Alasan Roda Mobil Punya Jumlah Baut Berbeda

ban hankook

Kalau Anda perhatikan roda mobil, coba hitung ada berapa baut yang menopang. Perhatikan lagi jumlah di mobil yang beda model, bisa saja jumlahnya berbeda. Ternyata sebabnya tak sesederhana untuk menyesuaikan dengan jenis kendaraan semata. Para insinyur punya perhitungan matang untuk menentukan komponen ini.

Namanya adalah pola baut (bolt pattern) dan deskripsinya dalam jumlah baut terpasang beserta diameter lingkar posisi baut (Pitch Circle Diameter - PCD). Misal, PCD 4 x 100 mm, artinya ada empat baut yang diposisikan dengan diameter 100 mm. Jumlah bautnya sendiri, biasanya ditentukan pabrikan lantaran ukuran/bobot kendaraan, juga performanya.

Ukuran itu pada dasarnya dirancang menyesuaikan bobot kendaraan demi keamanan dan keselamatan berkendara. Agar distribusi bobot terbagi merata saat roda memutar, maka disesuaikanlah jumlah dan jaraknya. Performa kendaraan pun akan memberikan beban berbeda saat bergerak, sehingga seringkali ditemukan ukuran PCD berbeda di mobil yang sama namun paket performa lebih tinggi.

Baca Juga: Kualitas Ban Michelin Dijamin Tetap Terjaga Meski Tanpa Bungkus Plastik

falkentyre.com

Mobil-mobil mini atau teramat kecil seperti Smart ForTwo, Renault Kwid, hanya menggunakan 3 baut di tiap rodanya dengan diameter 112,5 (Smart ForTwo), jadi disebut PCD 3 x 112,5 mm. Beda lagi dengan Smart ForFour yang punya tenaga berlebih, ia pakai 4 x 114,3 mm. Model-model kendaraan city car hingga MPV di Indonesia, dengan mesin 1,2 liter - 1,5 liter, rata-rata memakai PCD 4 x 100 mm.

Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, mobil berjenis MPV bermesin 1,3-1,5 liter dengan tugas mengangkut 7 penumpang disiapkan dengan roda berspesifikasi PCD 4 x 114,3 mm. Meski sekelas, Mitsubishi Xpander dan Suzuki Ertiga malahan pakai baut 5 dengan diameter PCD serupa.

Jika Anda memilih untuk mengganti pelek, pastikan ukuran PCD sama seperti sebelumnya. Jika tidak, tentu pelek tak bisa dipasang. Walau demikian, ada saja modifikator yang berani mengganti atau mengubah PCD pada mobilnya mengikuti dengan pelek baru.

Kenapa Mobil F1 Cuma 1 Baut?

Jika teorinya atas dasar bobot dan performa, lantas mengapa mobil F1 hanya menggunakan satu baut pada tiap roda? Bukan berarti tak berlaku, namun mobil balap F1 memang dirancang bukan dengan keselamatan dan keamanan berkendara di atas segalanya. Bagi olahraga ini, waktu cepat adalah prioritas utama.

Semakin banyak baut yang dipakai, maka bertambah pula waktu yang dibutuhkan untuk mengganti roda ketika dibutuhkan. Karena itu diciptakanlah metode penggunaan satu baut agar penggantian roda bisa cepat. Bayangkan, pada era modern hanya butuh waktu tak lebih dari 2 detik untuk mengganti keempat roda F1. (Van/Odi)

Sumber: Speedywheel

Baca Juga: Kelangkaan Chip Semikonduktor Menyebabkan Produksi Mobil Terganggu

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • VinFast VF 3 Raih Most Test-Driven Vehicle di IIMS 2025, Mobil Listrik Kompak Terlaris
    VinFast VF 3 Raih Most Test-Driven Vehicle di IIMS 2025, Mobil Listrik Kompak Terlaris
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • Daihatsu Indonesia Recall Rocky & Ayla 1.2 CVT: Segera Perbarui Software ECU Anda
    Daihatsu Indonesia Recall Rocky & Ayla 1.2 CVT: Segera Perbarui Software ECU Anda
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Bedah Spek dan Pembaruan Mercedes-AMG G 63, SUV Buas Rp7,2 Miliar
    Bedah Spek dan Pembaruan Mercedes-AMG G 63, SUV Buas Rp7,2 Miliar
    Alvando Noya . Hari ini
  • Test Drive BYD Sealion 7 Jakarta – Bandung , Apa Istimewanya? (Bagian 1)
    Test Drive BYD Sealion 7 Jakarta – Bandung , Apa Istimewanya? (Bagian 1)
    Eka Zulkarnain H . Hari ini
  • Aion V Jadi Primadona Selama IIMS 2025, Raih 733 SPK
    Aion V Jadi Primadona Selama IIMS 2025, Raih 733 SPK
    Zenuar Yoga . Hari ini

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Daftar Ubahan New Toyota Camry Hybrid 2025 dan Skema Cicilannya
    Daftar Ubahan New Toyota Camry Hybrid 2025 dan Skema Cicilannya
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Gelora E dan Seres E1 Dominasi Capaian DFSK-Seres di IIMS 2025
    Gelora E dan Seres E1 Dominasi Capaian DFSK-Seres di IIMS 2025
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini
  • Ada Problem ECU, Astra Daihatsu Motor Recall Rocky dan Ayla
    Ada Problem ECU, Astra Daihatsu Motor Recall Rocky dan Ayla
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Persiapan Mudik Lebaran, Suzuki Beri Diskon Suku Cadang 15 Persen
    Persiapan Mudik Lebaran, Suzuki Beri Diskon Suku Cadang 15 Persen
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Road Trip Efisien dan Nyaman Jakarta-Ciwidey Bersama Mercedes-Benz EQE 350 4Matic SUV
    Road Trip Efisien dan Nyaman Jakarta-Ciwidey Bersama Mercedes-Benz EQE 350 4Matic SUV
    OTO . Hari ini
  • Xpeng X9 Siap Bersaing di Indonesia, Kenali Dulu Spesifikasinya
    Xpeng X9 Siap Bersaing di Indonesia, Kenali Dulu Spesifikasinya
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • Mercedes-Benz Electric G 580 Edition One: Tangguh dan Ramah Lingkungan
    Mercedes-Benz Electric G 580 Edition One: Tangguh dan Ramah Lingkungan
    Muhammad Hafid . 27 Feb, 2025
  • Komparasi Spesifikasi AION V, Geely EX5 dan BYD Atto3
    Komparasi Spesifikasi AION V, Geely EX5 dan BYD Atto3
    OTO . 23 Feb, 2025
  • Harga Bersaing, Adu Kekuatan Hyptec HT Vs BYD Sealion 7
    Harga Bersaing, Adu Kekuatan Hyptec HT Vs BYD Sealion 7
    OTO . 23 Feb, 2025
  • Review Test Suzuki S-Presso di IIMS 2025: Mobil Murah Masih Relevan Buat Harian
    Review Test Suzuki S-Presso di IIMS 2025: Mobil Murah Masih Relevan Buat Harian
    Ardiantomi . 21 Feb, 2025
  • Pascaliburan Jangan Lupa Cek Bagian Kendaraan Ini!
    Pascaliburan Jangan Lupa Cek Bagian Kendaraan Ini!
    Setyo Adi Nugroho . 30 Jan, 2025
  • Potensi Masalah Kendaraan di Perjalanan Sepanjang Waktu Liburan
    Potensi Masalah Kendaraan di Perjalanan Sepanjang Waktu Liburan
    Setyo Adi Nugroho . 30 Jan, 2025
  • Tips Berkendara Saat Hujan di Libur Nataru
    Tips Berkendara Saat Hujan di Libur Nataru
    Setyo Adi Nugroho . 30 Des, 2024
  • Perhatikan Faktor Ini untuk Atasi Mesin Hilang Tenaga dan Ngelitik
    Perhatikan Faktor Ini untuk Atasi Mesin Hilang Tenaga dan Ngelitik
    Setyo Adi Nugroho . 30 Des, 2024
  • Berkendara Liburan Akhir Tahun, Persiapkan Hal Ini Biar Aman dan Nyaman
    Berkendara Liburan Akhir Tahun, Persiapkan Hal Ini Biar Aman dan Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 11 Des, 2024
  • Test Drive BYD Sealion 7: Di Mana Letak Kelebihannya?
    Test Drive BYD Sealion 7: Di Mana Letak Kelebihannya?
    Eka Zulkarnain . 03 Mar, 2025
  • First Drive Chery Tiggo Cross: Mengancam Lawan dengan Paket Fitur dan Harga!
    First Drive Chery Tiggo Cross: Mengancam Lawan dengan Paket Fitur dan Harga!
    Setyo Adi Nugroho . 12 Feb, 2025
  • Test Drive New Hyundai Creta N Line: Semakin Asyik Dikendarai
    Test Drive New Hyundai Creta N Line: Semakin Asyik Dikendarai
    Anjar Leksana . 12 Feb, 2025
  • First Drive Mazda CX-80 PHEV: Performa dan Konsumsi BBM Impresif!
    First Drive Mazda CX-80 PHEV: Performa dan Konsumsi BBM Impresif!
    Setyo Adi Nugroho . 31 Jan, 2025
  • Test Drive Mazda CX-30: Karakter Sporty Mendominasi Plus Kenyamanan Ekstra
    Test Drive Mazda CX-30: Karakter Sporty Mendominasi Plus Kenyamanan Ekstra
    Setyo Adi Nugroho . 21 Jan, 2025