/65 mm. Jadi, posisinya lebih rendah, rentan nyangkut. Lalu tipe suspensi keduanya pakai MacPherson Strut dan Leaf Spring di belakang. Per daun milik Gelora E lima tumpuk, sedangkan Bima EV enam lapis.

    DFSK Gelora E

    Performa

    Bima EV memakai baterai menggunakan tipe ternary lithium ion berkekuatan 49,1 kW. Dalam satu pengisian penuh, ia diklaim sanggup melesat sejauh 300 km. Metode pengisian baterai quick charge sekitar 1 jam dan slow charge 8 jam. Lontaran tenaga maksimal hanya 102 PS dan torsi puncak 165 Nm.

    Gelora E menggunakan teknologi Lithium-ion dengan kapasitas 42 kWH. Daya jelajah diklaim sampai 300 km (WLTP). Lewat fast charging, pengisian daya 20-80 persen hanya membutuhkan waktu 80 menit. Keluaran tenaga mencapai 60 kWh atau 80 PS. Sedangkan torsi puncak tembus 200 Nm. Dari sisi tenaga kalah, namun momen puntir lebih tinggi.

     

    Fitur & Simpulan

    Fitur keamanan kedua model hampir sama. Bagian pengereman ada Anti-lock Braking System, Electronic Brake Distribution dan Electric Power System. Yang membedakan, Bima EV memiliki meter cluster digital, serta Hill Start Assist Control supaya tak menggelundung. Bentuk lingkar kemudi, dasbor dan kenop transmisi sama (D,N,R). Kalau memang butuh kendaraan niaga elektrik. Ditimbang dari harga, DFSK Gelora E jauh lebih memikat. (Alx/Odi)

     

    Baca Juga: DFSK Gelora E Sudah CKD, Jauh Lebih Murah dari Esemka Bima EV

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Artikel Mobil dari Carvaganza

    • Penting! Ketahui Ini Sebelum Memiliki Mazda CX-80 PHEV
      Penting! Ketahui Ini Sebelum Memiliki Mazda CX-80 PHEV
      Muhammad Hafid . Hari ini
    • Honda BR-V N7X Dapat Upgrade Fitur, Harga Tidak Berubah
      Honda BR-V N7X Dapat Upgrade Fitur, Harga Tidak Berubah
      Anjar Leksana . Hari ini
    • Teknologi Beda Jauh, Harga Mazda CX-80 Cuma Beda Rp11 Jutaan dari CX-60
      Teknologi Beda Jauh, Harga Mazda CX-80 Cuma Beda Rp11 Jutaan dari CX-60
      Muhammad Hafid . Hari ini
    • BYD Ungkap Harga Denza D9, MPV Listrik Mewah Rp950 Juta
      BYD Ungkap Harga Denza D9, MPV Listrik Mewah Rp950 Juta
      Setyo Adi . Hari ini
    • Banyak Merek Baru, Gaikindo Yakin Pasar Otomotif 2025 Tumbuh
      Banyak Merek Baru, Gaikindo Yakin Pasar Otomotif 2025 Tumbuh
      Tomi Tomi . Hari ini

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Advisory Stories
    • Road Test
    • Bridgestone Rilis Turanza 6, Kini dengan Teknologi ENLITEN
      Bridgestone Rilis Turanza 6, Kini dengan Teknologi ENLITEN
      Anindiyo Pradhono . 22 Jan, 2025
    • Geely Indonesia Kenalkan EX5, Tambah Lagi Pilihan SUV Listrik
      Geely Indonesia Kenalkan EX5, Tambah Lagi Pilihan SUV Listrik
      Anjar Leksana . 22 Jan, 2025
    • Rentokil Initial Indonesia Gunakan 11 Mitsubishi L100 EV Sebagai Armada
      Rentokil Initial Indonesia Gunakan 11 Mitsubishi L100 EV Sebagai Armada
      Anjar Leksana . 22 Jan, 2025
    • Chery Realisasikan Program Go Green Fund Omoda E5 Senilai Rp30 Miliar
      Chery Realisasikan Program Go Green Fund Omoda E5 Senilai Rp30 Miliar
      Anjar Leksana . 22 Jan, 2025
    • Mazda CX-80 PHEV Meluncur dengan Harga Rp1,199 Miliar
      Mazda CX-80 PHEV Meluncur dengan Harga Rp1,199 Miliar
      Wahyu Hariantono . 22 Jan, 2025
    • Mazda CX-80 Meluncur, Ketahui Ini Dulu Sebelum Meminangnya
      Mazda CX-80 Meluncur, Ketahui Ini Dulu Sebelum Meminangnya
      Muhammad Hafid . 22 Jan, 2025
    • Menjelajah Keindahan Australia Barat bersama Mazda CX-60 Diesel
      Menjelajah Keindahan Australia Barat bersama Mazda CX-60 Diesel
      Eka Zulkarnain . 22 Jan, 2025
    • Segmen Low SUV Makin Ketat, Mitsubishi New Xpander Cross Punya Tawaran Fitur Lengkap
      Segmen Low SUV Makin Ketat, Mitsubishi New Xpander Cross Punya Tawaran Fitur Lengkap
      Alvando Noya . 31 Des, 2024
    • Lonjakan Minat Terhadap EV, Ini 5 Mobil Listrik Terlaris di Indonesia 2024
      Lonjakan Minat Terhadap EV, Ini 5 Mobil Listrik Terlaris di Indonesia 2024
      Alvando Noya . 30 Des, 2024
    • 5 Merek Mobil Paling Menyita Perhatian Publik Indonesia di 2024
      5 Merek Mobil Paling Menyita Perhatian Publik Indonesia di 2024
      Wahyu Hariantono . 30 Des, 2024
    • Tips Berkendara Saat Hujan di Libur Nataru
      Tips Berkendara Saat Hujan di Libur Nataru
      Setyo Adi Nugroho . 30 Des, 2024
    • Perhatikan Faktor Ini untuk Atasi Mesin Hilang Tenaga dan Ngelitik
      Perhatikan Faktor Ini untuk Atasi Mesin Hilang Tenaga dan Ngelitik
      Setyo Adi Nugroho . 30 Des, 2024
    • Berkendara Liburan Akhir Tahun, Persiapkan Hal Ini Biar Aman dan Nyaman
      Berkendara Liburan Akhir Tahun, Persiapkan Hal Ini Biar Aman dan Nyaman
      Setyo Adi Nugroho . 11 Des, 2024
    • Berkaca dari Kecelakaan Cipularang KM 92, Apa yang Harus Dilakukan Biar Tak Terulang
      Berkaca dari Kecelakaan Cipularang KM 92, Apa yang Harus Dilakukan Biar Tak Terulang
      Setyo Adi Nugroho . 14 Nov, 2024
    • Jangan Disepelekan, Ban Serep Juga Butuh Perhatian
      Jangan Disepelekan, Ban Serep Juga Butuh Perhatian
      Setyo Adi Nugroho . 04 Nov, 2024
    • Test Drive Mazda CX-30: Karakter Sporty Mendominasi Plus Kenyamanan Ekstra
      Test Drive Mazda CX-30: Karakter Sporty Mendominasi Plus Kenyamanan Ekstra
      Setyo Adi Nugroho . 21 Jan, 2025
    • Test Drive Pikap Toyota Hilux Rangga: Bukan Sekadar Kendaraan Niaga Biasa
      Test Drive Pikap Toyota Hilux Rangga: Bukan Sekadar Kendaraan Niaga Biasa
      Zenuar Yoga . 23 Des, 2024
    • First Drive Jetour X70 Plus: Andalkan Kelapangan Kabin dan Tenaga Perkasa
      First Drive Jetour X70 Plus: Andalkan Kelapangan Kabin dan Tenaga Perkasa
      Anjar Leksana . 19 Des, 2024
    • Test Drive Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Calligraphy: Tetap Memberikan Esensi Kemewahan dan Kenyamanan
      Test Drive Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Calligraphy: Tetap Memberikan Esensi Kemewahan dan Kenyamanan
      Anindiyo Pradhono . 14 Des, 2024
    • Test Drive Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV Calligraphy: Powerful dan Efisien!
      Test Drive Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV Calligraphy: Powerful dan Efisien!
      Anjar Leksana . 11 Des, 2024