Wuling Motors mengisi market elektrifikasi di segmen medium SUV. Mereka baru saja merilis Almaz Hybrid dengan jantung pacu yang berbeda dari reguler. Rival paling dekat sekarang ialah Toyota Corolla Cross Hybrid. Semakin banyak produk anyar, artinya buat pasar kian ramai. Konsumen bisa memilih sesuai kebutuhan dan dana di kantong. Namun sebelum meminang pilihan terbaik, mari lihat kemampuan masing-masing unit.
Dari data pabrikan, Almaz Hybrid memangku mesin 1.999 cc non-turbo. Ukuran diameter kali langkah 81 mm x 97 mm. Torsi puncak enjin konvensional 168 Nm pada 4.000 - 4.400 rpm. Daya maksimum 123 Hp atau 125 PS di 5.600 rpm. Sedangkan motor listriknya saja sanggup memberikan tenaga 174 Hp (176 PS) serta momen puntir 320 Nm. Ia menggendong baterai ternary lithium ion (NMC) berkekuatan 1,8 kWh. Lantas hasil ekstraksi pembakaran internal dan motor listrik disalurkan via Dedicated Hybrid Transmission (DHT) elektromagnetik.
Sedangkan milik Toyota Corolla Cross Hybrid bervolume lebih kecil yakni 1,8 liter empat silinder segaris. Formatnya 16 valve DOHC plus VVT-i. Varian ini memiliki rasio kompresi lebih tinggi (13:1) dan tenaga tersalur 98 PS serta 142 Nm. Sokongan tenaga dari motor listrik 72 PS plus torsi 163 Nm. Distribusi energi kinetik menggunakan girboks E-CVT dengan Shift Lock. Konsumsi bahan bakar dibilang 50 persen jauh lebih irit dari trim reguler. Ia pakai baterai 4,2 kWh 650 V nikel metal hidrida. Data di atas kertas menunjukan Almaz HEV lebih unggul.
Baca Juga: Opsi SUV Hybrid Toyota, Pilih C-HR atau Corolla Cross?
Corolla Cross Hybrid hanya dilengkapi dengan paket fitur keamanan pasif dan aktif. Mulai dari rem ABS+EBD, 3 point seat belt with pretensioner and force limiter, 7 airbag, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC). Lanjut Emergency Brake Signal (EBS), sensor parkir depan belakang, kamera parkir di belakang, serta imbuhan alam plus immobilizer. Namun kekurangannya, fitur Toyota Safety Sense belum tersedia.
Almaz Hybrid punya itu semua, namun yang membedakan dari Corolla Cross ialah jumlah airbag. Hanya empat titik (dual front and side). Tapi, untuk menutupi kekurangan ini. Pabrikan Cina membekali ADAS bagian inovasi WISE. Ia terbagi dalam empat kategori. Pertama, Adaptive Cruise berupa: Adaptive Cruise Control (ACC), Bend Cruise Assistance (BCA), Traffic Jam Assistance (TJA) dan Intelligent Cruise Assistance (ICA). Lalu kategori selanjutnya berupa Lane Recognition, didukung Lane Departure Warning (LDW) dan Lane Keeping Assistance (LKA). Belum lagi imbuhan Internet of Vehicle (IoV) dan perintah suara Wuling Indonesian Command. Di sektor ini Corolla Cross kalah telak.
Menimbang harga Almaz Hybrid Rp470 juta yang lebih murah dari Toyota Corolla Cross HEV Rp540,9 juta. Rasanya pendatang baru lebih menarik dan memikat. Kemampuan mesin lebih besar dan kelengkapan fitur jadi dasar utama pertimbangan. Layanan purnajual Wuling Motors juga semakin berkembang di sini. Tapi jika Anda bukan orang yang anti-mainstream, tentu Toyota adalah pilihan aman. (Alx/Odi)
Baca Juga: Pilih Mobil Listrik, Hyundai Ioniq 5 atau Nissan Leaf?
…Memuat Lebih Banyak