Generasi terbaru Ford Ranger langsung menebar ancaman. Walau baru meluncur 22 Februari nanti, para kompetitor sudah waspada dan mengambil langkah. Seperti dilakukan Toyota Afrika Selatan. Mereka menyiapkan Hilux GR Sport untuk melawan Ranger. Seperti model beredar di Thailand, Hilux ini memakai mesin 1GD-FTV 2,8-liter turbodiesel. Namun data teknis diklaim akan berbeda. Sebab mendapat tambahan tenaga dan torsi.
Publik Tanah Air sudah bisa merasakan kehebatan torsi 1GD-FTV di Fortuner 2.8. Keluaran tenaga sebesar 204 PS di putaran 3.400 rpm dan torsi 500 Nm di rentang 1.600-2.800 rpm. Luapan segitu masih dianggap kurang. Maka tuning pun dilakukan hingga menjadi 224 PS dan torsi 550 Nm. Berarti ada kenaikan 20 PS dan 50 Nm. Sekaligus menjadikannya pikap paling bertenaga kedua di Afrika Selatan. Setelah Volkswagen Amarok tipe 6-silinder 3.0 TDI dengan 257 PS dan 580 Nm.
Torehan itu melampaui keluaran daya Ford Ranger Raptor X model eksis di Thailand. Ia memakai unit diesel 4-silinder 2,0-liter Bi-Turbo penghasil 213 PS dan 500 Nm. Belum ada bocoran soal spesifikasi Ranger terbaru nanti. Yang pasti Ford menyiapkan mesin V6 3,0-liter turbodiesel. Sudah duluan dipakai F-150 dengan teknis menunjukkan 257 PS serta 597 Nm. Mirip Amarok tapi torsinya lebih ganas.
Baca Juga: Generasi Terbaru Ford Ranger Diperkenalkan, Siap Invasi Pasar Global
Menurut reportase The Citizen, Hilux varian GR Sport di Afsel bakal identik versi Eropa. Tampilannya sedikit berbeda dari market lain. Misal overfender hitam bukan sewarna bodi seperti di pasar Jepang dan Thailand. Roda pun begitu, tidak memakai pelek gelap. Sementara lainnya menekankan elemen hitam seperti di grille dan cover spion. Lalu tulisan Toyota klasik terpajang di area bilah tengah grille. Belum ada harga dan spesifikasi final mengingat Hilux GR Sport belum diluncurkan. Toyota South Africa Motors (TSAM) menjadwalkannya Mei tahun ini.
Sayang Toyota Hilux GR Sport belum untuk pasar Indonesia. Padahal bisa jadi varian menarik berkat penggunaan opsi mesin diesel paling bertenaga. Tampilannya pun kental elemen sporty khas Gazoo Racing. Paling tidak sedikit menghilangkan kesan mobil pengangkut barang.
Hilux di Indonesia dijual dalam pilihan bodi single dan double cab. Kalau single jelas diperuntukkan untuk fleet dan komersial. Sedangkan double cab banyak juga dipakai konsumen untuk aktivitas harian. Terbagi tipe E, G dan V, dengan hanya satu pilihan mesin. Yaitu 2GD-FTV 2,4-liter turbodiesel penghasil 149,6 PS dan torsi 400 Nm. Pilihan transmisi ada manual 6-percepatan di tipe E dan G. Untuk tipe V hanya disediakan girboks matik 6-percepatan. (Odi)
Baca Juga: Mengulik Keunikan Toyota Hilux GR Sport di Thailand
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.