All New Honda PCX 150, Serba Baru Tapi Lebih Murah

JAKARTA, 14 Desember 2017 – Kata All New atau :Serba Baru” sepertinya cocok untuk menggambarkan All New Honda PCX 150 yang diluncurkan PT Astra Honda Motor (AHM), Rabu, 13 Desember 2017 kemarin. Mulai dari tampilan luar, desain, dan fitur baru digunakan Honda untuk skutik premiumnya ini. Pertama yang perlu mendapat catatan adalah All New PCX kini diproduksi di pabrik AHM di Sunter. Model sebelumnya, yang diberi nama New PCX, diimpor utuh alias CBU dari pabrik Honda di Thailand. Karena versi dalam negeri inilah yang membuat banyak perubahan yang dilakukan Honda disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya di Indonesia. “Sebelum melokalkan produksi suatu model, kami berusaha mengembangkannya menjadi lebih atraktif dan sesuai dengan harapan konsumen Indonesia. All New Honda PCX 150 merupakan salah satu modelnya,” kata Executive Vice President Director AHM Johannes Loman saat peluncuran. Sekarang kita coba bahas satu persatu. Dari bodi, All New PCX kini lebih pendek (1923 mm vs 1931 mm), namun lebih lebar (737 mm vs 745 mm) dan lebih tinggi (1103 mm vs 1107 mm) dibandingkan PCX sebelumnya. Demikian juga dengan wheelbase yang kini lebih pendek 2 mm menjadi 1313 mm dari sebelumnya yang disebut akan memudahkan pengendalian bagi pengendara. Adapun jarak ke tanah (grond clereance) turun 1 mm menjadi 137 mm. Dengan bodi baru, Honda meracik desain yang juga baru. All New Honda PCX hadir dengan headlight dan taillight yang sudah dilengkapi LED untuk sistem pencahayaannya. Lampu depan memberikan kesan pandangan tajam. Sementara tempat duduk dengan busa yang tebal dan empuk disesuaikan dengan kontur tubuh. Desain velg kini tampil baru dan pengguaan ban yang lebih lebar, depan 100/80-14 dan belakang 120/70-14. Versi sebelumnya menggunakan ban 90/90 di depan dan 100/90 di belakang. Sedangkan suspensi menggunakan model ganda bukan single seperti kebanyakan motor matik saat ini. All New Honda PCX 150 hadir semakin canggih melalui fitur baru full digital panel meter yang menghadirkan multi informasi dalam satu panel dan Smart Key System baru terintegrasi dengan alarm dan Answer Back. Ada juga DC socket untuk power charger yang disematkan di konsol box sisi depan serta lampu hazard sebagai pelopor diaplikasikannya pada sepeda motor di Indonesia. Dari sisi fitur fungsional, Honda PCX memiliki kapasitas tanki BBM terbesar di kelasnya yaitu 8 liter dan fitur praktis berupa tombol pembuka tangki dan jok yang terintegrasi dengan kunci kontak, seat stopper yang menahan posisi jok agar tidak tertutup saat sedang menyimpan atau mengeluarkan barang. Nah, bicara soal mesin, All New PCX 150 kini menggunakan mesin 4-stroke, SOHC, PGM-FI, Liquid Cooled dan Enhanced Smart Power (eSP) teknologi minim gesekan dan efisiensi pendinginan mesin. Kapasitasnya lebih kecil 149.3 cc dibandingkan model sebelumnya 153 cc. Honda juga tidak melansir tenaga dan torsi yang dihasilkan mesin baru ini. Sebagai catatan versi lama New PCX memiliki tenaga 9,9 kW (13,5 PS) pada 8.500 rpm. Sedangkan sistem pengereman disematkannya fitur baru yakni Rear Disc Brake untuk dua tipe yang ditawakan. Ada tambahan Anti-Lock Braking System (ABS) utuk tipe ABS. Sistem pengereman combi brake hidrolis dengan 3 piston caliper digunakan untuk tipe CBS. Untuk harga juga ada yang baru. All New Honda PCX 150 hadir dengan 2 tipe yakni CBS dan ABS dengan pilihan warna Black, White, Red dan Light Gold. Harga berada di kisaran OTR (On The Road) DKI Jakarta Rp 27.000.000 hingga Rp 32.000.000. Harga ini di bawah PCX model lama yang dibanderol Rp 40.525.000. Nah, banyak yang menarik kan? Spesifikasi All New PCX 150 Dimensi Dimensi (PxLxT): 1.923 x 745 x 1.107 mm Wheelbase: 1.313 mm Ground Clearance: 137 mm Kapasitas tangki: 8 liter Mesin Tipe: 4-stroke, SOHC, PGM-FI, Liquid Cooled, eSP Kapasitas: 149,3cc Bore x Stroke: 57,3 x 57,9 mm Rasio kompresi: 10.6 : 1 Transmisi: Automatic, V-Matic Clutch system: Automatic, Centrifugal, Dry Type Frame Ban depan: 100/80-14M tubeless Ban belakang: 120/70-14M tubeless Rem depan: Disc brake (CBS Type) triple post hydraulic, combined brake system; (ABS type) Anti-Lock Braking System Rem belakang: Disc Brake Electrical Ignition type: Full transisterized, battery Warna Black Metallic, White Metallic, Red Matte, dan Light Gold RAJU FEBRIAN

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Maka Motors Beri Garansi Baterai Terlama di Industri, Dijamin Hingga 150.000 Km!
    Maka Motors Beri Garansi Baterai Terlama di Industri, Dijamin Hingga 150.000 Km!
    Zenuar Yoga . 21 Feb, 2025
  • United E-Motor C2000 Hasil Kolaborasi dengan Shoes & Care Mejeng di IIMS 2025
    United E-Motor C2000 Hasil Kolaborasi dengan Shoes & Care Mejeng di IIMS 2025
    Bangkit Jaya Putra . 20 Feb, 2025
  • Kawasaki Luncurkan W230 dan Meguro S1, Motor Retro dengan Heritage Jepang
    Kawasaki Luncurkan W230 dan Meguro S1, Motor Retro dengan Heritage Jepang
    Zenuar Yoga . 20 Feb, 2025
  • Banjir Promo! Beli Motor Impian dengan Harga Miring di IIMS 2025
    Banjir Promo! Beli Motor Impian dengan Harga Miring di IIMS 2025
    Zenuar Yoga . 20 Feb, 2025
  • Sena Perkenalkan E30, Interkom Ramah Kantong untuk Rider di IIMS 2025
    Sena Perkenalkan E30, Interkom Ramah Kantong untuk Rider di IIMS 2025
    Setyo Adi Nugroho . 19 Feb, 2025
  • Menyingkap Keunggulan Maka Cavalry
    Menyingkap Keunggulan Maka Cavalry
    Zenuar Yoga . 19 Feb, 2025
  • Rekomendasi 7 Moge di Indonesia yang Layak Dibeli pada 2025
    Rekomendasi 7 Moge di Indonesia yang Layak Dibeli pada 2025
    Zenuar Yoga . 11 Feb, 2025
  • Adu Yamaha Aerox CyberCity dengan Honda Vario 160 ABS dari Semua Sektor, Mana Lebih Unggul?
    Adu Yamaha Aerox CyberCity dengan Honda Vario 160 ABS dari Semua Sektor, Mana Lebih Unggul?
    Zenuar Yoga . 07 Feb, 2025
  • Rekomendasi 7 Motor Listrik Menarik di 2025
    Rekomendasi 7 Motor Listrik Menarik di 2025
    Zenuar Yoga . 04 Feb, 2025
  • Line-up Maxi Yamaha 155 Terbaru Awal 2025, Pilih Mana?
    Line-up Maxi Yamaha 155 Terbaru Awal 2025, Pilih Mana?
    Zenuar Yoga . 14 Jan, 2025
  • Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Alvando Noya . 10 Mei, 2024
  • Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Zenuar Yoga . 16 Apr, 2024
  • Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Zenuar Yoga . 08 Apr, 2024
  • Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2024
  • Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
    Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 21 Mar, 2024
  • First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    Bangkit Jaya Putra . 16 Jan, 2025
  • First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    Zenuar Yoga . 02 Jan, 2025
  • First Dijual Nyaris Rp200 Juta, Begini Rasa Berkendara Vespa Listrik ElettricaRide Honda CUV e:, Cocok Buat Mobilitas Harian
    First Dijual Nyaris Rp200 Juta, Begini Rasa Berkendara Vespa Listrik ElettricaRide Honda CUV e:, Cocok Buat Mobilitas Harian
    Zenuar Yoga . 23 Des, 2024
  • First Ride New Honda PCX160: Penyempurnaan Bikin Nagih!
    First Ride New Honda PCX160: Penyempurnaan Bikin Nagih!
    Zenuar Yoga . 09 Des, 2024
  • Test Ride New Honda Scoopy: Gesit dan Irit Buat Belah Kemacetan Bali
    Test Ride New Honda Scoopy: Gesit dan Irit Buat Belah Kemacetan Bali
    Bangkit Jaya Putra . 26 Nov, 2024