Bakal Dijual di Indonesia, Cek Dulu Daftar Amunisi Denza D9

Denza D9

BYD Motor Indonesia berencana memasukkan merek Denza. MPV premium Denza D9 dijadwalkan meluncur pada kuartal pertama 2025. Di Cina, D9 punya varian EV dan plug-in hybrid electric vehicle (PHEV). Sementara yang akan diboyong ke Indonesia adalah model listrik murni.

Denza D9 akan memasuki pasar MPV premium Indonesia, bersaing dengan Toyota Alphard dan Vellfire yang sudah lama berada. Selain itu, ada juga pemain baru seperti Zeekr 009, MG G90, dan Maxus Mifa 9. BYD telah mempersiapkan diri untuk persaingan ini, salah satunya dengan fitur-fitur canggih yang dimiliki oleh Denza D9.

"Tidak hanya memberi kesan Premium dan mewah di kendaraannya, tapi kami juga ingin memberikan suatu teknologi dan fitur yang dimiliki oleh BYD. Dan bagi kami, teknologi kendaraan listrik kami selalu menetapkan keselamatan sebagai hal utama," tutur Eagle Zhao, President Director BYD Motor Indonesia (26/11).
 
Apa saja fitur unggulan yang BYD tawarkan dengan Denza D9 untuk pasar Indonesia?
 

Tampilan Mewah

Denza D9
 
Mengintegrasikan eksterior yang dinamis dengan presisi π-Motion pada bagian depan. π-Motion adalah bahasa desain yang terinspirasi oleh bentuk dan filosofi matematika pi (π), yang termanifestasi dalam desain D9 yang mencakup gril dan lampu utama Galactic Headlights yang terinspirasi oleh meteor.

Elemen π-Motion pada wajah memberikan kesan futuristik dan elegan, dengan aura modern dan proporsi bodi yang memberikan efek langsing.

Meskipun demikian, berdasarkan pengamatan langsung dan data spesifikasinya, D9 memiliki bodi yang besar. Dimensinya adalah 5.250 x 1.960 x 1.920 mm (P x L x T) dengan jarak sumbu roda 3.110 mm. Dari angka-angka tersebut, ukurannya tidaklah kecil, dengan panjang yang mencapai 5 meter.

Estetika juga terlihat pada interior, yang menawarkan kualitas premium, baik dari segi tampilan, material, dan pengalaman penggunaannya. Interior berwarna coklat, dengan opsi lain mungkin berwarna krem, diberi aksen trim kayu ek putih. Inspirasi dari warna-warna alam ini memperkuat suasana tenang dan nyaman.

Fitur Berkelas

Denza D9

Kabin Denza D9 yang luas ini dihasilkan dari dimensi dan jarak sumbu roda yang panjang, dirancang dengan teknologi CTB (cells to body). Teknologi CTB merupakan inovasi dalam teknologi baterai yang mengintegrasikan sel baterai langsung ke dalam struktur kendaraan, bukan sekadar menempatkannya dalam paket baterai konvensional. Keuntungan dari teknologi ini antara lain penurunan berat, efisiensi biaya, pengaturan ruang yang lebih efektif, dan peningkatan kekuatan struktur kendaraan.

Kabin D9 dilengkapi dengan berbagai fitur, termasuk sunroof dan atap panoramik besar yang membentang hingga ke baris belakang. Untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan, kaca panoramik dibuat ganda, yang diklaim dapat menyaring hingga 99% sinar UV.

Setiap kursi, terutama captain seat di tengah, menawarkan kenyamanan kelas pertama dengan dukungan ergonomis zero-gravity. Kursi ini dilengkapi dengan pengaturan elektrik lengkap dan kontrol sentuh di bagian depan sandaran tangan. Pengaturan kursi yang dapat diatur dalam 10 arah, ditambah 6 arah untuk posisi beristirahat atau tidur, termasuk penyesuaian headrest, leg rest, dan backrest.

Kursi mewah ini juga dilengkapi dengan fitur pijat lengkap, serta sistem pemanas dan pendingin. Di sisi kursi, terdapat kantong untuk meletakkan smartphone yang dapat diisi daya secara nirkabel.

Selain itu, terdapat kulkas terintegrasi di konsol tengah untuk penumpang baris kedua, yang dapat digunakan untuk mendinginkan atau memanaskan minuman dan makanan. Fitur ini juga dilengkapi dengan pengingat untuk memeriksa apakah ada barang yang tertinggal di dalamnya.

Pengalaman hiburan di dalam kabin ditingkatkan dengan 14 speaker Dynaudio dan teknologi suara surround 7.1 channel yang disusun oleh Bjarke Bovbjerg dari Dynaudio, menciptakan pengalaman auditif yang setara dengan konser musik.

Performa Superior

Denza D9

Dilengkapi dengan baterai Blade LFP berkapasitas 103,36 kWh yang mendukung pengisian cepat hingga 166 kW dan menawarkan jarak tempuh hingga 620 km. Sistem ini menghasilkan tenaga 230 kW (313 PS) ke roda depan dan torsi maksimum 360 Nm, dengan klaim akselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 9,5 detik.

Suspensi yang dirancang untuk kenyamanan, khususnya bagi penumpang belakang, menggunakan struktur MacPherson Strut di bagian depan dan Multi-link di bagian belakang, ditambah dengan teknologi Frequency Selective Damping (FSD) Variable Damping Suspension yang menjamin perjalanan yang halus dan minim getaran.

Denza D9 memiliki fitur keselamatan canggih, termasuk teknologi yang menjaga stabilitas kendaraan saat terjadi kebocoran atau peledakan ban, bahkan pada kecepatan tinggi, untuk mengurangi risiko kecelakaan.

Fitur keselamatan Denza D9 sangat lengkap, mencakup 9 airbag yang menjamin keamanan di setiap baris. Selain itu, terdapat fitur bantuan pengemudi semi-otonom tingkat 2, termasuk Adaptive Cruise Control, Automatic Emergency Brakes, Blind Spot Monitor, dan kamera 360 Panoramic View di empat titik penting. (Tom)

Baca Juga: Denza D9 Meluncur di Thailand Tak Lama Lagi, Berikutnya Indonesia?

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • Nyetir Nissan Kicks e-Power Bisa Seirit 27 Km/Liter, Ini Triknya!
    Nyetir Nissan Kicks e-Power Bisa Seirit 27 Km/Liter, Ini Triknya!
    Alvando Noya . Hari ini
  • Fakta Buick GNX di Super Bowl LIX: Simbol Kendrick Lamar dan Ikon Otomotif Amerika
    Fakta Buick GNX di Super Bowl LIX: Simbol Kendrick Lamar dan Ikon Otomotif Amerika
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • Dealer Chery Joglo Resmi Dibuka, Tawarkan Layanan 3S dan Fasilitas EV Charging
    Dealer Chery Joglo Resmi Dibuka, Tawarkan Layanan 3S dan Fasilitas EV Charging
    Setyo Adi . Hari ini
  • Toyota Indonesia Resmikan Stasiun Pengisian Hidrogen, Dukung Net Zero Emission 2060
    Toyota Indonesia Resmikan Stasiun Pengisian Hidrogen, Dukung Net Zero Emission 2060
    Bangkit Jaya . Hari ini
  • Kelihatan Beda 11-12, Chery Pastikan Tiggo Cross Tidak Usik Segmen Tiggo 5X
    Kelihatan Beda 11-12, Chery Pastikan Tiggo Cross Tidak Usik Segmen Tiggo 5X
    Setyo Adi . 11 Feb, 2025

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Mahal Tapi Laris! Kenapa Busi Iridium Jadi Pilihan Utama Mobil Baru?
    Mahal Tapi Laris! Kenapa Busi Iridium Jadi Pilihan Utama Mobil Baru?
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Hyundai Venue Siap Meluncur di IIMS 2025
    Hyundai Venue Siap Meluncur di IIMS 2025
    Anindiyo Pradhono . Hari ini
  • Chery Buka Diler Baru di Jakarta Barat, Komitmen Pada Layanan Konsumen
    Chery Buka Diler Baru di Jakarta Barat, Komitmen Pada Layanan Konsumen
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini
  • Toyota Bikin Stasiun Pengisian Mobil Hidrogen
    Toyota Bikin Stasiun Pengisian Mobil Hidrogen
    Bangkit Jaya Putra . 11 Feb, 2025
  • Perdana Bertemu Chery Tiggo Cross, Tawaran Teknologinya Lengkap
    Perdana Bertemu Chery Tiggo Cross, Tawaran Teknologinya Lengkap
    Setyo Adi Nugroho . 10 Feb, 2025
  • Pertimbangan Sebelum Beli MG 4 EV, Cek Biaya Servis dan Penggunaan Listriknya
    Pertimbangan Sebelum Beli MG 4 EV, Cek Biaya Servis dan Penggunaan Listriknya
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Chery Tiggo Cross Tidak Mengusik Tiggo 5X, Ini Pembedanya
    Chery Tiggo Cross Tidak Mengusik Tiggo 5X, Ini Pembedanya
    Setyo Adi Nugroho . 11 Feb, 2025
  • Irit! Nissan Kicks e-Power dan Serena e-Power Mampu Tembus Efisiensi BBM 27 km/liter
    Irit! Nissan Kicks e-Power dan Serena e-Power Mampu Tembus Efisiensi BBM 27 km/liter
    Alvando Noya . 10 Feb, 2025
  • Tes Efisiensi Baterai AION V Sejauh 253 Km, Segini Konsumsi Dayanya
    Tes Efisiensi Baterai AION V Sejauh 253 Km, Segini Konsumsi Dayanya
    Bangkit Jaya Putra . 07 Feb, 2025
  • Pilihan Mobil Listrik Murah dengan Kemampuan Jarak Tempuh 300 Km
    Pilihan Mobil Listrik Murah dengan Kemampuan Jarak Tempuh 300 Km
    Setyo Adi Nugroho . 07 Feb, 2025
  • Pascaliburan Jangan Lupa Cek Bagian Kendaraan Ini!
    Pascaliburan Jangan Lupa Cek Bagian Kendaraan Ini!
    Setyo Adi Nugroho . 30 Jan, 2025
  • Potensi Masalah Kendaraan di Perjalanan Sepanjang Waktu Liburan
    Potensi Masalah Kendaraan di Perjalanan Sepanjang Waktu Liburan
    Setyo Adi Nugroho . 30 Jan, 2025
  • Tips Berkendara Saat Hujan di Libur Nataru
    Tips Berkendara Saat Hujan di Libur Nataru
    Setyo Adi Nugroho . 30 Des, 2024
  • Perhatikan Faktor Ini untuk Atasi Mesin Hilang Tenaga dan Ngelitik
    Perhatikan Faktor Ini untuk Atasi Mesin Hilang Tenaga dan Ngelitik
    Setyo Adi Nugroho . 30 Des, 2024
  • Berkendara Liburan Akhir Tahun, Persiapkan Hal Ini Biar Aman dan Nyaman
    Berkendara Liburan Akhir Tahun, Persiapkan Hal Ini Biar Aman dan Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 11 Des, 2024
  • First Drive Chery Tiggo Cross: Mengancam Lawan dengan Paket Fitur dan Harga!
    First Drive Chery Tiggo Cross: Mengancam Lawan dengan Paket Fitur dan Harga!
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini
  • Test Drive New Hyundai Creta N Line: Semakin Asyik Dikendarai
    Test Drive New Hyundai Creta N Line: Semakin Asyik Dikendarai
    Anjar Leksana . Hari ini
  • First Drive Mazda CX-80 PHEV: Performa dan Konsumsi BBM Impresif!
    First Drive Mazda CX-80 PHEV: Performa dan Konsumsi BBM Impresif!
    Setyo Adi Nugroho . 31 Jan, 2025
  • Test Drive Mazda CX-30: Karakter Sporty Mendominasi Plus Kenyamanan Ekstra
    Test Drive Mazda CX-30: Karakter Sporty Mendominasi Plus Kenyamanan Ekstra
    Setyo Adi Nugroho . 21 Jan, 2025
  • Test Drive Pikap Toyota Hilux Rangga: Bukan Sekadar Kendaraan Niaga Biasa
    Test Drive Pikap Toyota Hilux Rangga: Bukan Sekadar Kendaraan Niaga Biasa
    Zenuar Yoga . 23 Des, 2024