Bakal Dijual di Indonesia, Cek Dulu Daftar Amunisi Denza D9

Denza D9

BYD Motor Indonesia berencana memasukkan merek Denza. MPV premium Denza D9 dijadwalkan meluncur pada kuartal pertama 2025. Di Cina, D9 punya varian EV dan plug-in hybrid electric vehicle (PHEV). Sementara yang akan diboyong ke Indonesia adalah model listrik murni.

Denza D9 akan memasuki pasar MPV premium Indonesia, bersaing dengan Toyota Alphard dan Vellfire yang sudah lama berada. Selain itu, ada juga pemain baru seperti Zeekr 009, MG G90, dan Maxus Mifa 9. BYD telah mempersiapkan diri untuk persaingan ini, salah satunya dengan fitur-fitur canggih yang dimiliki oleh Denza D9.

"Tidak hanya memberi kesan Premium dan mewah di kendaraannya, tapi kami juga ingin memberikan suatu teknologi dan fitur yang dimiliki oleh BYD. Dan bagi kami, teknologi kendaraan listrik kami selalu menetapkan keselamatan sebagai hal utama," tutur Eagle Zhao, President Director BYD Motor Indonesia (26/11).
 
Apa saja fitur unggulan yang BYD tawarkan dengan Denza D9 untuk pasar Indonesia?
 

Tampilan Mewah

Denza D9
 
Mengintegrasikan eksterior yang dinamis dengan presisi π-Motion pada bagian depan. π-Motion adalah bahasa desain yang terinspirasi oleh bentuk dan filosofi matematika pi (π), yang termanifestasi dalam desain D9 yang mencakup gril dan lampu utama Galactic Headlights yang terinspirasi oleh meteor.

Elemen π-Motion pada wajah memberikan kesan futuristik dan elegan, dengan aura modern dan proporsi bodi yang memberikan efek langsing.

Meskipun demikian, berdasarkan pengamatan langsung dan data spesifikasinya, D9 memiliki bodi yang besar. Dimensinya adalah 5.250 x 1.960 x 1.920 mm (P x L x T) dengan jarak sumbu roda 3.110 mm. Dari angka-angka tersebut, ukurannya tidaklah kecil, dengan panjang yang mencapai 5 meter.

Estetika juga terlihat pada interior, yang menawarkan kualitas premium, baik dari segi tampilan, material, dan pengalaman penggunaannya. Interior berwarna coklat, dengan opsi lain mungkin berwarna krem, diberi aksen trim kayu ek putih. Inspirasi dari warna-warna alam ini memperkuat suasana tenang dan nyaman.

Fitur Berkelas

Denza D9

Kabin Denza D9 yang luas ini dihasilkan dari dimensi dan jarak sumbu roda yang panjang, dirancang dengan teknologi CTB (cells to body). Teknologi CTB merupakan inovasi dalam teknologi baterai yang mengintegrasikan sel baterai langsung ke dalam struktur kendaraan, bukan sekadar menempatkannya dalam paket baterai konvensional. Keuntungan dari teknologi ini antara lain penurunan berat, efisiensi biaya, pengaturan ruang yang lebih efektif, dan peningkatan kekuatan struktur kendaraan.

Kabin D9 dilengkapi dengan berbagai fitur, termasuk sunroof dan atap panoramik besar yang membentang hingga ke baris belakang. Untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan, kaca panoramik dibuat ganda, yang diklaim dapat menyaring hingga 99% sinar UV.

Setiap kursi, terutama captain seat di tengah, menawarkan kenyamanan kelas pertama dengan dukungan ergonomis zero-gravity. Kursi ini dilengkapi dengan pengaturan elektrik lengkap dan kontrol sentuh di bagian depan sandaran tangan. Pengaturan kursi yang dapat diatur dalam 10 arah, ditambah 6 arah untuk posisi beristirahat atau tidur, termasuk penyesuaian headrest, leg rest, dan backrest.

Kursi mewah ini juga dilengkapi dengan fitur pijat lengkap, serta sistem pemanas dan pendingin. Di sisi kursi, terdapat kantong untuk meletakkan smartphone yang dapat diisi daya secara nirkabel.

Selain itu, terdapat kulkas terintegrasi di konsol tengah untuk penumpang baris kedua, yang dapat digunakan untuk mendinginkan atau memanaskan minuman dan makanan. Fitur ini juga dilengkapi dengan pengingat untuk memeriksa apakah ada barang yang tertinggal di dalamnya.

Pengalaman hiburan di dalam kabin ditingkatkan dengan 14 speaker Dynaudio dan teknologi suara surround 7.1 channel yang disusun oleh Bjarke Bovbjerg dari Dynaudio, menciptakan pengalaman auditif yang setara dengan konser musik.

Performa Superior

Denza D9

Dilengkapi dengan baterai Blade LFP berkapasitas 103,36 kWh yang mendukung pengisian cepat hingga 166 kW dan menawarkan jarak tempuh hingga 620 km. Sistem ini menghasilkan tenaga 230 kW (313 PS) ke roda depan dan torsi maksimum 360 Nm, dengan klaim akselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 9,5 detik.

Suspensi yang dirancang untuk kenyamanan, khususnya bagi penumpang belakang, menggunakan struktur MacPherson Strut di bagian depan dan Multi-link di bagian belakang, ditambah dengan teknologi Frequency Selective Damping (FSD) Variable Damping Suspension yang menjamin perjalanan yang halus dan minim getaran.

Denza D9 memiliki fitur keselamatan canggih, termasuk teknologi yang menjaga stabilitas kendaraan saat terjadi kebocoran atau peledakan ban, bahkan pada kecepatan tinggi, untuk mengurangi risiko kecelakaan.

Fitur keselamatan Denza D9 sangat lengkap, mencakup 9 airbag yang menjamin keamanan di setiap baris. Selain itu, terdapat fitur bantuan pengemudi semi-otonom tingkat 2, termasuk Adaptive Cruise Control, Automatic Emergency Brakes, Blind Spot Monitor, dan kamera 360 Panoramic View di empat titik penting. (Tom)

Baca Juga: Denza D9 Meluncur di Thailand Tak Lama Lagi, Berikutnya Indonesia?

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • Beda Rp46 Jutaan Dua Varian Hyundai Creta N Line, Ini Bedanya
    Beda Rp46 Jutaan Dua Varian Hyundai Creta N Line, Ini Bedanya
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • GWM Indonesia Singgung Soal Tank 700, Meluncur Tahun Ini?
    GWM Indonesia Singgung Soal Tank 700, Meluncur Tahun Ini?
    Muhammad Hafid . 09 Jan, 2025
  • New Hyundai Creta N Line Meluncur Bermesin Turbo, Lawan HR-V RS di Indonesia
    New Hyundai Creta N Line Meluncur Bermesin Turbo, Lawan HR-V RS di Indonesia
    Alvando Noya . 09 Jan, 2025
  • Sosok Chery Tiggo Cross Semakin Terlihat Dalam Teaser Jelang Peluncuran
    Sosok Chery Tiggo Cross Semakin Terlihat Dalam Teaser Jelang Peluncuran
    Anjar Leksana . 09 Jan, 2025
  • Dua Konsep EV Masa Depan Honda Debut di CES 2025, Punya "Nyawa" Asimo
    Dua Konsep EV Masa Depan Honda Debut di CES 2025, Punya "Nyawa" Asimo
    Setyo Adi . 08 Jan, 2025

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Deret Ubahan dan Kelengkapan New Hyundai Creta Prime IVT 2025
    Deret Ubahan dan Kelengkapan New Hyundai Creta Prime IVT 2025
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Bocoran Daftar Mobil Chery Terbaru yang Siap Meluncur di Indonesia
    Bocoran Daftar Mobil Chery Terbaru yang Siap Meluncur di Indonesia
    Anjar Leksana . Hari ini
  • New Hyundai Creta Punya Varian N-Line dan N-Line Turbo, Apa Bedanya?
    New Hyundai Creta Punya Varian N-Line dan N-Line Turbo, Apa Bedanya?
    Muhammad Hafid . 09 Jan, 2025
  • Berbanderol Lebih Murah, Hatchback EV GAC Aion UT Mengancam BYD Dolphin
    Berbanderol Lebih Murah, Hatchback EV GAC Aion UT Mengancam BYD Dolphin
    Muhammad Hafid . 09 Jan, 2025
  • Jaecoo 7 PHEV Mau Buktikan Tempuh Jakarta-Bali dalam Sekali Tangki Penuh
    Jaecoo 7 PHEV Mau Buktikan Tempuh Jakarta-Bali dalam Sekali Tangki Penuh
    Anjar Leksana . 09 Jan, 2025
  • Segmen Low SUV Makin Ketat, Mitsubishi New Xpander Cross Punya Tawaran Fitur Lengkap
    Segmen Low SUV Makin Ketat, Mitsubishi New Xpander Cross Punya Tawaran Fitur Lengkap
    Alvando Noya . 31 Des, 2024
  • Lonjakan Minat Terhadap EV, Ini 5 Mobil Listrik Terlaris di Indonesia 2024
    Lonjakan Minat Terhadap EV, Ini 5 Mobil Listrik Terlaris di Indonesia 2024
    Alvando Noya . 30 Des, 2024
  • 5 Merek Mobil Paling Menyita Perhatian Publik Indonesia di 2024
    5 Merek Mobil Paling Menyita Perhatian Publik Indonesia di 2024
    Wahyu Hariantono . 30 Des, 2024
  • Deretan Sportscar Terbaru yang Meramaikan Pasar Otomotif Indonesia 2024
    Deretan Sportscar Terbaru yang Meramaikan Pasar Otomotif Indonesia 2024
    Alvando Noya . 30 Des, 2024
  • 5 Pilihan SUV Off-Roader 4x4 yang Mengaspal Sepanjang 2024
    5 Pilihan SUV Off-Roader 4x4 yang Mengaspal Sepanjang 2024
    Anjar Leksana . 27 Des, 2024
  • Tips Berkendara Saat Hujan di Libur Nataru
    Tips Berkendara Saat Hujan di Libur Nataru
    Setyo Adi Nugroho . 30 Des, 2024
  • Perhatikan Faktor Ini untuk Atasi Mesin Hilang Tenaga dan Ngelitik
    Perhatikan Faktor Ini untuk Atasi Mesin Hilang Tenaga dan Ngelitik
    Setyo Adi Nugroho . 30 Des, 2024
  • Berkendara Liburan Akhir Tahun, Persiapkan Hal Ini Biar Aman dan Nyaman
    Berkendara Liburan Akhir Tahun, Persiapkan Hal Ini Biar Aman dan Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 11 Des, 2024
  • Berkaca dari Kecelakaan Cipularang KM 92, Apa yang Harus Dilakukan Biar Tak Terulang
    Berkaca dari Kecelakaan Cipularang KM 92, Apa yang Harus Dilakukan Biar Tak Terulang
    Setyo Adi Nugroho . 14 Nov, 2024
  • Jangan Disepelekan, Ban Serep Juga Butuh Perhatian
    Jangan Disepelekan, Ban Serep Juga Butuh Perhatian
    Setyo Adi Nugroho . 04 Nov, 2024
  • Test Drive Pikap Toyota Hilux Rangga: Bukan Sekadar Kendaraan Niaga Biasa
    Test Drive Pikap Toyota Hilux Rangga: Bukan Sekadar Kendaraan Niaga Biasa
    Zenuar Yoga . 23 Des, 2024
  • First Drive Jetour X70 Plus: Andalkan Kelapangan Kabin dan Tenaga Perkasa
    First Drive Jetour X70 Plus: Andalkan Kelapangan Kabin dan Tenaga Perkasa
    Anjar Leksana . 19 Des, 2024
  • Test Drive Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Calligraphy: Tetap Memberikan Esensi Kemewahan dan Kenyamanan
    Test Drive Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Calligraphy: Tetap Memberikan Esensi Kemewahan dan Kenyamanan
    Anindiyo Pradhono . 14 Des, 2024
  • Test Drive Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV Calligraphy: Powerful dan Efisien!
    Test Drive Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV Calligraphy: Powerful dan Efisien!
    Anjar Leksana . 11 Des, 2024
  • Test Drive GWM Tank 300 HEV Fury Edition: Siap di Dua Alam
    Test Drive GWM Tank 300 HEV Fury Edition: Siap di Dua Alam
    Zenuar Yoga . 09 Des, 2024