Biasanya versi hatchback menyusul sedan, untuk Honda City berkebalikan. City Hatchback RS sudah meluncur duluan Maret lalu sebagai penerus Honda Jazz. Kini giliran sang sedan muncul masuk generasi kelima. Hanya satu varian dijual tanpa embel-embel RS dengan harga Rp355 juta (OTR Jabodetabek) atau naik sedikit dari model lama sebesar Rp2,4 juta. Banderol sudah sesuai regulasi pajak berbasis emisi terbaru.
Apa yang ditawarkan City sedan lebih kepada akomodasi kabin. Dari muka hingga samping tentu tidak ada bedanya. Seperempat bodi ke belakang baru kentara diferensiasi utama. Seperti City Hatchback dipasangkan bokong sedan saja. Namun penampilannya menjadi kian proporsional dari segi desain.
Karena bukan trim RS, tidak mendapat elemen sporty. Tepatnya menekankan kesan elegan. Karena menurut Honda, pembeli segmen ini lebih mencari kenyamanan. Sehingga tak ditemukan aksen balutan kelir hitam di grille, spion dan pelek sebagai penegas RS. Berganti permainan hiasan krom dan dominasi cat bodi saja. Tersedia pilihan warna Platinum White Pearl, Meteorid Gray Metallic serta Crystal Black Pearl.
Tambahan buntut membuat dimensi melar 15,9 cm. Tepatnya berukuran panjang 4.553 mm, lebar tetap 1.748 mm, sementara tinggi menurun 21 mm menjadi 1.467 mm. Jarak antarsumbu roda tak berubah 2.600, karena tidak ada perubahan platform. Wheelbase sepanjang itu berarti tetap menyajikan legroom berlimpah seperti halnya di City Hatchback RS. Kursi belakang didesain agar memberi ruang lapang untuk penumpang. Setiap kursi dilapisi bantalan samping dan ventilasi AC untuk mengembuskan udara dingin. Sayang tanpa fitur Ultra Seat. Kompensasinya bagasi terpisah menciptakan luas kargo sebesar 519 liter.
Baca Juga: Honda City Hatchback e:HEV Beredar di Thailand, Usung Sistem Hybrid Irit dan Ramah Lingkungan
Desain interior sama seperti hatchback. Cuma level kemewahan dibedakan tanpa adanya balutan kulit di jok dan pemanis jahitan warna merah. Sebagai sarana hiburan terpusat di monitor layar sentuh 8-inci. Punya berbagai fungsi dan koneksi mulai dari Smartphone Connection, Bluetooth dan hands-free. Sekaligus untuk memantau area belakang oleh multi-angle rearview camera. Fitur baru Remote Engine Start yang ada di hatchback turut tersedia.
Mekanikal penggerak tak berbeda dengan City Hatchback RS. Menggendong mesin L15ZF 4-silinder 1,5-liter DOHC i-VTEC. Tenaga dihasilkan sebesar 121 PS di putaran 6.600 rpm dengan torsi 145 Nm di 4.300 rpm. Daya tersalur ke roda depan melalui transmisi CVT. Kaki-kaki ditopang format suspensi MacPherson Strut di depan dan Torsion Beam di belakang. Rem depan model cakram sementara belakang masih teromol. Lalu ditopang sistem ABS, EBD dan BA sebagai standar.
Fitur keselamatan lain berupa airbag di 6 titik, Brake Override System, Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA), Emergency Stop Signal, ISOFIX, sensor parkir dan APAR. Honda Sensing belum diberikan, sama halnya di hatchback.
Kalau ingin tampilan sporty, tersedia aksesori Modulo. Bisa dibeli terpisah, antara lain front under spoiler, side under spoiler, rear under spoiler dan door visor. (Odi)
Baca Juga: Honda City 2016 Bekas, Sedan Berkarakter Sporty Tak Sampai Rp200 Juta
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.