Alasan Yamaha Memakai Kata "Turbo" di Nmax Terbaru

Yamaha Nmax Turbo

Istilah "Turbo" di Yamaha Nmax generasi terbaru menjadi topik hangat. Sebagian orang merasa bahwa nama "Turbo" tidak tepat dan hanya merupakan trik pemasaran. Namun, sebenarnya istilah tersebut digunakan untuk memudahkan konsumen dalam memahami teknologi terkini yang diaplikasikan pada Yamaha Nmax, bukan untuk menandakan adanya turbocharger seperti yang biasa ditemukan pada mobil.

“Sebenarnya penamaan “Turbo” itu untuk mengkomunikasikan teknologi terbaru dari Yamaha yakni Yamaha Electric CVT (YECVT). Kita mencoba mencari kata-kata atau istilah yang mudah dipahami," kata Deputy General Manager Marketing Communication Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Antonius Widiantoro, (21/6).

Anton menjelaskan, teknologi YECVT memberikan sensasi berkendara yang mirip dengan tarikan turbo. "Oleh karena itu, 'Turbo' dengan tanda petik dipilih sebagai istilah. Teknologi ini tersembunyi di dalam mesin dan tidak terlihat secara langsung, sama seperti YECVT. Namun, pada dasarnya, istilah ini digunakan untuk memudahkan komunikasi dengan konsumen tentang pembaruan pada Nmax generasi terbaru," kata pria berkacamata tersebut.

Nmax yang bertuliskan "Turbo" tidak bekerja seperti turbo konvensional yang mengompresi udara. Bentuknya juga tidak seperti keong menempel di mesin, melainkan merupakan penyempurnaan di area CVT. Sebelumnya, roller pada pulley primer digunakan untuk mengatur posisi v-belt, namun kini diatur secara elektronik oleh ECVT Motor berdasarkan komando dari Transmission Control Unit (TCU). Secara keseluruhan, komponen ini dikenal sebagai Yamaha Electric CVT atau YECVT.

Yamaha Nmax Turbo

YECVT dapat dikontrol dengan tombol Y-Shift yang terletak di bagian kiri setang. Mengaktifkan Y-Shift akan membuat ECVT Motor mengatur rasio transmisi v-belt antara pulley primer dan sekunder sesuai dengan Shift yang dipilih. Sensasi turbo dapat dirasakan melalui fitur Y-Shift ini karena memberikan akselerasi yang instan.

Y-Shift memiliki tiga level: Shift 1 (rendah), Shift 2 (sedang), Shift 3 (tinggi), yang dapat digunakan ketika RPM minimal adalah 3.000 rpm. Fitur ini berguna saat ingin menyalip, menanjak, atau bahkan saat menuruni bukit. Teknologi Y-Shift ini kemudian diintegrasikan dengan fitur Riding Mode, yang menawarkan dua pilihan: T-Mode (Town Commuting) dan S-Mode (Sport Touring).

Untuk informasi, penambahan label "Turbo" pada Nmax terbaru hanya ada pada varian "Turbo", "Turbo" Tech Max, dan Tech Max Ultimate yang tersedia secara terbatas. Sementara itu, varian lain seperti Neo dan Neo S tetap menggunakan CVT konvensional atau teknologi serupa dengan model sebelumnya.

Adapun unit penggerak utama masih menggunakan mesin Blue Core berkapasitas 155 cc dengan pendinginan cairan, 4 tak SOHC VVA. Mesin ini memiliki diameter x langkah sebesar 58 mm x 58,7 mm dan rasio kompresi 11,6:1, mampu menghasilkan tenaga sebesar 14,2 Hp pada 6.500 rpm dan torsi 13,9 Nm pada 6.500 rpm. (Bgx)

Baca Juga: Meski Tenaga Sama, Mesin Nmax Terbaru Banyak Perbedaan

Jelajahi Yamaha Nmax Turbo

  • Tampak depan serong Yamaha Nmax Turbo
  • Samping kanan Yamaha Nmax Turbo
  • Tampak belakang serong Yamaha Nmax Turbo
  • Tampak depan Yamaha Nmax Turbo
  • Tampak belakang Yamaha Nmax Turbo
  • Samping Kiri Yamaha Nmax Turbo
  • Tampak belakang Yamaha Nmax Turbo
  • Tampak belakang kanan serong Yamaha Nmax Turbo
Yamaha Nmax Turbo
Rp 32,7 - 45,25 Juta Cicilan : Rp 746.098

Model Motor Yamaha

Motor Yamaha
  • Yamaha Nmax
    Yamaha Nmax
  • Yamaha XSR 155
    Yamaha XSR 155
  • Yamaha Gear 125
    Yamaha Gear 125
  • Yamaha MX King
    Yamaha MX King
  • Yamaha WR155 R
    Yamaha WR155 R
Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Yamaha Unggulan

  • Yang Akan Datang

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Scooter

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor Yamaha Nmax Turbo dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Cara Menggunakan Mode Berkendara dan Turbo Y-Shift di Yamaha Nmax Terbaru
    Cara Menggunakan Mode Berkendara dan Turbo Y-Shift di Yamaha Nmax Terbaru
    Setyo Adi Nugroho . 28 Jun, 2024
  • Yamaha Nmax Varian Turbo Paling Laku, Dikirim Mulai Juli
    Yamaha Nmax Varian Turbo Paling Laku, Dikirim Mulai Juli
    Setyo Adi Nugroho . 27 Jun, 2024
  • Ini Alasan Yamaha Pakai “Turbo” di Nmax Generasi Terbaru
    Ini Alasan Yamaha Pakai “Turbo” di Nmax Generasi Terbaru
    Zenuar Yoga . 22 Jun, 2024
  • Meski Tenaga Sama, Mesin Yamaha Nmax Terbaru Banyak Berubah
    Meski Tenaga Sama, Mesin Yamaha Nmax Terbaru Banyak Berubah
    Zenuar Yoga . 21 Jun, 2024
  • Angka Performa Mesin Nmax Turbo Tak Beda Jauh dari Nmax Model Lama
    Angka Performa Mesin Nmax Turbo Tak Beda Jauh dari Nmax Model Lama
    Zenuar Yoga . 19 Jun, 2024
  • Rivalitas Yamaha Nmax “Turbo” vs Honda PCX160 ABS Memasuki Babak Baru, Mana Layak Dipilih?
    Rivalitas Yamaha Nmax “Turbo” vs Honda PCX160 ABS Memasuki Babak Baru, Mana Layak Dipilih?
    Zenuar Yoga . 24 Jun, 2024
  • Cek 5 Fakta Penting Yamaha Nmax “Turbo”, Nomor 3 Enggak Nyangka!
    Cek 5 Fakta Penting Yamaha Nmax “Turbo”, Nomor 3 Enggak Nyangka!
    Zenuar Yoga . 24 Jun, 2024
  • First Ride Yamaha Nmax "Turbo": Pembuktian Performa dan Fitur Terbaru
    First Ride Yamaha Nmax "Turbo": Pembuktian Performa dan Fitur Terbaru
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini