Toyota GRMN Yaris merupakan salah satu hot hatch terbaik yang dijual secara global. Beda dengan GR biasa, penamaan mobil ini mengacu pada Gazoo Racing Master of Nurburgring. Pengembangannya hasil dari riset serta uji coba di sirkuit Jerman itu. Ia jadi barang langka (collector item). Seseorang baru saja menghabiskan hampir $140,000 atau Rp2 miliar untuk membeli edisi terbatas. Dan unit baru dikendarai sejauh 41 mil atau 66 km.
Asal tahu, GRMN Yaris diluncurkan satu tahun lalu sebagai varian terbatas untuk pasar Jepang. Seperti dicatat oleh Autoracing and Drive. Baru-baru ini kendaraan dijual kepada pembeli yang tidak disebutkan namanya di lelang di sana seharga 18.165.000 yen ($139.497) sebelum pajak. Jumlah itu terbilang sangat besar, lebih dari dua kali lipat banderol anyar.
Toyota hanya membikin 500 unit GRMN Yaris. Perusahaan menawarkannya dalam dua opsi: Circuit Package atau Rally Package. Dan barang yang dijual di balai lelang dilengkapi paket sirkuit, seperti namanya. Ia telah dirancang dengan fokus meluncur di trek. Performa jauh lebih lebih kuat daripada model standar.
Baca Juga: Dulu Cuma Rp330 Jutaan, Sekarang Harga Suzuki Jimny Seken Semakin Melejit
Untuk perbandingan. Di Jepang, GRMN Yaris Circuit Package anyar dihargai 8.467.000 yen setara Rp977 jutaan. Jadi melambung dua kali lipat. Ditambah, unit bekas di pelelangan itu dilabur balutan cat matte steel. Ya, warna yang hanya tersedia 50 unit. Terbayang, bakal menjadi barang simpanan petrolhead bernilai tinggi.
Mari selisik lebih dalam soal kelengkapannya. Sejumlah upgrade telah dilakukan di Toyota GRMN Yaris. Misalnya, jok belakang dilepas dan kap serat karbon dipasang di depan. Selain itu, pabrikan telah meningkatkan jumlah las titik sebesar 545 dibandingkan dengan mobil standar. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kekokohan bodi. Model Circuit Package juga menggunakan pelek tempa (forged) BBS 18 inci. Unit dilengkapi oleh rem berukuran lebih besar, peredam kejut Bilstein yang dapat disesuaikan. Lalu side skirt diperpanjang, bibir depan baru (lips spoiler), serta sayap belakang serat karbon. Beratnya 20 kg (44 lbs) lebih enteng dari model standar.
Beberapa peningkatan kecil juga telah dilakukan di dalam mesin tiga silinder 1,6 liter turbocharged. Olah piston memberi resultan 268 Hp (290 PS) dan torsi ditambah, dari 272 lb-ft (370 Nm) menjadi 287 lb-ft (390 Nm). Transmisi manual enam kecepatan dengan rasio lebih rapat juga dipasang. Begitu pula limited-slip differential di bagian depan maupun belakang. Kalau GR Yaris standar hanya menggunakan torsen differential. (Alx/Odi)
Baca Juga: Inden Lama, Harga Hyundai Ioniq 5 Bekas Tembus Rp1 Miliar
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.