Apa Tujuan Pemerintah Kasih Bea Masuk 0 Persen bagi Impor Mobil Listrik?

Review Hyundai Ioniq Indonesia

 

KEY TAKEAWAYS

  • Insentif bea masuk nol persen ini diberikan untuk impor bentuk IKD kendaraan bermotor elektrik roda empat atau lebih

    Dan berlaku hanya motor listrik berbasis baterai
  • Pada 2035, Indonesia menargetkan 1 juta kendaraan listrik roda empat atau lebih dan 3,22 juta kendaraan listrik roda dua

    Pemerintah memperkirakan dapat menghemat penggunaan 12,5 juta barel BBM. Lalu mengurangi 4,6 juta ton CO2 bagi kendaraan roda empat atau lebih
  • Pemerintah resmi teken aturan bea masuk o persen bagi mobil listrik impor. Insentif ini merupakan satu paket kebijakan dengan regulasi KBLBB sesuai amanat Peraturan Presiden (Perpres) 55 tahun 2019. Lantas untuk apa? Pemerintah ingin membangun ekosistem kendaraan bermotor listrik, terdiri dari produsen, stasiun pengisi daya, produsen baterai dan proyek perdana. Meski mulai terbentuk. Pangsa pasar kendaraan bermotor listrik masih perlu ditingkatkan. Yakni kurang dari satu persen atas total penjualan kendaraan yang didominasi oleh CBU asal Jepang dan Thailand.

    Febrio Kacaribu, Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan menjabarkan alasan bea masuk 0 persen. “Ruang pertumbuhan pangsa pasar kendaraan bermotor listrik produksi dalam negeri masih sangat besar di Indonesia. Selain itu, permintaan dunia terhadap KBLBB (mobil listrik) juga terus mengalami peningkatan signifikan. Kebijakan pemerintah bakal terus diarahkan untuk membantu memanfaatkan ruang ini dengan baik. Apalagi seiring pemulihan ekonomi yang diharapkan semakin kuat ke depan,” paparnya.

    Inisiatif global Campaign of the Clean Energy Ministerial, misalnya. Menetapkan tujuan agar kontribusi penjualan kendaraan bermotor listrik mencapai 30 persen dari total penjualan kendaraan bermotor di 29 negara besar yang tergabung. Saat ini Pemerintah telah memiliki peta jalan pengembangan industri otomotif pada jangka menengah yaitu 2020-2030. Fokusnya adalah pengembangan kendaraan listrik dan komponen utamanya seperti baterai, motor listrik dan konverter.

    review nissan leaf

    Nah, pemberian insentif Bea Masuk nol persen diharapkan dapat semakin mendorong pencapaian target ini. Pada 2035, Indonesia menargetkan 1 juta kendaraan listrik roda empat atau lebih dan 3,22 juta kendaraan listrik roda dua. Melalui agenda ini, pemerintah memperkirakan dapat menghemat penggunaan 12,5 juta barel BBM. Lalu mengurangi 4,6 juta ton CO2 bagi kendaraan roda empat atau lebih. Sementara untuk kendaraan roda dua, diperkirakan hemat bensin sebesar 4 juta barel dan penurunan emisi mencapai 1,4 juta ton CO2. Peta jalan ini, menurut pemerintah, selaras dengan inisiatif global. Baik di tingkat dunia maupun kawasan regional ASEAN guna mendorong mobilitas kendaraan bermotor listrik.

    Tapi, insentif bea masuk nol persen ini diberikan untuk impor bentuk IKD kendaraan bermotor elektrik roda empat atau lebih. Dan berlaku hanya motor listrik berbasis baterai. Misal, penggerak traktor jalan semi-trailer, kendaraan bermotor pengangkutan sepuluh orang atau lebih. Termasuk pengemudi, kendaraan bermotor pengangkutan orang, pengangkutan barang dan kerangka dilengkapi oleh motor listrik sebagai penggerak. “Dengan berbagai insentif yang sudah berjalan. Insentif Bea Masuk nol persen ini diharapkan semakin mempercepat terealisasinya penggunaan kendaraan ramah lingkungan lebih massif,” Febrio memungkasi.

    Sektor ini berkaitan pula dengan pencapaian target pemerintah dalam Nationally Determined Contribution (NDC) untuk mengurangi emisi gas rumah kaca (GRK). Dari sektor energi dan transportasi yang setara 38 persen (314 juta ton CO2e) total target nasional sesuai kemampuan sendiri 2030. Di sisi lain, pengembangan industri KBLBB juga berperan strategis dalam menstimulus industri turunan. Termasuk dalam rantai nilai (value-chain) industri ini. Seperti hilirisasi mineral lanjutan (termasuk nikel), industri suku cadang dan industri baterai. (Alx/Odi)

     

    Baca Juga: Pemerintah Kini Bebaskan Pajak Impor 0 Persen untuk Mobil Listrik Berbasis Baterai

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Artikel Mobil dari Carvaganza

    • Kolaborasi VinFast & Timnas Indonesia, Sambut Prestasi dan Masa Depan Hijau
      Kolaborasi VinFast & Timnas Indonesia, Sambut Prestasi dan Masa Depan Hijau
      Wahyu Hariantono . Hari ini
    • Adu Fitur dan Spek AION V Lawan SUV Listrik EX5 dan Atto3
      Adu Fitur dan Spek AION V Lawan SUV Listrik EX5 dan Atto3
      Alvando Noya . Hari ini
    • IIMS 2025: 6 Pilihan Mobil Listrik di Bawah Rp400 Juta
      IIMS 2025: 6 Pilihan Mobil Listrik di Bawah Rp400 Juta
      Anjar Leksana . Hari ini
    • IIMS 2025: VW ID. Buzz Meluncur Versi Long Wheelbase, Dijual Rp1,49 Miliar
      IIMS 2025: VW ID. Buzz Meluncur Versi Long Wheelbase, Dijual Rp1,49 Miliar
      Alvando Noya . Hari ini
    • Erick Thohir Naksir VinFast VF 3, Langsung SPK di IIMS 2025
      Erick Thohir Naksir VinFast VF 3, Langsung SPK di IIMS 2025
      Eka Zulkarnain H . Hari ini

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Advisory Stories
    • Road Test
    • Geely EX5 Mendapat Respons Positif dari Pengunjung IIMS 2025
      Geely EX5 Mendapat Respons Positif dari Pengunjung IIMS 2025
      Setyo Adi Nugroho . Hari ini
    • Bedah Perbedaan 2 Varian Aion V yang Selisih Harganya Rp40 Juta
      Bedah Perbedaan 2 Varian Aion V yang Selisih Harganya Rp40 Juta
      Bangkit Jaya Putra . Hari ini
    • Menteri UMKM Puji Mitsubishi Xforce Atas Tingkat Komponen Lokal Tinggi
      Menteri UMKM Puji Mitsubishi Xforce Atas Tingkat Komponen Lokal Tinggi
      Ardiantomi . Hari ini
    • Mazda Tawarkan Program Jualan dan Aftersales Menarik di BCA Expoversary 2025
      Mazda Tawarkan Program Jualan dan Aftersales Menarik di BCA Expoversary 2025
      Eka Zulkarnain . Hari ini
    • Volkswagen ID.Buzz Long Wheelbase Resmi Hadir di Indonesia
      Volkswagen ID.Buzz Long Wheelbase Resmi Hadir di Indonesia
      Alvando Noya . 22 Feb, 2025
    • Komparasi Spesifikasi AION V, Geely EX5 dan BYD Atto3
      Komparasi Spesifikasi AION V, Geely EX5 dan BYD Atto3
      OTO . Hari ini
    • Harga Bersaing, Adu Kekuatan Hyptec HT Vs BYD Sealion 7
      Harga Bersaing, Adu Kekuatan Hyptec HT Vs BYD Sealion 7
      OTO . Hari ini
    • Review Test Suzuki S-Presso di IIMS 2025: Mobil Murah Masih Relevan Buat Harian
      Review Test Suzuki S-Presso di IIMS 2025: Mobil Murah Masih Relevan Buat Harian
      Ardiantomi . 21 Feb, 2025
    • Review Keunggulan New Mitsubishi Pajero Sport, Pemain Kuat di Segmen SUV 7-Seater
      Review Keunggulan New Mitsubishi Pajero Sport, Pemain Kuat di Segmen SUV 7-Seater
      Alvando Noya . 21 Feb, 2025
    • 7 Mobil Konsep dan Special Show di IIMS 2025
      7 Mobil Konsep dan Special Show di IIMS 2025
      Ardiantomi . 20 Feb, 2025
    • Pascaliburan Jangan Lupa Cek Bagian Kendaraan Ini!
      Pascaliburan Jangan Lupa Cek Bagian Kendaraan Ini!
      Setyo Adi Nugroho . 30 Jan, 2025
    • Potensi Masalah Kendaraan di Perjalanan Sepanjang Waktu Liburan
      Potensi Masalah Kendaraan di Perjalanan Sepanjang Waktu Liburan
      Setyo Adi Nugroho . 30 Jan, 2025
    • Tips Berkendara Saat Hujan di Libur Nataru
      Tips Berkendara Saat Hujan di Libur Nataru
      Setyo Adi Nugroho . 30 Des, 2024
    • Perhatikan Faktor Ini untuk Atasi Mesin Hilang Tenaga dan Ngelitik
      Perhatikan Faktor Ini untuk Atasi Mesin Hilang Tenaga dan Ngelitik
      Setyo Adi Nugroho . 30 Des, 2024
    • Berkendara Liburan Akhir Tahun, Persiapkan Hal Ini Biar Aman dan Nyaman
      Berkendara Liburan Akhir Tahun, Persiapkan Hal Ini Biar Aman dan Nyaman
      Setyo Adi Nugroho . 11 Des, 2024
    • First Drive Chery Tiggo Cross: Mengancam Lawan dengan Paket Fitur dan Harga!
      First Drive Chery Tiggo Cross: Mengancam Lawan dengan Paket Fitur dan Harga!
      Setyo Adi Nugroho . 12 Feb, 2025
    • Test Drive New Hyundai Creta N Line: Semakin Asyik Dikendarai
      Test Drive New Hyundai Creta N Line: Semakin Asyik Dikendarai
      Anjar Leksana . 12 Feb, 2025
    • First Drive Mazda CX-80 PHEV: Performa dan Konsumsi BBM Impresif!
      First Drive Mazda CX-80 PHEV: Performa dan Konsumsi BBM Impresif!
      Setyo Adi Nugroho . 31 Jan, 2025
    • Test Drive Mazda CX-30: Karakter Sporty Mendominasi Plus Kenyamanan Ekstra
      Test Drive Mazda CX-30: Karakter Sporty Mendominasi Plus Kenyamanan Ekstra
      Setyo Adi Nugroho . 21 Jan, 2025
    • Test Drive Pikap Toyota Hilux Rangga: Bukan Sekadar Kendaraan Niaga Biasa
      Test Drive Pikap Toyota Hilux Rangga: Bukan Sekadar Kendaraan Niaga Biasa
      Zenuar Yoga . 23 Des, 2024