Yang ditunggu-tunggu selama ini akhirnya datang. PT Astra Honda Motor (AHM) resmi merilis All New PCX 160 lewat siaran virtual, lengkap beserta varian hybrid. Agenda regenerasi menyentuh hampir semua sektor, dari wujud hingga teknis. Sementara dipasarkan mulai Rp 30,35 juta untuk tipe CBS, Rp 33,95 juta untuk tipe ABS, serta Rp 43,55 juta untuk tipe e:HEV.
Ubahan paling menarik memang di sektor dapur pacu. Ketika generasi lama kalah telak dengan rival, Honda berupaya meracik ulang serta mengeksekusi lebih sempurna. Di balik bodi gemuknya terpasang mesin 160 cc empat katup berjenis eSP plus. Teknologi baru diklaim memiliki gesekan minim, serta eskalasi performa. Otomatis outputnya melonjak jadi 15,8 Hp di 8.500 rpm dan torsi terkerek ke 14,7 Nm pada 6.500 rpm. Sangat kompetitif. Sementara di varian e:HEV, ketambahan lagi tenaga listrik serta motor assist, berikut riding mode yang bisa diatur. Yakni mode normal (D) dan sport (S).
Naiknya performa diiringi efisiensi bahan bakar yang cukup baik. Diklaim konsumsi bensin ada di sekitar 45 kpl. Dengan metode pengetesan ECE R40 Euro 3. Alias Idling Stop System (ISS) terus dinyalakan. Angka segitu boleh dibilang masih terjaga, mengingat tenaganya bertambah.
Baca Juga: Muncul di Cover Majalah, Sinyal Kehadiran Honda ST125 Dax Makin Jelas
Adapun fitur anyar penunjang keamanan berkendara. Ketika dulu sekadar mengandalkan ABS, kini traksi ikut dikontrol lewat komputasi elektronik. Atau kerap disebut Honda Selectable Torque Control (HSTC). Artinya Anda bisa mengontrol putaran ban depan dan belakang tetap seirama, supaya tak kehilangan banyak grip. Dan jika butuh, sistem bisa dimatikan. Namun baru tersedia di varian ABS dan e:HEV saja. Seri CBS masih sama persepsinya seperti dulu, belum mendapat kedua sensor terkait.
Secara rupa, garis besar karakter Honda PCX lama masih dipertahankan. Hanya saja hampir seluruh tepian bodi maupun model lampu, kini banyak menyudut. Bentuknya tampak makin proporsional, modern, juga ketambahan nuansa sporty. Meski tetap dibungkus dalam interpretasi elegan yang kuat. Tentunya, semua sudah mengaplikasikan sistem pencahayaan full LED. Sehingga tatapannya makin cantik.
Beranjak ke area kokpit, tertera tampilan baru pada panel meter digital. Dimensinya melebar, serta memiliki display baru. Semakin mudah dilihat, juga memberikan informasi komplet. Data yang disajikan meliputi indikator baterai, perawatan v-belt, serta indikator HSTC dan sensor ABS khusus dua seri termahal. Lubang pengisian di laci kiri pun kini berganti tipe jadi soket USB type A. Tak lupa, smart key dan answer back system hadir di tiap varian.
PCX juga dilengkapi dengan struktur baru. Diklaim memberikan kenyamanan lebih dan mendukung rangkaian mesin baru. Atas itu daya tampung bagasi jadi membesar ke 30 liter, untuk dua seri bermesin konvensional. Sementara yang Hybrid naik ke angka 24 liter. Plus, berdampak pada ruang kaki pengendara yang lebih panjang 3 cm dari sebelum.
Baca Juga: Diprediksi Hadir Tahun Ini, Begini Kehebatan Honda CBR600RR
“All New Honda PCX series memiliki performa tinggi dan nyaman dikendarai di berbagai situasi. Hal ini diperkuat dengan komitmen kami kepada seluruh konsumen Honda di Indonesia untuk selalu memberikan layanan terbaik di jaringan penjualan dan servis yang tersebar di pelosok negeri, yang tetap memperhatikan protokol kesehatan” tutur Johannes Loman, Executive Vice President Director AHM.
President Director AHM Keiichi Yasuda mengatakan, selama satu dekade kehadirannya di Indonesia, salah satu skutik premiumnya dipersiapkan untuk memberikan kenyamanan bagi pengendara. Dengan berbekal mesin, desain, berikut fitur baru, All New PCX series diharapkan dapat semakin melengkapi kesenangan berkendara bagi pecinta skutik premium.
“Dilengkapi mesin terbaru 160 cc dengan 4 katup eSP+, menjadikan All New Honda PCX series semakin nyaman dikendarai dalam berbagai situasi, baik di perkotaan maupun jarak jauh. Perubahan pada ukuran ban yang semakin besar juga mendukung skutik premium ini semakin nyaman dan tampil berkesan,” ujar Yasuda.
Dari tiga tipe, masing-masing memiliki pilihan warna. Untuk tipe CBS terdapat disediakan empat opsi, yakni Wonderful White, Majestic Matte Red, Glorious Matte Black, dan Marvelous Matte Gray. Sedangkan untuk tipe ABS, terdapat warna Wonderful White, Majestic Matte Red, Briliant Black, serta Royal Matte Blue. Ditambah memiliki jok two-tone serta emblem PCX dengan warna tembaga. Sementara itu, untuk tipe e: HEV dikemas dalam kelir Horizon White, yang juga memiliki jok two-tone dengan sentuhan warna biru pada emblem. (Hlm/Odi)
Baca Juga: Panduan Membeli Honda ADV 150, Lebih Baik Baru atau Bekas?
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.