All New Daihatsu Ayla 2023 Resmi Diperkenalkan
KEY TAKEAWAYS
Daihatsu Ayla hanya ada model LCGC
Jadi tidak mengikuti jejak Agya GR Sport yang non-LCGCGiliran Daihatsu Ayla generasi diperkenalkan. Layaknya sang saudara kembar, produk PT Astra Daihatsu Motor mendapat pembaruan signifikan setelah 10 tahun dipasarkan dan memperoleh dua kali minor change.
Ubahan utama terletak pada platform yang sudah DNGA (Daihatsu New Generation Architecture), membuatnya lebih panjang sedikit. Dampaknya kabin menjadi semakin lapang, terutama pada area bagasi sehingga lebih akomodatif.
Eksterior menjadi lebih minimalis, perbedaannya begitu terasa dengan generasi terdahulu. Kesannya lebih dewasa sambil tetap mempertahankan nuansa sporty. Seluruh sektor penerangan dipipihkan baik di depan dan belakang. Interior tak luput, tatanannya kini menyerupai Rocky layaknya Agya terinspirasi desain kabin Raize. Head unit dibuat floating dan mencuat dari dasbor.
Soal performa, Ayla mengandalkan jantung mekanis terbaru berkode WA-VE dengan kubikasi 1,2 liter. Tenaga disalurkan ke roda depan melalui sistem transmisi D-CVT anyar yang mengejar efisiensi dan respons. Pengendalian turut ditingkatkan berkat revisi suspensi yang dibuat lebih kaku, sehingga manuver menjadi semakin stabil. Walau begitu, Daihatsu tetap mempertahankan kenyamanan bagi seluruh penumpang ketika melaju.
Baca Juga: Tanpa Selubung, Kembaran Generasi Baru Toyota Agya dan Daihatsu Ayla 2023 Tampak Jelas!
Lebih lanjut, mobil yang sepanjang 2013 hingga Januari 2023 terjual sebanyak 268 ribu tetap disuguhkan sebagai LCGC (Low Cost Green Car). Tak seperti Toyota yang kini menyajikan dua varian, non-LCGC diisi Agya GR Sport dan versi reguler sebagai LCGC. Artinya banderol tetap berada di rentang yang telah diatur dalam regulasi.
Sayangnya, Daihatsu belum mengumumkan berapa banderolnya. Begitu pula spesifikasi lengkap baik fitur kenyamanan maupun safety. Meski begitu, pengembangan Ayla dikatakan melibatkan Daihatsu Indonesia dengan meramu berbagai masukan dari para konsumen. Penggunaan komponen juga diupayakan menggunakan lokal. Generasi sebelumnya diungkapkan sudah dilokalisasi melebihi 80% dengan melibatkan lebih dari 1.700 supplier pembentuk komponen dan lebih dari 500 small medium enterprises.
"10 tahun Ayla hadir dan telah mendapatkan respon yang sangat baik dari masyarakat Indonesia. Ayla terbaru merupakan hasil pengembangan yang berasal dari keinginan para konsumen," Yasushi Kyoda, Presiden Direktur PT ADM saat peluncuran di Jakarta, Rabu (15/02).
Dikatakan Direktur Marketing dan Direktur Corporate Planning & Communication PT Astra Daihatsu Motor, Sri Agung Handayani keterlibatan pihaknya mencakup proses engineering dan validasi. Di mana mereka turut mengecek kualitas ketika berhadap berbagai jalan di Tanah Air. Sehingga mobil dapat menyuguhkan kualitas terbaik dan memenuhi kebutuhan banyak konsumen. (Hfd/Odi)
Baca Juga: Tampilan Generasi Baru Toyota Agya dan Daihatsu Ayla Mulai Terbuka!
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Mobil Unggulan
- Terbaru
- Yang Akan Datang
- Populer
Artikel Mobil dari Carvaganza
Artikel Mobil dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Advisory Stories
- Road Test