Dalam undangan resmi, Toyota Astra Motor luncurkan generasi terbaru Vios. Tepatnya pada 12 Oktober 2022 via daring. Platform sudah menggunakan TNGA. Tapi Toyota Safety Sense masih misteri. Terus, ubahan bodi dipastikan masih mirip dengan versi Thailand. Jantung pacu pun beda. Di sana pakai 1,2 liter, sedangkan buat pasar Indonesia mempertahankan enjin 1,5 liter. Sayang bukan teknologi baru, Dynamic Force yang lebih kuat, untuk bertarung dengan Honda City.
Ia senantiasa menggunakan jantung mekanis 2NR-FE empat silinder berkapasitas 1.496 cc. Tetap sama dengan model eksis, berteknologi DOHC Dual VVT-i 16 katup. Resultan pembakaran menghasilkan tenaga 107 PS di 6.000 rpm. Kemudian torsi maksimal didapat 14.3 Kgm (140 Nm) di 4.200 rpm. Penyalur tenaga ke roda depan pakai opsi CVT (simulasi 7-speed) atau transmisi manual 5-speed.
Langsung masuki kabin. All New Vios menggunakan head unit gaya mengambang (floating) layar sentuh. Untuk pasar sini, antara 8 inci atau 9 inci. Monitor bisa sambung ke aneka gawai via Android Auto dan Apple CarPlay. Penyaluran audio pakai sistem 2-way. Di bawahnya tampak penggunaan AC digital. Bentuk lingkar kemudi baru, mirip kepunyaan Toyota Raize dengan dial bulat. Tombol multifungsi pun tersisip di kedua sisi. Meter cluster digital menggunakan layar TFT untuk ragam informasi kendaraan.
Baca Juga: Prediksi Toyota Vios Generasi Terbaru untuk Pasar Indonesia
Posisi dasbor dibuat rata, dengan balutan material soft touch warna mewah maroon. Kelir serupa juga terlihat di bahan pembungkus kursi, konsol tengah dan door trim. Toyota seolah ingin mencuatkan citra sedan elegan. Semoga varian atas All New Vios versi Indonesia dibuat seperti itu. Namun kalau dari info didapat, interior tipe G CVT bakal berbalut material hitam. Baik untuk dasbor, door trim maupun pembungkus jok.
Ia memiliki panjang 4.425 mm, lebar 1.740 mm, tinggi 1.480 mm dan jarak sumbu roda 2.620 mm. Untuk versi Indonesia sepertinya bakal sama. Pakai pelek 17 inci dan profil ban 205/50 sehingga memberikan jarak bodi ke tanah 160 mm. Kemudian tipe redaman suspensi menggunakan MacPherson Strut di depan, lalu Torsion Beam di belakang. Semua roda diberi cakram, guna memaksimalkan pengereman.
Sedangkan kalau melihat visual, generasi lanjutan tampak bergaya coupe. Sorot mata menggunakan proyektor LED, DRL dan sudut lengkungan baru. Begitu pula lampu ekor. Ia memiliki tampilan berbeda, dengan sentuhan kedewasaan sekaligus nilai sporty. Kalau TAM membekali Vios baru dengan Toyota Safety Sense bakal menarik. Namun karena mereka juga impor dari sana, harga bakal kemahalan. Kans Toyota memberikan TSS agaknya kecil. Lihat saja dua hari mendatang. (Alx/Odi)
Baca Juga: All New Toyota Vios Mendebut Bawa Perubahan Drastis
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.