Awali Semester II, Whole Sales Daihatsu Naik Hampir 5 Kali Lipat
JAKARTA – Pasar otomotif di Indonesia mulai menunjukkan peningkatan pada dua bulan terakhir, sejak Juni – Juli 2020. Secara nasional, capaian whole sales ada di kisaran 25 ribu unit atau naik 2 kali lipat dibanding Juni 2020. Sedangkan pada retail sales, pasar otomotif Indonesia selama periode Juli 2020 mencapai sekitar 35 ribu unit, naik sekitar 19% dibanding Juni 2020.
Peningkatan penjualan juga dicatatkan Daihatsu. Dalam keterangan resminya, Daihatsu menyebutkan capaian wholesales Daihatsu meningkat tajam. Jika Juni Daihatsu hanya mencatatkan 331 unit, meningkat menjadi 1.553 unit pada Juli 2020, atau naik hampir 5 kali lipat. Pada bulan yang sama, retail sales di Juli 2020 tercatat sebanyak 5.890 unit, atau naik 6% jika dibandingkan bulan Juni 2020 lalu sebesar 5.558 unit.
Secara YTD (Year to Date), atau sejak Januari – Juli, market share Daihatsu juga mengalami peningkatan. Tercatat, pada sisi whole sales naik sebesar 0,4% menjadi 17,9%, sedangkan retail sales naik 1% menjadi 18,2% dibanding periode yang sama tahun lalu.
Secara akumulatif, hingga Juli 2020, penjualan retail sales Daihatsu masih tetap didominasi oleh Astra Daihatsu Sigra dengan pencapaian sebesar 16.631 unit, berkontribusi sebesar 28,0%, lalu diikuti oleh Gran Max Pick-Up 12.651 unit (21,3%), dan Terios 8.938 unit (15,0%).
Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan peningkatan pasar di dua bulan terakhir cukup menggebirakan meski masih jauh dari hasil sebelum COVID-19 maupun PSBB.
“Kami berharap, tren positif ini akan terus berlanjut diiringi dengan meningkatnya daya beli masyarakat. Daihatsu berkomitmen untuk memberikan yang terbaik kepada pelanggan dan akan memacu produksinya sesuai dengan permintaan pelanggan setia Daihatsu,” ujar Amelia Tjandra dalam keterangan tertulisnya.
Penjualan otomotif memang sempat mengkhawatirkan setelah pandemi COVID-19 dan diberlakukannya PSBB. Bahkan penurunan tajam terjadi pada Mei. Whole sales tercatat hanya 3.551 unit dan retail sales di angka 17.083 unit. Menurut Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi, kinerja penjualan Mei 2020 itu merupakan yang terendah dalam 15 tahun terakhir. Dan kemerosotan itu disebabkan oleh pandemi COVID-19 yang berefek pada berhenti beroperasinya pabrik perakitan dan melesunya pasar.
Penjualan dan Produksi
Daihatsu menggelar berbagai kehiatan untuk menunjang penjualan. Salah satunya kembali menyelenggarakan acara penjualan mobil secara online dengan berbagai promo menarik melalui Virtual Daihatsu Festival pada Sabtu, 25 Juli 2020 lalu. Program penjualan virtual yang berlangsung hanya 1 jam dengan berbagai promo menarik ini laris manis dikunjungi pelanggan. Terbukti, program ini mencatatkan total penjualan sebanyak 554 unit Daihatsu yang telah dipesan.
Untuk mendukung permintaan pasar yang mulai meningkat, Daihatsu juga menambah jumlah produksi. Pada Juli 2020 telah melakukan persiapan untuk melakukan produksi secara 2 shift dengan tetap mengikuti protokol kesehatan dan pencegahan penyebaran Covid-19.
Realisasi proses produksi 2 shift telah dilakukan sejak awal Agustus 2020 baik di pabrik Sunter, maupun Karawang. Dari implementasi penerapan 2 shift produksi, diharapkan hasil produksi di Agustus 2020 akan meningkat 4 kali lipat dibandingkan dengan hasil produksi bulan Juli 2020. (Raju)
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Mobil Daihatsu Unggulan
- Populer
Artikel Mobil Daihatsu dari Carvaganza
Artikel Mobil Daihatsu dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Road Test