Mitsubishi Indonesia boleh berbangga. Sebab Xpander series menjadi model paling banyak dipesan selama GIIAS 2021. Kombinasi angkanya sekitar 2.230 SPK atau 85 persen dari total torehan MMKSI. Ia menjadi primadona baru. Namun bila calon konsumen tertarik ambil unit serupa. Sebaiknya jangan tanggung memilih – khusus varian tengah ke atas – kalau dari segi value for money. Simak sejumlah alasan, lebih baik beli Ultimate CVT ketimbang trim Sport CVT.
Yang pertama dan paling penting ialah pertimbangan harga. Semua mendapat potongan PPnBM dari pemerintah 100 persen. Usai diskon, Mitsubishi Xpander Sport CVT berbanderol Rp270,44 juta. Sedangkan Ultimate dilepas Rp272,58 juta OTR Jakarta. Selisih hanya Rp2,14 juta saja namun perbedaan di kedua tipe sangat jauh. Entah, mungkin ini strategi dagang MMKSI untuk menggiring konsumen agar ambil strata atas sekalian.
Dari eksterior, tampilan tubuh dan dimensi sama. Xpander punya panjang 4.595 mm, lebar 1.750 mm, tinggi 1.750 mm, wheelbase 2.775 mm. Pelek tipe Sport sekarang menggunakan single tone silver 16 inci. Sedangkan Ultimate CVT memakai 17 inci dual tone yang bergaya sporty. Secara umum pencahayaan utama imbang, berteknologi LED projector headlamp dan foglamp halogen.
Baca Juga: Mitsubishi Xpander Series Paling Banyak Dipesan Selama GIIAS 2021
Beralih ke bagian dalam. Perbedaan keduanya lumayan kacek. Ultimate pakai warna interior kombinasi hitam dan krem. Sedangkan Sport gabungan antara coklat & hitam. Jok mereka masih berbahan fabric high grade. Sedangkan head unit berukuran lebih besar yakni 8 inci. Bisa sambung AM/FM radio, Bluetooth, iPhone, USB, smartphone connectivity. AC juga sudah digital. Hanya di varian paling atas, tersisip fitur cruise control. Jadi sayang, kalau Anda membeli Xpander Sport. Sebab tidak tersedia.
Sedangkan fitur keamanan dan keselamatan masih agak imbang. Kedua varian mengenakan sistem pengereman Anti-lock Brake System, Electronic Braking System dan Brake Assist. Lalu terpasang dual SRS airbags, speed sensing door lock. Sisanya ada ISOFIX child seat, Active Stability Control, Hill Start Assist, plus Immobilizer with Security Alarm. Lalu kamera parkir cuma ada di Ultimate.
Xpander facelift 2022 mempertahankan enjin peminum bensin MIVEC 1,5 liter empat silinder DOHC. Mesin memberi momen puntir sekuat 141 Nm, diraih pada 4.000 rpm. Resultan denyut tenaga sampai 105 PS pada 6.000 rpm. Di kedua varian, penyaluran tenaga pakai transmisi CVT. Semua didistribusi ke roda depan.
Coba cermati dan kalkulasikan dengan matang. Selisih harga hanya Rp2 jutaan tapi kelengkapan fitur sangat beda. Ultimate dalam hal ini, lebih layak diprioritaskan daripada Sport CVT. Apalagi bila membeli secara kredit, pasti tidak terasa. Nah, sedangkan kalau Anda ingin trim murah, baiknya ambil Exceed atau GLS CVT. (Alx)
Baca Juga: Bedah Varian Mitsubishi Xpander Exceed 2022 Senilai Rp240 Jutaan
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.