Batal Menjajal Hyundai i30 Fastback N Safety Car Gara-gara Cuaca Buruk

Hyundai i30 N safety car

Hari kedua kami bertandang ke sirkuit Mandalika, Lombok, malah berujung kekecewaan. Bukan soal sirkuit yang katanya drainasenya buruk, padahal tidak juga, tapi safety car Hyundai i30 Fastback N batal kami coba. Ini karena kedua safety car yang tersedia sibuk semua karena harus meladeni padatnya jadwal hari minggu.

Otomatis, kami kembali hanya mengamati saat mobil dalam kondisi statis. Untungnya, kedua pengemudi resmi safety car Hyundai ini cukup enak diajak ngobrol soal tunggangan mereka. Mereka adalah Nicola Cursi dan Cristian Siso Paris.

Hyundai i30 N safety car

Ditemui saat rehat antarbalapan, mereka menjelaskan bahwa i30 Fastback N memiliki perbedaan cukup signifikan. Meski sepintas mirip seperti di pasaran. Seperti dijelaskan sebelumnya, versi safety car ini tidak berbeda secara tampilan eksterior maupun dalaman dengan versi jalan raya. Namun Nicola menunjukkan hal penting untuk mendukung tugasnya.

Pertama adalah rem yang lebih besar. Ini penting untuk membuat mobil lebih mudah dijinakkan. Meski tidak merinci seberapa besar beda ukurannya, tapi kami cukup takjub dengan ukuran kaliper berlogo N yang memang diatas rata-rata. Peningkatan ini diperlukan karena pengereman di sirkuit berbeda dengan jalan biasa. Gas pol dan rem maksimal selalu dilakukan setiap saat. Selain itu, perubahan tersebut juga perlu untuk mengimbangi modifikasi di jantung mekanisnya.

Baca Juga: Hyundai Elantra N 2022 Perkenalkan Diri sebagai Perwakilan Sedan Terkencang Pabrikan

 

Hyundai i30N safety car

Di balik kap mesin, artikel sebelumnya kami sebutkan bahwa mesin empat silinder mampu menghasilkan 280 PS. Namun Nicola mengoreksi angka itu. “Tenaganya naik sekitar 20 hp (20,2 PS).” Ia tidak menyebutkan dari mana perubahan itu didapat, tapi menegaskan kalau sistem saluran gas buang (knalpot) juga berbeda. Kalau dicermati, sepasang lubang di buritan yang cukup besar membenarkan hal tersebut. Kami perkirakan ECU pun ikut dioprek untuk peningkatan ini.

Bagian eksteriornya tidak berubah banyak. Sirip dan sayap yang terpasang bukan sekadar pajangan, tapi memang berfungsi mengalirkan udara supaya mobil ini bisa mencengkeram aspal dengan baik. Tambahannya hanya lampu strobo di atap untuk memberikan informasi situasi kepada para rider Superbike, saat dipandu.

Hyundai i30 N safety car

Yang menarik, bagian interior dibiarkan standar. Tanpa perubahan berarti kecuali tempat meletakkan denah sirkuit di bagian konsol tengah. Bahkan sistem multimedia standar pun masih terpasang dan jok belakang masih ada. Kedua kursi depan yang diganti model bucket. Sebuah perubahan yang rasanya wajib ada untuk mobil yang kerjanya berpacu di lintasan. Entah sebagai mobil balap atau safety car.

Selebihnya tidak berubah. Hyundai cukup percaya diri dengan i30 Fastback N ini. Dikatakan, setiap mobil Hyundai dengan logo N, pasti sudah ‘track ready’, alias siap turun di lintasan balap. Pembekalan yang dilakukan sangat menyeluruh. Mulai dari rangka sudah pasti lebih kokoh dan ringan. Lantas as roda depan mengalami peningkatan untuk mengakomodir gaya lateral dengan pintar. Axle ini juga bersinergi dengan suspensi berkendali elektronik, yang lantas memerintahkan shockbreaker untuk mengatur keras-lembutnya peredaman. Hasilnya,mengatur daya guling (roll) setiap kali bermanuver sekaligus memberikan grip berlimpah.

Performa kaki-kaki ini diamini oleh safety car driver lainnya, Cristian Siso, “Setup (bawaan pabrik) secara keseluruhan sudah cukup memuaskan. Saya suka. Terutama dengan kemampuan suspensinya.” Ditambah performa mesin mumpuni membuat pabrikan Korea Selatan yakin dengan kemampuan i30 Fastback N di lintasan. Meskipun tidak diberikan perubahan berarti.

Meski begitu, kami tidak puas hanya dengan memandang dan mengobrol. Suatu saat nanti, harus mencoba langsung. Paling tidak versi jalan rayanya. (Ddn/Odi)

 

Baca Juga: Melihat Langsung Kesibukan Hyundai i30 N Safety Car di Mandalika

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Hyundai Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil Hyundai dari Carvaganza

  • TEST DRIVE: Hyundai Santa Fe 1.6T HEV Caligraphy Buktikan Efisiensi Jelajah Garut
    TEST DRIVE: Hyundai Santa Fe 1.6T HEV Caligraphy Buktikan Efisiensi Jelajah Garut
    Anjar Leksana . 17 Des, 2024
  • Hyundai N Brand Experience Center Resmi Hadir di SCBD
    Hyundai N Brand Experience Center Resmi Hadir di SCBD
    Setyo Adi . 15 Des, 2024
  • Hyundai Kona N Line Meluncur di Indonesia, Berikan Tampilan Sporty
    Hyundai Kona N Line Meluncur di Indonesia, Berikan Tampilan Sporty
    Setyo Adi . 12 Des, 2024
  • Eksplor Luar Dalam Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Caligraphy, Varian Non-Hybrid
    Eksplor Luar Dalam Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Caligraphy, Varian Non-Hybrid
    Anindiyo Pradhono . 09 Des, 2024
  • Hyundai Rilis Model Baru 12 Desember 2024, Creta N Line?
    Hyundai Rilis Model Baru 12 Desember 2024, Creta N Line?
    Anjar Leksana . 09 Des, 2024

Artikel Mobil Hyundai dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Hyundai Hadirkan Fasilitas N Brand Experience Center
    Hyundai Hadirkan Fasilitas N Brand Experience Center
    Setyo Adi Nugroho . 13 Des, 2024
  • Hyundai Memperkenalkan Kona Electric N-Line
    Hyundai Memperkenalkan Kona Electric N-Line
    Setyo Adi Nugroho . 12 Des, 2024
  • First Impression All-new Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Calligraphy
    First Impression All-new Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Calligraphy
    Anindiyo Pradhono . 07 Des, 2024
  • Hyundai Rilis Creta N Line Turbo pada 12 Desember 2024?
    Hyundai Rilis Creta N Line Turbo pada 12 Desember 2024?
    Anjar Leksana . 07 Des, 2024
  • Kantongi Banyak Keunggulan, All-new Hyundai SANTA FE Siap Melawan Pajero dan Fortuner
    Kantongi Banyak Keunggulan, All-new Hyundai SANTA FE Siap Melawan Pajero dan Fortuner
    OTO . 06 Des, 2024
  • Hyundai Tucson Vs Honda CR-V, Perbandingan Spek dan Fiturnya
    Hyundai Tucson Vs Honda CR-V, Perbandingan Spek dan Fiturnya
    Setyo Adi Nugroho . 28 Nov, 2024
  • Sama-sama SUV Hybrid, Komparasi Hyundai Santa Fe Vs Honda CR-V
    Sama-sama SUV Hybrid, Komparasi Hyundai Santa Fe Vs Honda CR-V
    Setyo Adi Nugroho . 30 Okt, 2024
  • Sebelum Beli, Simak 5 Hal Menarik dari All New Hyundai Kona Electric
    Sebelum Beli, Simak 5 Hal Menarik dari All New Hyundai Kona Electric
    Alvando Noya . 13 Agu, 2024
  • Adu LSUV Punya ADAS, Hyundai Stargazer X Lawan Honda BR-V
    Adu LSUV Punya ADAS, Hyundai Stargazer X Lawan Honda BR-V
    Setyo Adi Nugroho . 29 Agu, 2023
  • Hyundai Stargazer X Vs Mitsubishi Xpander Cross, Pilih Mana?
    Hyundai Stargazer X Vs Mitsubishi Xpander Cross, Pilih Mana?
    Setyo Adi Nugroho . 16 Agu, 2023
  • Test Drive Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Calligraphy: Tetap Memberikan Esensi Kemewahan dan Kenyamanan
    Test Drive Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Calligraphy: Tetap Memberikan Esensi Kemewahan dan Kenyamanan
    Anindiyo Pradhono . 14 Des, 2024
  • Test Drive Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV Calligraphy: Powerful dan Efisien!
    Test Drive Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV Calligraphy: Powerful dan Efisien!
    Anjar Leksana . 11 Des, 2024
  • First Drive All-new Hyundai Tucson Hybrid: Jual Kenyamanan, Jadi Opsi Masuk Akal Selain CR-V
    First Drive All-new Hyundai Tucson Hybrid: Jual Kenyamanan, Jadi Opsi Masuk Akal Selain CR-V
    Bangkit Jaya Putra . 03 Des, 2024
  • Test Drive Hyundai Ioniq 5 N di Mandalika: Solusi Listrik Mobil Sport Buat "Petrolhead"
    Test Drive Hyundai Ioniq 5 N di Mandalika: Solusi Listrik Mobil Sport Buat "Petrolhead"
    Wahyu Hariantono . 18 Nov, 2024
  • All New Hyundai Kona Electric: Improvement Segala Sektor
    All New Hyundai Kona Electric: Improvement Segala Sektor
    Bangkit Jaya Putra . 19 Agu, 2024