Batal Menjajal Hyundai i30 Fastback N Safety Car Gara-gara Cuaca Buruk

Hyundai i30 N safety car

Hari kedua kami bertandang ke sirkuit Mandalika, Lombok, malah berujung kekecewaan. Bukan soal sirkuit yang katanya drainasenya buruk, padahal tidak juga, tapi safety car Hyundai i30 Fastback N batal kami coba. Ini karena kedua safety car yang tersedia sibuk semua karena harus meladeni padatnya jadwal hari minggu.

Otomatis, kami kembali hanya mengamati saat mobil dalam kondisi statis. Untungnya, kedua pengemudi resmi safety car Hyundai ini cukup enak diajak ngobrol soal tunggangan mereka. Mereka adalah Nicola Cursi dan Cristian Siso Paris.

Hyundai i30 N safety car

Ditemui saat rehat antarbalapan, mereka menjelaskan bahwa i30 Fastback N memiliki perbedaan cukup signifikan. Meski sepintas mirip seperti di pasaran. Seperti dijelaskan sebelumnya, versi safety car ini tidak berbeda secara tampilan eksterior maupun dalaman dengan versi jalan raya. Namun Nicola menunjukkan hal penting untuk mendukung tugasnya.

Pertama adalah rem yang lebih besar. Ini penting untuk membuat mobil lebih mudah dijinakkan. Meski tidak merinci seberapa besar beda ukurannya, tapi kami cukup takjub dengan ukuran kaliper berlogo N yang memang diatas rata-rata. Peningkatan ini diperlukan karena pengereman di sirkuit berbeda dengan jalan biasa. Gas pol dan rem maksimal selalu dilakukan setiap saat. Selain itu, perubahan tersebut juga perlu untuk mengimbangi modifikasi di jantung mekanisnya.

Baca Juga: Hyundai Elantra N 2022 Perkenalkan Diri sebagai Perwakilan Sedan Terkencang Pabrikan

 

Hyundai i30N safety car

Di balik kap mesin, artikel sebelumnya kami sebutkan bahwa mesin empat silinder mampu menghasilkan 280 PS. Namun Nicola mengoreksi angka itu. “Tenaganya naik sekitar 20 hp (20,2 PS).” Ia tidak menyebutkan dari mana perubahan itu didapat, tapi menegaskan kalau sistem saluran gas buang (knalpot) juga berbeda. Kalau dicermati, sepasang lubang di buritan yang cukup besar membenarkan hal tersebut. Kami perkirakan ECU pun ikut dioprek untuk peningkatan ini.

Bagian eksteriornya tidak berubah banyak. Sirip dan sayap yang terpasang bukan sekadar pajangan, tapi memang berfungsi mengalirkan udara supaya mobil ini bisa mencengkeram aspal dengan baik. Tambahannya hanya lampu strobo di atap untuk memberikan informasi situasi kepada para rider Superbike, saat dipandu.

Hyundai i30 N safety car

Yang menarik, bagian interior dibiarkan standar. Tanpa perubahan berarti kecuali tempat meletakkan denah sirkuit di bagian konsol tengah. Bahkan sistem multimedia standar pun masih terpasang dan jok belakang masih ada. Kedua kursi depan yang diganti model bucket. Sebuah perubahan yang rasanya wajib ada untuk mobil yang kerjanya berpacu di lintasan. Entah sebagai mobil balap atau safety car.

Selebihnya tidak berubah. Hyundai cukup percaya diri dengan i30 Fastback N ini. Dikatakan, setiap mobil Hyundai dengan logo N, pasti sudah ‘track ready’, alias siap turun di lintasan balap. Pembekalan yang dilakukan sangat menyeluruh. Mulai dari rangka sudah pasti lebih kokoh dan ringan. Lantas as roda depan mengalami peningkatan untuk mengakomodir gaya lateral dengan pintar. Axle ini juga bersinergi dengan suspensi berkendali elektronik, yang lantas memerintahkan shockbreaker untuk mengatur keras-lembutnya peredaman. Hasilnya,mengatur daya guling (roll) setiap kali bermanuver sekaligus memberikan grip berlimpah.

Performa kaki-kaki ini diamini oleh safety car driver lainnya, Cristian Siso, “Setup (bawaan pabrik) secara keseluruhan sudah cukup memuaskan. Saya suka. Terutama dengan kemampuan suspensinya.” Ditambah performa mesin mumpuni membuat pabrikan Korea Selatan yakin dengan kemampuan i30 Fastback N di lintasan. Meskipun tidak diberikan perubahan berarti.

Meski begitu, kami tidak puas hanya dengan memandang dan mengobrol. Suatu saat nanti, harus mencoba langsung. Paling tidak versi jalan rayanya. (Ddn/Odi)

 

Baca Juga: Melihat Langsung Kesibukan Hyundai i30 N Safety Car di Mandalika

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Hyundai Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil Hyundai dari Carvaganza

  • Pesanan Tembus Ratusan Unit, Hyundai Segera Kirim Ioniq 5 N ke Konsumen Indonesia
    Pesanan Tembus Ratusan Unit, Hyundai Segera Kirim Ioniq 5 N ke Konsumen Indonesia
    Setyo Adi . 15 Nov, 2024
  • TEST DRIVE: Geber Hyundai Ioniq 5 N di Mandalika, Jawaban Keresahan Petrolhead
    TEST DRIVE: Geber Hyundai Ioniq 5 N di Mandalika, Jawaban Keresahan Petrolhead
    Wahyu Hariantono . 15 Nov, 2024
  • Resmi! All New Hyundai Tucson Sudah Bisa Dipesan di Indonesia
    Resmi! All New Hyundai Tucson Sudah Bisa Dipesan di Indonesia
    Anjar Leksana . 13 Nov, 2024
  • Hyundai Training Center Lahirkan Bakat Juara Regional dari Indonesia
    Hyundai Training Center Lahirkan Bakat Juara Regional dari Indonesia
    Alvando Noya . 08 Nov, 2024
  • Baterai Hyundai Santa Fe Hybrid Masih Impor, HMMI Lakukan Studi Untuk Lokalisasi
    Baterai Hyundai Santa Fe Hybrid Masih Impor, HMMI Lakukan Studi Untuk Lokalisasi
    Alvando Noya . 07 Nov, 2024

Artikel Mobil Hyundai dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Pesanan Ioniq 5 N Capai Ratusan Unit, Hyundai Terus Penuhi Permintaan Konsumen
    Pesanan Ioniq 5 N Capai Ratusan Unit, Hyundai Terus Penuhi Permintaan Konsumen
    Setyo Adi Nugroho . 15 Nov, 2024
  • Hyundai Motors Indonesia Buka Pemesanan All New Tucson
    Hyundai Motors Indonesia Buka Pemesanan All New Tucson
    Anjar Leksana . 13 Nov, 2024
  • Hyundai Membangun SDM Sesuai Standar Global melalui Training Academy
    Hyundai Membangun SDM Sesuai Standar Global melalui Training Academy
    Alvando Noya . 08 Nov, 2024
  • Masih Impor, Lokalisasi Baterai Hyundai Santa Fe Hybrid sedang Dikaji
    Masih Impor, Lokalisasi Baterai Hyundai Santa Fe Hybrid sedang Dikaji
    Alvando Noya . 07 Nov, 2024
  • Hyundai Terus Memperkuat Kualitas dan Rantai Pasokan
    Hyundai Terus Memperkuat Kualitas dan Rantai Pasokan
    Alvando Noya . 07 Nov, 2024
  • Sama-sama SUV Hybrid, Komparasi Hyundai Santa Fe Vs Honda CR-V
    Sama-sama SUV Hybrid, Komparasi Hyundai Santa Fe Vs Honda CR-V
    Setyo Adi Nugroho . 30 Okt, 2024
  • Sebelum Beli, Simak 5 Hal Menarik dari All New Hyundai Kona Electric
    Sebelum Beli, Simak 5 Hal Menarik dari All New Hyundai Kona Electric
    Alvando Noya . 13 Agu, 2024
  • Adu LSUV Punya ADAS, Hyundai Stargazer X Lawan Honda BR-V
    Adu LSUV Punya ADAS, Hyundai Stargazer X Lawan Honda BR-V
    Setyo Adi Nugroho . 29 Agu, 2023
  • Hyundai Stargazer X Vs Mitsubishi Xpander Cross, Pilih Mana?
    Hyundai Stargazer X Vs Mitsubishi Xpander Cross, Pilih Mana?
    Setyo Adi Nugroho . 16 Agu, 2023
  • Hyundai Stargazer Prime Bertabur Fitur dan Kelengkapan, Simak Detailnya
    Hyundai Stargazer Prime Bertabur Fitur dan Kelengkapan, Simak Detailnya
    Eka Zulkarnain . 25 Mei, 2023
  • All New Hyundai Kona Electric: Improvement Segala Sektor
    All New Hyundai Kona Electric: Improvement Segala Sektor
    Bangkit Jaya Putra . 19 Agu, 2024
  • First Drive Hyundai Ioniq 5 N: Mobil Listrik untuk Para Kaum Petrolhead?
    First Drive Hyundai Ioniq 5 N: Mobil Listrik untuk Para Kaum Petrolhead?
    Anindiyo Pradhono . 24 Mei, 2024
  • Road Test Hyundai Stargazer X: Mudah Melibas Jalanan Pegunungan!
    Road Test Hyundai Stargazer X: Mudah Melibas Jalanan Pegunungan!
    Setyo Adi Nugroho . 13 Des, 2023
  • Test Drive Hyundai Stargazer X: Mencari Perbedaan Nyata untuk Segmen Berbeda
    Test Drive Hyundai Stargazer X: Mencari Perbedaan Nyata untuk Segmen Berbeda
    Wahyu Hariantono . 04 Sep, 2023
  • First Drive Hyundai Stargazer X: Serupa Tapi Tak Sama
    First Drive Hyundai Stargazer X: Serupa Tapi Tak Sama
    Setyo Adi Nugroho . 24 Agu, 2023