Generasi ketiga BMW X1 akhirnya mengaspal di Indonesia. Tidak lagi berbadan mungil, ia malah kian bongsor demi menunjang kelapangan kabin. Mobil kini dilepas Rp970 juta on the road Jakarta. Ia mengusung BMW Operating System 8 dan BMW Curved Display ditambah sistem parkir otomatis. Semua tersaji demi menembus segmen SUV kompak premium di Tanah Air.
Hanya ada satu tipe di sini: BMW X1 sDrive18i xLine. Jantung pacu mengusung mesin kompak tiga silinder TwinPower Turbo technology. Konfigurasi valvetronic fully variable valve timing, Double-Vanos variable camshaft timing. Tenga puncak 158 PS dan torsi maksimum 230 Nm.
Transfer daya ke roda depan pakai transmisi steptronic tujuh percepatan dengan mekanisme double clutch. Untuk melesat 0-100 km/jam hanya dalam 9 detik. Kendaraan ini dirakit lokal di BMW Production Network 2, PT Gaya Motor, Jakarta Utara.
Bicara desain, X1 semakin matang. Ujung depan dipahat tajam demi memberikan visual lebih besar, didukung dengan lampu depan LED ramping. Kidney grille jembar berbentuk nyaris persegi. Bilah bumper depan dibuat untuk menambah nilai aerodinamika. Garis-garis bodi tegas dan roofline memberi kesan dinamis. Ketika dilihat dari belakang, kaca tampak ramping berikut sapuan horizontal hingga bentuk lampu ekor mencolok. Kaki-kaki dipermanis pelek 18 inci BMW Style 866.
Saat menengok ke kabin. Posisi duduk ditinggikan plus suasana premium progresif. Terinspirasi dari BMW iX agar menciptakan pengalaman berkendara elegan. Elemen kunci berupa panel instrumen ramping, BMW Curved Display, sandaran tangan mengambang, dengan panel kontrol terintegrasi.
Baca Juga: BMW Indonesia Buka Pemesanan EV i7 xDrive60 Gran Lusso, Harganya Fantastis
Kompartemen belakang BMW X1 baru mencakup tiga full-sized seats. Ia menawarkan peningkatan dalam kenyamanan tempat duduk. Jok belakang berkonfigurasi 40: 20: 40 split bisa dilipat atau disesuaikan sudutnya guna memperluas kapasitas bagasi. Dari 540 liter dapat ditingkatkan hingga maksimum 1.600 liter. Karakter premium semakin ditonjolkan lagi dengan panorama glass roof dan stereo speaker system enam speaker.
Untuk handling, BMW X1 terbaru menawarkan karakteristik khas sheer driving pleasure. Teknologi sasis all-rounder kompak dijanjikan memberi keseimbangan harmonis antara pengendalian sporty namun tetap lincah. Konstruksi bodi dibuat ringan dan semakin kokoh. Wheelbase lebih panjang serta track lebar dari model pendahulunya. Suspensi pakai single-joint spring strut axle di depan dan three-link axle di belakang.
Rear differential slip dipasang sebagai standar BMW X1 terbaru. Fungsinya memberikan traksi dan stabilitas berkendara. Fitur-fitur terbaru lainnya termasuk sistem pengereman terintegrasi dan ekstra, terkait lift redaman pada axle depan.
Fitur canggih sudah pasti tersaji berupa ADAS. Isinya meliputi Lane Change Warning, Rear Crossing Traffic Warning with brake intervention. Lanjut Exit Warning, Rear Collision Prevention, Driving Assistant Plus preparation, Parking Assistant, Park Assist, Active Park Distance Control, Reversing Assistant, Lateral Parking Aid, hingga Reversing Assist Camera. (Alx/Odi)
Baca Juga: BMW Indonesia Rilis M4 Competition Convertible M xDrive Senilai Rp2,6 Miliar
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.