Alasan Roda Mobil Punya Jumlah Baut Berbeda

ban hankook

Kalau Anda perhatikan roda mobil, coba hitung ada berapa baut yang menopang. Perhatikan lagi jumlah di mobil yang beda model, bisa saja jumlahnya berbeda. Ternyata sebabnya tak sesederhana untuk menyesuaikan dengan jenis kendaraan semata. Para insinyur punya perhitungan matang untuk menentukan komponen ini.

Namanya adalah pola baut (bolt pattern) dan deskripsinya dalam jumlah baut terpasang beserta diameter lingkar posisi baut (Pitch Circle Diameter - PCD). Misal, PCD 4 x 100 mm, artinya ada empat baut yang diposisikan dengan diameter 100 mm. Jumlah bautnya sendiri, biasanya ditentukan pabrikan lantaran ukuran/bobot kendaraan, juga performanya.

Ukuran itu pada dasarnya dirancang menyesuaikan bobot kendaraan demi keamanan dan keselamatan berkendara. Agar distribusi bobot terbagi merata saat roda memutar, maka disesuaikanlah jumlah dan jaraknya. Performa kendaraan pun akan memberikan beban berbeda saat bergerak, sehingga seringkali ditemukan ukuran PCD berbeda di mobil yang sama namun paket performa lebih tinggi.

Baca Juga: Kualitas Ban Michelin Dijamin Tetap Terjaga Meski Tanpa Bungkus Plastik

falkentyre.com

Mobil-mobil mini atau teramat kecil seperti Smart ForTwo, Renault Kwid, hanya menggunakan 3 baut di tiap rodanya dengan diameter 112,5 (Smart ForTwo), jadi disebut PCD 3 x 112,5 mm. Beda lagi dengan Smart ForFour yang punya tenaga berlebih, ia pakai 4 x 114,3 mm. Model-model kendaraan city car hingga MPV di Indonesia, dengan mesin 1,2 liter - 1,5 liter, rata-rata memakai PCD 4 x 100 mm.

Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, mobil berjenis MPV bermesin 1,3-1,5 liter dengan tugas mengangkut 7 penumpang disiapkan dengan roda berspesifikasi PCD 4 x 114,3 mm. Meski sekelas, Mitsubishi Xpander dan Suzuki Ertiga malahan pakai baut 5 dengan diameter PCD serupa.

Jika Anda memilih untuk mengganti pelek, pastikan ukuran PCD sama seperti sebelumnya. Jika tidak, tentu pelek tak bisa dipasang. Walau demikian, ada saja modifikator yang berani mengganti atau mengubah PCD pada mobilnya mengikuti dengan pelek baru.

Kenapa Mobil F1 Cuma 1 Baut?

Jika teorinya atas dasar bobot dan performa, lantas mengapa mobil F1 hanya menggunakan satu baut pada tiap roda? Bukan berarti tak berlaku, namun mobil balap F1 memang dirancang bukan dengan keselamatan dan keamanan berkendara di atas segalanya. Bagi olahraga ini, waktu cepat adalah prioritas utama.

Semakin banyak baut yang dipakai, maka bertambah pula waktu yang dibutuhkan untuk mengganti roda ketika dibutuhkan. Karena itu diciptakanlah metode penggunaan satu baut agar penggantian roda bisa cepat. Bayangkan, pada era modern hanya butuh waktu tak lebih dari 2 detik untuk mengganti keempat roda F1. (Van/Odi)

Sumber: Speedywheel

Baca Juga: Kelangkaan Chip Semikonduktor Menyebabkan Produksi Mobil Terganggu

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • 7 Rekomendasi Mobil Hybrid di Indonesia 2025: Hemat, Ramah Lingkungan, dan Kaya Fitur
    7 Rekomendasi Mobil Hybrid di Indonesia 2025: Hemat, Ramah Lingkungan, dan Kaya Fitur
    Muhammad Hafid . 31 Jan, 2025
  • TIPS: 6 Hal Ini Bisa Ganggu Perjalanan Liburan, Ini Solusinya
    TIPS: 6 Hal Ini Bisa Ganggu Perjalanan Liburan, Ini Solusinya
    Setyo Adi . 31 Jan, 2025
  • Mercedes-Benz Siapkan V-Class Listrik Untuk Lawan MPV Cina, Punya ADAS Level 3
    Mercedes-Benz Siapkan V-Class Listrik Untuk Lawan MPV Cina, Punya ADAS Level 3
    Alvando Noya . 31 Jan, 2025
  • MPV Listrik untuk Keluarga dan Bisnis, Ini 7 Hal Menarik Maxus Mifa 7
    MPV Listrik untuk Keluarga dan Bisnis, Ini 7 Hal Menarik Maxus Mifa 7
    Tomi Tomi . 31 Jan, 2025
  • Sukses Program Go Green Fund, Chery Omoda E5 Ramai Peminat
    Sukses Program Go Green Fund, Chery Omoda E5 Ramai Peminat
    Anjar Leksana . 31 Jan, 2025

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • V-Green dan eTreego Siapkan 100.000 Stasiun Pengisian Daya Khusus VinFast
    V-Green dan eTreego Siapkan 100.000 Stasiun Pengisian Daya Khusus VinFast
    Alvando Noya . 31 Jan, 2025
  • GT Radial Champiro SX-R Jadi Ban Resmi Balapan Super Series 2025
    GT Radial Champiro SX-R Jadi Ban Resmi Balapan Super Series 2025
    Anjar Leksana . 31 Jan, 2025
  • Seres E1 x Gofar Hilman Tampilkan Inovasi di IIMS 2025
    Seres E1 x Gofar Hilman Tampilkan Inovasi di IIMS 2025
    Zenuar Yoga . 31 Jan, 2025
  • GWM dan OTO Mall Exhibition Pamerkan Tank 300 HEV dan Haval Jolion di Summarecon Mall Serpong
    GWM dan OTO Mall Exhibition Pamerkan Tank 300 HEV dan Haval Jolion di Summarecon Mall Serpong
    OTO . 31 Jan, 2025
  • Short Blade Battery Geely EX5, Ngecas 10 Menit Bisa Tempuh Ratusan Km
    Short Blade Battery Geely EX5, Ngecas 10 Menit Bisa Tempuh Ratusan Km
    Anjar Leksana . 31 Jan, 2025
  • 7 Mobil Hybrid yang Bisa Jadi Pertimbangan di Awal 2025
    7 Mobil Hybrid yang Bisa Jadi Pertimbangan di Awal 2025
    Muhammad Hafid . 01 Feb, 2025
  • 7 Kelengkapan Ini Jadi Pendongkrak Kenyamanan Mitsubishi Xpander Cross
    7 Kelengkapan Ini Jadi Pendongkrak Kenyamanan Mitsubishi Xpander Cross
    Ardiantomi . 31 Jan, 2025
  • New Mitsubishi Pajero Sport Kian Komplet dan Canggih, Simak Beda Variannya!
    New Mitsubishi Pajero Sport Kian Komplet dan Canggih, Simak Beda Variannya!
    Ardiantomi . 31 Jan, 2025
  • 5 LMPV yang Laris Tahun Lalu, Bakal Tetap Jadi Favorit di 2025?
    5 LMPV yang Laris Tahun Lalu, Bakal Tetap Jadi Favorit di 2025?
    Muhammad Hafid . 30 Jan, 2025
  • Simak 7 Fitur Penunjang Kenyamanan Penumpang MPV Listrik Maxus Mifa 7
    Simak 7 Fitur Penunjang Kenyamanan Penumpang MPV Listrik Maxus Mifa 7
    Ardiantomi . 30 Jan, 2025
  • Pascaliburan Jangan Lupa Cek Bagian Kendaraan Ini!
    Pascaliburan Jangan Lupa Cek Bagian Kendaraan Ini!
    Setyo Adi Nugroho . 30 Jan, 2025
  • Potensi Masalah Kendaraan di Perjalanan Sepanjang Waktu Liburan
    Potensi Masalah Kendaraan di Perjalanan Sepanjang Waktu Liburan
    Setyo Adi Nugroho . 30 Jan, 2025
  • Tips Berkendara Saat Hujan di Libur Nataru
    Tips Berkendara Saat Hujan di Libur Nataru
    Setyo Adi Nugroho . 30 Des, 2024
  • Perhatikan Faktor Ini untuk Atasi Mesin Hilang Tenaga dan Ngelitik
    Perhatikan Faktor Ini untuk Atasi Mesin Hilang Tenaga dan Ngelitik
    Setyo Adi Nugroho . 30 Des, 2024
  • Berkendara Liburan Akhir Tahun, Persiapkan Hal Ini Biar Aman dan Nyaman
    Berkendara Liburan Akhir Tahun, Persiapkan Hal Ini Biar Aman dan Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 11 Des, 2024
  • First Drive Mazda CX-80 PHEV: Performa dan Konsumsi BBM Impresif!
    First Drive Mazda CX-80 PHEV: Performa dan Konsumsi BBM Impresif!
    Setyo Adi Nugroho . 31 Jan, 2025
  • Test Drive Mazda CX-30: Karakter Sporty Mendominasi Plus Kenyamanan Ekstra
    Test Drive Mazda CX-30: Karakter Sporty Mendominasi Plus Kenyamanan Ekstra
    Setyo Adi Nugroho . 21 Jan, 2025
  • Test Drive Pikap Toyota Hilux Rangga: Bukan Sekadar Kendaraan Niaga Biasa
    Test Drive Pikap Toyota Hilux Rangga: Bukan Sekadar Kendaraan Niaga Biasa
    Zenuar Yoga . 23 Des, 2024
  • First Drive Jetour X70 Plus: Andalkan Kelapangan Kabin dan Tenaga Perkasa
    First Drive Jetour X70 Plus: Andalkan Kelapangan Kabin dan Tenaga Perkasa
    Anjar Leksana . 19 Des, 2024
  • Test Drive Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Calligraphy: Tetap Memberikan Esensi Kemewahan dan Kenyamanan
    Test Drive Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Calligraphy: Tetap Memberikan Esensi Kemewahan dan Kenyamanan
    Anindiyo Pradhono . 14 Des, 2024