All New Daihatsu Xenia Tidak Pakai CVT Biasa, Ini Keistimewaannya

Daihatsu Xenia R ADS

Peralihan dari transmisi matik konvensional 4AT ke CVT, perdana bagi Daihatsu Xenia. Karakter performa mesin dan penyalurannya lantas berubah total tanpa menyisakan sama sekali rasa Xenia lama. CVT yang dipakai berteknologi Dual Mode. Menandakan bukan CVT biasa seperti dipakai Honda Mobilio dan New Mitsubishi Xpander. Serupa tapi tak sama, ini bedanya.

Sudah dikenalkan oleh Daihatsu Rocky dan Toyota Raize. Kalau Anda punya salah-satunya dan suka membandingkan dengan CVT milik mobil lain, pasti paham ada sedikit perbedaan. Meski pendapatnya pasti berbeda-beda. Bagi yang belum terbiasa dengan CVT, bakal menilai tarikan lamban dan tidak responsif. Itulah karakter utama girboks ini. Harus pintar-pintar memainkan irama throttle. Perlakuannya jelas berbeda dari matik torque converter. Sedangkan kalau Anda paham betul, bisa merasakan suatu hal lain. Meski tak terlampau signifikan juga.

 

Apa itu D-CVT?

Ada baiknya mengenal lagi apa itu D-CVT milik Daihatsu. Ini bukan sembarang CVT konvensional. Huruf D menjelaskan Dual Mode. Mendebut berbarengan platform DNGA di Daihatsu Tanto pada pertengahan 2019. Singkatnya ada tambahan planetary gear di dalam segelondongan CVT. Jadi bukan hanya komponen dua pulley dan belt saja yang saling berubah diameternya untuk menghasilkan rasio gigi fleksibel. Dikombinasikan lagi dengan sistem gigi terpisah untuk menghasilkan efisiensi lebih tinggi, akselerasi responsif dan keheningan.

CVT tanpa gear dengan rasio tetap sehingga memberi dampak perbedaan rasa. Akselerasi bakal terasa sangat halus tanpa ada hentakan perpindahan gigi. Namun kata Daihatsu, di kecepatan tinggi tidaklah efisien. "Karena maksimal rasio pulley akan terbatas, makanya di kecepatan lebih dari 60 km/jam di-switch dari CVT belt menjadi gear. Pada kecepatan tinggi fungsinya langsung ditransfer ke gear, tidak pakai belt lagi," kata Bambang Supriyadi, Technical Service Division Head PT Astra Daihatsu Motor, saat media drive Daihatsu Xenia terbaru (1/12).

Baca Juga: Cek Kelengkapan dan Fitur yang Dimiliki All New Daihatsu Xenia Termurah 1.3 M M/T

transmisi D-CVT

Meminimalisir Kelemahan CVT

Memang benar, itulah kelemahan CVT tradisional. Biasanya tetap ada energy-loss dan suara mengganggu dari kinerja belt di pulley. Lalu CVT selalu ingin menjaga output di putaran mesin puncak. Itulah mengapa berkitir tinggi dulu sebelum mulai berakselerasi. Tidak nyaman bagi sebagian orang dan seolah mesin selalu disiksa. Saat kecepatan tinggi, CVT ada di rasio puncak yang bisa berdampak terhadap efisiensi bahan bakar. Metode untuk memperbaiki bisa dengan mengubah ukuran pulley, tapi akan lebih cocok untuk mobil-mobil kecil.

Di sini letak kehebatan D-CVT. Tidak sepenuhnya tergantung ke belt. Tambahan planetary gear di bagian input dan output shaft pulley mampu terlepas dan tersambung. Dalam kondisi normal kecepatan rendah sampai menengah, bekerja layaknya seperti CVT tradisional. Transisi terjadi di kecepatan tinggi atau tergantung input throttle. Masuk ke sistem gear untuk menghindari dampak energy-loss dan mengejar efisiensi. Rotasi belt di pulley pun berkurang signifikan.

Apakah berdampak di kondisi berkendara nyata? Kembali lagi ke cara mengemudi masing-masing. Tergantung juga bagaimana mengatur throttle agar selalu berada di rentang torsi tepat. Pun peran Dual Mode tidak akan terasa begitu jelas. Bakal tertutup akselerasi yang termasuk responsif.

Tergambar saat pengujian jalur luar kota Magelang ke Semarang via Bandungan yang penuh tanjakan dan kelokan. CVT masih bisa enak dikombinasikan enjin 1,5-liter. Asal bisa mengatur irama putaran mesin di atas 3.000 rpm, dijamin tidak akan kehilangan tenaga. Cara paling mudah untuk menjaganya, bisa manfaatkan mode manual di tuas transmisi. Respons sangat baik dan cekatan. Namun jika terus digeber di RPM tinggi, tentu konsumsi bahan bakar tidak akan irit.

Soal perawatan disebut tidak berbeda dengan CVT lain. Walau ada komponen tambahan dalam girboks, tetap mengikuti komponen CVT lain misalnya penggantian oli. (Odi)

 

Baca Juga: Varian Termahal All New Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ADS, Punya Apa Saja?

Jelajahi Daihatsu Xenia

  • Tampak Depan Bawah Daihatsu Xenia
  • Tampak samping Xenia
  • Tampak belakang serong Xenia
  • Tampak Depan Daihatsu Xenia
  • Tampak belakang Xenia
  • Tampak Grille Xenia
  • Fog lamp depan Xenia
  • Lampu depan Xenia
  • lampu belakang Xenia
  • Daihatsu Xenia Drivers Side Mirror Front Angle
  • handle pintu Xenia
  • Pelek Xenia
  • Tampak wiper Xenia
  • Antena atap Xenia
  • Tampak belakang Xenia
  • Daihatsu Xenia Front Side View
  • Tampak depan medum angle Xenia
  • Daihatsu Xenia Rear Wiper
Daihatsu Xenia
Rp 222,65 - 278,35 Juta Cicilan : Rp 5,08 Juta

Model Mobil Daihatsu

Mobil Daihatsu
  • Daihatsu Ayla
    Daihatsu Ayla
  • Daihatsu Terios
    Daihatsu Terios
  • Daihatsu Sigra
    Daihatsu Sigra
  • Daihatsu Sirion
    Daihatsu Sirion
  • Daihatsu Gran Max PU
    Daihatsu Gran Max PU

Don't Miss

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Daihatsu Unggulan

Bandingkan & Rekomendasi

Tren MPV

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil Daihatsu Xenia dari Carvaganza

  • Simak Simulasi Cicilan Daihatsu Xenia 1.3 R, Varian Tengah yang Menarik
    Simak Simulasi Cicilan Daihatsu Xenia 1.3 R, Varian Tengah yang Menarik
    Setyo Adi . 09 Nov, 2024
  • Alasan Daihatsu Xenia 1.3 X CVT Patut Dipertimbangkan Jadi Mobil Keluarga
    Alasan Daihatsu Xenia 1.3 X CVT Patut Dipertimbangkan Jadi Mobil Keluarga
    Anjar Leksana . 07 Nov, 2024
  • MPV Ideal Untuk Keluarga Kekinian, Begini Lengkapnya Daihatsu Xenia 1.5 R CVT
    MPV Ideal Untuk Keluarga Kekinian, Begini Lengkapnya Daihatsu Xenia 1.5 R CVT
    Anjar Leksana . 05 Nov, 2024
  • GIIAS 2024: Daihatsu Luncurkan Xenia ADS, Varian Baru Bertampilan Segar
    GIIAS 2024: Daihatsu Luncurkan Xenia ADS, Varian Baru Bertampilan Segar
    Anjar Leksana . 27 Jul, 2024
  • LEBARAN DRIVE: 5 Hal Yang Disukai Dari Daihatsu Xenia Selama Mudik
    LEBARAN DRIVE: 5 Hal Yang Disukai Dari Daihatsu Xenia Selama Mudik
    Eka Zulkarnain H . 25 Apr, 2024

Artikel Mobil Daihatsu Xenia dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Daihatsu Xenia 1.3L R, Varian Tengah yang Layak Dilirik
    Daihatsu Xenia 1.3L R, Varian Tengah yang Layak Dilirik
    Setyo Adi Nugroho . 09 Nov, 2024
  • Alasan Daihatsu Xenia 1.3 X CVT Layak Dimiliki Sebagai Mobil Keluarga
    Alasan Daihatsu Xenia 1.3 X CVT Layak Dimiliki Sebagai Mobil Keluarga
    Anjar Leksana . 07 Nov, 2024
  • Cocok untuk Keluarga, Cek Kelengkapan Daihatsu Xenia 1.5 R CVT dan Cicilannya
    Cocok untuk Keluarga, Cek Kelengkapan Daihatsu Xenia 1.5 R CVT dan Cicilannya
    Anjar Leksana . 05 Nov, 2024
  • Carvaganza Editors' Choice Awards 2024, Best Functionality Award: All New Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ADS
    Carvaganza Editors' Choice Awards 2024, Best Functionality Award: All New Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ADS
    Zenuar Yoga . 01 Nov, 2024
  • Daihatsu Kumpul Sahabat Sidoarjo Umumkan Pemenang Xetia with Xenia
    Daihatsu Kumpul Sahabat Sidoarjo Umumkan Pemenang Xetia with Xenia
    Anjar Leksana . 14 Okt, 2024
  • 5 Fitur yang Seharusnya Daihatsu Xenia 2019 Punya
    5 Fitur yang Seharusnya Daihatsu Xenia 2019 Punya
    Anjar Leksana . 14 Des, 2018
  • Menakar Kemunculan Generasi Baru Avanza-Xenia 2019
    Menakar Kemunculan Generasi Baru Avanza-Xenia 2019
    Anjar Leksana . 03 Des, 2018
  • Kenali Istilah Sales Mobil Supaya Tidak Bingung
    Kenali Istilah Sales Mobil Supaya Tidak Bingung
    Brian Gomgom . 06 Apr, 2016
  • Road Test Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ASA: Fitur Keselamatannya Istimewa!
    Road Test Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ASA: Fitur Keselamatannya Istimewa!
    Rizki Satria . 23 Mar, 2022
  • First Drive All New Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ADS: FWD dan CVT Jadi Andalan
    First Drive All New Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ADS: FWD dan CVT Jadi Andalan
    Anindiyo Pradhono . 06 Des, 2021