Alasan KTB Fuso Senantiasa Fokus Garap Mikro Bus (LDT) di Indonesia

Mitsubishi Fuso Canter Bus Indonesia

Perkembangan infrastruktur (jalan tol) di Indonesia terus dilakukan. Makanya pertumbuhan segmen bus besar (big bus) sebagai moda transportasi juga ikut meningkat. Apalagi makin banyak karoseri membuat bodi kendaraan semenarik mungkin, bikin ramai pasar. Lantas apakah KTB Fuso tertarik terjun di lahan ini? Petinggi perusahaan menyampaikan, tetap fokus menggarap di market yang mereka kuasai seperti light duty truck (LDT). 

KEY TAKEAWAYS

  • KTB masih mempelajari peluang bermain di segmen big bus

    Pasar mikro bus masih dianggap menjanjikan
  • “Kalau di kelas bus ini memang terdapat beberapa segmen. Ada yang bus besar dan mikro bus. Saat ini kami KTB masih fokus buat mengembangkan dan mempertahankan mikro bus di kelas LDT. Lagi-lagi memang segmen LDT ini ada enam ban dan empat ban. Sampai saat ini bisa kami sampaikan segmen mikro bus di segmen enam ban kami masih jadi market leader. Sehingga kami masih fokus mempertahankan posisi ini seterusnya,” tutur Aji Jaya, Director of Sales & Marketing Division PT KTB, di Jakarta. 

    Baca Juga: Kelengkapan Mitsubishi Fuso Canter Bus Seharga Rp500 Jutaan 

    Nah, salah satu usaha yang dilakukan KTB ialah meluncurkan Canter Bus di GIIAS 2023 dan sudah bisa dibeli konsumen sejak Desember tahun lalu. Aji mengklaim, respons market masih sangat baik. Di sisi lain, kendaraan niaga paling besar di Indonesia berupa LDT. Hampir 50 persen dari berbagai model dijual. Sehingga pasar ini dianggap paling menjanjikan dan Fuso tetap bermain di bagian ini.

    “Untuk bus besar, memang kalau melihat pasarnya terus tumbuh. Tentunya kami & prinsipal terus mempelajari tentang produk ini. Mitsubishi Fuso berkomitmen memberikan inovasi sesuai dengan perkembangan pasar dan permintaannya. Tapi kami masih fokus di mikrobus di segmen LDT. Market bus besar itu tidak lepas dari pengamatan prinsipal. Kami masih melakukan studi,” tuturnya lagi. 

    Medium Duty Truck (MDT)

    Fuso Fighter X

    Lanjut soal MDT, KTB Fuso memiliki Fighter series dan mereka menargetkan 20 persen sepanjang 2024 atau naik 2 persen dibanding torehan 2023. Strategi yang mereka lakukan ialah memperkuat Fighter X dengan mengandalkan produk eksis. Karena persaingan dan penerimaan produk itu masih sangat terbuka untuk lebih besar lagi. Dua tahun belakangan, kendaraan ini alami peningkatan. Artinya penerimaan pasar masih baik. 

    Baca Juga: Mitsubishi Fuso Rilis Fighter X Terbaru, Dirancang untuk Tambang dan Logistik 

    Cara selanjutnya memberikan peningkatan buat eksisting produk. Yakni dengan menambahkan spesifikasi, sesuai kebutuhan konsumen. Contoh, dulu KTB menyediakan varian reguler. Kemudian untuk segmen off-road, ternyata dibagi lagi menjadi dua kelas, biasa dan berat. Pabrikan kemudian memberi penyempurnaan, menambah spesifikasi. 

    Di sektor logistik sekarang berkembang dan kebutuhannya bervariasi. Jalan tol di Indonesia semakin terhubung antarkota. Alhasil mendorong pengusaha melakukan operasi kendaraan jadi lebih jauh. KTB pun jeli mengamati kebutuhan pasar dengan menambahkan tangki bahan bakar. Standar 200 liter menjadi 400 liter. Sehingga produk mereka semakin diterima market. 

    Aji juga menambahkan. Di segmen niaga ada beberapa kontributor penjualan seperti di sektor pertambangan, perkebunan, manufaktur, konstruksi dan logistik dan lainnya. Dari lahan bisnis ini, kontribusi besar terhadap penjualan niaga mereka berasal dari logistik. Sedangkan plantation dan mining selama 2023 tidak lebih baik dari 2022. Menurutnya, hal itu akibat gejolak ekonomi. Sehingga berdampak sama permintaan serta komoditas. Misal harga nikel turun, sawit pun demikian. Pertumbuhannya sangat stagnan. (Alx)

    Baca Juga: Truk Listrik Fuso eCanter Meluncur di GIIAS 2024, Sistem Sewa Dikaji

    Jelajahi Mitsubishi Fighter FM 65 FS Hi Gear

    Model Truk Mitsubishi

    Truk Mitsubishi
    • Mitsubishi Fighter FN 61 FS
      Mitsubishi Fighter FN 61 FS
    • Mitsubishi Fighter FM 65 FL Hi Gear
      Mitsubishi Fighter FM 65 FL Hi Gear
    • Mitsubishi Fighter FM 65 FS Hi Gear
      Mitsubishi Fighter FM 65 FS Hi Gear
    • Mitsubishi Canter FE 71
      Mitsubishi Canter FE 71
    • Mitsubishi Canter FE 71 L
      Mitsubishi Canter FE 71 L
    • Mitsubishi Canter FE 73
      Mitsubishi Canter FE 73

    Don't Miss

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Truk Mitsubishi Unggulan

    Bandingkan & Rekomendasi

    Tren Box Body

    Artikel Truk Mitsubishi Fighter FM 65 FS Hi Gear dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Advisory Stories
    • Road Test
    • Mitsubishi Fuso Dukung Gelaran Jambore Nasional Canter Mania 2024
      Mitsubishi Fuso Dukung Gelaran Jambore Nasional Canter Mania 2024
      Setyo Adi Nugroho . 16 Des, 2024
    • Karoseri Mikrobus Trijaya Union Percayakan Kebutuhan AC Kabin dari Yaruki
      Karoseri Mikrobus Trijaya Union Percayakan Kebutuhan AC Kabin dari Yaruki
      Zenuar Yoga . 09 Des, 2024
    • Mitsubishi Fuso eCanter Punya Segudang Kelebihan, Efisiensi Cost Tembus 30 Persen!
      Mitsubishi Fuso eCanter Punya Segudang Kelebihan, Efisiensi Cost Tembus 30 Persen!
      OTO . 05 Des, 2024
    • 50 Isuzu Menemani di Jalan, Gelar Konvoi Kendaraan dan Tanam Bibit Pohon
      50 Isuzu Menemani di Jalan, Gelar Konvoi Kendaraan dan Tanam Bibit Pohon
      OTO . 25 Nov, 2024
    • Yusen Logistics Resmi Pakai Truk Listrik Mitsubishi Fuso eCanter
      Yusen Logistics Resmi Pakai Truk Listrik Mitsubishi Fuso eCanter
      Anjar Leksana . 14 Nov, 2024
    • Kilas Balik Perjalanan Isuzu hingga Menjadi Produsen Kendaraan Niaga Dunia
      Kilas Balik Perjalanan Isuzu hingga Menjadi Produsen Kendaraan Niaga Dunia
      Anjar Leksana . 14 Nov, 2023
    • Catatan Setengah Abad Mitsubishi Fuso, dari Colt Bagong sampai Truk Listrik
      Catatan Setengah Abad Mitsubishi Fuso, dari Colt Bagong sampai Truk Listrik
      Ivan Hermawan . 05 Des, 2020
    • Telisik Ragam Fitur Canggih di Berbagai Merek Truk
      Telisik Ragam Fitur Canggih di Berbagai Merek Truk
      Helmi Alfriandi . 03 Feb, 2020
    • Supir Truk Wajib Tahu! Ini Tips Keselamatan Berkendara dari Mitsubishi Fuso
      Supir Truk Wajib Tahu! Ini Tips Keselamatan Berkendara dari Mitsubishi Fuso
      Zenuar Yoga . 26 Sep, 2024
    • Trik Berkendara Hemat Bahan Bakar ala Isuzu
      Trik Berkendara Hemat Bahan Bakar ala Isuzu
      Muhammad Hafid . 08 Okt, 2022
    • Cara Menjaga Kebugaran Bagi Pengemudi Truk dan Bus di Tengah Pandemi
      Cara Menjaga Kebugaran Bagi Pengemudi Truk dan Bus di Tengah Pandemi
      Muhammad Hafid . 13 Mei, 2020
    • First Drive Mitsubishi Fuso Canter Bus: Peningkatan Kenyamanan di Segmen Microbus
      First Drive Mitsubishi Fuso Canter Bus: Peningkatan Kenyamanan di Segmen Microbus
      Setyo Adi Nugroho . 04 Mar, 2024
    • Mencoba Truk Mitsubishi Canter FE 74 HD Euro 4
      Mencoba Truk Mitsubishi Canter FE 74 HD Euro 4
      Anjar Leksana . 30 Mar, 2022
    • First Drive UD Trucks Kuzer RKE 150 3850: Pekerja Pintar Bertenaga Besar
      First Drive UD Trucks Kuzer RKE 150 3850: Pekerja Pintar Bertenaga Besar
      Ahmad Karim . 08 Mar, 2020
    • First Drive Mercedes-Benz Axor 3340 S (Part-2): Ketangguhan Melahap Medan Off-Road
      First Drive Mercedes-Benz Axor 3340 S (Part-2): Ketangguhan Melahap Medan Off-Road
      Helmi Alfriandi . 19 Mei, 2019
    • First Drive Mercedes-Benz Axor 3340 S AMT (Part-1): Sensasi Truk Fuso FZ Berlogo Mercy
      First Drive Mercedes-Benz Axor 3340 S AMT (Part-1): Sensasi Truk Fuso FZ Berlogo Mercy
      Helmi Alfriandi . 19 Mei, 2019