Bagian Mobil yang Wajib Dicek Sebelum Perjalanan Mudik
Perjalanan ke kampung halaman menjadi hal yang dinantikan. Selama membawa keluarga di dalam mobil, sebaiknya jangan lupakan faktor kenyamanan dan keamanan berkendara. Pengecekkan berkala diperlukan guna mengetahui adanya keluhan dari kendaraan. Menurut Peugeot, calon pemudik wajib memperhatikan sejumlah komponen mobil sebelum melakukan perjalanan. Beberapa di antaranya, pastikan kondisi mesin tidak bocor, periksa tabung reservoir air wiper, cek kondisi suspensi serta ban.
KEY TAKEAWAYS
Tips perjalanan mudik lebaran
Banyak hal yang mesti dicek sebelum pergi ke luar kotaPelumas dan Cairan
Mengecek oli mesin caranya memang mudah. Apalagi di mesin mobil terdapat deep stick alias batang pengecek. Rata-rata terpasang di samping mesin. Lewat indikator ini, Anda dapat menilik masalah yang mungkin ada dan menyelesaikannya jika diperlukan. Langkah ini mesti dipahami agar proses pengecekan benar-benar akurat dan tidak membuat kerja mesin jadi berat. Salah satu contoh, membaca petunjuk perawatan mobil. Karena beberapa produsen pelumas menganjurkan mengganti oli mobil sebelum menggunakan mobil, atau ketika mesin masih dingin.
Baca Juga: Begini Racikan Premium Hi-Fi Audio Focal di Dalam Peugeot 308
Lalu pengecekkan tabung air wiper, harus tahu terlebih dahulu mengenai fungsinya. Sangat penting, karena air di tabung reservoir dipompa secara elektrik atas perintah tombol di area kemudi. Kemudian membasuh permukaan kaca sehingga kotoran yang mengganggu jarak pandang mudah dibersihkan karet wiper. Selain itu, penyemprotan air wiper juga bertujuan agar tidak muncul goresan saat wiper bekerja menyapu kaca.
Apalagi sedang musim hujan, harus rutin dicek. Keberadaan air wiper di kendaraan tidak boleh diabaikan. Jika sudah menemukan tabung reservoir, tuangkan air wiper. Gunakan air bersih guna mencegah penyumbatan di lubang keluaran. Isi air wiper sampai batas maksimal, seperti tertera di tabung. Lalu tutup kembali penutupnya.
“Sebaiknya air wiper tidak dibiarkan sampai kosong. Meskipun tidak dipungkiri ada saja yang luput tidak menyadari tabung air wiper kosong dalam waktu lama. Padahal air wiper lama kosong risikonya timbulkan kotoran bersarang sampai terjadi penyumbatan. Karenanya rutin cek kondisi tabung air wiper dan isi saat air wiper sudah tinggal sedikit,” jelas Rafi’i, Workshop Head of Astra Peugeot Sunter.
Kemudian perhatikan semprotan air wiper. Jangan lupa melihat keadaan semprotan air wiper ke arah kaca. Terutama aliran air di selang hingga semprotan air wiper selalu lancar dan arah semburannya sesuai dengan keinginan. Apabila semprotan air wiper mobil mendadak macet, beberapa jenis kendaraan memang bisa diperbaiki sendiri. Terutama nozzle yang berada di area terbuka.
Suspensi & Ban
Perawatan suspensi dapat dilakukan dengan mengecek per (pegas) bagian komponen secara bertahap. Langkah pertama, melihat kondisi tie rod dan ball joint. Keduanya merupakan komponen penting untuk mengarahkan roda. Tie Rod berfungsi menghubungkan roda kemudi ke ban agar bisa belok ke kanan dan kiri. Sedang ball joint sebagai sumbu roda atau pengikat antara as roda (knuckle) dengan arm (sayap), menjadi tumpuan roda saat berbelok ke kanan atau kiri.
“Cara mendeteksi kerusakan, dapat dengan mendengarkan suara yang muncul dari arah lengan roda. Jika timbul suara aneh, dapat dipastikan bantalan bola sudah mulai kendor (aus). Permukaan tie rod dan ball joint sudah berubah atau tidak halus. Ini juga penanda bahwa komponen sudah aus dan harus segera diperbaiki,” imbuh Rafi’i.
Berikutnya cek shockbreaker yang berfungsi meredam guncangan atau hentakan akibat kondisi jalanan tidak stabil. Mendeteksinya bisa dengan mendengar suara bising dan keras saat mobil dikendarai. Apalagi diselingi guncangan bodi berlebihan yang dirasakan pengendara di dalam kabin. Bila seperti itu, indikasi komponen peredam kejut lemah itu perlu direkondisi.
Pengecekan selanjutnya adalah bushing stabilizer serta bushing arm. Bushing stabilizer yang terpasang di link stabilizer untuk menjaga keseimbangan suspensi bagian kiri dan kanan. Kerusakan bisa dideteksi dengan mendengarkan apakah ada suara mendecit atau bergemuruh saat Anda mengerem mobil. Bushing arm berbentuk tabung besi yang diisi dengan karet, memiliki fungsi sebagai titik tumpu antara roda dengan lengan pencengkeram. Jika komponen ini mulai rusak, maka kinerja sebagai pendukung kerja suspensi mobil pun akan berkurang.
“Untuk memeriksa kondisi bushing arm, dapat Anda lakukan dengan mencermati arah laju mobil kemudi. Apakah arah laju mobil sesuai dengan arah yang dituju melalui stir mobil atau tidak. Ketika mobil bergerak cenderung ke kiri atau ke kanan dan di bagian roda terdengar suara bergemuruh. Hal ini dapat menjadi indikator terdapat masalah di bushing arm,” jelasnya lagi.
Begitu juga dengan bearing atau bantalan roda yang bertugas menjaga kestabilan laju mobil. Ketika bagian ini bermasalah, biasanya bakal menimbulkan suara gemuruh dan bising dari arah roda kendaraan. Terakhir adalah mengecek kondisi tapak ban. Meski secara umum habis karena terpakai dalam waktu lama dan jarak tempuh. Hal terpenting yang wajib diperhatikan adalah area tapak ban terkikis. Sebab bila area keausan tidak rata, dapat dipastikan ada persoalan di komponen pendukung kaki-kaki mobil. (Alx)
Baca Juga: Harga Sama, Astra Peugeot Sediakan Warna Two Tone untuk SUV 2008
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Mobil Peugeot Unggulan
- Populer
Artikel Mobil Peugeot dari Carvaganza
Artikel Mobil Peugeot dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Road Test