Generasi anyar Fuso Super Great mendebut muncul setelah enam tahun berada di pasaran. Tepatnya di Japan Mobility Show 2023 akhir bulan lalu. Truk dikembangkan dengan peningkatan keamanan, kenyamanan, dan pengoperasian. Enjin terpasang berkode 6R30 dan berkapasitas 12,8 liter. Dijanjikan memiliki peningkatan efisiensi bahan bakar, mencapai kinerja berkendara kuat dan akomodatif buat truk kelas heavy duty.
Selain itu, rancangan tubuh ditingkatkan untuk meningkatkan nilai aerodinamika. Lalu ban tambahan dengan rolling resistance telah diberikan untuk memenuhi standar efisiensi bahan bakar 2025 di Jepang (dikenal sebagai JH25). Nah, enjin berkubikasi sebesar itu, memberikan dua opsi keluaran. Untuk T1 memiliki tenaga 394 PS sejak 1.600 rpm. Sedangan torsi puncak diberikan 2.000 Nm pada 1.100 rpm. Kalau T2, memberi lontaran maksimal 421 PS di 1.600 rpm plus momen puntir tertinggi 2.100 Nm pada 1.100 rpm. Distribusi daya via girboks 12 percepatan otomatis.
Baca Juga: Spek Generasi Terbaru Mitsubishi Fuso eCanter 2023
Fuso Super Great terbaru juga dilengkapi desain kabin terbaru. Semua dirancang guna memudahkan pengemudi melakukan berbagai tugasnya. Termasuk memperkuat visibilitas di lingkungan sekitar. Lingkar kemudi empat palang diberi tombol multi-fungsi. Pengaturan AC sepenuhnya digital. Ada head unit 2DIN sebagai pusat hiburan. Nah, yang bikin nyaman, jok diberikan arm rest. Lalu banyak sekali kompartemen untuk menyimpan berbagai kebutuhan selama mengemudi.
Mengenai dimensi, Fuso Super Great memiliki panjang 11.990 mm, lebar 2.940 mm, tinggi 3.790 mm, serta jarak sumbu roda mencapai 7.380 mm. Daya angkut maksimal tembus 13.500 kilogram. Selain itu, ia memiliki teknologi keselamatan ADAS canggih terkini. Truk dilengkapi dengan Active Brake Assist 6 (ABA®6), sistem mitigasi tabrakan depan yang diperbarui. Lanjut Active Side Guard Assist® 2.0, bekerja mendeteksi bahaya di kedua sisi kendaraan saat berbelok dan berpindah jalur. Perangkat ini merupakan bagian dari penawaran produk standar.
Kemudian ada lagi, Active Side Guard Assist 2.0 (fitur standar di semua grade). Sstem radar yang ditingkatkan kini dapat mendeteksi bahaya di kedua sisi kendaraan saat berbelok maupun berpindah jalur. Jika radar mendeteksi objek bergerak berbahaya di jalur kendaraan dengan kecepatan 20 km/jam atau kurang. Maka ASGA akan mengaktifkan rem otomatis. Ini bagian dari mitigasi kerusakan parah secara darurat.
Perangkat selanjutnya berupa Front Blind Spot Information System. Ini merupakan sistem peringatan tabrakan kecepatan rendah yang baru dipasang di Super Great terbaru. Fungsinya mendeteksi pejalan kaki dan sepeda bila mendekati bagian depan kendaraan. Khususnya bagi kendaraan berukuran besar, area ini dapat menjadi titik buta bagi pengemudi. Lalu kamera belakang berperforma tinggi kini menjadi standar. Sehingga turut memberikan ketenangan saat melakukan parkir.
Jadi bagian integral dari grup Daimler, Fuso (MFTBC) mendukung upaya mencapai vision zero. Aspirasi ini bertujuan untuk mengurangi kecelakaan di jalan raya yang melibatkan kendaraan mereka menjadi zero accident. Tentu melalui pengembangan teknologi keselamatan dan bantuan pengemudi serta sistem mengemudi otomatis.
Untuk diketahui, Fuso merupakan produsen kendaraan komersial pertama yang menyediakan fitur bantuan mengemudi otomatis ADAS Level-2 di pasar Jepang melalui Super Great 2019. Berkat teknologi hasil dari pengembangan jaringan truk Daimler. Mereka tetap berkomitmen untuk menyediakan lebih banyak kendaraan niaga gas buang rendah, semakin aman nan efisien. (Alx)
Baca Juga: Mitsubishi Fuso e-Canter Sudah Tes 7.000 Km di Indonesia, Kapan Dijual?
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.