Generasi terbaru All New Ayla 2023 akhirnya mendebut. Namun tidak seperti biasanya. Strategi marketing berbeda sebagai diferensiasi antarmodel. Kalau Toyota Agya hanya pakai satu varian mesin. Produk Astra Daihatsu Motor malah pakai dua pilihan enjin: 1,0 liter dan 1,2 liter. Hal ini sekaligus menepis isu penggunaan jantung pacu turbo. Sedangkan penggunaan transmisi di seluruh trim sama. Ada matik CVT dan manual girboks.
Mekanikal pacu All New Daihatsu Ayla 2023 varian menengah ke atas diambil dari Rocky. Enjin berkapasitas 1,2 liter WA-VE 3-silinder. Hasil ekstraksi piston ganjil itu sanggup membuncah sampai 88 PS di 6.000 rpm. Dorongan torsi maksimal diraih 113 Nm di 4.500 rpm. Opsi penyaluran energi kinetik melalui transmisi manual 5-speed dan D-CVT atau Dual mode Continuously Variable Transmission. Sama dengan kepunyaan Agya baru. Duo kembar ini siap gempur Brio CVT yang jadi mobil terlaris nasional sepanjang 2022.
Alasan menggunakan pemacu 3-silinder 1,2 liter buat Ayla. Karena memiliki keunggulan dan kelebihan, yakni efisien dalam mengolah bahan bakar. Sehingga konsumsi bensin lebih hemat dan memproduksi torsi lebih tinggi dibandingkan mesin 4-silinder dengan volume sama. Karakter torsi kuat didapatkan sejak putaran mesin rendah. Diklaim sanggup menyuguhkan akselerasi lebih cepat dan sigap dari model lama. Penggunaan transmisi baru turut menyumbang penghematan bensin kala berkendara.
Baca Juga: All New Daihatsu Ayla Resmi Diperkenalkan
Sedangkan buat strata bawah, Ayla 2023 mempertahankan jantung mekanis 1KR-VE, tiga silinder 998 cc VVT-i 12 katup. Daya dihasilkan hanya 68 PS di 6.000 rpm dan torsi 89 Nm di 4.400 rpm. Opsi transmisi sama. Ada manual maupun D-CVT. Ia bertugas menyasar pasar pembeli pertama segmen LCGC, dengan harga lebih murah. Tapi lebih mantap ambil varian 1.2L sekalian.
Fitur keamanan lumayan cukup sebagai penghela laju kendaraan. Ada Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Vehicle Stability Control serta Hill Start Assist. Namun sayang, masih kalah canggih dibanding Perodua Axia. Alya di Indonesia tidak diberi teknologi ASA atau Advanced Safety Assist. Lalu sebagai pusat hiburan. Generasi anyar memakai head unit mengambang. Bisa memutar musik dari berbagai sumber: USB, radio, bluetooth dan multi-konektivitas. Tak ketinggalan Android Auto dan Apple CarPlay di tipe tertentu.
"Tim R&D Daihatsu Indonesia terlibat di bagian engineering dan tes validasi. Jadi kami memastikan desain dan penerapan sesuai dengan prototipe. Kemudian All New Ayla memang disiapkan buat pasar sini. Makanya, rancangan disesuaikan dengan kondisi jalan indonesia. Kami melakukan berbagai pengetesan sesuai medan sini," terang Sri Agung Handayani, Director Marketing, Corporate Planning & Communication Astra Daihatsu Motor. (Alx/Odi)
Baca Juga: Tanpa Selubung, Kembaran Generasi Baru Toyota Agya dan Daihatsu Ayla 2023 Tampak Jelas!
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.